Info Menarik
Loading...
Showing posts with label Motivasi. Show all posts
Showing posts with label Motivasi. Show all posts

JNE Terima Penghargaan Muzzaki Istimewa Award 2022

Manfaat Penghargaan bagi Perusahaan, Pentingkah?. Ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan semakin marak dilaksanakan. Penghargaan yang diberikan pun bentuknya variatif yang mencakup berbagai bidang seperti kualitas pelayanan, kinerja keuangan, bidang marketing, dan juga mencakup penerapan tata kelola perusahaan.


Lembaga penilai dan Instansi Independen, berlomba-lomba menaikkan penghargaan yang digelarnya. Adapun metode yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap perusahaan pun sangat beragam, seperti melakukan observasi atau pengamatan terhadap dokumen-dokumen perusahaan seperti laporan keuangan, laporan tahunan. Ada yang melakukan survey, kuesioner ataupun perusahaan-perusahaan diwajibkan mengisi makalah. Ada yang melakukan wawancara terhadap manajemen perusahaan. Bahkan ada yang sampai melakukan survey kepada konsumen ataupun mitra kerja perusahaan.

JNE Raih Penghargaan Muzzaki Istimewa Award dari Baznas DKI Jakarta

Tahun 2022, Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAZ sebagai penyelenggara BAZNAS Award menggelar penghargaan yang dilaksanakan secara hybrid. Adapun tema yang diangkat yaitu Muzzaki Istimewa Award 2022. Kegiatan tersebut dilakukan pada 7 April 2022 di Balai Kota DKI Jakarta tepatnya di Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. JNE sebagai perusahan terdepan di Indonesia yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik mendapatkan anugerah penghargaan Muzzaki Istimewa Award dari Baznas DKI Jakarta sebagai Perusahaan Terkolaborasi pada tahun 2021. Selamat ya JNE!

Inilah Kategori Penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022

Penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022 memberikan penghargaan bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan para pihak yang berjasa atas perkembangan zakat di tanah air. Pada gelaran tahun ini, terdapat delapan kategori penghargaan untuk BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota; enam kategori untuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional; LAZ Provinsi/Kabupaten/Kota; kepala daerah pendukung kebangkitan zakat; serta berbagai penghargaan khusus lainnya.

JNE menerima award tersebut atas kerja keras dan kolaborasi CSR yang dilakukan selama ini. Kontribusi yang dilakukan JNE tidak hanya pendistribusian zakat tetapi juga diwujudkan JNE dalam bentuk penyaluran dan CSR. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE.

Masyarakat di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta telah menerima dan merasakan manfaat program CSR hasil kolaborasi berbagai institusi bersama BAZNAS. JNE menjadi salah satu perusahaan yang telah berperan dan turut aktif untuk ikut berpartisipasi pada program BAZNAS seperti halnya tagline JNE “ Connecting Happiness ” agar dapat terus berbagi kebahagiaan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Ucapan Terima Kasih Presiden Direktur JNE

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada BAZNAS DKI Jakarta, atas anugerah Muzakki Istimewa Award 2022 sebagai perusahaan terkolaborasi di tahun 2021 kepada JNE. Penghargaan ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus berbagi, memberi, dan menyantuni di seluruh Indonesia seperti prinsip yang ditanamkan oleh pendiri JNE, Alm. H. Soeprapto Soeparno sejak 31 tahun lalu," ucap M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE.

Ia menambahkan, dengan diterimanya apresiasi ini harapannya JNE semakin berkembang, sehingga dapat terus berzakat dan memberi manfaat lainnya kepada seluruh masyarakat Indonesia dan semakin banyak masyarakat yang membutuhkan. Karena kehadiran JNE sebagai perusahaan karya anak bangsa yang selalu berupaya untuk berbagi kepada masyarakat dengan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Bagi pembaca setia blog didikjatmiko.com yang bingung memilih jasa pengiriman dan logistik, pakai aja jasa dari JNE sehingga Anda ikut serta menjadi mendukung perusahaan ini agar tetap konsisten berbagi kepada masyarakat.

Deklarasi Hari Bahagia Bersama JNE

Setiap insan yang hidup di muka bumi ini tentunya semua ingin bahagia, ya nggak sih?. Mengutip dari sepenggal lirik lagu Jangan Menyerah yang dipopulerkan oleh salah satu grup band ternama di Indonesia, sebut saja namanya d'Massive seperti ini. "Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat, seakan hidup ini tak ada artinya lagi, syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik."

Deklarasi Hari Bahagia Bersama

Hidup itu diibaratkan seperti pedal sepeda yang kita kayuh, ada kalanya di atas dan ada kalanya juga di bawah. Nah, supaya Kita tidak terjebak dalam rasa putus asa berkepanjangan dalam menjalani hidup ketika menghadapi masalah, maka perlu untuk memahami kehidupan secara lebih seimbang. Selain itu, terus belajar menguatkan mental dalam menghadapi cobaan dan menjalani hidup agar menjadi bahagia juga bisa dilakukan.

Menginjak di usia 31 tahun ini JNE tentunya sangat mensyukurinya, meskipun masih di masa pandemi, JNE masih dapat berbagi kebahagiaan kepada pelanggan setia dan masyarakat Indonesia. Berbekal tagline JNE yang selalu diusung yaitu “Connecting Happiness”, JNE deklarasikan Hari Bahagia Bersama yang ditandai dengan peluncuran buku yang berjudul “Bahagia Bersama” pada Selasa 7 September 2021.

Sebuah kebanggan tersendiri bagiku yang bisa mengikuti Launching Deklarasi Hari Bahagia Bersamayang diadakan oleh JNE ini, ya meskipun secara virtual di aplikasi Zoom. Sementara panitia menggelar kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di Studio Markplus.Inc, EightyEight@Kasablanka, Jalan Raya Casablanca No.88, Menteng Dalam Jakarta Selatan. Selain itu, bagi peserta di luar zoom bisa menyaksikannya secara online melalui tayangan langsung di Youtube JNE.

Deklarasi Hari Bahagia ini dihadiri oleh M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Maman Suherman Penulis dan Penggiat Literasi, Muhammad “MICE” Misrad kartunis, Andy F. Noya, Melanie Subono, serta Ivan Gunawan.

Deklarasi Hari Bahagia Bersama JNE

Dalam kesempatan ini, Maman Suherman selaku penulis buku Bahagia Bersama mengatakan, “Sebuah kehormatan dapat menjadi penulis Buku Bahagia Bersama dan turut menularkan prinsip serta nilai-nilai berbagi yang membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi individu mau pun masyarakat luas”.

“Berbagi agar dapat bahagia bersama perlu dilakukan sebanyak mungkin oleh tiap orang, tidak hanya dalam keadaan lapang tapi juga bahkan dalam kondisi sempit”, imbuh pegiat literasi ternama ini.

Sementara itu, Muhammad Misrad selaku kartunis yang turut membuat ilustrasi buku Bahagia Bersama menuturkan, “Merupakan sebuah challenge yang sangat asyik bisa menjadi bagian dari penyusun isi Buku Bahagia Bersama. Prinsip berbagi agar semua bisa bahagia bersama harus disampaikan secara berbeda sehingga pesan bisa diterima oleh semua kalangan dan semua umur, bahkan anak-anak”.

Kisah nyata yang diangkat tentang berbagi yang kemudian membawa perubahan besar. Terutama, bagi siapa pun yang berada di dalam atau terhubung dengan perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional JNE. Sejak didirikan lebih dari 3 dekade lalu, tepatnya pada 26 November 1990 JNE telah menjalankan prinsip berbagi. Wah cukup lama dan berpengalaman tentunya.

M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, mengatakan, “Dalam menjalankan bisnis, JNE memiliki tagline “Connecting Happiness” yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Maknanya sangat luas, sehingga jika bicara tentang JNE, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek kehidupan. “Bahagia Bersama” adalah hasil yang dituju dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan”.

Kuis Hari Bahagia Bersama

Dalam rangka untuk meramaikan Hari Bahagia Bersama, JNE juga menyelenggarakan berbagai program antara lain mengadakan aktivasi melalui akun resmi instagram JNE_ID yang bertemakan “The Unsung Hero”. Kuis ini mengajak nitizen untuk menceritakan hal baik yang pernah dialami dan pemenang yang terpilih akan mendapatkan e-wallet dengan total hadiah 10 juta rupiah.

