Info Menarik
Loading...

5 Destinasi Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

Anda sering jalan - jalan ke di Jawa Timur, khususnya Surabaya tapi belum puas? Ayo sempatkan untuk mampir dan berkunjung ke Bojonegoro. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas 5 destinasi wisata di Bojonegoro yang wajib untuk dikunjungi. Wong (baca : orang)  Bojonegoro Sehat, Cerdas, Produktif dan Bahagia. Penasaran ???
Welcome to Bojonegoro | Foto by : Humas Kabupaten Bojonegoro
Bojonegoro merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan sebutan Kota Ledre. Apa itu Ledre? Ledre merupakan panganan khas dari daerah Bojonegoro dengan bahan baku utamanya yaitu pisang. Panganan berupa kue ringan ini bentuknya berupa stick roll dengan panjang sekitar 20 cm. Selain pisang, bahan dasar untuk membuat kue ini berupa tepung beras, santan, gula pasir, minyak kacang dan telur. Berkunjung ke Bojonegoro, belum pas rasanya jika belum menikmati jajanan yang satu ini. Jadi, jika anda berkunjung ke Bojonegoro jangan lupa beli Ledre untuk oleh - oleh ya !.

Berikut ini 5 destinasi wisata Bojonegoro yang wajib anda kunjungi :

1. Kayangan Api Bojonegoro

Wisata Kayangan Api Bojonegoro | Foto : Humas Kabupaten Bojonegoro
Lokasi wisata ini terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur. Kayangan Api merupakan kawasan wisata berupa sumber api yang tak kunjung padam. Kebanyakan oranga menyebutnya dengan Api Abadi. Menurut cerita, Kayangan Api pada jaman dahulu kala merupakan tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa. Mbah Kriyo Kusumo sendiri lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari kerajaan Majapahit. Objek wisata alam Kayangan Api terletak sekitar 25 km dari jantung kota Bojonegoro. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk upacara penting yakni Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, ruwatan masal dan Wisuda Waranggono.

2. Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

Gapura menuju lokasi Agrowisata Belimbing Ngringinrejo - Bojonegoro
Lokasi wisata ini terletak sekitar 15 km di sebelah barat kota Bojonegoro tepatnya di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Agrowisata ini memiliki daya tarik wisata berupa kebun Belimbing dengan hasil buahnya yang khas Bojonegoro dan tentu rasanya sangat manis. Berkunjung ke tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan sajian panorama alam pedesaan dengan hamparan sawah, di sepanjang jalan menuju kebun belimbing banyak warga sekitar yang berjualan belimbing. Tidak hanya itu, begitu memasuki kawasan ini anda akan melihat monumen buah belimbing sebagai ikon desa tersebut. Adapun luas kebun belimbing di Ngringinrejo ini menempati tanah seluas kurang lebih 19.3 hektar. Untuk masuk ke kawasan kebun belimbing ini, pengunjung hanya dikenai biaya sekitar Rp. 1.000,- (seribu rupiah) saja. Kalau parkir kendaraan seperti apa? Jangan khawatir, di lokasi ini tersedia area parkir seluar kurang lebih 500 m2 dengan biaya parkir Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

3. Wisata Edukasi Gerabah

Batman & Doraemon berduaan di Jembatan Malo - Bojonegoro | Foto by : Bayu Yoggi Rosbianto 
Lokasi wisata industri kreatif ini terletak di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Di Desa ini mayoritas pencaharian warganya adalah sebagai pengrajin gerabah yang sudah turun temurun diwariskan oleh beberapa generasi. Adapun hasil gerabah yang dihasilkan adalah gerabah konvensional berupa peralatan masak seperti layah, nanangan, tembika, dan cuo. Selain hasil produk tersebut, gerabah di Desa Rendeng saat ini dikembangkan untuk menjadi kawasan wisata edukasi kerajinan gerabah. Saat ini tanah liat tidak hanya dikembangkan menjadi celengan tetapi juga menjadi souvernir khas desa setempat. 

