Ads Top

Peringati Hari Remaja Internasional 2015 di Sedahkidul

12 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah bagi para remaja. Mengapa demikian? Pasalnya, tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional atau istilah kerennya International Youth Day. Usut punya usut, awal dicetusnya peringatan Hari Remaja Internasional ini berawal dari gagasan betapa pentingnya remaja untuk memiliki satu hari khusus. Gagasan tersebut bermula pada saat konferensi dunia yang diikuti oleh para menteri yang bertanggung jawab menangani masalah remaja di Lisabon pada tanggal 08-12 Agustus 1998.Para menteri yang hadir mengusulkan agar hari terakhir konferensi diperingati sebagai Hari Remaja Internasional. Akhirnya, bulan Desember 1999, Sidang Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional.

Remaja itu apa sih? Menurut Zakiah Darajat (1990 : 23), remaja merupakan masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang. Usia remaja dimulai dari usia 11 - 21 tahun.

Terlepas dari apa itu remaja, meskipun usiaku telah melebihi masa remaja yakni 26 tahun. Mari berkarya untuk menjadi bagian dari Indonesia !. Aku dan beberapa teman Komunitas Blogger Bojonegoro bersama Yayasan Kampung Halaman menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Remaja Internasional 2015 yang dirangkai dalam kegiatan Pelatihan Ngeblog & Nonton Bareng Film "Kita Sensitif" di Balai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur pada tanggal 12 Agustus 2015 mulai pukul 15.00 - 17.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) & Pramuka dari SMK N 1 Purwosari, SMA N 1 Padangan, MA Nurul Ulum Purwosari & MAN Ngraho, remaja Desa Sedahkidul, serta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada JTM-03 Sub Unit Sedahkidul.

Kesukseskan acara ini tak terlepas dari dukungan beberapa pihak seperti Karang Taruna Potro Muda Desa Sedahkidul, Jalan Remaja 1208, KIM Sendang Potro | http://kimsendangpotro.blogspot.com, Relawan TIK Indonesia, Saka Telematika Bojonegoro & Qwords Web Hosting Indonesia serta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada JTM-03 Sub Unit Sedahkidul.

Adapun film yang ditonton dalam kegiatan ini tidak sepenuhnya film yang ada di DVD kiriman dari Yayasan Kampung Halaman, melainkan dipilih beberapa film saja, seperti :
  1. Kategori Cinta & Persahabatan : Ini Cerita Kami oleh TBM Sangkanparan Cilacap, Jawa Tengah
  2. Kategori Disabilitas : Lentera untuk Dria Raba oleh KISARA (Kisah Sayang Remaja) Bali
  3. Kategori Pendidikan : Katakan Tidak oleh PUSAKA (Persaudaraan Remaja Kauman) Semarang, Jawa Tengah
  4. Kategori Media : Mana Permainanku Dulu? oleh Sanggar Lare Mentes Klaten, Jawa Tengah
  5. Kategori Sosial - Budaya : Lakukanlah ! oleh PPAD (Persatuan Pelajar Anak Desa) Grobogan, Jawa Tengah
Usai nonton bareng film "Kita Sensitif" acara dilanjut dengan diskusi kecil dan pengenalan tentang dunia ngeblog. Sebagai narasumber, Aku berbagi tentang manfaat dan pentingnya ngeblog, cara penggunaan sosial media secara aman dan sehat, ngeblog untuk berbagi, dan tak lupa juga ku kasih spirit untuk semangat ngeblog dengan menonton video testimoni Semangat Ngeblog dari BLOGdetik. Berhubung hari beranjak semakin sore, acara pun diakhiri dengan foto bersama. Sampai ketemu di acara selanjutnya dengan sajian yang berbeda. (@kakdidik13)

2 comments:

  1. Jujur, baru tahu kalau tanggal 12 Agustus diperingati sebagai hari remaja internasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya informasinya. Tetap semangat membangun bangsa !

      Delete

Powered by Blogger.