Untuk mendapatkan Buku “Bahagia Bersama” ini, bisa kamu dapatkan dengan membelinya secara offline di toko buku Gramedia. Sementara untuk secara online bisa kamu dapatkan melalui website gramedia.com dan toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. Berbagai program menarik terkait buku Bahagia Bersama pun dapat diikuti semua orang melalui akun resmi sosial media JNE.

Mau hidupmu lebih berwarna? Bahagialah !

Pembaca setia blog didikjatmiko.com, sudahkah kamu berbahagia? Seseorang berbahagia itu ukurannya apa? Mari, cek beberapa makna bahagia yang bisa kamu wujudkan sehingga hidupmu lebih berwarna.

Belajar dari Kesalahan itu Bahagia

Semua orang tak pernah luput dari yang namanya kesalahan, ya nggak sih?. Hal itu memang sudah biasa. Namun, akan menjadi luar biasa jika kamu bisa belajar dari kesalahan itu dan memberikan efek positif bagi hidupmu di masa depan. Hidupmu tentu akan lebih berbagia ketika kamu bisa melakukan hal yang lebih baik lagi yang berawal dari kesalahan. Yang lebih membahagiakan adalah ketika hasil pembelajaran kamu itu mendapat pujian dari banyak orang. Pasti seneng banget deh!

Dihargai dan Dicintai itu bahagia

Bahagia selanjutnya bisa kamu dapatkan dengan mudah yakni dengan cukup dihargai dan dicintai. Jika kedua hal tersebut kamu dapatkan, maka kamu akan merasa bahagia dan bersemangat dalam komunitas yang kamu ikuti, ya nggak? Kontribusi yang kamu berikan untuk komunitas pun semakin lebih loyal hehehe.

Namun, definisi bahagia tersebut tak bisa kamu dapatkan secara spontan. Kamu harus berjuang terlebih dahulu sehingga orang lain akan dengan sepenuh hati mencintai dan menghargai kehadiranmu di komunitas itu. Jika kedua hal tersebut sudah kamu dapatkan, maka hidupmu tentu akan semakin berwarna dan bahagia.

Itulah dua hal definisi bahagia yang disajikan di blogku, jika ada tambahan bisa kamu tulis di kolom komentar. Tetap semangat menjalani hidup dengan senyum dan bahagia.

Ingin Lebih Semangat Kerja? Simak 7 Tips Motivasi Kerja ini !

Ingin Lebih Semangat Kerja? Simak 7 Tips Motivasi Kerja ini ! - Hari Senin seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Bukan hanya bagi pegawai saja. Bahkan, mahasiswa dan freelance juga merasakannya. Entah mengapa hari Senin yang harusnya power seseorang masih full charged malah menjadi hari yang menyebalkan. Berkutat lagi dengan tugas dan kerjaan yang menumpuk.
Sumber Foto : https://pixabay.com/en/african-descent-business-cheerful-2477763/
Padahal, bekerja adalah salah satu perantara bagi Anda untuk mendapatkan uang. Sedangkan uang bisa memenuhi semua kebutuhan. Diakui atau tidak, di dunia ini tidak ada yang gratis. Pendidikan, rumah, hingga kebutuhan pokok harus dibeli dengan uang.

Nah, jika Anda mulai merasa kurang bersemangat menyongsong hari Senin. Mungkin, Anda butuh tips motivasi kerja. Beberapa poin akan dibahas agar Anda menemukan motivasi giat bekerja kembali.
Semangat bekerja bisa dicapai bukan tanpa alasan. Anda membutuhkan trik cara membangktikan semangat dalam diri. Sebab, sebenarnya yang bisa menumbuhkan semangat adalah diri Anda sendiri.

Jika Anda mulai merasa ogah-ogahan untuk bekerja terutama saat menjelang hari Senin. Informasi terkait motivasi giat bekerja berikut ini bisa Anda simak dan mulai dipraktekkan. Langsung saja, berikut ulasannya:

1. Identifikasi Penyebab Tidak Semangat Bekerja

Anda perlu mencari tahu apa yang mengganggu Anda saat bekerja. Seperti teman kerja yang menyebalkan, atasan yang cerewet, fasilitas buruk, dan sebagainya. Intinya, sesuatu yang saat Anda bayangkan, otomatis membuat perasaan Anda menjadi buruk. Nah, disitulah pemicunya.

Setelah tahu, sudah saatnya untuk diatasi. Anda harus mengobrolkannya dengan seseorang agar penyebab Anda tidak semangat bisa diatasi dengan baik.

2. Memanfaatkan Weekend Untuk Refreshing

Saat weekend, cobalah untuk jalan-jalan bersama keluarga atau teman. Bisa juga diisi dengan acara makan-makan di luar. Anda bisa memanfaatkannya untuk refleksi, santai di rumah, atau yang lainnya. Dengan begitu, pikiran Anda bisa menjadi fresh kembali. Sehingga Anda siap untuk menghadapi hari Senin. Refreshing adalah obat semangat kerja yang sangat ampuh.

3. Menempel Daftar Tugas Harian di Meja Kerja

Saat tiba di kantor, Anda perlu menuliskan daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dengan menuliskannya, Anda bisa lebih peduli pada pekerjaan sehingga termotivasi untuk menyelesaikannya.

4. Melakukan Rapat dengan Pengawas Secara Rutin

Jika Anda ingin berkembang dalam karier kerja, maka masukan dari pengawas sangat dibutuhkan. Luangkan 30 menit untuk melakukan raat pribadi dengan atasan Anda. mintalah kritik dan saran darinya. Setelah rapat, Anda akan lebih termotivasi untuk bisa mendapatkan capaian lebih. Jadwalkan kegiatan tersebut paling tidak dua minggu sekali.

5. Merayakan Keberhasilan

Salah satu cara menumbuhkan motivasi kerja adalah dengan merayakan keberhasilan. Dalam buku Why People Fail karya Simon Reynold, orang-orang sering fokus pada hal yang tidak beres. Hal tersebut dapat mengurangi motivasi. Anda harus beralih ke area positif dengan mulai merayakan keberhasilan kecil.

6. Tidur Lebih Awal pada Minggu Malam

Tidak semangat kerja di hari Senin bisa diakibatkan karena tidur terlalu larut pada Minggu malam. Sehingga Senin pagi Anda masih merasa mengantuk dan lemas. Tentu saja ini sangat berpengaruh pada semangat kerja Untuk itu, Anda sebaiknya tidur lebih awal di Minggu malam agar hari Senin bisa bangun lebih awal. Badan pun jadi lebih segar dan bugar.

7. Mengingat Impian

Tips semangat kerja yang terakhir adalah selalu mengingat impian. Anda bisa menempelkan list di kamar, wallpaper laptop, dan tempat-tempat yang sering Anda lihat. Anda akan lebih semangat jika melihat impian ada di depan mata. Secara tidak langsung, ini mempengaruhi psikologi Anda.

Nah, coba praktekkan 7 tips di atas agar Anda lebih semangat untuk bekerja. Semoga bermanfaat! [gb/fahmi]

Lalu Muhammad Zohri Ukir Prestasi Dunia dan Sejarah Baru untuk Indonesia

didikjatmiko.com - Timnas Sepak Bola Indonesia kalah dalam drama adu pinalti melawan Timnas Malaysia Piala AFF U-19 di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis (12/072018). Mengalami kekalahan, lantas tidak membuat daya juang Timnas Indonesia berkurang. 

Hal ini dibuktikan dalam laga melawan Timnas Thailand, Sabtu (14/7/2018) sore. Timnas U-19 Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Thailand dan menang 2-1 dalam laga perebutan juara ketiga turnamen Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Lalu Muhammad Zohri Sang Juara Dunia asal Indonesia - Foto :  IG @edycomodo
Nggak usah larut dalam kekalahan dan kesedihan, karena masih ada prestasi lain yang juga membanggakan INDONESIA yakni prestasi dunia yang diukir oleh Lalu Muhammad Zohri.

Kesederhanaan dan kerja keras pasti dapat meraih prestasi, bergeraklah agar bisa memberikan yang terbaik bagi negeri ini sehingga merah putih bisa berkibar di mata dunia. Hal tersebut terwujud dalam kisah nyata yang dialami oleh Lalu Muhammad Zohri. 

Pemuda 18 tahun asal Nusa Tenggara Barat itu berhasil menarik perhatian Indonesia dan dunia atas keberhasilannya memenangi lomba lari 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Seperti dikutip dari Kompas.com, Zohri berhasil mengungguli 2 sprinter asal Amerika Serikat, yaitu Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan perolehan waktu 10,22 detik. Zohri berhasil mencapai garis akhir dalam waktu 10,18 detik atau sekitar 1,2 meter per detik.

