Ads Top

5 Tips Sehat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Tak terasa  empat hari telah berlalu di bulan yang penuh berkah ini yakni bulan suci Ramadhan 1436 H. Seluruh umat Islam di penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah rukun islam ke-4 yaitu Puasa. Puasa yaitu menahan diri dari makan, minum dan apapun yang membatalkan puasa, disertai dengan niat berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 187 yang artinya ".... dan makan minumlah hingga terang bagimu benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam...".

Mau lihat yang lebih jelas klik fotonya

Bagi umat islam, menjalan ibadah puasa merupakan sebuah kewajiban. Allah SWT berfirman dalam QS.Al-Baqarah : 183 yang artinya "Hai orang - orang berfirman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". Namun, jika dilihat dari segi kesehatan di balik nilai ibadah yang dijalankan sebulan penuh ini banyak sekali manfaat yang diambil. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa berpuasa di bulan suci Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka Allah SWT mengampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Al-bukhori dan Muslim).

Pada kesempatan ini, Aku mau berbagi 5 tips sehat berpuasa di bulan suci Ramadhan yang bisa diterapkan  :
  1. Jangan tinggalkan sahur. Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Ramadhan yang sangat disarankan. Rasulullah SAW bersabda : "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar".
  2. Konsumsi air yang cukup. Air merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Organ tubuh kita sangat membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Oleh karena itu pada saat sahur perbanyaklah minum air agar organ tubuh kita berfungsi dengan baik.
  3. Berolahragalah ! Meskipun dalam keadaan berpuasa, bukan berarti berhenti untuk berolahraga. Lakukanlah olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga seperti jalan kaki, tenis meja, senam ringan dan sebagainya. Dengan olahraga ringan ini, akan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita.
  4. Kontrol Emosi. Pada saat berpuasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan hawa nafsu. Jadi selama menjalankan ibadah puasa, kita harus bisa mengontrol diri dari emosi atau dengan kata lain belajar bersabara dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika emosi kita terkontrol maka jiwa kita akan tumbuh lebih sehat dan hati terasa damai.
  5. Jangan tunda berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu banyak energi yang dikeluarkan. Untuk memulihkannya, saat mendengar adzan magrib berkumandang terlebih dahulu usahakan untuk membatalkan puasa alias berbuka puasa terlebih dahulu. Minumlah minuman yang manis seperti kolak dan makanlah secukupnya. Jangan terlalu makan hidangan dalam jumlah banyak sekaligus, makanlah secara bertahap. Setelah membatalkan puasa, barulah menjalankan ibadah Sholat Magrib. Selesai sholat dapat dilanjutkan kembali buka puasanya dengan makan hidangan yang telah disiapkan oleh orang tua kita atau istri (bagi yang sudah menikah) hehehe. Tapi, jangan terlalu banyak, agar saat menjalankan ibadah sholat tarawih tidak terganggu.
Semoga 5 tips sehat berpuasa di bulan suci Ramadhan di atas bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramdhan 1436 H. (@kakdidik13)

12 comments:

  1. Alhamdulillah hampir semuanya sudah di jalankan, tinggal olahraga sudah sebulan ini jarang lagi olahraga alias konsistensi berkurang.

    ReplyDelete
  2. terima kasih tipsnya mas, semoga puasa kita lancar ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... sama-sama mbak. Selamat menunaikan ibadah puasa ya. Barokallah... Amiin.

      Delete
  3. ASyik buka blog langsung dapat tips. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  4. Keren kak tipsnya. Bermanfaat sekali. Tetap semangat puasa, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, semangat berpuasa juga ya ! #BloggerPuasa

      Delete
  5. Nomer 4 ...
    ini tantangan yang berat ...
    tapi harus kita upayakan ... harus !

    selamat berpuasa mas Didik

    Salam saya
    (23/6 : 2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget hehehe..... Semangat pokoknya. Selamat berpuasa juga ya. Wa'alaikumussalam.

      Delete
  6. tipsnya boleh di coba nih,,terimakasih tipsnya :))

    ReplyDelete

Powered by Blogger.