Info Menarik
Loading...
Showing posts with label Kesehatan. Show all posts
Showing posts with label Kesehatan. Show all posts

Pemuda GOKIL itu Berani Vaksin

Di media sosial bertebaran kabar soal efek samping vaksin COVID-19. Tak hanya itu ketakutan pada jarum suntik juga membuat sebagian orang sempat berpikir dua kali untuk divaksin. Namun atas dasar pertimbangan bahwa vaksinasi disebut penting untuk membentuk kekebalan tubuh, mau tak mau rasa takut mesti dilawan. Ya nggak???

BACA JUGA :

Rapid Test dan Pencegahan Covid-19

Manfaat Olahraga Bersepeda untuk Diet

Apa itu Vaksin ?

Vaskin merupakan senjata biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit di dalam tubuh. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu. Wah bahaya nggak?


Saya mencoba mencari informasi tentang vaksinasi tersebut di internet. Kebetulan saya memakai internet dari smartfren jadi akses internet lancar dan tidak diragukan lagi. Oh ya, sudah tahu belum kalau smartfren telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu Smartfren GOKIL MAX yang didukung dengan jaringan telekomunikasi smartfren 100% 4G LTE dan kuota besar yang mencapai 36GB. 

Selain itu, bagi pelanggan setia smartfren kamu juga berkesempatan mengikuti Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode 2 yang berlangsung 1 Juni 2021 hingga 13 September 2021. Ada hadiah yang bisa kamu menangkan seperti mobil, motor dan milyaran rupiah tanpa diundi.

Bagi kamu yang belum mendownload aplikasi MySmartfren di ponselmu, segera download aplikasi MySmartfren ya karena hanya dengan modal mendownload Aplikasi MySmartfren kamu bisa ikutan Download MySmartfren Challenge yang berlangsung sejak 20 Juli 2021 hingga 31 Agustus 2021. Kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah berupa : Redmi 8A Pro, MiFi M6X smartfren dan Voucher data smartfren 30GB. Tunggu apalagi, jangan sia-siakan peluang menarik ini ya sobat pembaca setia blog didikjatmiko.com

Kembali ke Vaksinasi, setelah saya cari di internet saya menemukan jawaban bahwa meski dibuat dari mikroba alias bibit penyakit, Kamu tidak perlu meragukan keamanannya. Pasalnya, seperti dijelaskan di atas, mikroba dalam vaksin adalah bentuk yang sudah lemah atau mati sehingga tak akan menyebabkan penyakit itu sendiri di dalam tubuh manusia.

Pengalaman Mengikuti Vaksinasi

Sebelumnya ada pesan masuk dari teman yang memandegani kami di Komunitas Sinau Bareng Ademos, sebut saja namanya Muh. Kundori. Bunyi pesannya begini : Sudah Vaksin Kak? Saya ikutkan di Kader Ademos Nggih? Besok Jum'at, 2 Juli 2021 Pukul 08.00 WIB di Balai Desa Dolokgede. Saya langsung menjawab pesan tersebut, oke mas diusahakan datang.

CoronaVac dari Sinovac telah menyatu dalam tubuhku lewat lengan kiriku. Hari ini, Jum'at (30/7/2021) alhamdulillah Saya telah mengikuti vaksinasi dosis kedua bersama Kader Sinau Bareng @ademosindonesia_ di Sekretariat Ademos Indonesia, Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Sebelumnya dosis pertama dilaksanakan di Balai Desa Dolokgede pada Hari Jum'at (2/7/2021). Terima kasih Tim Vaksinasi dari @polresbojonegoro.id dan Petugas Puskesmas Tambakrejo yang telah melayani vaksinasi kami dengan setulus hati dalam giat mensukseskan vaksinasi di Kabupaten Bojonegoro.

Efek setelah Vaksinasi

Sebagai generasi muda tentunya kita harus turut mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah, salah satunya tentang Program Vaksinasi. Jadi, bagi kamu Anak Muda atau istilah gaulnya Generasi Milenial yang belum vaksin, yuk segera vaksin karena Pemuda GOKIL itu Berani Vaksin. Kamu bisa mencari informasi vaksinasi di Kotamu, bisa ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat. 

Saya tak ada niatan memilih jenis vaksin, ndilalah yang Saya dapatkan saat itu adalah vaksin jenis CoronaVac dari Sinovac. Alhamdulillah, disyukuri aja sebagai ikhtiyar untuk menuju Indonesia Sehat.

Efek yang Saya rasakan setelah mengikuti vaksinasi tidak terlalu ekstrim sih. Suntikan jarum vaksin pertama ini tidak terlalu terasa. Oh ya, hari pertama usai vaksin rasanya ngantuk banget. Siang sekitar Pukul 13.00 WIB, Saya pulang dari Ademos. Tiba di rumah langsung bersih diri dan memutuskan tidur siang hingga terbangun sore hari pada pukul 16.00 WIB.

Hari kedua, efek yang sangat terasa adalah mudah lapar. Biasanya, sebelum vaksinasi rasa lapar mudah ditahan, tapai kali ini tidak bisa. Rasanya pengen makan ini itu, ya tanpa basa-basi, keinginan tersebut langsung kueksekusi hehehe. Sementara untuk rasa meriang, badan panas, linu-linu tidak kurasakan. Itulah efek yang Saya rasakan setelah vaksinasi dosis pertama.

Sementara untuk efek yang Saya rasakan di vaksinasi dosis kedua hanya di bagian suntik. Suntiknya terasa banget jarumnya hehehe, tapi nggak sakit kok. Meskipun sudah mengikuti vaksinasi, bukan berarti kita langsung kebal terhadap Covid-19 ya teman-teman. Justru yaang paling penting adalah setelah mengikuti vaksinasi lengkap (dosis pertama dan kedua), tetap mematuhi Protokol Kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan sebagainya.

Demikianlah ceritaku tentang vaksinasi. Semoga masyarakat Bojonegoro dan Indonesia semakin banyak yang sadar untuk melakukan Vaksinasi. Mari berdoa dan berikhtiar bersama menuju Indonesia Sehat. Aamiin

Vaksin itu melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Buat kamu yang belum vaksin, yuk segera vaksin!! Jangan Percaya Hoax tentang vaksin ya! Apalagi pesan dari WhatsApp, cermati setiap pesan yang kamu terima dan cek kebenarannya melalui s.id/infovaksin

Dari Bojonegoro untuk Indonesia

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari - Kamu pernah mendengar Asam Urat? Seperti dikutip dari halodoc, Asam Urat merupakan merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. 

Adapun sendi yang paling sering terserang asam urat meliputi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penyakit asam urat ini umumnya dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Aneka Makanan Pantangan Asam Urat
Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari - lifestyle.okezone.com

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat adalah dengan menjaga pola makan sehari-hari, salah satunya yaitu konsumsi sayuran. Untuk diketahui bahwasanya gejala penyakit asam urat ini muncul secara tiba-tiba, yakni berupa nyeri tajam, bahkan terkadang terasa sangat berat. 