Sejak SMP, dia menyabet 7 emas untuk kejurnas pada tahun 2017. Kemudian tahun 2018 dia juga menyabet emas untuk atletik junior Asia 100 meter di Jepang dengan catatan waktu 10,27 detik. Dan yang masih hangat, dia menyabet gelar Juara Dunia 100 meter di Finlandia dengan catatan waktu 10,18 detik. Saat ini ia masih duduk di kelas XII SMA dan menjadi teladan yang membanggakan bagi remaja lainnya.

Sukses mengukir prestasi dunia lantas tidak membuat Lalu Muhammad Zohri sombong. Sosoknya yang inspiratif dan sederhana terlihat dari sikapnya. Sejak kecil dia hidup sederhana, tinggal di rumah kayu. Rumahnya terbilang sangat sederhana. Rumah yang berada di dusun Karang Pangsor, Lombok Utara itu mendadak ramai dikunjungi keluarga, tetangga dan sahabat Zohri. Rumah Zohri yang berdinding kayu dan anyaman bambu yang telah lapuk adalah saksi sejarah kehidupan Lalu Muhammad Zohri, Sang Juara Dunia asal Indonesia.

Zohri pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia dan Presiden RI yang selalu mendukungnya.

"Terima kasih bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia, yang telah mendoakan saya sehingga saya bisa menjadi juara negeri ini. Terima kasih banyak atas doanya," ujar Lalu Muhammad Zohri sembari tersenyum yang terlihat dari sebuah video yang diunggah oleh situs Twitter IAAF.

Semoga prestasi yang diraih oleh Lalu Muhammad Zohri ini memotivasi generasi emas bangsa ini untuk selalu bersemangat dalam berkarya bagi negeri tercinta Indonesia. [kakdidik13]

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu - Sehabis mengikuti kegiatan Try Out 1 Kecamatan, Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Trawas Kabupaten Mojokerto mengikuti kegiatan berpetualang dalam giat susur sungai level 1 yang diadakan oleh sekolah setempat. Kegiatan susur sungai ini dilaksanakan di Dusun Sendang Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu
Giat Susur Sungai Level 1 dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB - 10.00 WIB. Adapun tujuan dan manfaat diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kekompakkan, rasa peduli terhadap teman, pengeluaran sifat asli manusia, bersenang-senang atau refreshing, olah tangan/kaki/badan/fikiran dan hati. 

Istirahat sejenak dan foto bareng dulu kakak
Dalam kegiatan ini siswa/i diajarkan bagaimana cara membangun sinergi antar sesama, saling peduli, ujian itu ibarat dari dasar landai yang rata kemudian naik ke atas mulai batu, kerikil, air deras. Peserta ada yang ramai, ada pula yang minta tolong. Seru banget pokokman hehehe. Semoga ilmu dan manfaat dalam kegiatan ini dapat diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. [kakdidik13]

Mira Sahid : Tetaplah Menulis, maka Kamu akan Tahu Siapa Dirimu

didikjatmiko.com - Apakah kamu masih bersemangat ngeblog? Kalau Saya sih selalu semangat untuk ngeblog, karena ngeblog sudah menyatu dalam diriku dan nggak bisa terpisahkan pokoknya hehehe. Nah, agar semangat ngeblog kita tetap menyala dan berkobar, dalam kesempatan berbahagia ini Saya hadirkan kisah sukses ngeblog seorang blogger yang pasti sangat senior di dunia persilatan eh perbloggingan tanah air khususnya di kalangan Emak-emak Blogger, sebut saja namanya Mira Sahid. 

Mbak Mira Sahid saat berbagi motivasi ngeblog dalam kegiatan Flash Blogging di Malang - Foto : Mira Sahid
Yuk, simak motivasi yang disampaikan oleh pemilik blog mirasahid.com berikut ini.

Sejak Kapan mulai aktif NgeBlog?

Mengenal dunia blog sejak 2008, Saya tidak pernah menyangka akan membawaku sejauh ini. Bukan perkara mendapatkan bonus-bonus uang saja, bukan perkara bagaimana orang melihat saya, tapi lebih dari itu. Ia membawa saya menjejak ke tempat-tempat yang belum pernah saya singgahi, terlebih jika saya bisa berbagi mengenai ilmu saya yang sedikit ini pada mereka yang ingin belajar.

Tapi tentu saja semua itu berproses. Perjalanan Ngeblog saya menjadi sebuah hal yang sangat saya senangi. Saya menikmatinya dengan segala kisah di dalamnya. Saya merasakan betul, betapa bahagia sekaligus puas ketika saya bisa berbagi, bersilaturahmi dengan teman-teman. Bahkan saat berbagi pun, saya belajar pada mereka. Ah, hidup memang perkara belajar dan mengajarkan, bukan?

Untuk teman-teman Blogger, Saya yakin kita semua punya tujuan masing-masing di dunia blog ini. Maka buatlah tujuan yang baik, lakukan yang terbaik, buatlah dunia Blogger ini semakin baik, bergandengan tangan, agar kita bisa berkarya bersama-sama untuk Indonesia. Semoga kita bisa berkarya terus dan bergandengan tangan menuju Indonesia maju.

Apa itu NgeBlog Zaman Now?

Hihi, istilah zaman now memang ngehits banget ya. Dari Aku pribadi, blog ini pada dasarnya kan rumah virtual kita, tempat menuangkan segala macam ide, opini, sudut pandang, curahan hati, dan sebagainya. Dan seiring berkembangnya dunia Digital, maka blog bertambah manfaatnya menjadi sebuah peluang.

Blogger sekarang lebih kritis dan sudah memiliki identitas masing-masing, dan itulah yang membuat dunia Blogger saat ini mengalami value yang lebih. Lebih bervariatif.

Jadi, sebetulnya menjadi blogger di era saat ini bisa menjadi mudah, asal kita tahu betul kekuatan konten kita di mana. And that’s why, content is still the king, right?

Tips saya sih sederhana kok. Untuk teman-teman yang terjun ke dunia blog, maka jadilah Blogger yang baik. Baik sikap, ucapan, dan tulisan. Jaga silaturahim, dan mulai bergandengan tangan untuk Indonesia. 

"Tetaplah Menulis, maka Kamu akan Tahu Siapa Dirimu" - Mira Sahid

Demikian semoga memberikan motivasi dan inspirasi buat kita terlebih untuk pembaca setia blog didikjatmiko.com sekalian. Bagi yang ingin mengenal lebih dekat sama mbak Mira Sahid silakan dibaca di http://mirasahid.com/aboutme. Ayo semangat NgeBlog untuk Indonesia ! [kakdidik13]

10 Etika Bisnis yang Wajib Diterapkan dalam Membangun Usaha

10 Etika Bisnis yang Wajib Diterapkan dalam Membangun Usaha - Melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul Inilah Kelebihan Membuka Suatu Bisnis Usaha Sendiri. Dalam kesempatan ini admin blog didikjatmiko.com suguhkan artikel lanjutannya yang berjudul 10 Etika Bisnis yang Wajib Diterapkan dalam Membangun Usaha.

Sutelo Snack Anti Ngantuk - Salah satu bisnis yang dikembangkan Pengusaha dari Magelang
Etika merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi kehidupan setiap manusia, begitu pula dalam berbisnis. Ada beberapa etika-etika tertentu yang akan memengaruhi bagaimana kesuksesan usaha Anda selanjutnya. Walaupun seseorang memiliki ide bisnis yang sangat brilian ataupun modal yang besar untuk bisa membuka usaha, namun jika selama berbisnis ia tidak menerapkan etika berbisnis yang sesuai, maka pintu kesuksesan akan sulit untuk dibuka. Terutama jika hal ini disangkutnya dengan kredibilitas Anda di mata konsumen, membuat kesan yang jelek di mata mereka akibat kurangnya etika berbisnis, maka bersiapkan untuk kehilangan pelanggan. Maka dari itu, mari kita pelajari apa saja etika yang perlu diterapkan oleh para pebisnis selama menjalankan usahanya sebagai berikut.

1. Kejujuran dalam berbicara dan bersikap

Kejujuran menjadi etika pertama yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Diawali dari kejujuran inilah, maka pelanggan bisa percaya pada usaha yang Anda jalankan. Dengan kata lain, kredibilitas usaha Anda dibangun dari Anda sendiri yaitu bagaimana Anda bersikap terhadap pelanggan. Bayangkan apabila Anda tidak jujur bahwa barang dagangan Anda adalah barang yang illegal, maka pelanggan akan enggan untuk membeli dari Anda. Oleh karena itu, selalu terapkan kejujuran dalam setiap perkataan dan perbuatan Anda selama berbisnis. Salah satunya dengan membagikan informasi mengenai usaha maupun produk Anda secara jujur.

