Ads Top

Berbagi Semangat Ngeblog dengan Guru di Bojonegoro

Mas Selamet membuka kegiatan Pelatihan Guru Bojonegoro Ngeblog
Sepulang dari kegiatan Festival TIK 2015 di Bandung Jawa Barat, Mas Selamet Petugas Broadband Learning Center (BLC) Telkom Bojonegoro yang juga menjadi pegiat Relawan TIK Indonesia menggagas kegiatan Pekan TIK Bojonegoro 2015. Selama 5 hari dimulai tanggal 5-13 Juni 2015, acara terselenggara dengan sukses dan lancar. Sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, Aku diminta oleh Mas Selamet untuk berbagi pengalaman tentang semangat ngeblog kepada guru yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu, Sabtu (13/06/2015) di BLC Telkom Bojonegoro sebanyak 27 orang mengikuti pelatihan ngeblog yang diberi nama "Guru Go-Blog, biar Gaul". Aku tidak sendirian, selain bersama Mas Selamet ditemani pula dua orang sahabat yang aktif di Blogger Bojonegoro yaitu Nova Wijaya & Moch.Rizha Setyawan. Mereka berdua datang agak siang karena masih ada aktifitas yang harus diselesaikan.

Satu persatu peserta mulai berdatangan dan mengisi daftar hadir terus masuk ke ruangan. Sambil menunggu peserta yang belum hadir, tak lupa ku putar lagu Bina Muda Indonesia yang diciptakan oleh sahabatku Suyitno. Sekitar pukul 09.30 WIB, acara pun dimulai dan dibuka oleh Mas Selamet. Sebelumnya ia memperkenalkan terlebih dahulu tentang BLC Telkom kepada peserta. Dia juga menginformasikan bahwasanya siapapun bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di BLC Telkom Bojonegoro secara gratis. "Jika ingin mengadakan pelatihan di sini bisa menghubungi kami", ucap pria yang memiliki akun twitter @Shelaoke. Selanjutnya, Mas Selamet pun menyerahkan waktu sepenuhnya kepadaku untuk berbagi tentang dunia blogging.

Berbagi Semangat Ngeblog dengan Guru di Bojonegoro
Aku pun berdiri dan langsung memperkenalkan diri kepada peserta pelatihan. Usai perkenalan singkat, terlebih dahulu peserta ku ajak nonton sebuah video Testimoni Blogger Detik tentang Blog (Gerakan Semangat Ngeblog). Mau tahu videonya bisa ditonton di sini. Tak lupa juga kuperkenalkan sebuah Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) yang aktif sejak tanggal 09 Februari 2014. KSGN merupakan sebuah komunitas yang terbuka, non profit dan independent. Saat Festival TIK 2015 kemarin, Aku bertemu dengan salah satu pegiat KSGN yakni Bapak Namin AB Solihin. Beliau merupakan salah satu admin Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Aktifitas sehari-harinya sebagai Kepala SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, Guru, Dosen, Blogger, Motivator, Trainer dan sebagainya. Untuk diketahui pula bahwa Blogger Bojonegoro juga memiliki sebuah program tapi belum berjalan yaitu One Teacher One Blog. Semoga dengan diadakannya pelatihan ini, program tersebut bisa terlaksana. Amiin.

Terima kasih Qwords Web Hosting Indonesia
Memasuki materi inti, peserta ku ajak melihat dan memperhatikan slide tentang "Membuat Konten Kreatif di Blog". Sebelum ngeblog ada empat konten yang harus dipahami yaitu tulisan, gambar / foto, video dan info. Setiap orang (blogger) mempunyai passion tersendiri dan berbeda. Untuk memulai menulis konten kreatif di blog ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu tulisan diusahakan orisinil (bukan copy paste), menggunakan bahasa yang simple,  tampil sesuai passion atau gaya anda, judul yang menarik, usahakan satu hari minimal satu tulisan atau paling tidak satu minggu tiga tulisan, pahamai pembaca, cari waktu terbaik untuk menulis, dan yang terpenting usahakan menjalin silaturrahim antar blogger dengan melakukan blog walking. Dengan silaturrahim maka akan memperluas jaringan Anda. Jangan hanya ingin dikomentari tanpa mau ngasih komentar di blognya orang lain. Jadi, blog walking itu penting. Tentukan pula tujuan awal ngeblog Anda, ngeblog jangan hanya bertujuan money oriented tapi usahakan ngeblog dengan hati. Insya Allah, kalau rejeki nggak akan kemana dan nggak akan tertukar.  Terakhir ku sampaikan juga mengenai SEO. Menurut Ketua Relawan TIK Indonesia Indriyatno Banyumurti, nggak usah mikir tentang SEO, rajin nulis dan fokus ngeblog aja. Otomatis Google akan senang dengan blog kita.