Oh ya, jika kadar asam urat yang terlalu tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Ngeri banget ya bro? Bagi kamu yang pernah mengalami penyakit asam urat ini tentunya harus lebih cermat lagi dalam memilih makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi dan kenalilah Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari.

Lantas Pantangan Asam Urat ini apa saja?

Sebelum kita ulas, perlu digaris bawahi bahwasanya pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar asam urat dan kolesterol itu naik. Biasanya penderita kolesterol itu mempunyai kecenderungan menderita asam urat juga.

Inilah aneka makanan pantangan asam urat yang benar-benar harus dihindari

1. Aneka Jeroan

Bagi penderita asam urat, mengkonsumsi jeroan haruslah dihindari. Jeroan seperti babat, ampela, kikil, ginjal, hati, usus dan otak ini harus benar-benar dikurangi karena mengandung kandungan purin yang tinggi dan sangat signifikan dalam menaikkan kadar asam urat di tubuh.

2. Sayuran dan Kacang-kacangan

Untuk sayur yang menjadi pantangan asam urat meliputi sayur bayam, jamur kuping, kol, daun pepaya, buncis, kangkung dan daun singkong. Jenis sayur ini juga mengandung kandungan purin yang beresiko menaikkan kadar asam urat.

Sementara jenis kacang-kacangan yang harus dihindari yaitu kacang hijau, melinjo, kacang kering, tauge, dan kacang tanah. Mengapa kok dihindari? Karena kandungan purin juga sangat banyak.

3. Aneka Gorengan

Jenis makanan yang digoreng seperti daging goreng hingga aneka gorengan mengandung kolesterol tinggi sehingga menjadi pantangan asam urat yang juga harus dihindari. Untuk diketahui bahwa gorengan sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung obesitas dan diabetes.

4. Minuman beralkohol

Pantangan asam urat selanjutnya yaitu minuman beralkohol. Bir atau minuman beralkohol lain dapat menyebabkan produksi asam urat di dalam tubuh meningkat. Selain itu minum alkohol berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

5. Seafood

Bagi penggemar jenis makanan yang satu ini, apabila kamu mulai menderita penyakit asam urat, jenis makanan seafood ini harus dihindari karena kandungan purin juga sangat tinggi. Jenis seafood yang dihindari yakni kerang, ikan teri, sarden, lobster dan tuna. 

Nah, jika Kamu mengalami penyakit asam urat, segera berkonsultasi ke dokter dan menjalani pengobatan serta mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Langkah tersebut dilakukan guna mengatasi gejala yang muncul dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali.

Itulah beberapa makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Apabila dirasa masih ada yang kurang, silakan ditambahkan di kolom komentar. Sehat dimulai dari diri sendiri, salam sehat !! Semoga artikel Aneka Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari ini bermanfaat untuk kita semua. (dik) 

Rapid Test dan Pencegahan Covid-19

Rapid Test dan Pencegahan Covid-19 - Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro, pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah melakukan rapid test di beberapa wilayahnya seperti rapid test massal terhadap pedagang pasar tradisional di Pasar Kota Bojonegoro, Pasar Kapas, Pasar Banjarjo, Pasar Baureno, Pasar Dander, Pasar Kalitidu dan Pasar Sumberrejo. 


Selain itu rapid test massal juga dilakukan di beberapa swalayan yakni Bravo Bojonegoro, KDS Toserba Bojonegoro, Giant Bojonegoro, Samudra dan pabrik rokok di Padangan. Dalam pelaksanaan rapid test ini selalu dipantau langsung oleh Bupati Bojonegoro bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro.

Lantas, rapid test itu apa sih sebenarnya?

Menurut informasi yang saya baca, Rapid Test merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Covid-19. Namun perlu diketahui juga bahwasanya pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu. Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus COVID-19.

Di era modernisasi dan digital ini, Kita bisa mengetahui lebih detail tentang informasi virus Covid-19 lho dengan mengakses situs halodoc.com atau berkonsultasi secara langsung kepada dokter yang sudah terhubung dengan aplikasi halodoc. Untuk berkonsultasi pun sangatlah mudah yakni :

1. Kamu bisa mengirimkan permintaan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tersedia di website halodoc.com

2. Silakan ditunggu hingga dokter menerima permintaan untuk berkonsultasi kesehatan secara online.

3. Jika sudah terhubung, sampaikan pertanyaan atau hal yang ingin dikonsultasikan kepada dokter dengan jelas termasuk informasi tentang virus covid-19

 

Hal apa saja yang bisa dilakukan agar kita tidak terjangkit covid-19?

Di tengah Pandemi saat ini, kita bisa melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi covid-19 dengan membiasakan untuk pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi Protokol Kesehatan seperti :

1. Jaga Jarak Aman

Jaga Jarak atau dikenal dengan istilah Physical distancing ini jika dilakukan dengan serius ternyata bisa membantu menghentikan penyebaran dan penularan covid-19. Jaga jarak ideal yang dilakukan maksimal 1,5 meter. Jaga jarak dan jaga hati ya hehehe.

2. Pakai Masker

Kelihatannya sih sepele ya, namun bagi sebagian orang yang tak terbiasa memakai masker saat keluar rumah, memakai masker menjadi hal yang berat untuk dilakukan. So, pakailah masker saat keluar rumah dan berinteraksi dengan teman-teman di sekitarmu. Masker yang dipakai nggak harus masker kesehatan seperti yang dikenakan oleh petugas kesehatan. Kita bisa menggunakan masker kain yang sesuai dengan standar yang ada. Gerakan "Ayo Pakai Masker" memang perlu digalakkan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

3. Cuci Tangan Pakai Sabun atau Pakai Hand Sanitizer

Menurut informasi yang saya baca, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif menghilangkan virus yang menempel. Jadi, cukup dengan cuci tangan pakai sabun + air mengalir atau sediakan hand sanitizer secukupnya dan jangan memborongnya ya.

4. Update Informasi Terkini dari Gugus Tugas Covid-19

Kita bisa mengupdate informasi terkini tentang Covid-19 ini melalui Gugus Tugas Covid-19 baik di tingkat desa hingga tingkat Nasional. Updatenya bisa dilakukan bisa melalui internet, media cetak dan elektronik seperti Televisi dan Radio.

Nah, selain 4 hal tersebut yang bisa dilakukan yakni menghindari kerumunan orang banyak. Ya, covid-19 ini kan tak terlihat oleh kasat mata. Jadi siapa yang sudah terjangkit kan kita tidak bisa mendeteksinya. Sehingga hal yang paling aman adalah dengan menghindari kerumunan. 

Demkian informasi tentang rapid test dan pencegahan covid-19, semoga bermanfaat ya. Ayo kita mulai dari diri sendiri untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi intruksi dari Pemerintah untuk menerapkan Protokol Kesehatan. Semoga kita dan keluarga terhindar dari Covid-19 ini. Amiin

Sehat dalam Genggaman Melalui Aplikasi SehatQ

Sehat dalam Genggaman Melalui Aplikasi SehatQ - Di era teknologi ini, terobosan dan inovasi di berbagai bidang terus dikembangkan. Seperti halnya di dunia kesehatan, ada sebuah terobosan baru yang memudahkan masyarakat dalam urussan kesehatan yaitu aplikasi SehatQ. Apa itu, penasaran kan?