2. Menjunjung integritas

Berbicara mengenai integritas dalam berbisnis, maka harus ada konsistensi antara pemikiran, perkataan, dan perbuatan dari si pebisnis. Walaupun pada akhirnya, seorang pebisnis harus menghadapi kepentingan yang berseberangan dengan pemikiran awalnya, namun ia tetap harus menjunjung integrasnya dan mencari jalan keluar yang tepat. Nah, Anda haruslah tetap bisa mempertahankan prinsip bisnis Anda walaupun di tengah jalan mendapatkan banyak gangguan yang berseberangan. Jika tidak bisa mempertahankan prinsip Anda, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan terombang-ambing secara tidak jelas dan berakhir dengan kegagalan.

3. Selalu memenuhi janji yang telah dibuat

Sudah menjadi kaidah bahwa janji itu harus ditepati, begitu pula dalam berbisnis. Sekali pelanggan dikecewakan akibat Anda tidak bisa memenuhi janji sesuai pesanan, maka pelanggan punya hak untuk mengundurkan diri sebagai pelanggan Anda. Contohnya bisa seperti ini, Anda menjanjikan produk akan jadi dalam waktu 3 hari, namun hingga seminggu lebih Anda tidak bisa memenuhinya. Fatal, bukan? Jadi, pastikan untuk tidak membuat janji secara sembarangan, terutama jika Anda tidak yakin bisa memenuhinya.

4. Mempertahankan loyalitas

Mempertahankan loyalitas bisa wajib dilakukan secara dua arah. Pertama, mempertahankan loyalitas ke dalam terhadap anggota di dalam bisnis Anda, termasuk partner kerja dan karyawan. Apabila Anda bisa mempertahankan loyalitas kepada karyawan Anda, maka Anda bisa mempertahankan keberlangsungan produksi usaha Anda dengan lebih mudah karena tidak perlu ada perubahan tenaga kerja.

Kedua, mempertahankan loyalitas ke luar kepada rekan kerja dan pelanggan. Ini juga sangat penting karena mempertahankan loyalitas terhadap pelanggan dan rekan kerja memengaruhi bagaimana bisnis Anda akan berlangsung ke depannya. Apabila pelanggan sudah loyal terhadap usaha Anda, maka walaupun Anda produk lain, mereka akan tetap memilih produk Anda. Untuk mempertahankan loyalitas ini, maka Anda perlu menunjukkan perkembangan usaha yang semakin lama semakin aktif. Dengan begitu, pelanggan dan rekan kerja akan percaya bahwa loyalitas mereka ada pada tempat yang tepat.

5. Menerapkan keadilan

Apabila Anda adalah pemilik usaha, maka selalu terapkanlah sikap adil. Terutama kepada karyawan maupun setiap orang yang terlibat di dalam bisnis Anda. Jangan pernah bersikap otoriter hanya karena Anda berada di posisi yang tertinggi. Jangan pernah mendiskriminasikan karyawan karena latar belakangnya. Anda harus bisa bersikap terbuka dan bisa mentoleransi perbedaan antara setiap orang. Jika Anda bisa berlaku adil terhadap mereka, maka secara otomatis Anda juga bisa membangun loyalitas mereka terhadap perusahaan Anda.

6. Bersikap lebih peduli

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus tahu bahwa setiap keputusan yang Anda ambil terhadap usaha yang Anda jalankan maka akan memberikan pengaruh terhadap karyawan dan segala pihak yang terlibat di dalam siklus bisnis Anda. Jadi, sebaiknya Anda bersikap lebih peduli dengan mempertimbangkan dampak baik positif maupun negatif yang nanti akan berpengaruh terhadap karyawan Anda. Dengan menerapkan sikap peduli, maka Anda bisa meminimalisir keputusan yang bersifat merugikan bagi karyawan dan bisnis Anda secara tidak langsung.

7. Menghargai pihak lain

Sikap menghargai ini sejalan dengan sikap adil dan peduli yang dipaparkan sebelumnya. Walaupun karyawan Anda berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, namun jangan pernah menilai mereka dari ras, suku, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan pelanggan, jangan pernah membeda-bedakan pelanggan yang kaya dan miskin. Selama pelanggan Anda memiliki keinginan yang kemampuan yang sama untuk membeli produk usaha Anda, namun jangan pernah mendeskriminasikan mereka berdasarkan

8. Selalu menaati peraturan yang berlaku

Sebagaimana permainan, bisnis juga memiliki aturan yang berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Aturan yang tertulis biasanya berasal dari pemerintah setempat yang mengatur proses bisnis di wilayah tertentu. Pengusaha yang baik adalah yang mau menaati peraturan yang ditetapkan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya. Jika tidak menaati peraturan, maka bersiaplah usaha Anda bisa mendapatkan sanksi dari pemerintah. Tetapi, terkadang peraturan sosial juga berpengaruh dalam berbisnis. Ada norma sosial tertentu di masyarakat di wilayah tertentu yang tidak terdapat pada aturan yang dibuat pemerintah. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu lokasi dimana Anda berbisnis. Pastikan bahwa bisnis yang Anda jalani tidak bertentangan dengan norma sosial di masyarakat tersebut.

9. Memiliki jiwa kepemimpinan

Sebagai seorang pebisnis yang membawahi karyawan, maka Anda harus memiliki jiwa pemimpin. Jadi, Anda harus bisa memimpin karyawan dengan cara memberikan contoh, memotivasi, maupun mengawasi agar mereka bisa bekerja dengan lebih baik dan sesuai dengan target kerja. Jangan sampai Anda terlalu bersikap baik justru karyawan Anda menyepelekan posisi Anda. Bersifat terbuka namun tetap mempertahankan karisma ada ciri-ciri pemimpin yang akan sukses menjalankan bisnisnya.

10. Menjaga reputasi usaha

Terakhir adalah mampu menjaga reputasi usaha Anda sendiri. Menjaga nama baik terkadang bisa sangat sulit, terutama ketika harus berurusan dengan iklim bisnis yang sangat ketat dengan persaingan. Jangan sampai Anda tergiur untuk melakukan hal-hal tidak sesua dengan memudahkan bisnis Anda. Sekali nama baik Anda tercemar, maka sangat sulit untuk mengembalikannya. Jika pelanggan tahu bahwa reputasi perusahaan Anda tidak baik, maka mereka akan menghindari untuk kembali menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, poin etika terakhir ini juga berperan sangat penting dalam menentukan apakah usaha Anda bisa berakhir dengan lancar atau tidak.

Apabila Anda ingin dipandang sebagai seorang pengusaha yang professional, maka seharusnya etika-etika di atas selalu Anda terapkan dalam perjalanan bisnis Anda. Catat dan perhatikan bahwa etika dan profesionalisme adalah kunci utama kesuksesan suatu bisnis. [kakdidik13]

Mengelola Laporan Keuangan Perbulan bagi Blogpreneur, Pentingkah?

Pernah mendengar istilah blogpreneur? Blogpreneur merupakan istilah dan sebutan untuk orang-orang yang memanfaatkan blog pribadinya untuk usaha dan memasarkan produk usaha yang dimilikinya. Untuk menjadi seorang blogpreneur, syarat mutlak yang harus dipenuhi yaitu harus memiliki produk usaha dan blog. Jika kamu memiliki kedua hal tersebut, maka kamu sudah bisa disebut sebagai blogpreneur.

Mengelola Laporan Keuangan Perbulan bagi Blogpreneur, Pentingkah ?
Untuk menjadi blogpreneur yang sukses, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu memantapkan diri dan niat sungguh-sungguh menjadi blogpreneur, rajin mengupdate blog dan selalu mencari informasi terkini mengenai bisnis online, menjalin komunikasi dengan sesama blogger melalui blogwalking, dan bergabung dengan berbagai komunitas blogger serta grup facebook penjualan produk seperti etalase online, lapak online dan sebagainya.

Hingga hari ini saya belum sepenuhnya menekuni menjadi blogpreneur. Akan tetapi, alhamdulillah blog yang saya kelola saat ini, sedikit banyak telah menghasilkan rupiah dan lumayan buat ngopi bareng teman-teman. Do'a-kan semoga saya bisa menjadi blogpreneur yang sukses ya kawan !. Amiin...

Lantas bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog? 