4. Negeri Atas Angin Bojonegoro

Pagi di Negeri Atas Angin Bojonegoro | Foto by : Budiyanto Toak
Potensi wisata tersembunyi di wilayah Bojonegoro akhir-akhir ini baru ditemukan yaitu Negeri Atas Angin.  Letaknya berada di kawasan Bojonegoro yang berbatasan dengan Kabupaten Madiun yakni di Desa Deling Kecamatan Sekar. Untuk menuju ke Negeri Atas Angin bisa ditempuh melalui rute dari kota Bojonegoro melewati Kecamatan Dander, Bubulan atau lewat Kecamatan Temayang. Selama berada di sana, anda akan disajikan pemandangan alam yang mempesona dari atas bukit. Orang - orang di sana menyebutnya dengan bukit cinta. Ternyata di Bojonegoro juga ada bukit cinta lho hehehe, siapa tahu Film Ada Apa Dengan Cinta 3 shootingnya di bukit cinta.

5. Teksas Wonocolo di Bojonegoro

Dari Ujung ke Ujung Blogger Bojonegoro Edisi 20-11-2011 di Wonocolo | Koleksi Blogger Bojonegoro
Mendengar Texas, tentu yang terlintas di otak kita adalah Amerika Serikat. Negeri yang kaya akan destinasi wisata dan terkenal sebagai penghasil minyak terbesar di dunia. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur baru saja diresmikan destinasi objek  wisata baru oleh Bupati Bojonegoro Kang Yoto dengan nama "The Little" Teksas Wonocolo pada hari Rabu, 27 April 2016. Teksas yang dimaksud di sini merupakan kepanjangan dari tekad selalu aman dan sejahtera (teksas). Objek wisata "The Little" Teksas Wonocolo terletak di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. 

Tertarik untuk berwisata ke Bojonegoro, #temankakdidik13 ? Terus nginepnya dimana? Nggak usah bingung anda bisa bermalam di Bojonegoro. Selamat berlibur di Bojonegoro, sahabat Traveloka. (@kakdidik13)

Share with your friends

22 comments

  1. Api abadi itu berbentuk nyala api atau bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, api yang selalu nyala dan tak kunjung padam, kalau mau tahu ayo dolan ning Bojonegoro :)

      Delete
  2. Ini dia yg membranding #Jonegoro, #Lanjutkan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Bojonegoro untuk Indonesia dan Dunia #kenalkanBojonegoro #BojonegoroMendunia

      Siap lanjutkan kakak :)

      Delete
  3. Mas yg destinasi ke-5 itu, apa yg wisata kilang minyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, tapi kilang minyaknya tradisional :) #kenalkanBojonegoro

      Delete
  4. Mupeng sama Negeri Atas Anginnya...
    Belum pernah ke Bojonegoro euy..semoga suatu saat bisa ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, kalau ke Bojonegoro kabar-kabar ya :) hehehehe

      Delete
  5. aku pernah sekali ke Bojonegoro Kak Didik
    tapi sudah lama
    smoga Bojonegoro terus berkembang dan semakin sukses amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan mas? Bojonegoro sekarang dengan yang dulu mungkin berbeda :) #kenalkanBojonegoro

      Delete
  6. bojonegoro matoh tenan pak :D
    dari semua destinasi wisata aku pernah ke kayangan api sama wisata belimbingnya itu. yg paling bikin penasaran negeri di atas awannya itu pak. sebelum puasa harus bisa kesana.
    salam kenal pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke Bojonegoro :)

      Kalau penasaran dengan Negeri Atas Angin, ayo ke sana biar langsing tahu hehehe...

      Salam kenal balik :)

      Delete
  7. Saya sudah beberapa kali ke Bojonegoro tetapi belum pernah melihat tempat wisata di atas. Semoga lain kali bisa ke sana lagi.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan Pakdhe? Wah kalau ke Bojonegoro lagi, kabari ya !

      Delete
  8. Wah banyak nih destinasi menarik di Bojonegoro. Biasanya cuma buat lewat kalau mau ke Madiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau mau ke Madiun, jangan lupa sejenak mampir di Bojonegoro ya mbak :) kabar-kabar ya hehehe

      Delete
  9. Dan saya baru sempat bermain yang ke nomor 1.
    Kapan-kapan harus diajak ke nomor 2 sampai 5.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Yang pasti tetap Indonesia hehehe, di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Cepu, Blora - Jawa Tengah

      Delete
  11. kayangan api bojo negoro kayaknya asyik juga tu Mas ,,.. tempat nya asri dan sejuk

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done