Sehat dalam Genggaman Melalui Aplikasi SehatQ
Buat kalian yang pernah merasakan kesulitan seperti antrian lama di Rumah Sakit, jadwal kehadiran dokter yang nggak pasti, atau kesulitan-kesulitan lainnya, nggak usah bingung dan resah. Saat ini telah hadir aplikasi yang bisa membantumu dalam hal urusan kesehatan.

Seperti yang dikutip dari BeritaSatu.com bahwa Founder sekaligus CEO SehatQ Linda Wijaya menilai kehadiran aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui dan menjaga pola hidupnya. Beberapa fitur yang ada bisa mempermudah masyarakat melakukan mendapatkan layanan kesehatan.

Di era digital saat ini konsep sehat itu dalam genggaman. Dengan memanfaat smartphone yang dimiliki kita bisa mendownload aplikasi SehatQ di Apple Store dan Google PlayStore. Jadi kebutuhan tentang informasi kesehatan sangat mudah untuk diakses melalui satu aplikasi, seperti halnya informasi mengenai konsultasi dengan dokter melalui aplikasi chatting, layanan booking dokter saat ingin berobat ke dokter di klinik kesehatan seperti klinik Gigi dan rumah sakit juga tersedia di aplikasi SehatQ.

Masyarakat juga bisa dapat lebih jelas mengetahui biaya termasuk fasilitas yang didapat ketika mereka berjumpa dengan dokter yang mereka pilih. Pastinya aplikasi ini bukan sebagai pengganti peran tenaga medis dan fasilitas kesehatan yang ada, namun sebagai media yang mengarahkan masyarakat dan pengguna mengambil keputusan yang terbaik untuk urusan kesehatannya.

Jadi, aplikasi SehatQ ini merupakan sebuah perusahaan rintisan (start up) yang berpengalaman dalam menyediakan layanan kesehatan secara digital. Start Up ini didirikan oleh Sinar Mas. Seperti yang diuraikan diatas, dapat dijelaskan ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi SehatQ.

1. Informasi Lengkap dan Terpercaya

Saat ini informasi kesehatan yang beredar di dunia maya terkadang kurang dapat dipercaya karena tak sedikit orang termakan berita hoaks. Namun dengan aplikasi SehatQ, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, seluruh informasi kesehatan yang tersedia di SehatQ ditulis oleh ahlinya. Mengikuti tren kesehatan terkini, kamu tak perlu lagi ketinggalan berbagai informasi kesehatan terbaru.

2. Mudah untuk Konsultasi Dokter Ternama

Melalui Aplikasi SehatQ pengguna bisa memanfaatkan fitur Chat Dokter, jadi pengguna bisa berkonsultasi secara real time dengan tim dokter SehatQ yang tak perlu diragukan lagi pengalamannya. Menarik kan?

3. Daftar Rumah Sakit

Fitur yang tersedia di aplikasi SehatQ ini menyimpan informasi berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia. Jumlahnya cukup banyak sehingga bisa dijadikan sebagai referensi untuk pergi berobat. Deskripsi rumah sakit hadir lengkap dengan alamat, nomor kontak, hingga jam operasional.

4. Booking Jadi Lebih Mudah

Selanjutnya, fitur Booking Dokter, pengguna bisa memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ.

5. Promo

Menginstall aplikasi SehatQ tentunya membawa keuntungan tersendiri. Pasalnya pengguna dapat memanfaatkan promo yang diadakan rumah sakit seperti promo pemeriksaan USG atau medical check-up. Menarik sekali kan semua fitur yang disediakan oleh situs SehatQ.com.

Nah, tunggu apa lagi, yuk download aplikasi SehatQ di PlayStore dan Appstore untuk mendapatkan berbagai informasi kesehatan terbaru dan follow akun media sosial SehatQ.com melalui Twitter @Sehat Q, Instagram @SehatQ_id, dan Facebook SehatQ. Sehat dalam Genggaman Melalui Aplikasi SehatQ, menarik sekali ya. 

Menebar Aksi Melawan Pneumonia Bersama UNICEF dan Jurnalis Sahabat Anak

Menebar Aksi Melawan Pneumonia Bersama UNICEF dan Jurnalis Sahabat Anak -  Pertama kali saya dihubungi oleh mas Aan Hariyono dari Jurnalis Sahabat Anak (JSA) melalui telepon. Saat itu dia menyampaikan ingin mengundang admin didikjatmiko.com untuk mengikuti Diskusi Media : Menebar Aksi Melawan Pneumonia di Surabaya. Setelah memastikan bisa hadir, detail acara pun dikirimkannya melalui WhatsApp.
Kepala Dinas Kesahatan Provinsi Jawa Timur menyampaikan Paparan Materi
Saya menikmati perjalanan menuju Surabaya dengan menggunakan jasa transportasi Kereta Api dan dilanjut naik gojek untuk menuju lokasi kegiatan. Berhubung saya termasuk peserta dari jauh, panitia pun memberikan fasilitas menginap di Hotel Kampi Surabaya.

Selain diriku ada empat teman blogger yang juga diundang oleh JSA yaitu Mbak Widyanti Yuliandari dari Bondowoso, Om Nuzulul Arifin dari Mojokerto, Mbak Sri dari Malang dan juga admin @infogresik. Kami berlima ini dipercaya untuk mengikuti diskusi media bersama 30 jurnalis dari wilayah Jawa Timur.

Rabu, 28 Agustus 2019 Aksi Melawan Penumonia Dimulai. Pagi itu di lantai 2 Hotel Kampi Surabaya sedang berlangsung kegiatan Diskusi Media : Menebar Aksi Melawan Pneumonia yang menghadirkan narasumber - narasumber handal di bidangnya seperti Dr. Muhammad Attoillah Isfandiari, dr, M.Kes (Pakar Epidomologi FKM Unair Surabaya), dr. Kohar Hari Santoso ApAn.,KIC.,KAP., selaku Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Dr. dr. Dominicus Husada, Sp.A.K, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Arie Rukmantara, Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa.
Menebar Aksi Melawan Pneumonia Bersama UNICEF dan Jurnalis Sahabat Anak
Tema diskusi yang digelar JSA ini sangat menarik berdasarkan fakta yang ada seperti yang disampaikan oleh Dr. dr. Leny Kartika, Sp.A seorang dokter spesialis anak Divisi Inveksi Tropik RS Dr. Soetomo Surabaya berikut ini.

"Pneumonia merupakan penyakit pembunuh paling besar dari pada kecelakaan pesawat terbang dan Indonesia merupakan 10 besar penderita penyakit pneumonia terbesar di dunia", ucapnya.

Apa sih Pneumonia itu?