Untuk mendapatkan penghasilan yang kita idam-idam kan dari blog yang kita kelola, ada beberapa cara jitu yang menguntungkan dan bisa dilakukan yaitu memasang iklan adsense di blog, ikut program affiliasi, menerima dan menuliskan artikel review mengenai prosuk - produk tertentu, berjualan melalui toko online, membuka jasa di blog seperti menulis artikel, jasa desain WPAP dan sebagainya. Jika semua itu sudah dilakukan, maka blog kamu akan menjadi ladang emas dan migas yang begitu menggiurkan.

Laporan keuangan blog perbulan, penting kah?

Setelah penghasilan tetap didapat dari blog yang kita kelola, maka perlu adanya laporan keuangan perbulan yang jelas agar pendapatan dan pengeluaran yang telah kita lakukan tercatat secara rapi. Hal tersebut menurutku wajib dan mutlak dilakukan oleh blogpreneur. Selanjutnya terkait dengan rekening bank yang dimiliki oleh blogpreneur pun harus dibedakan. Akan lebih baik jika dibuatkan rekening bank sendiri agar pendapatan dan pengeluaran tidak bercampur dengan uang tabungan yang kita miliki. 

Jadi, mengelola laporan keuangan perbulan bagi blogpreneur itu penting dilakukan kawan agar target perbulan bisa ditetapkan dan memotivasi diri untuk menjadi lebih baikdalam ngeblog. Tetap semangat ngeblog dan berbagi ya kawan !. Keep spirit to posting and blogging !. Semoga bermanfaat ya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 10 September 2016

Motivasi dari Samsul Arif Munip untuk Persibo Bojonegoro

Peristiwa bersejarah di bidang olahraga yang memberikan inspirasi atau motivasi bagi bangsa Indonesia jatuh setiap tanggal 09 September yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Dengan diadakannya Peringatan Hari Olahraga Nasional ini diharapkan dapat mengajak dan menyadarkan warga Indonesia untuk menerapkan dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari hidupnya. Adapun tema dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tahun 2016 yaitu "Ayo Olahraga untuk Indonesia Sehat dan Produktif".

Motivasi dari Samsul Arif Munip untuk Persibo Bojonegoro
Momentum bersejarah ini (bersamaan dengan HAORNAS 2016) ternyata dimanfaatkan oleh striker Persib Bandung Samsul Arif Munip untuk memberikan motivasi kepada klub yang sebelumnya telah membesarkan namanya di kancah sepak bola tanah air yaitu Persibo Bojonegoro (tahun 2005-2009). 

Saya pun teringat ucapannya ketika sedang berkunjung ke rumahnya di Mojodelik pada tahun 2013 silam (saat itu dia masih di Persela Lamongan). Dia bercerita bahwa di sela waktu libur latihan, waktu yang kosong dimanfaatkannya untuk menulis. Emang top striker yang satu ini, selain jago memainkan bola, ternyata dia juga jago dalam menulis.

Seperti apa motivasi yang diberikan oleh Samsul Arif Munip, pria asal Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang saat ini bermain di klub Persib Bandung?. Yuk, simak artikel yang ditulis oleh Samsul Arif Munip dan dimuat di Jawa Pos Radar Bojonegoro edisi 09 September 2016 berikut ini !.


Maju Terus Persiboku !

Apa yang Anda ketahui tentang Bojonegoro? Mudah saja, Bojonegoro adalah Persibo. Tak perlu panjang lebar menjabarkan, semua pasti tahu kalau Persibo sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Kota Ledre. Simbol kebanggaan yang bisa disentuh dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Kebanggaan yang tumbuh berpuluh tahun ini mulai terkikis karena lumpuhnya denyut nadi klub yang sama-sama kita cintai ini.

Akhir-akhir ini datang angin segar. Konon, para Exco PSSI sudah mengizinkan Persibo berlaga kembali tahun depan di Divisi Utama. Walaupun baru sebatas lisan, saya pribadi sangat bahagia mendengarnya. Ini adalah momentum bagus buat Persibo untuk berbenah dan eksis lagi menghibur penggemarnya. Sungguh hampa bila Persibo tidak ada, karena kota ini hanya punya satu hiburan. Dan itu adalah Persibo. Jangan biarkan kekecewa dan iri dengan kota-kota lain yang begitu sibuk berlomba-lomba mengejar prestasi dengan klub sepak bola-nya.

Kita tidak bisa menilai  betapa berartinya sepak bola bagi para fans. Betapa berartinya Persibo bagi Boromania (sebutan supporter Persibo). Ini sudah menjadi seperti cinta dan gaya hidup. Apalagi sebagai mantan pemain seperti saya, Persibo selalu punya tempat tersendiri di hati. Saya tumbuh menjadi pribadi yang dewasa di tempat ini. Pencapaian yang saya dapatkan sampai sekarang tidak lepas dari Persibo. Merintis karir dari nol sebagai putra daerah, sehingga saya mempunyai ikatan emosional yang cukup tinggi dengan klub ini.

Saya rasa pemain yang lain juga merasakan hal sama setelah bermain di tim ini. Mereka pasti  punya harapan yang sama seperti harapan masyarakat Bojonegoro yang ingin persibo bangkit dan jaya kembali. Ibarat orang sakit, saat inilah Persibo minum obat, merasakan pahit untuk dapat sembuh kembali. Cukup beberapa tahun ini saja Laskar Angling Darma menepi. Kita semua harus belajar dengan kesalahan masa lalu dan jangan sampai masuk ke dalam lubang yang sama.

Bagi yang berwenang dan mampu mengurus tim ini harusnya sudah mulai ancang-ancang untuk melakukan start buat musim depan. Dengarlah suara dari para fans, ajak mereka berbicara. Hargai eksistensi mereka yang sampai sekarang tidak pernah luntur kesetiaannya meskipun klub sedang vakum. Fans adalah bagian dari sepak bola itu sendiri, bagian tak terpisahkan dan menjadikan sepak bola itu hidup.

Jangan lagi menyia-nyiakan aset berharga pemain putra daerah. Karena ini adalah satu-satu jalan mencetak pemain penting bagi Persibo tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Banyak sekali bibit pemain muda kita. Sekolah sepak bola menjamur, di kota maupun di desa-desa. Kita tinggal memberi kesempatan kepada mereka untuk berkembang. Ditempa untuk menjadi pemain yang bisa menjadi tulang punggung bagi Laskar Angling Darma. Saya rasa setiap pemain bola di Bojonegoro kalau ditanya cita-cita pasti jawabannya ingin bermain di Persibo.

Para fans pasti juga mengidam-idamkan Persibo mempunyai pemain yang berasal dari daerah sendiri. Mereka pasti lebih sreg untuk datang berbondong-bondong ke stadion. Karena merasa yang didukung adalah saudara sendiri. Saya sangat menaruh hormat dan salut kepada senior-senior saya seperti Abdul 'Sarijo' Cholik, Regi Radityo, Bambang Pramuji, Supardi dan lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Karena mereka telah bahu membahu untuk memajukan Persibo dari bawah. Dan itu mungkin memakan banyak pengorbanan. Setiap saya tanya kepada mereka kenapa mereka bisa, mereka pasti menjawab "Ini adalah soal kebanggan". Karena beda sekali antara membela klub daerah sendiri dengan klub kota lain. Di sana ada rasa yang tak terungkapkan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali klub melupakan sejarah. Melupakan para pemainnya yang dulu telah memeras keringat untuk prestasi Persibo. 

Masih segar dalam ingatan kita, beberapa kali Persibo telah mengharumkan nama Bojonegoro di kancah nasional. Seluruh Indonesia pernah tahu bahwa Persibo pernah sukses menjadi juara, baik itu divisi dua, divisi satu, divisi utama bahkan Piala Indonesia. Seharusnya kita sadar bahwa ini adalah suatu kebanggan yang harus dijaga sebagai aset kota ini. Aset yang langsung bisa dinikmati oleh masyarakat. Kita tinggal datang langsung ke stadion saja untuk melihatnya. Maka dari itu mulai sekarang kita harus bersama-sama untuk peduli terhadap klub kita tercinta ini. Jangan ada lagi eker-ekeran di dalamnya. Karena sangat tidak lucu gegeran dalam ngurus bola. Maju terus Persiboku... !!! Jangan lupakan sejarah, jangan lupakan Putra Daerah ! 

Semoga dengan motivasi yang disampaikan oleh Samsul Arif Munip melalui artikel yang dikirimkannya ke Redaksi Jawa Pos Radar Bojonegoro di atas, memberikan semangat bagi para putra daerah Bojonegoro untuk mengikuti jejak langkah Samsul Arif dan punggawa - punggawa lain yang telah mengharumkan nama Bojonegoro melalui Persibo. Amiin.... (@kakdidik13)

Mau kenal dengan Samsul Arif Munip. Yuk, tonton video dari www.vidio.com berikut ini !