Selamat ya Bu Nurul Hidayah Lmgn-bjn, semoga bermanfaat bukunya
Usai pemaparan materi, selanjutnya peserta pelatihan langsung praktek membuat blog. Bagi yang sudah mempunyai blog bisa membuat satu postingan. Namun, rata - rata peserta mengaku baru pertama kalinya berkenalan dengan blog. Sehingga pelatihan dimulai dari dasar dan tak lupa ku ajak peserta pelatihan untuk gabung di grup facebook Guru Bojonegoro Ngeblog (Go Blog) untuk mempermudah informasi dan komunikasi. Dalam pelatihan ini ada hal menarik yang ku alami. Aku bertemu dengan orang yang awalnya berteman di facebook yaitu Bu Nurul Hidayah Lmgn-bjn, eh akhirnya ketemu dan bertatap muka secara langsung di sini. Sebelum pelatihan ngeblog di akhiri, peserta pelatihan juga mendapat motivasi tentang ngeblog yang mengasyikkan dari Nova Wijaya, seorang blogger perempuan cantik dari Bojonegoro yang pernah menjadi juara pertama dalam lomba ngeblog yang diadakan oleh dream.co.id dan aktif menjadi admin Warung Blogger.

Sesi foto bersama sebagian peserta Pelatihan Guru Bojonegoro Ngeblog
Di akhir acara tak lupa ada sedikit kenang - kenangan yang kuberikan kepada peserta dengan cara menjawab pertanyaan yang ku berikan. Nggak mahal sih, tapi semoga berkesan. Ada 5 stiker dan 5 ballpoint dari Qwords, tiga peta wisata Kabupaten Bojonegoro dan 1 buku tentang internet sehat dan aman - unduh yang sehat unggah yang bermanfaat. Semoga peserta yang beruntung senang dengan apa yang kuberikan. Sebelum pulang, tak lupa sesi foto bersama di aula BLC Telkom Bojonegoro yang diikuti oleh sebagian peserta karena sebagian udah ada yang pamitan terlebih dahulu. (@kakdidik13)

24 comments:

  1. Replies
    1. Siap berbagi #SemangatNgeblog ! Ayo - ayo.... !

      Delete
  2. Foto saya kurang gaul, tegang banget kak, bisa dieditdi lebih santai kah,? G saya banget hehe .tulisannya sip jos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohmen.... gaul gimana bu? Kok nggak bu nurul banget kenapa ya? terima kasih atas apresiasinya. Baru sempet nulis dan posting hehehe.

      Delete
  3. jan matoh blogger bojonegoro...
    semangat kak didik..
    semangat regenerasi juga...
    btw blogger-blogger bojonegoro yang lama pada kemana yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Ahmad Faza. Semangat donk... oke. Siapa yang di maksud? Coba dihubungi via sosmed mereka, aktif kok hehe.

      Delete
  4. wah mantep mas yang satu ini, semangatnya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semangat ngeblog & berbagi untuk mengGoBlog-kan Guru di Bojonegoro hehehe.

      Delete
  5. Semngat ngeblog dan berbagi ya kak Didik. Semoga sukses juga buat One Teacher One Blog-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Achmad Mutohar siap, terima kasih dah berkunjung. Pean juga tetap semangat nulis dan ngeblog ya hehehe

      Delete
  6. Wah, baca paragraf pertama langsung nongol foto mas Shela... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, hehehe.... Mas Shela yang kemarin ketemu sama kamu di FesTIK2015 Gus.

      Delete
    2. Wahaha Trims Kang Agus Mulyadi sdh mencolek nama saya, monggo kapan mampir ke Bojonegoro

      Delete
    3. Tuh mas Shela muncul Gus hehehe

      Delete
  7. kak didik bener2 banyak acara ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga mbak Dwi, ini lagi free di rumah hehehe

      Delete
  8. Wah asyik, semoga acara serupa juga bisa diadakan di daerah lain ya biar Indonesia semakin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bisa menginspirasi dan memberi manfaat. Ayo bangun Indonesia agar makin maju !

      Delete

Powered by Blogger.