Pneumonia  merupakan  penyakit  infeksi saluran  pernapasan  akut  (ISPA) yang  paling sering  menyebabkan  kematian  pada  bayi  dan balita. Penyakit ini  merupakan  penyakit infeksi yang ditandai  dengan  batuk  pilek  yang  disertai sesak  nafas  atau  frekuensi  nafas  yang  menjadi lebih cepat. Penyakit ini dapat menyerang segala usia,  akan  tetapi  lebih  sering  menyerang  pada usia balita. Hal ini seperti yang disampailan oleh dr. Dominicus Husada, Sp.A.K, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.
Pemaparan Materi dari dr. Dominicus Husada, Sp.A.K, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.
"Penyebab terjadinya penyakit Pneumonia ini bisa karena bakteri, virus dan jamur yang dimulai dengan gejala awalnya dari panas, batuk, dan pilek lalu muncul sesak, nafas cepat, pernafasan cuping hidung, otot dada digunakan kuat, tubuh membiru dan semakin lama anak semakin lemah serta mengalami gagal pernapasan," ucap dr. Dominicus.

Sementara itu dr. Kohar Hari Santoso ApAn.,KIC.,KAP., selaku Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dalam paparan menyampaikan bahwa penyebab kematian balita terbanyak yaitu disebabkan oleh penyakit diare, dan yang kedua Pneumonia.

Di tingkatan balita, UNICEF melaporkan pada tahun 2012 sekitar 21.000 balita di Indonesia meninggal disebabkan karena pneumonia. Provinsi Jawa Timur sendiri merupakan salah satu Provinsi dengan tingkat pneumonia balita yang tinggi.

Pneumonia  selalu  berada  dalam  daftar  10 penyakit terbanyak  di  rumah  sakit  sentinel  dan puskesmas sentinel  di  Jawa  Timur  mulai tahun 2008  hingga  2010.  Sedangkan  berdasarkan laporan  Kabupaten/Kota  di  Jawa  Timur, kasus pneumonia  pada  balita  tahun  2010  mencapai 76.745 kasus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit  pneumonia  masih  menjadi  masalah kesehatan  yang  cukup  besar  di  Provinsi  Jawa Timur.

Hasil pencatatan dan pelaporan Laporan  Eksekutif  Kesehatan Provinsi  Jawa  Timur 2012  (Profil  Kesehatan Provinsi Jawa Timur tahun 2012) menyebutkan, jumlah penderita yang dilaporkan oleh Kabupaten/Kota adalah sebanyak 84,392 pasien.
Perwakilan UNICEF Pulau Jawa saat Memaparkan Materi
Sementara itu Perwakilan UCINEF Pulau Jawa Arif Rukmantara menyampaikan bahwa kisaran biaya pengobatan penyakit Pneumonia ini sangat tinggi mulai dari satu juta hingga tiga puluh juta rupiah, biyuh mahal sekali ya.

Berhubung jadwal kepulangan saya menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kereta api, saya pun mohon ijin pamit pulang terlebih dahulu kepada panitia. Terima kasih buat Sahabat Jurnalis Anak (JSA) yang telah mengundang dan memberikan kepercayaan kepada didikjatmiko.com untuk menjadi bagian dari Menebar Aksi Melawan Pneumonia. (dik)

Popok Celana Tanyaconfidence Bisa Jadi Solusi Tepat Bagi Lansia yang Sakit dan Berbaring

didikjatmiko.com - Ketika memasuki usia senja, tentu kesehatan dan juga kemampuan tubuh pun akan berkurang seiring waktu. Hal ini sangat alamiah terjadi. Bahkan banyak juga lansia yang kerapkali di masa tuanya hanya bisa berbaring saja di ranjang. Jika demikian, maka tentunya kebutuhan untuk menggunakan popok pun seolah menjadi wajib. Popok celana bisa jadi solusi dalam hal ini sehingga para lansia tersebut tidak kesusahan ketika harus buang air.
Popok Celana Tanyaconfidence Bisa Jadi Solusi Tepat Bagi Lansia yang Sakit dan Berbaring
Meski demikian perlu diketahui juga jika berbaring dalam waktu yang lama di ranjang sangat berbahaya. Hal ini karena para lansia akan hilang kebebasannya dalam bergerak, apalagi di ranjang rumah sakit. Memang untuk lansia, istirahat di ranjang amat direkomendasikan sehingga pulih dari segala jenis penyakit dan operasi. Namun, seiring dengan umur yang terus bertambah dimana kurang bergerak akan berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa resiko yang bisa muncul jika lansia jarang diajak bergerak adalah hilangnya kebebasan dalam bergerak sehingga justru menjadikan kemampuan mereka untuk berjalan menjadi berkurang. Tentunya ini berbahaya sehingga lansia akan sulit berjalan dengan baik layaknya sebelumnya. Hal ini sudah dibuktikan secara klinis jika terlalu lama membiarkan lansia ada di ranjang adalah berbahaya. Itulah mengapa setidaknya mengajak lansia berjalan sejenak, mengajak ke toilet sendiri hingga mendorong lansia berjalan mandiri tanpa kursi roda akan bisa jadi terapi juga.

Untuk itu, Anda sebagai keluarga pasien lansia tersebut ada baiknya mengupayakan agar lansia juga ikut bergerak. Berikut ini beberapa tips membantu lansia untuk bergerak :

a. Bantu lansia untuk melakukan peregangan dalam beberapa kali tiap harinya. Ini dilakukan untuk bisa mengendurkan otot yang mudah sekali kaku.

b. Berusahalah untuk berjalan pada jarak terpendek dengan teratur. Tidak perlu khawatir jika Anda butuh tongkat dalam hal ini.

c. Apabila pasien tidak bisa berjalan kaki, maka cobalah untuk berdiri lalu kemudian duduk. Lakukan ini sesering mungkin sebagai terapinya.

d. Melakukan latihan beban juga bisa dilakukan. Tidak usah terlalu berat misalnya berlatih untuk mengangkat kaleng lalu targetkan melakukannya beberapa kali.

e. Saat duduk, pasien bisa diajarkan untuk mengangkat kaki sambil memutar pergelangan kakinya.

f. Usahakan untuk melakukan semua aktivitas tersebut sebanyak mungkin. Selain itu bantu juga melakukan aktivitas sehari-hari misalnya mengambil minum sendiri, membuat teh atau lainnya.

g. Dokter juga wajib tahu hal ini. Ada baiknya jika dikonsultasikan untuk ikut physiotherapy.

Itulah beberapa cara untuk bisa membantu lansia tetap bergerak. Dengan latihan tersebut, maka diharapkan lansia bisa lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri. Mengingat masih sulitnya ke toilet sendiri, maka Anda bisa menggunakan popok celana Tanyaconfidence pada lansia sehingga bisa jadi solusi masalah buang airnya. (gb/dik)

Suka Ngopi Setiap Hari? Ini Dia Manfaat yang Akan Anda Rasakan

didikjatmiko.com - Ngopi adalah salah satu lifestyle pria masa kini yang banyak digandrungi. Baik itu bapak-bapak, sampai muda-mudi. Sejauh ini, pemuda yang keseringan minum kopi. Kebiasaan ini sebenarnya baik untuk tubuh. Dengan catatan, Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika berlebihan, sudah pasti masalah kesehatan akan terjadi.