Memaknai dan Menebar Cinta Dhuafa dengan Berqurban

Hari Raya Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Hari Raya Idul Adha disebut juga sebagai Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajiban menyembelih hewan Qurban.
Memaknai dan Menebar Cinta Dhuafa dengan Berqurban
“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj: 34)

 ”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai umat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rizki dan membagi rizki yang Allah SWT berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa). 

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah SWT gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana ayat-ayat di atas.

Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Idul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda :

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim).

Lantas, apa saja keutamaan menjalankan ibadah qurban? 

Berikut ini empat keutamaan melaksanakan Ibadah Qurban.

1. Menambah Keimanan terhadap Allah SWT

Keutamaan melaksanakan ibadah qurban adalah menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Ibadah ini merupakan salah satu perintah Allah, jika kita melaksanakannya artinya ada ketaatan yang telah kita jalankan demi mengharapkan ridha-Nya. Salah satu dalil yang memerintahkan untuk melaksanakan ibadah ini  adalah Qur’an Surah Al Kautsar: 2 yang artinya

“Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an nahr).”  (Q.S Al-Kautsar: 2)

2. Mendapatkan pahala yang berlimpah

Dengan berqurban berarti kita sudah menjalankan salah satu perintah Allah dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Di samping itu, menyembelih qurban lebih menampakkan syi’ar islam dan lebih sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Hal ini tentu akan dibalas dengan pahala yang berlimpah dari Allah. Hari pelaksanaannya juga sangat istimewa yakni bertepatan dengan ibadah haji. Pahala ini akan menjadi bekal untuk kita di akhirat kelak saat hari perhitungan itu tiba.

3. Allah SWT akan menambah nikmat yang lebih

Ibadah Qurban merupakan wujud dari kesyukuran kita kepada Allah SWT karena sudah diberikan rizki lebih. Sebagai balasannya, Allah SWT akan menambah nikmat yang lebih dari seekor hewan ternak yang telah kita qurbankan. Seperti yang tertulis dalam QS. Ibrahim [14] : 7 yang artinya :

”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS.Ibrahim [14] : 7).

4. Mengajarkan indahnya berbagi kepada sesama

Daging ternak yang kita qurbankan nantinya akan dibagi-bagikan kepada orang yang membutuhkan (dhuafa). Seperti yang kita ketahui bahwa harga daging dari dulu hingga sekarang lebih mahal dibandingkan dengan harga makanan pokok lain. Sehingga pada hari biasa, hanya orang tertentu saja yang bisa menikmati olahan makanan ini. Namun ketika datang hari raya qurban, maka semua golongan bisa menikmati makanan dari daging sapi, kerbau, kambing atau domba yang diqurbankan. 

Perasaan bahagia juga akan menyelimuti diri kita ketika bisa membagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Secara psikologis, perasaan bahagia bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih sehat. Inilah salah satu keutamaan qurban, seseorang bisa merasakan nikmatnya bisa berbagi dengan orang lain. 

Semoga kita selalu diberikan nikmat kesehatan dan rizki yang barokah sehingga kita bisa menjalankan ibadah qurban tersebut. Amiin. Yuk, kita maknai dan menebar cinta Dhuafa dengan berqurban ! Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 08 September 2016

Dampak Postif Lagu Anak-Anak Bagi Psikologi Anak

Psikologi anak bisa terbentuk melalui lagu lho dan yang pasti lagu anak-anak, kok bisa? Bisa dong, lewat lagu anak-anak tersebut, bisa membantu proses belajar anak dan memotivasinya untuk berlatih menjadi pribadi yang berani berbicara. Jumlah lagu anak-anak Indonesia yang diciptakan oleh tokoh-tokoh pencipta lagu anak seperti A.T Mahmud, Bu Soed, Pak Kasur, Bu Kasur jumlahnya sangat bervariasi dan beragam. Seperti pelangi-pelangi, di sini senang di sana senang, topi saya bundar, anak gembala, libur telah tiba, tik-tik bunyi hujan, naik-naik ke puncak gunung, naik delman, lihat kebunku, bintang kecil dan sebagainya. Lagu tersebut sangatlah familiar dan disukai oleh orang tua untuk diperdengarkan kepada anak - anak mereka. 
Trio Kwek Kwek - Artis Penyanyi Lagu Anak-Anak | Koleksi Foto milik : http://sampulkasetanak.blogspot.co.id/
Lagu anak, dan musik secara umum, sangat bermanfaat untuk perkembangan anak. Banyak manfaat positif dan nilai - nilai edukatif yang didapat dari musik terhadap perkembangan anak, mulai dari hal sosial, intelektual, emosional, dan kemampuan berbahasa. Anak-anak yang sudah diperkenalkan musik atau lagu anak - anak sejak usia dini dapat belajar untuk mengenal suara-suara, dan arti kata-kata dari lagu anak-anak yang mereka dengarkan. Dengan menari saat mendengarkan lagu-lagu anak favorit mereka, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan motorik serta belajar untuk lebih mengekspresikan diri mereka. Selain itu, anak-anak yang mendengarkan musik sejak dini sangat membantu untuk memperkuat ingatan. Jadi, mari kita ajak anak-anak kita untuk mendengarkan lagu anak anak. Yuk #SaveLaguAnak dan tonton videonya di sini !
Akan tetapi, akhir-akhir ini lagu anak-anak jarang sekali disukai oleh anak kecil. Mereka lebih menyukai lagu-lagu orang dewasa bahkan mereka pun hafal lagu orang dewasa di luar kepala. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini, pilihan lagu yang bervariasi bisa dimainkan sewaktu-waktu melalui youtube. So, mari kita jaga dan kenalkan generasi emas bangsa ini dengan lagu anak-anak yang di dalamnya terdapat energi positif bagi perkembangan mereka dan dunia anak-anak Indonesia semakin cerah dan berwarna. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 29 Agustus 2016

Doraemon dan Si Unyil : Dua Tokoh Fiksi yang Menginspirasiku

Berbicara tentang tokoh fiksi yang menginspirasi, banyak sekali tokoh fiksi yang terkenal melalui film yang kita tonton setiap hari seperti doraemon, batman, spiderman, dan sebagainya. Tak hanya tokoh dalam kisah nyata, beberapa tokoh fiksi pun mampu menjadi inspirasi bagi sebagian orang. Berawal dari tokoh fiksi yang disukai membuat orang mengalami perubahan dalam dunia nyata. Perubahan untuk menjadi seperti tokoh fiksi yang difavoritkan. 

Selain tokoh fiksi dari luar negeri yang hadir di dunia perfilman tanah air, tokoh fiksi yang populer dan terkenal serta mewarnai masa kecil kita hingga dewasa yang berasal dari Indonesia pun banyak lho seperti pendekar silat yang tidak bisa melihat yaitu si buta dari gua hantu, gundala, wiro sableng, si unyil, mak lampir dan sebagainya.

Lantas, siapa sih tokoh fiksi favoritmu?

Bagiku tokoh inspirasi yang kusukai dan menginspirasiku adalah Doraemon dan Si Unyil. Dua tokoh fiksi tersebut mampu menginspiraku untuk berbuat dan bergerak menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain. Kalau tokoh fiksi favoritmu siapa?

Doraemon merupakan sebuah film anime populer yang dikarang oleh Fujiko F. Fujiho. Doraemon sendiri merupakan sebuah robot kucing dari abad ke-22 yang sering dimintai tolong oleh Nobita. Dengan menggunakan peralatan canggih yang dikeluarkan dari kantong ajaibnya seperti baling - baling bambu dan pintu kemana saja, Doraemon membantu Nobita agar terhindar dari gangguan Gian dan Suneo. 

Meskipun gagal dalam proses uji coba, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu menyelesaikan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang apalagi di saat Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia bertindak sesuai apa yang ia pelajari, ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan menangis. 

