Ads Top

Hasil Kompetisi Indonesia Scouts Challenge (ISC) Bojonegoro

Indonesia Scouts Challenge (ISC) merupakan sebuah aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk peserta didik khususnya Penggalang Ramu yang duduk di bangku kelas empat dan lima Sekolah Dasar (SD) atau sederajat. ISC 2015 - 2016 ini diikuti oleh peserta didik yang berusia maksimal 12 tahun dan diadakan mulai di tingkat Kabupaten / Kota, Provinsi hingga Nasional. Lebih serunya lagi, pemenang utama berkesempatan terbang ke Amerika Serikat. Pelaksanaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 - 2016 ini dilaksanakan secara bergulir di 7 Provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. 

Sang Juara Indonesia Scouts Challenge (ISC) Bojonegoro Gelombang Kedua
Untuk pelaksanaan  ISC 2015 - 2016 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro - Jawa Timur, diselenggarakan pada tanggal 19 - 22 April 2016 di Taman Tirtawana Dander, Bojonegoro dan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 19 - 20 April 2016 dan gelombang kedua dilaksanakan tanggal 21 - 22 April 2016. Untuk gelombang pertama, kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro, Kak Suyoto selaku Ka Mabicab. Selain membuka Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 - 2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Bojonegoro, Kak Suyoto juga melantik Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro Periode 2016 - 2020. Kebetulan saya mendapat amanah dan menjabat dalam kepengurusan tersebut sebagai andalan cabang urusan abdi masyarakat dan humas.

Usai upacara pembukaan, peserta  Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 - 2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Bojonegoro gelombang pertama mengikuti dan melaksanakan serangkaian kegiatan  game penuh tantangan yang sudah dijadwalkan mulai dari tantangan pertolongan pertama, tantangan susun huruf, tantangan atribut, tantangan arah mata angin, tantangan KIM (Kejelian Indra Manusia), tantangan estafet, tantangan kebangsaan, tantangan ketangkasan, hasta karya dan bahasa inggris. Malam harinya, kegiatan diisi dengan pentas seni perwakilan tiap kwartir ranting satu penampilan. Keesokan harinya, peserta mengikuti kegiatan olahraga yang diisi dengan aneka senam mulai dari senam Messenger of Peace (MoP), senam pinguin dan sebagainya. 

Setelah itu, dilanjut dengan Golden Scouts Challenge, sebuah game yang tantangannya hampir mirip dengan acara ranking 1 di stasiun televisi. Dalam permainan ini dilaksanakan dua kali yakni regu putra sendiri dan regu putri sendiri. Regu yang berhasil masuk 25 besar dalam golden scouts akan menerima 1 medali, masuk 15 besar dapat 3 medali dan masuk 5 besar dapat 5 medali. Beraneka tantangan, pentas seni, senam pagi dan Golden Scouts Challenge ini juga berlaku sama untuk peserta Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 - 2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Bojonegoro gelombang kedua. Lantas gugus depan mana yang lolos dalam gelombang pertama? Penasaran kan, simak terus ya !


Pembukaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 - 2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Bojonegoro gelombang kedua berbeda dengan gelombang pertama yakni dibuka pada malam hari. Acara dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro, kak Hanafi. Sebelumnya, pagi hingga sore peserta telah melakukan game tantangan seperti yang dilakukan oleh peserta pada gelombang pertama. Untuk game golden scouts challenge gelombang kedua, peserta regu putri tidak ada satu pun yang mendapatkan medali tantangan golden scouts.

Adapun yang akan mewakili Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro melaju ke tingkat Provinsi adalah 4 regu yakni 2 regu putra juara pertama dan dua regu putri juara pertama. Empat regu tersebut terdiri dari 2 regu gelombang pertama yakni regu putra MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro dan regu putri SD N Bakung - Kanor serta 2 regu gelombang kedua yakni regu putra SD N Baureno 1 dan regu putri SD N Meduri 3 - Margomulyo. Rencananya, kompetisi ISC 2015 - 2016 tingkat Provinsi akan diselenggarakan bulan September mendatang. Kita do'akan, semoga ada regu yang lolos kompetisi di tingkat Provinsi Jawa Timur. Amiin

Untuk hasil kompetisi Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior regional championship Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai berikut :

Gelombang Pertama :

a. Regu Putra : 1). Juara pertama, MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro dengan  49 medali. 2). Juara kedua, SD N Model Terpadu Bojonegoro dengan 44 medali 3). Juara ketiga MI islamiyah Ngasem dengan 38 medali

b. Regu Putri : 1). Juara pertama, SD N Bakung - Kanor dengan  54 medali. 2). Juara kedua, SD N Kepatihan - Bojonegoro dengan 44 medali  3). Juara ketiga, SD N Dander 1 dengan 38 medali.

Gelombang Kedua :

a. Regu Putra : 1). Juara pertama, SD N Baureno 1 dengan  57 medali. 2). Juara kedua, SD N Jono 1 - Temayang dengan 42 medali 3). Juara ketiga, SD N Sukorejo 1 - Tambakrejo dengan 40 medali.

b. Regu Putri : 1). Juara pertama, SD N Meduri 3 - Margomulyo dengan 38 medali. 2). Juara kedua, SD N Baureno 1 dengan 37 medali 3). Juara ketiga, SD N Pelem 1 - Purwosari dengan 37 medali.

Selengkapnya hasil rekapitulasi kompetisi Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior regional championship Kabupaten Bojonegoro bisa didownload bawah ini : 
Selamat berjuang adik - adik Peserta Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior regional championship Kabupaten Bojonegoro di tingkat Provinsi Jawa Timur ! (@kakdidik13)

3 comments:

  1. semoga Jogja juga bisa diadakan. event2 yang kreatif seperti ini, ditunggu2 masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogjakarta juga masuk dalam 7 Provinsi yang akan menggelar Indonesia Scouts Challenge (ISC) untuk informasi pelaksanaannya bisa merapat ke Kwartir Daerah setempat. Terima kasih :) Salam Pramuka !

      Delete
  2. SALAM PRAMUKA!! Mau tanya kak?! Di SDN Pelem 1 purwosari, Bojonegoro. Kalo liburan gini ada kegiatan kemah nggak?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.