Ada Solusi di Warung Kopi - BicaraKopi
Supaya tidak terjadi masalah kesehatan, biasakan minum kopi sewajarnya saja. Bagi yang terbiasa minum kopi secara cukup, Anda akan mendapatkan manfaat berikut ini!

Gula Darah Stabil untuk Orang Tertentu

Bagi orang-orang yang memiliki gula darah rendah, kopi di pagi hari nampaknya cukup bagus. Senyawa di dalam kopi akan merangsang gula dalam darah kembali normal.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena kopi juga bisa meningkatkan kolesterol. Peningkatan kolesterol inilah yang membuat seseorang jatuh sakit.

Fokus Lebih Terjaga

Tidak dipungkiri bahwa kopi juga berguna untuk membuat otak lebih terjaga konsentrasinya. Secangkir kopi di pagi hari sudah cukup untuk menyiagakan otak.

Orang yang terbiasa ngopi punya kemampuan berkonsentrasi lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh stimulus kopi itu sendiri.

Bilamana orang menghentikan kebiasaan ini, biasanya fokusnya akan menurun. Otak belum bisa bekerja normal seperti biasanya. Normalnya, otak akan bekerja maksimal setelah mampu menghentikannya selama beberapa hari.

Selain fokusnya terjaga, penikmat kopi juga lebih mudah mengingat sesuatu. Daya ingatnya lebih tajam. Meskipun sudah memasuki usia senja, penikmat kopi masih memiliki ingatan yang kuat. 

Emosinya Stabil

Perlu dipahami bahwa kopi tidak selamanya buruk untuk kesehatan. Kebiasaan ini bisa diteruskan bilamana tubuh tidak mengalami masalah kesehatan. Bila mengalami masalah kesehatan yang menuntut penghentian ngopi, baiknya dihentikan.

Tapi jauh sebelum ada masalah kesehatan, kebiasaan ngopi ini bagus untuk meningkatkan mood seseorang. Emosinya lebih stabil ketimbang orang yang tidak pernah ngopi.

Alasan utamanya adalah bertambahnya hormon adrenalin dalam darah. Secara tidak langsung, kondisi ini meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Ketika seseorang meningkat kewaspadaannya, seseorang akan mampu berfikir lebih logis. Emosinya tidak meluap-luap. Penikmatnya bisa mengendalikan emosinya dan tidak mudah marah.

Tidak hanya itu saja, kopi juga membuat penikmatnya lebih produktif di dunia kerja. Setidaknya, penikmatnya akan terhindar dari rasa kantuk. Hilangnya rasa kantuk inilah yang akan membuat penikmatnya mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Itulah kelebihan dari kebiasaan minum kopi. Selagi tubuh Anda tidak bermasalah dengan penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk minum kopi. Karena ngopi adalah Lifestyle Pria sejati. [gb/kopi]

Manfaat Olahraga Bersepeda untuk Diet

didikjatmiko.com - Tak hanya ramah lingkungan, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Manfaat olahraga bersepeda itu sangat positif dampaknya bagi kesehatan tubuh kita. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat mengatasi stres lho.

Edisi Bersepeda Mengunjungi Kegiatan Pasar Pagi Dolokgede, Minggu 22 April 2018
Ketika kamu bersepeda, kamu bisa melepaskan diri sejenak dari hiruk-pikuk kerjaan, terbebas dari macet, melihat pemandangan baru, dapat menghemat uang dan waktu, serta berbagi bersama komunitas sepeda.

Bertepatan dengan Hari Bumi 22 April 2018, Saya dan sahabatku Edy Supra Eko, Yogo Wibowo serta pecinta sepeda dari Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro ada Boni Firmansyah, Syaiful Rahman, Mbak Pah dan Mbak Yul melakukan kegiatan bersepeda.

Semangat Bersepeda bersama Komunitas Sepeda Desa Sedahkidul
Ada dua rute yang kami tempuh dalam kegiatan bersepeda ini yaitu rute keberangkatan dimulai dari Desa Sedahkidul - Desa Punggur - Desa Tlatah - Desa Ngrejeng - Desa Pelem dan berhenti di GOR Grade Dolokgede. Sedangkan untuk rute kepulangan diawali dari GOR Grade Dolokgede - Desa Pelem - Desa Ngrejeng - (Sogo - Gledekan - Mojo - Keket - Dawung - Rambitan, Desa Mojodelik - Desa Sedahkidul.

Terlepas dari kegiatan di atas, yuk simak manfaat olahraga bersepeda untuk diet yang bisa kamu dapatkan apabila kamu mengendarai sepeda secara rutin di bawah ini !

a. Mengendalikan Berat Badan

Cara yang baik untuk mengendalikan dan menurunkan berat badan atau diet yaitu dengan bersepeda, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. 

Bersepeda juga membantu kita untuk memastikan bahwa pengeluaran energi lebih besar daripada asupan energi, karena Anda membakar kalori saat sedang bersepeda.

Tertarik untuk menurunkan berat badan? Bersepedalah dan kombinasikan aktivitas bersepeda dengan pola makan yang sehat. Berapa banyak kalori yang dibakar saat bersepeda akan bergantung pada berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat bersepeda. 

Namun sebuah studi telah menemukan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak lebih dari setahun.

Bersepeda itu bukan masalah jumlah kilometer, tapi lebih pada menikmati setiap kayuhan untuk mendapatkan tiap kilometer itu.

b. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi Otot Tubuh

Saat kita bersepeda, banyak anggota tubuh yang ikut terlibat aktif bergerak. Bahkan hampir semua anggota tubuh ikut terlibat dalam olahraga yang satu ini. Mulai dari kaki yang mengayuh sepeda, hingga mata yang waspada memperhatikan jalan.

Semakin banyaknya anggota tubuh yang ikut terlibat aktif saat bersepeda, maka hal itu membuat otot tubuh kita mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan membuat otot menjadi lebih kuat. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh kita juga ikut terlatih.

Video Keseruan Bersepeda Memperingati Hari Bumi 22 April 2018


Selain dua manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari kegiatan bersepeda. Asal kita rutin melakukannya. Oke gaes, tunggu apa lagi? Ayo bersepeda rutin dan rasakan manfaatnya sekarang juga.! [kakdidik13]

Selamat Tinggal Jerawat

Selamat Tinggal Jerawat - Setiap orang mempunyai impian memiliki wajah yang segar, bersih dan bebas jerawat. Salah satu masalah kulit yang dianggap cukup mengganggu penampilan adalah jerawat dan flek hitam. Oleh karena itu, banyak dari kita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk berobat ke dokter atau klinik estetika demi bisa terhindar dari keluhan kulit tersebut.

Selamat Tinggal Jerawat | Foto : https://mencegahpenyakit.com
Jerawat memang menjadi masalah bagi setiap orang yang mengalaminya. Tak hanya kaum wanita, kaum pria juga akan terganggu penampilannya jika terdapat benjolan kecil ini di wajahnya. Ya meskipun sebagian orang sudah pernah membersihkan jerawat di wajahnya dengan menggunakan obat menghilangkan jerawat, tetapi masih juga terdapat flek hitam akibat jerawat.