Selain itu, ia dapat bertindak sangat emosional dengan sifat tempramental yang cukup buruk ketika sedang bertengkar dengan Nobita. Ia juga memiliki "senjata rahasia" yang bisa digunakan dalam keadaan terdesak, yaitu kepalanya yang lebih keras daripada batu. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Doraemon)
Si Unyil ketika berkunjung desa Kusubibi, Pulau Bacan, Maluku Utara | Sumber Foto : Twitter @TRANS7
Tokoh fiksi selanjutnya yang kusukai dan menginspirasi yaitu Si Unyil. Si Unyil adalah tokoh fiksi Indonesia yang sangat terkenal dan memiliki popularitas yang sangat tinggi. Siapa sih yang nggak tahu Si Unyil? Hampir seluruh penduduk di negeri ini baik anak - anak hingga orang dewasa pasti mengetahui tokoh fiksi yang satu ini. Si Unyil sendiri merupakan sebuah tokoh yang diciptakan oleh Almarhum Drs. Suyadi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden untuk mengisi sebuah program anak - anak dan pertama kali disiarkan pada tahun 1981 di TVRI.

Berbeda dengan Doraemon, Si Unyil bukan lah tokoh fiksi Superhero dan tidak mempunyai kemampuan khusus. Tokoh Unyil tersebut digambarkan sebagai seorang anak desa dari kalangan biasa dengan menggunakan kopiah serta membawa sarung pada pakaian yang dikenakannya. Topik yang dibahas oleh Si Unyil berkaitan erat dengan kehidupan anak sehari - hari, sehingga Si Unyil sangat dekat di hati anak- anak dan terkenal hingga saat ini.

Itulah dua tokoh fiksi yang kusukai dan menginspirasiku. Doraemon dengan inspirasi sebagai sosok yang suka membantu dan menolong serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan apa yang dimilikinya. Si Unyil dengan gaya khasnya sebagai seorang anak desa yang menginspirasi anak - anak Indonesia dengan petualangannya bersama teman - temannya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 16 Juli 2016

Tiga Alasan Mengapa Kamu Harus Berbagi Angpau Ketika Lebaran

Berbeda dengan lebaran sebelumnya, pada lebaran 1437 H ini saya cukup bahagia karena bisa berbagi angpau lebaran kepada anak - anak kecil di desaku dan keponakan yang main ke rumah. Jika pada tahun sebelumnya, saya berbagi uang sebesar Rp. 5.000,- per anak, pada lebaran kali ini naik menjadi Rp. 10.000,- per anak. Do'akan rejekinya bertambah agar lebaran tahun depan berbaginya bisa naik lagi ya, amiin. 
Usai tukar uang untuk angpau di Bank BNI Capem Kalitidu - Bojonegoro
Selain sebagai momen spesial untuk bersilahturahim dengan kerabat ataupun tetangga, idul fitri juga digunakan untuk momentum berbagi angpau. Momentum yang terjadi setahun sekali ini merupakan momentum bahagia bagi anak - anak karena pada saat lebaran mereka pasti akan menerima angpau dari tetangga ataupun kerabatnya.

Seperti halnya yang dialami oleh Sifa, anak tetanggaku yang saat ini duduk di bangku kelas I Sekolah Dasar (SD). Pada lebaran 1437 H ini, dia merasa bahagia karena memperoleh angpau ketika berkunjung ke rumah warga sekitar pada hari pertama lebaran. Tak segan - segan, uang angpau yang dia terima pun ditabung ke celengan berbentuk ayam. Celengan tersebut merupakan hadiah dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakan (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada setahun silam (2015) di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada saat memberikan pembelajaran menabung kepada anak - anak di SD N Sedahkidul.

Mengapa kita harus berbagi angpau ketika lebaran ?

Pertama, memberi motivasi anak - anak untuk bersilaturrahim. Tidak semua anak suka bersilaturrahmi, mereka terkadang merasa bosan berkunjung ke rumah kerabatnya. Apalagi yang mempunyai kerabat begitu banyak, pasti mereka merasa lelah dan jenuh. Akan tetapi, pada saat lebaran rasa bosan dan jenuh tersebut akan berubah. Mereka pun akan terlihat bersemangat ketika diajak bersilaturrahmi karena adanya bayang - bayang angpau yang akan diperoleh dari kerabatnya. Kamu pernah merasakan hal seperti itu kan, ayo ngaku hehehe.

Kedua, mengajarkan rasa berterima kasih dan bersyukur. Di samping memberi motivasi untuk bersilaturrahim, berbagi angpau juga mengajarkan anak - anak untuk berterima kasih dan bersyukur. Ketika kita mberikan angpau pada anak - anak, secara spontan orang tuanya akan mengucapkan terima kasih, atau bertanya pada si anak, “Ayo.... bilang apa sama om / tante?” Hal tersebut tentunya bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi mereka. Dengan mengucapkan terima kasih setiap menerima pemberian dari orang lain. Mereka kelak akan terbiasa menerapkan hal tersebut dalam kehidupannya sehari - hari.

Ketiga, berbagi kebahagiaan. Idul fitri merupakan momentum bagi umat muslim untuk merasa bahagia. Demikian pula bagi anak-anak. Memang, anak-anak belum paham apa makna dari idul fitri yang sesungguhnya. Akan tetapi, ketika kita berbagi angpau kepada anak - anak, mereka pasti akan  merasakan kebahagiaan dalam menyambut hari raya dan menjadikan lebaran sebagai hari terfavorit. Mereka pun akan selalu menunggu hari raya idul fitri datang lagi.

Demikianlah tiga alasan mengapa kamu harus berbagi angpau ketika lebaran. Kamu harus yakin bahwa niat baik yang kamu lakukan, pasti akan berbuah baik nantinya begitu pula sebaliknya. Berbagi angpau bukan berarti kamu menghambur-hamburkan uang. INGAT, ketika kita berbagi kebahagiaan pasti akan dilipat gandakan kebahagiaan dalam hidup kita. Amiin (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 14 Juli 2016

Jadilah Pekerja yang Kreatif, Ulet dan Produktif

Setiap orang memiliki sifat, karakter dan gaya kerja yang berbeda. Bahkan, ketika dilahirkan semua orang melalui cara yang berbeda, ada yang lahir secara normal dan ada pula yang melalui sesar. Tidak hanya itu, setiap orang pun mempunyai keunikan tersendiri. Ada orang yang sabar, ada pula yang cepat marah. Ada orang yang agresif, tapi ada pula yang lamban. Ada yang teliti, tapi ada juga yang kurang cermat. Ada yang menyukai petualangan, tapi ada pula yang memilih lebih banyak berdiam diri di ruangan.


Pekerja Kreatif dan Ulet
Jadilah Pekerja yang Kreatif, Ulet dan Produktif
Dalam kehidupan sehari - hari, kita sering menjumpai seseorang yang mempunyai sifat baik dan rendah hati, namun tak jarang kita juga menemui tipe orang yang menjengkelkan. Dalam dunia kerja pun, kita juga bisa menjumpai tipe - tipe orang yang jumlahnya beragam dengan kepribadian yang berbeda pula. Nah, berikut ini beberapa tipe karakter pekerja menurut psikolog Andin Andiyasari, M.Si yang perlu kita ketahui sebelum kita cari kerja agar kita bisa menjadi pekerja yang kreatif, ulet dan produktif, semoga bermanfaat !

Si Teratur



Seorang pekerja dalam tipe ini memliki karakteristik yang suka dengan kerapian dan keteraturan. Cara kerja yang dimiliki tipe ini begitu cermat, rapi dan teliti. Selain kelebihan itu, tipe ini juga mempunyai kelemahan yaitu kurang mampu berada dalam situasi kerja yang kurang terstruktur. Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa, pekerja yang rapi dan teratur pasti lebih disukai dibandingkan dengan pekerja yang ceroboh dan kurang teliti. Karena keteraturan akan mempermudah pekerjaan dan mempercepat proses kerja sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal.

Satu hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang termasuk dalam tipe ini yaitu pandai - pandailah beradaptasi. Karena tidak setiap saat Anda berada dalam lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman. Bayangkan, jika Anda berada dalam kondisi tidak seteratur seperti yang diharapkan !. Ya, paling tidak Anda masih tetap menerapkan keteraturan untuk diri sendiri.

Si Perfeksionis

Pekerja yang termasuk dalam tipe ini sangat menghindari akan terjadinya kesalahan. Bahkan saking hati - hatinya, hasil pekerjaan yang telah dilakukan akan diperiksa ulang sampai benar - benar menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan sempurna. Pekerja dengan tipe ini cenderung kurang suka dengan situasi kerja yang penuh dengan tekanan atau istilahnya dikejar deadline. Padahal, hampir setiap pekerjaan itu selalu ada deadline-nya.

