Ads Top

Berbagi tentang PanduApp, Semangat Ngeblog dan Kewirausahaan

Rabu tanggal 23 Desember 2015 sekitar pukul 07.10 WIB, Aku berangkat menuju lokasi kegiatan Perkemahan Raimuna Ranting Bojonegoro. Kegiatan Raimuna Ranting yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Ranting (DKR) Bojonegoro ini dipusatkan di kompleks Lemcadika Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro. Dalam kesempatan berbahagia itu, Aku diminta oleh salah satu panitia yang juga sahabatku sebut saja namanya M. Tarnoji (kak Ojik) untuk menjadi narasumber. Untuk diketahui, M. Tarnoji adalah salah satu sahabatku di  Dewan Keja Cabang (DKC) Bojonegoro. Kami berdua menjadi anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) pada tahun 2011 lewat jalur seleksi Pergantian Antar Waktu (PAW). Sekarang dia posisinya masih aktif di kepengurusan sedangkan Aku sudah Purna hehehe. Selamat bertugas kak Ojik dan ketua Dewan Kerja Cabang Bojonegoro Kak Prianto beserta anggota.

Berbagi tentang PanduApp, Semangat Ngeblog dan Kewirausahaan
Setibanya di lokasi, aku disambut oleh salah satu panitia yang akan mendampingiku di ruang materi. Dia pun menyampaikan ada sedikit kendala yang dihadapi yaitu proyektornya cuma satu dan dipakai di ruang lain. Spontan Aku terus bilang, oke nggak masalah. Tak lama kemudian, peserta pun berdatangan dan memasuki ruangan. Materi pun ku mulai dan ku buka dengan perkenalan singkat. Berhubung proyektor tidak ada, maka slide yang ku buat tidak bisa kutampilkan sehingga peserta lebih mendengarkan apa yang kujelaskan (kurang efektif sih, tapi nggak masalah). Tak ada rotan akan pun jadi, tak ada proyektor, bercerita pun mampu mencairkan suasana.

Sebelumnya Aku bercerita tentang rintisan Saka Telematika yang dipelopori oleh Relawan TIK Sukabumi. Kebetulan pada saat itu tanggal 21 Februari 2015, Aku menghadiri acara Seminar Nasional "PRAKTIKA 2015" dan Launching Aplikasi PanduApp di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Oh, ya tak lupa kusampaikan pula kepada mereka untuk mendownload dan memakai aplikasi PanduApp di http://panduapp.sakatelematika.or.id setelah sepulang dari kegiatan ini. Untuk yang pakai android bisa didownload di PlayStore di sini. Selain itu, Aku juga mengajak peserta untuk mendukung rintisan Saka Telematika ini agar cepat disahkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Amiin. Untuk di Bojonegoro, gerakan rintisan Saka Telematika akan kita mulai di tahun 2016. Rintisan Saka Telematika Bojonegoro ini akan mewadahi bagi pramuka Bojonegoro yang mencintai dunia TIK seperti blogging, multimedia dan sebagainya.

#berbagiKebaikan #PanduApp4indonesia
Oh ya untuk diketahui, PanduApp merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2015, dimiliki dan dioperasikan oleh Rintisan Saka Telematika, PanduApp memiliki pengguna dari Anggota Pramuka lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam dan smartphone. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan jejaring sosial ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan kuis dan membaca materi yang ada. Selain mengenalkan PanduApp kepada peserta Raimuna Ranting Bojonegoro, aplikasi ini akan Aku kenalkan kepada Pramuka Penegak di Bojonegoro & Jawa Timur pada tahun 2016 mendatang (tunggu aksinya ya).

Usai bercerita tentang PanduApp, ku lanjutkan dengan berbagi semangat ngeblog kepada peserta. Aku bercerita tentang hobi dan dunia ngeblog yang sudah beberapa tahun ku geluti. "Pramuka itu kegiatannya keren dan luar biasa, perlu dipublish ke semua orang. Salah satu cara yang efektif, gratis dan harus dilakukan adalah publish melalui blog. Bikin blog itu mudah, yang sulit itu merawat blog agar selalu update. Memang sulit, tapi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Pramuka pasti bisa !!! Ayo !! NgeBlog untuk Pramuka sekarang juga", ucapku sambil memberi semangat kepada peserta.

Tak berhenti sampai di sini, masih ada satu materi terakhir yang ku sampaikan yaitu kewirausahaan. Memang secara nyata Aku belum ada usaha yang menuai hasil cemerlang. Tetapi setidaknya Aku sudah mulai merintis usaha yang hasilnya cukup menjanjikan lho (kalau mau tahu main ke rumahku ya). "Aku pernah jadi buzzer dan dapat job review juga dari salah satu perusahaan ternama di Indonesia. Ya setidaknya, manfaatkanlah akun sosial mediamu untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat githu", ucapku kepada peserta.