Lantas, apa yang harus dilakukan supaya bekas atau flek hitam bekas jerawat bisa hilang permanen dari kulit wajah? Hal ini tentu saja membutuhkan sedikit usaha yang tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Apalagi dengan rajin mencoba bahan alami yang ada di sekeliling kita.

Ngomong-ngomong, bahan alami seperti apa yang dapat menghilangkan bekas jerawat? Berikut ini cara merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat di wajah.

a. Lidah Buaya

Tempelkan gel lidah buaya ke bagian bekas jerawat. Diamkan dan tidak perlu dibilas. Bila bekas jerawat Anda agak parah, tambahkan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak pohon teh untuk mendapatkan kulit bekas jerawat menjadi lebih cerah. Tanaman ini dapat dicoba sebagai bagian dari langkah menghilangkan bekas jerawat secara alami karena dapat memberikan efek membantu memudarkan bekas jerawat, membantu meremajakan, serta melembapkan kulit.

b. Jus Lemon

Campur jus lemon dan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada wajah tepat pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 15-25 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Sifat jus lemon yang membantu memutihkan kulit dapat berpotensi mengurangi noda kehitaman pada bekas jerawat secara efektif. 

Hindari mengoleskan jus lemon pada kulit di sekitar bekas jerawat karena lemon mengandung asam sitrat yang bersifat sangat mengeringkan kulit. 

Hindari juga menggunakan jus lemon tanpa diencerkan atau didiamkan di kulit terlalu lama sebab dapat menyebabkan luka bakar. Hal ini disebabkan tingkat pH yang berbeda antara jus lemon dengan kulit manusia.

c. Madu

Oleskan madu langsung pada bekas jerawat. Gunakanlah madu alami karena hasilnya lebih efektif untuk menyembuhkan bekas jerawat. Madu alami juga berkhasiat mengurangi kemerahan apabila bekas jerawat tersebut masih mengalami peradangan. Madu bersifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit serta melembapkan. Selain itu, bahan alami ini juga sangat aman bagi yang memiliki kulit sensitif.

Selain bahan alami di atas, cara menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan upaya pencegahan berikut ini.

Terapkanlah pola hidup sehat

Perapkan pola hidup sehat sangat perlu dilakukan agar organ tubuh tetap terjaga. Seperti halnya untuk mencegah jerawat, kamu harus menghilangkan kebiasaan begadang. Mengapa begitu? Sebab apabila kamu kurang tidur, maka setiap jamnya dapat meningkatkan stres hingga 15 persen. Stres yang meningkat ini bisa menyebabkan munculnya glukokorticoid dan akan merusak struktur dan fungsi kulit. Lakukan olahraga agar stres berkurang dan tubuh lebih rileks sehingga terhindar dari gangguan sulit tidur.

Kebersihan Kulit Perlu Dijaga

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kebersihan kuli yaitu rutin mencuci wajah dua kali sehari. Terutama di malam hari, pastikan kamu mencuci wajah hingga tidak ada keringat, kotoran atau kosmetik yang tertinggal. Jika dibiarkan begitu saja, maka pori-pori wajah akan tersumbat dan memungkinkan munculnya jerawat.

Selektif dalam memilih makanan

Setiap hari konsumsilah makanan yang menyehatkan tubuh. Salah satunya yaitu kacang. Sama seperti yang disebutkan di atas, kacang bisa menjadi penyebab sekaligus menjadi penyembuh jerawat. Jadi dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan kacang sebagai penyembuh dan juga pencegah. Kandungan asam lemak omega 3 dalam kacang bisa mengurangi inflamasi yang ada di sekitar kelenjar minyak. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi ikan supaya jerawat tidak lagi mampir di wajah.

Konsumsi Beauty Golds

Cara Menghilangkan Jerawat dengan BEAUTY GOLDS - Selamat Tinggal Jerawat
Bagi yang menginginkan manfaat dari berbagai tumbuhan herbal untuk menghilangkan bekas jerawat, mengkonsumsi Beauty Golds adalah cara yang tepat untuk dilakukan dalam menghilangkan jerawat di wajah.  Suplemen yang terbuat dari herbal alami ini dapat mengatasi berbagai macam keluhan wanita terutama yang berhubungan dengan organ kewanitaan dan kecantikan. Ternyata dengan mengkonsumsi Beauty Golds sangat bermanfaat bagi seorang wanita, terutama yang mendambakan kesehatan tubuh dan kecantikan.

Jika semua itu telah dilakukan, maka ucapkanlah "Selamat tinggal Jerawat". [dik-pla]

Empat Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Sawo merupakan salah satu nama buah yang kita kenal. Buah ini mempunyai bentuk fisik yang bulat lonjong atau oval dengan kulit buah yang bewarna coklat tua. Sawo merupakan salah satu buah yang terasa manis di lidah dengan biji bewarna hitam mengkilat didalamnya. Buah ini juga termasuk salah satu buah yang kaya akan serat. Kelebihan lain dari buah ini adalah sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah Sawo : si coklat tua yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh - Sumber Foto : http://www.kabarmaya.com
Buah sawo akan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. Sehingga tak mengherankan, buah ini akan tumbuh subur di negara Indonesia. Buah ini pertama kali ditemukan banyak tumbuh di Amerika Tengan khususnya di daerah Meksiko. Buah sawo memiliki berbagai kandungan nutrisi yang lengkap.

Di balik warna coklat tuanya itu, buah Sawo mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, yakni :

1. Buah sawo mengandung sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga dan membuat tulang tetap sehat seiring usia yang terus bertambah.

2. Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam buah sawo berperan dalam menutrisi mata. Sehingga organ mata akan selalu terjaga kesehatannya setiap waktu.

3. Buah Sawo  merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga sangat efektif melancarkan buang air besar atau pencegahan sembelit yang sangat baik.

4. Nutrisi yang terkandung di dalam buah Sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif mencegah kanker paru-paru serta kanker pada rongga mulut. Jadi, buah Sawo merupakan penangkal kanker yang efektif dan alami.

Itulah empat manfaat buah Sawo yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Masih ragu mengkonsumsi buah Sawo? (@kakdidik13)

5 Tips Sehat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Tak terasa  empat hari telah berlalu di bulan yang penuh berkah ini yakni bulan suci Ramadhan 1436 H. Seluruh umat Islam di penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah rukun islam ke-4 yaitu Puasa. Puasa yaitu menahan diri dari makan, minum dan apapun yang membatalkan puasa, disertai dengan niat berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 187 yang artinya ".... dan makan minumlah hingga terang bagimu benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam...".