Memeriksa ulang kembali hasil pekerjaan yang telah dikerjakan memang penting, akan tetapi tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Pasti hasil pekerjaan akan dikoreksi oleh atasan dan ketika ada kesalahan pasti akan diberitahu. Kelebihan yang dimiliki oleh pekerja tipe ini yaitu terlatih mengerjakan pekerjaan dengan rapi. Satu pesan istimewa bagi Anda yang masuk dalam tipe ini yaitu "Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Jangan terlalu takut terhadap kesalahan. Berawal dari kesalahan akan ditemukan sebuah kebenaran".

Si Last Minute

Tipe pekerja yang satu ini cenderung suka menunda-nunda pekerjaan dan kurang mampu memanfaatkan waktu dengan efisien. Sehingga orang - orang yang mengerjakan pekerjaan pada detik - detik akhir atau menjelang deadline diberi julukan sebagai Si Last Minute. Ya, pekerja tipe ini biasanya menganggap mood atau inspirasi dirinya muncul saat deadline. Padahal, tahu sendiri kan bahwa menjelang deadline itu waktunya sangat terbatas. Apabila ini terus - terus dilakukan, maka hasil pekerjaan yang dilaksanakan pun kurang maksimal.

Menurut beberapa pakar dan konsultan, tidak ada perusahaan yang menginginkan pegawainya baru bisa bekerja menjelang deadline. Oleh karena itu, pekerja dalam tipe ini perlu meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam membuat sebuah perencanaan dan pengaturan yang lebih baik. Alangkah lebih baik, deadline dibuat lebih awal sebelum ditetapkan oleh atasan. Jika hal tersebut dilakukan, tentu atasan akan merasa senang karena Anda sudah mandiri dan tak perlu diingatkan.

Si Multitasking

Beragam tugas dan hal yang baru sering dilakukan oleh tipe pekerja ini. Pekerja dengan karakteristik ini mudah sekali melakukan adaptasi dengan beragam tugas yang diemban. Meskipun mampu melaksanakan beragam pekerjaan, si Multitasking biasanya lemah dalam menentukan dan mengatur skala prioritas. Hal tersebut berimbas kepada tugas yang diemban tidak bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

Multitasking itu biasanya merupakan sebutan bagi pegawai yang efektif. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi yaitu pada dasarnya otak manusia memiliki keterbatasan untuk memeberikan perhatian (attention) terhadap banyak hal dalam satu waktu. Anda termasuk dalam kategori Si Multitasking ? Jika iya, Anda harus benar - benar yakin bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Namun yang perlu diperhatikan, jika ada pekerjaan yang membutuhkan perhatian, keseriusan dan fokus tinggi, sebaiknya hindari merangkap pekerjaan. Jika tidak, maka semua akan terbengkalai.

Si Fokus

Pekerja dengan karakteristik ini merupakan kebalikan dari si Multitasking. Tipe pekerja ini lebih menyukai menyelesaikan satu persatu pekerjaan hingga tuntas, baru kemudian beralih kepada pekerjaan lainnya. Pekerja tipe ini biasanya memiliki keterlibatan tinggi dalam sebuah pekerjaan. Artinya, pegawai tersebut memiliki komitmen kerja yang bisa diandalkan sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan.

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh si Fokus, ternyata juga memiliki kelemahan yaitu pekerjaan yang dilakukannya terkesan lama dan tidak bisa diganggu konsentrasinya. Agar permforma kerja menjadi lebih baik, pekerja dengan karakteristik ini harus menghindari kebiasan menunda - nunda perkerjaan. Ingat, begitu menumpuk pekerjan - pekerjaan yang ada tidak bisa diselesaikan dengan maksimal.


Termasuk dalam karakteristik pekerja yang mana kah kita? Kita sendiri yang bisa memilih dan menentukan. Yuk, jadi pekerja yang kreatif, ulet dan produktif. (@kakdidik13)

Empat Tipe Seseorang Dalam Menghadapi Tekanan Kehidupan

Kita hidup di dunia ini tidak terlepas dari sebuah masalah, baik itu masalah sepele maupun masalah yang membutuhkan solusi besar. Setiap orang akan terus menikmati masalah hingga dia menemui ajal. Masalah akan memenuhi setiap detik kehidupan seseorang mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Segala masalah yang dihadapi oleh manusia setiap detiknya merupakan kodrat yang harus dihadapi. Masalah bukanlah momok yang harus ditakuti, akan tetapi masalah adalah sebuah perkara yang mendewasakan jika seseorang berkomitmen untuk mencari solusinya. Ingat, sebuah kesulitan itu memberikan jalan bagi seseorang untuk tumbuh dan berkembang.

Empat Tipe Seseorang Dalam Menghadapi Tekanan Kehidupan
Terkadang, hidup tidak memberikan banyak pilihan. Ada kalanya, seseorang harus menerima tekanan kehidupan yang berlebih. Lantas, bagaimana cara menyikapi tekanan tersebut? Ibarat sebuah ban, jika dipompa sesuai ukuran sangat bagus untuk digunakan. Tapi, jika diberi tekanan angin berlebihan akan meledak. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jika ban tersebut tidak diberi tekanan berupa angin, maka ban tersebut tidak akan berguna. Demikian pula dengan kehidupan, tekanan yang mengahadang bisa dijadikan sebagai momentum untuk maju, meskipun selengkah demi selangkah. 

"Umumnya orang yang mampu mengatur tekanan hidup, akan bersikap lebih arif dan lebih dewasa dalam menjalani hidup. Sebaliknya, orang yang tidak mampu keluar dari tekanan, hidupnya biasanya berjalan stagnan, mundur, atau bahkan hancur berkeping - keping seperti ban yang kelebihan tekanan."

Setiap tekanan yang dihadapi oleh seseorang itu akan membentuk watak, karakter, dan sekaligus menentukan reaksi orang itu di kemudian hari. Adapun sikap seseorang dalam menghadapi berbagai tekanan terbagi menjadi empat tipe, sebagai berikut :

1. Tipe kayu rapuh

Orang dengan tipe ini, menghadapi sedikit tekanan saja sudah membuatnya patah arang. Keseharian orang dengan tipe ini terlihat bagus, akan tetapi sebenarnya rapuh sekali hatinya. Saat kesulitan melanda, orang dengan tipe ini akan mudah mengeluh, merasa tak berdaya, menangis, dan minta dikasihani. Saran bagi orang tipe ini adalah perlu berlatih positif thinking (berpikir positif) dan berani menghadapi kenyataan hidup.

2. Tipe lempeng besi

Orang dengan tipe ini, biasanya mampu bertahan dalam tekanan pada awalnya. Namun, seperti layaknya besi, ketika situasi menekan semakin besar dan kompleks, dia mulai bengkok atau berubah arah dan tidak stabil. Orang dalam tipe ini mampu menghadapi tekanan, tetapi tidak dalam kondisi berlarut-larut. Ketika ada penambahan tekanan sedikit saja, membuat mereka menyerah dan putus asa. Beruntung, orang tipe ini masih mau mencoba bertahan sebelum akhirnya menyerah. Tipe lempeng besi memang masih belum terlatih, akan tetapi kalau mau berusaha, orang dengan tipe ini akan mampu membangun kesuksesan dalam hidupnya.

3. Tipe kapas

Orang dengan tipe ini, akan cukup lentur dalam menghadapi tekanan. Saat tekanan tiba, orang tipe ini mampu bersikap fleksibel. Cobalah ! Anda menekan sebongkah kapas, Ia akan mengikuti tekanan yang terjadi. Begitu pula dengan Anda, apabila bertemu masalah bersikaplah seperti kapas karena akan memudahkan Anda dalam menemukan sebuah solusi.

4. Tipe bola pingpong

Orang dengan tipe ini, akan menjadi lebih ideal dan terhebat. Jangan sekali-kali menyepelekannya dengan menyuguhkan tekanan pada orang dengan tipe bola pingpong. Karena, tekanan justru akan membuatnya bekerja lebih giat, kreatif dan termotivasi. Perhatikanlah, bola pingpong ! Saat ditekan, justru ia memantuk ke atas dengan lebih dahsyat.

Demikianlah empat tipe sikap seseorang dalam menghadapi berbagai tekanan. Saat menghadapi kesulitan, seperti apakah reaksi Anda? Tidak menjadi persoalan dimana posisi Anda saat ini. Tetapi, yang terpenting bergeraklah dari level tipe kayu rapuh ke tipe selanjutnya hingga akhirnya bangun mental Anda hingga ke level tipe bola pingpong. Jika hal tersebut terlewati, kesulitan dan tantangan tidak lagi menjadi momok yang harus ditakuti, akan tetapi cukup dihadapi dengan senyuman. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (@kakdidik13)

Aplikasi

[Teknologi][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done