Untuk menambah semangat entreprenurship peserta, tak lupa ku sampaikan tentang blogpreneur (memanfaatkan blog untuk bisnis). Selain blog, sosial media seperti instagram, twitter dan facebook juga bisa dimanfaatkan untuk menggelar lapak bisnismu lho. Salah satu entrepreneur lokal Bojonegoro yang telah sukses memanfaatkan sosial media untuk menggelar lapak dagangannya adalah Rumah Sablon Rockaraka, Pengusa Clothing Lokal di Bojonegoro. Tidak hanya itu, kamu yang punya badan gede sepertiku, susah nyari ukuran kaos ukuran jumbo beli aja via online ke http://kaosgurita.com. Di situs itu, Kamu akan menemukan kaos ukuran jumbo dan desain yang unik dan memberi motivasi bagi yang memakai kaosnya.

Bersama sebagian Peserta Raimuna Ranting Bojonegoro tahun 2015
Sebelum ku akhiri, peserta ku ajak untuk menyanyikan lagu "Bojonegoro Matoh" yang diciptakan oleh Bupati Bojonegoro @KangYotoBjn dan foto bersama. Semoga dengan menyanyikan lagu itu bisa menambah semangat dan motivasi peserta untuk menggapai mimpi dan kesuksesan. Amiin. Lihat videonya di sini ! Itulah gerakan aksi sosialku bersama peserta Raimuna Ranting Bojonegoro 2015, semoga bermanfaat ! (@kakdidik13).

32 comments:

  1. Halo, Kak Didik. Kegiatannya selalu keren-keren :)
    Semoga kapan-kapan bisa kolaborasi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Anazkia, terima kasih mbak. Siap berkolaborasi dan bersinergi bareng untuk berbagi dan menginspirasi generasi negeri ini ^_^ Tetap Semangat NgeBlog hehehe

      Delete
    2. Wah, emang keren Kak Didik ini. aku membauangkan ketika Kak Didik bercerita tenta dunia blogging. Hehe. Semngat terus, kak ngeblognya
      Sukses selalu.

      Delete
    3. Terima kasih mas Kokoh, kebayang pas di LORIN Hotel Solo ya ? Tetap semangat ngeblog juga ya ! Tunggu kedatanganku untuk silaturrahmi ke Blogger Pendekar Tidar hehehehe :) :)

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih mbak Anisa Ae !!! :D Tetap semangattttt

      Delete
  3. Ya ampun keren banget sekarang udh ada aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saatnya Pramuka bersahabat dengan TIK, terima kasih ya !

      Delete
  4. Kegiatan yang dilakukan mas didik selalu menginspirasi. Ikut seneng juga sekarang udah ada pandu app yang membuat pramuka semakin dekat dengan IT. Sukses terus ya mas! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih mbak Widya. Oh ya, aplikasi PanduApp ini diciptakan oleh teman-teman Relawan TIk Kota Sukabumi. Kebetulan Aku diminta untuk meneruskan aplikasi ini kepada teman-teman Pramuka di Bojonegoro. Amiin.... sukses juga buat pean ya mbak ! :)

      Delete
  5. jika suatu saat ada kesempatan bagi saya,,,,akan aku bantu kak didik unt mensukseskan keinginannya,,,,krn pramuka skrg bagi saya BUTUH IT...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sahabatku muncul, sayangnya namanya nggak pakai nama asli hehehe... Ayo kita sukseskan keinginan itu !!!

      Delete
  6. Keren banget mas..
    Dan aku pengen belajar tentang blogpreuner dan gimana caranya bikin lapak bisnis yang sukses. Mau banget diajarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, oh ya kalau mau bikin lapak bisnis ya dimulai dengan persiapakan produk yang akan dijual baru dipromosikan via online dsb hehehe

      Delete
  7. Wah, baru tahu ada aplikasi yang beginian. Asyik, ya. Hehe.. Kayaknya boleh nyoba nih. Siapa tahu langsung suka, hihihi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba tuh mbak, gratissss kok hehehe !!! Salam Pramuka !!!

      Delete
  8. wah tetanggaan ternyata. Bojonegoro Nganjuk. Hehehe Salam kenal mas didikjatmiko. Kalo ingat blogger bojonegoro jadi ingat nih. Blogger Nusantara. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, ternyata kita tetanggaan.... baru tahu hehehe. Salam kenal juga mas. Wah, jangan diingat mas hehehehe !!!

      Delete
  9. Wirausaha ya? Hmm... Ini buat lbi bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat umum kok, kebetulan tahun ini nggak lolos LBI 2016 hehehe. Tahun 2015 kemarin Aku ikutnya hehehe

      Delete
  10. wow, social media buat pramuka, keren pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa didownload di PlayStore "PanduApp" githu !

      Delete
  11. Kak didik pancen top markotop.. Matoh tenan.. Acaranya selalu keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Erna. Tetap semangat berbagi dan berkarya untuk Indonesia hehehehe

      Delete
  12. sekedar saran. Mungkin akan lebih baik jika kata "aku" diganti "saya"

    ReplyDelete

Powered by Blogger.