Mau lihat yang lebih jelas klik fotonya

Bagi umat islam, menjalan ibadah puasa merupakan sebuah kewajiban. Allah SWT berfirman dalam QS.Al-Baqarah : 183 yang artinya "Hai orang - orang berfirman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". Namun, jika dilihat dari segi kesehatan di balik nilai ibadah yang dijalankan sebulan penuh ini banyak sekali manfaat yang diambil. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa berpuasa di bulan suci Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka Allah SWT mengampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Al-bukhori dan Muslim).

Pada kesempatan ini, Aku mau berbagi 5 tips sehat berpuasa di bulan suci Ramadhan yang bisa diterapkan  :
  1. Jangan tinggalkan sahur. Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Ramadhan yang sangat disarankan. Rasulullah SAW bersabda : "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar".
  2. Konsumsi air yang cukup. Air merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Organ tubuh kita sangat membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Oleh karena itu pada saat sahur perbanyaklah minum air agar organ tubuh kita berfungsi dengan baik.
  3. Berolahragalah ! Meskipun dalam keadaan berpuasa, bukan berarti berhenti untuk berolahraga. Lakukanlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga seperti jalan kaki, tenis meja, senam ringan dan sebagainya. Dengan olahraga ringan ini, akan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita.
  4. Kontrol Emosi. Pada saat berpuasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan hawa nafsu. Jadi selama menjalankan ibadah puasa, kita harus bisa mengontrol diri dari emosi atau dengan kata lain belajar bersabara dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika emosi kita terkontrol maka jiwa kita akan tumbuh lebih sehat dan hati terasa damai.
  5. Jangan tunda berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu banyak energi yang dikeluarkan. Untuk memulihkannya, saat mendengar adzan magrib berkumandang terlebih dahulu usahakan untuk membatalkan puasa alias berbuka puasa terlebih dahulu. Minumlah minuman yang manis seperti kolak dan makanlah secukupnya. Jangan terlalu makan hidangan dalam jumlah banyak sekaligus, makanlah secara bertahap. Setelah membatalkan puasa, barulah menjalankan ibadah Sholat Magrib. Selesai sholat dapat dilanjutkan kembali buka puasanya dengan makan hidangan yang telah disiapkan oleh orang tua kita atau istri (bagi yang sudah menikah) hehehe. Tapi, jangan terlalu banyak, agar saat menjalankan ibadah sholat tarawih tidak terganggu.
Semoga 5 tips sehat berpuasa di bulan suci Ramadhan di atas bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramdhan 1436 H. (@kakdidik13)

5 Tips Terapi Mengoptimalkan Kualitas Tidur

Kebanyakan orang beranggapan tidur kegiatan lumrah yang kadang tidak diperhatikan. Seorang blogger yang mulai kebanjiran job review terkadang mengerjakan tanggungannya hingga larut malam (iya nggak sih). Bahkan mereka belum akan tidur kalau tanggungannya belum selesai. Terlebih ketika job reviewnya bernilai lumayan besar atau ketika dikejar deadline, otomatis kadang tidur kurang begitu diperhatikan. Nah lho, jangan sampai hal tersebut melanda kepada kita yang notabene seorang blogger?

Perlu diketahui, bahwasanya tidur merupakan kebutuhan alamiah. Apa karena kebutuhan alamiah, lantas kurang diperhatikan makna yang sesungguhnya. Padahal seharusnya tidur merupakan kebutuhan tubuh yang mesti dilakukan. Seandainya tubuh bisa berbicara, tubuh akan melakukan protes dan demonstrasi kalau kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi.

Jika kita mengalami masalah dengan tidur, maka harus diketahui bahwa pola tidur yang baik merupakan sesuatu yang sangat penting dan esensial bagi tubuh. Jika tidak, maka kita akan mengalami kelelahan dan frustasi. Tidur siang berbeda mutunya dengan  tidur malam. Manfaat tidur pun bukan ditentukan oleh jumlahnya seperti yang dipahami oleh kebanyakan orang bahwa tidur minimal 8 jam sehari. Tetapi manfaat tidur justru lebih ditentukan oleh kualitas tidurnya. Nah, untuk mendapatkan kualitas dan hasil yang optimal dari tidur ada beberapa tips terapi tidur yang bisa dilakukan.

Berikut ini 5 tips terapi mengoptimalkan kualitas tidur :
 
  1. Jangan makan menjelang tidur. Makan menjelang tidur itu tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, makanan yang masuk tidak dapat diolah dengan baik oleh lambung. Alangkah lebih baik, ketika hendak tidur tubuh sudah dalam keadaan istirahat untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak. Misalkan kepepet dalam keadaan lapar, akan lebih baik mengkonsumi buah. Itu pun harus dilakukan dua jam sebelum tidur.
  2. Hindari pula minum air yang terlalu banyak ketika hendak tidur. Mengapa? Agar ketika tidur tidak terganggu ingin buang air kecil. Sangat dianjurkan minum air dilakukan dua jam sebelum tidur. Misalkan kepepet dalam keadaan haus, minumlah secukupnya saja.
  3. Tidurlah di tempat yang nyaman dan usahakan alas tidurnya cenderung rata agar tidak mengganggu tulang belakang.
  4. Berolahraga ringan secara rutin seperti melakukan senam, bisa senam pinguin, senam gemu fa mire atau yang lainnya sesuai selera. Usahakan ketika berolahraga sampai berkeringat. Olahraga yang dilakukan secara kontinyu dan rutin bermanfaat untuk meningkatkan proses relaksasi saat tidur.
  5. Apabila mengalami kesulitan tidur, tenangkan pikiran. Salh satunya dengan cara mendengarkan alunan musik yang lembut sesuai kesukaan. Hindari mengkonsumsi obat tidur. Mengapa? karena akan mengganggu sensitifitas tubuh terhadap kebutuhan alami tidur.

Demikian 5 tips untuk mengoptimalkan tubuh ketika tidur. Semoga bermanfaat dan tidur semakin nyenyak. Jika ada tambahan jangan segan - segan untuk ditambahkan di kolom komentar. Terima kasih | @kakdidik13

Hidup Sehat Bersama AQUA

Performa aktifitas dalam sehari sering ditentukan oleh cara kita mengawali aktivitas di pagi hari. Pagi yang tenang misalnya, dan suasana hati yang santai, akan membuat kita lebih nyaman untuk memulai aktivitas. Itu sebabnya penting untuk memulai hari dengan sesuatu yang baik, menyenangkan, menyegarkan dan menyehatkan. Hal seperti itu pula sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita.

Setiap hari seseorang mempunyai dan melakukan aktivitas yang begitu padat. Timbulah sebuah pertanyaan, hal apakah yang baik untuk tubuh kita guna menghadapi dan menjalani aktivitas yang sibuk sepanjang hari? Jawabannnya adalah minum air putih. Simple kan,mengapa air putih? Seperti diketahui, bahwa merupakan komposisi terbesar dalam tubuh. Itu sebabnya tubuh kita tidak boleh sampai kekurangan air.

