Ads Top

Egg Roll Waluh Ngudi Roso Khas Cepu Kabupaten Blora

Tanggal 29 Mei 2016, Saya dan sahabatku Edy Supra Eko menghabiskan waktu libur hari minggu ke Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Perjalanan yang kutempuh dari tempat tinggalku sampai ke Cepu, Blora sekitar lima belas menit. Ya, kebetulan tempat tinggalku berada di Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur (dekat banget). Tujuan kami saat itu sepele yakni sekedar ngopi sambil mencari inspirasi. Lokasi ngopi yang kami tuju berada di Jl. Pemuda (kebetulan Free Wifi), sehingga si blue Revo pun ku arahkan menuju ke sana. Di tengah perjalanan, sahabatku Edy Supra Eko menghubungi salah satu teman untuk diajak ngopi bareng. Dia adalah Ahmad Sampurno, seorang jurnalis media ternama di Bojonegoro yang membahas seputar migas Blok Cepu yaitu SuaraBanyuurip.com. Kebetulan dia bertugas di wilayah Cepu, Blora.

Egg Roll  Waluh Ngudi Roso Khas Cepu Kabupaten Blora
Setibanya di lokasi, kami langsung memesan kopi. Sambil menikmati secangkir kopi kothok, ku buka laptop-ku sambil mengedit artikel yang ku simpan di notepad. Sebagai blogger, Saya sering memanfaatkan notepad untuk menuliskan ide dan pemikiran yang ada di otakku sebelum akhirnya kuposting ke blog pribadi-ku. Tak lama kemudian, sahabat kami Ahmad Sampurno pun tiba dan memesan kopi. Sambil menunggu pesanan kopinya, dia meminta tolong kepadaku untuk mengedit tampilan blog-nya. Aku pun men-sign out akun bloggerku dan segera mengedit tampilan blog sahabatku. Usai ngedit blog, Saya punya ide untuk berkunjung ke pengusaha Egg Roll Waluh Ngudi Roso (salah satu oleh-oleh khas Cepu). Kami pun beranjak meninggalkan warung kopi dan menuju ke TKP yang di maksud.

Sekitar pukul 13.30 WIB, kami berkunjung ke rumah Ibu Inarti warga Kelurahan Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah untuk bertanya - tanya mengenai usaha Egg Roll yang dijalankannya. Kebetulan Kelurahan Ngroto terkenal sebagai kelurahan yang berhasil merubah waluh menjadi kue yang enak dengan nama kue Egg Roll (Lumayan buat tambahan postingan di blog hehehe). Egg Roll merupakan jajanan khas Nusantara yang banyak digemari oleh anak - anak hingga orang Dewasa. Kue kering ini berbentuk gulungan memanjang seperti cerutu. Kue egg roll mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya renyah sehingga banyak diminati oleh pecinta kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat egg roll ini berupa terigu, gula, telur dan mentega.



Sekilas orang melihat, akan menganggap kalau Egg Roll itu adalah kue semprong. Akan tetapi sebenarnya kedua kue tersebut tidak sama. Egg Roll lebih banyak atau dominan menggunakan telur akan tetapi kue semprong lebih banyak atau dominan menggunakan sagu dan untuk semprongnya menggunakan kelapa. Memang sih, untuk tampilan kedua kue kering ini hampir sama persis akan tetapi cara membuat dan bahan yang digunakan berbeda.

Saya pun memanfaatkan waktu berkunjung ini dengan semaksimal mungkin dan mulai menggali data mumpung langsung bertemu dengan orang yang memproduksi Egg Roll. Dari data yang saya himpun dari Ibu Inarti warga Kelurahan Ngroto RT.05 / RW.02 Kecamatan Cepu Kabupaten Blora - Jawa Tengah menyebutkan bahwa Egg Roll yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Budi Rahayu sudah mulai berkembang dan mempunyai 17 rasa yang berbeda. Adapun 17 varian rasa Egg Roll yang dikembangkan meliputi rasa waluh, melon, stroberi, wijen, keju, durian, nangka, nanas, coklat, kacang ijo, pandan, jambu biji, susu, pisang, ketela, vanilla dan kelapa muda. 
Egg Roll Waluh Ngudi Roso Cepu Cocok Untuk Kue Lebaran
Untuk pengemasan, ada tiga ukuran yakni ukuran kecil (muat sekitar 27 biji Egg Roll), ukuran sedang (muat sekitar 40 biji Egg Roll) dan ukuran besar (muat 80 biji Egg Roll). Selain itu, untuk mempermudah pembelian dalam jumlah yang lumayan banyak disediakan kardus yang bisa diisi dengan ukuran sedang sebanyak 10 kotak. Terkait harga, untuk semua varian rasa harganya sama yang membedakan harga cuma di ukuran kemasannya. Bagi yang tertarik untuk menikmati Egg Roll [Oleh-oleh Khas Cepu, Blora - Jawa Tengah] ini tunggu artikel-ku selanjutnya.

Setelah puas menggali data, Saya pun membeli Egg Roll ukuran sedang sebanyak 4 buah dan Egg Roll ukuran kecil sebanyak 1 buah untuk dibawa pulang. Sebelum berpamitan, kami pun mengabadikan momentum ini dengan foto bersama di depan rumah Ibu Inarti. (@kakdidik13)

16 comments:

  1. Harga egg roll lumayan mahal sih. Jadi pengen buat sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mahal-mahal amat kok, baguslah kalau buat sendiri hehehe makin kreatif :) semangat ya saat buat Egg Roll

      Delete
  2. Banyak banget varian rasanya, jadi bingung milihnya. (*kayak yang mau dikirimi aja* heheh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ada 17 varian rasa yang dikembangkan, kalau berminat dan ingin pesan bisa menghubungi ku ya :) via WhatsApp 085230874229

      Delete
  3. Variannya banyak juga ya, saya malah pengen coba rasa durian, nangka, melon, kacang ijo, pandan, dan ketela.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ada 17 varian rasa, kalau mau pesan bisa menghubungi ku via WhatsApp 085230874229

      Delete
  4. egg roll itu enak, lebih empuk dan manis, kalau saya beli eggroll jadi rebutan di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Ev, enak banget hehehe. Beli dimana mbak? Hehehehe

      Delete
  5. Wuihh harganya berapa tuh Kak Didik? Biasa beli eggroll yang ada di supermarket. Termasuk mahal sih.. siapa tahu yang ini lebih terjangkau hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai mbak untuk harga, informasi selengkapnya bisa kontak ke WhatsApp saya 085230874229 :)

      Delete
  6. ini cemilan favoritku kalau kerumah mbah kak hahahaha.
    Sekarang banyak aneka ragam "merek" yang jual begini yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah, wah mantap 'makanan favorit' hehehe... Rumah mbahnya dimana nih :)

      Delete
  7. kalau di kirim keluar kota hancur ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah tidak :) Ada yang bisa dibantu ?

      Delete
  8. wah, aku kira egg roll dan semprong sama mas, tapi mirip2 kan? favorit banget! Thanks for sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir mirip tapi tak sama :) sama-sama semoga bermanfaat ya

      Delete

Powered by Blogger.