Banyak sekali organ di dalam tubuh kita yang berfungsi dengan baik jika kebutuhan air terpenuhi. Salah satunya adalah ginjal. Dari waktu ke waktu air sangat penting untuk memperlancar kinerja ginjal dalam tubuh kita. Selain itu,air juga sangat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui air seni, keringat, pernafasan dan air liur pada saat bicara. Bayangkan apa yang terjadi jika air  yang dibutuhkan tersebut tidak tercukupi, tentu banyak sekali racun yang tertinggal dan bersarang di tubuh kita. Bagi mereka yang gemar berolahraga, keringat yang keluar dari dalam tubuh pun akan semakin banyak. Oleh sebab itu, sangat penting memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Inilah yang dinamakan hidrasi.

Hidrasi dapat dilakukan dengan cara minum air putih. Semakin sering seseorang minum air putih dengan takaran yang tepat sesuai aktivitas, semakin banyak pula ia membantu kerja dan fungsi organ tubuh. Jadi, kita tidak perlu menunggu rasa haus timbul untuk melakukan hidrasi. Sebaiknya ,akan lebih baik jika kita memenuhi kebutuhan air dalam tubuh tanpa harus menunggu gejala di atas muncul. Itulah sebabnya mereka yang memiliki aktifitas begitu padat, misalnya ibu rumah tangga maupun wanita yang bekerja fulltime harus memperhatikan hal ini. Padatnya aktivitas sering kali membuat mereka lupa untuk melakukan hidrasi. Akibatnya muncul berbagai keluhan yang berkaitan dengan dehidrasi seperti munculnya rasa haus,merasa lelah,sakit kepala,mulut teerasa kering,sampai kurangnya frekuensi mumbuang air kecil. Oleh karena itu minumlah air putih sebanyak mungkin. Dimulai di pagi hari yang santai dan damai.

Akan lebih baik lagi jika kita mengajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan kebiasaan hidup sehat dan murah. Ajaklah mereka untuk minum air putih di pagi hari. Tanamkanlah kepada mereka betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh yakni memulai hari dengan mengkomsumsi banyak air putih. Jika kebiasaan sehat ini dapat ditanamkan, sehat tidak hanya menjadi milik anda, tetapi juga seluruh anggota keluarga. Sediakan selalu AQUA, air minum berkualitas yang berasal dari sumber mata air pegunungan. 40 tahun AQUA bersama untuk Indonesia. Minum air 8 gelas sehari untuk hidrasi optimal ! Semoga bermanfaat... !

Remaja.... Lebih Sehat, Lebih Gaya

Remaja.... Lebih Sehat, Lebih Gaya - Kata-kata diatas bergema selama tiga hari dua malam di Bumi Perkemahan Mangrove Center Kec. Jenu Kab. Tuban Jawa Timur pada saat kegiatan "Jambore PIk - Remaja Jawa Timur Tahun 2012". Kegiatan yang dilaksanakan secara berkala setiap satu tahun sekali sebagai wadah pertemuan, pengembangan wawasan dan kreatifitas bagi pengelola PIK-R di seluruh Jawa Timur (Khusunya Jalur Pramuka) ini, dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Desember 2012 dan diikuti oleh 130 peserta dari delegasi PIK-R di 22 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di Jawa Timur.

Remaja.... Lebih Sehat, Lebih Gaya
"Pada kegiatan Jambore Remaja tahun ini dilaksanakan pada bulan peringatan HIV/AIDS sedunia yang dimaksudkan agar kegiatan ini bisa menjadi wahana untuk kampanye HIV/AIDS sebagai bentuk kepedulian terhadap remaja agar terhindar dari perilaku yang berpotensi untuk terkena HIV/AIDS", ucap Kak Mas'ul Hadi selaku Ketua PIK - R Tunas Remaja Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur.

Kak Khusnul Wahyu Mahmudah selaku Ketua Panitia Jambore Remaja 2012 menambahkan, bahwa untuk mensukseskan kegiatan Jambore Remaja 2012 dengan tema "Remaja.... Lebih Sehat, Lebih Gaya ini, maka bentuk kegiatannya dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Kegiatan kebersamaan dan keakraban meliputi : Welcome Party, Youth Game dan Yout Night
  2. Kegiatan wawasan meliputi : Youth Cinema, Youth Debate, Youth Clinic dan Youth Campaign
Dalam kegiatan Youth Campaign, peserta jalan kaki mulai dari Alun-alun Tuban s/d Gedung Olahraga Tuban (kurang lebih 7 km) dengan membawa spanduk/banner, tulisan yang membawa poesan moral tentang bahaya HIV/AIDS. Gaya.... Lebih Sehat Tanpa HIV, Lebih Sehat Tanpa Free Seks, Lebih Sehat Tanpa Narkoba, inilah teriakan dari peserta saat berjalan kaki bersama mengkampanyekan tentang bahayanya virus HIV. Dalam kegiatan Jambore Remaja 2012 ini, PIK-R Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bojonegoro diwakili oleh : Pri Anto, Didik Jatmiko dan Donny.
Lilin Tahan Lama

Lilin Tahan Lama

Lilin sering digunakan sebagai penerangan ketika aliran listrik padam. Memang nyala lilin tak mampu membuat rumah terang benderang, tetapi setidaknya cahaya itu mampu menghindarkan rumah dari kegelapan. Sayangnya, lilin yang menyala cepat habis. Agar lilin tahan lama, sebelum lilin dinyalakan, batang lilin olesi dengan handbody lotion. Niscaya lilin akan lebih awet.

Hilangkan Lemak Perut


Perut buncit pada dasarnya berupa timbunan lemak, hal itu sering dialami wanita, terutama yang pernah melahirkan. Perut buncit sangat ditakuti oleh wanita, sebab membuat postur tubuh kurang indah.

Perut seperti itu bisa dikecilkan dengan ramuan susut perut yang berisi daun jati belanda ( dalam bahasa jawa : Jati Londo ). Ramuan itu diminum 3 kali sehari setelah makan. Selama minum ramuan konsumsi air putih harus diperbanyak agar pembuangan sisa metabolism tubuh lancer. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, misalnya : goring-gorengan. Usahakan makan malam diganti dengan sayur-sayuran atau buah-buahan segar. Imbangi pula dengan Olah Raga, misalnya : senam aerobik. Olah Raga harus teratur dua hari sekali. Setiapa olah raga harus mengeluarkan banyak keringat. Dengan cara seperti itu, secara bertahap lemak di perut anda akan menyusut.

Pohon Pisang Cegah Kulit Melepuh


Kasus tersiram air panas atau terpecik minyak goring sering terjadi. Rasanya sangat sakit sekali dan kulit akan melepuh. Ada yang membiarkannya, tidak berobat karena terbentur biaya. Tetapi ada pula yang buru-buru berobat. Jika anda mengalami hal itu dan tidak memungkinkan berobat ke tempat pelayanan kesehatan karena terbentur biaya, atasi dengan cara sederhana berikut :
Ambil sebatang anak pohon pisang yang masih kecil, potong menyerong, peraska pohon pisang pada bagian yang tersiram air panas. Lakukan berulang-ulang. Air perasan pohon pisang mengandung zat pendingin sehingga kulit tidak terasa panas dan melepuh.

Aplikasi

[Teknologi][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done