Info Menarik
Loading...

Doraemon dan Si Unyil : Dua Tokoh Fiksi yang Menginspirasiku

Berbicara tentang tokoh fiksi yang menginspirasi, banyak sekali tokoh fiksi yang terkenal melalui film yang kita tonton setiap hari seperti doraemon, batman, spiderman, dan sebagainya. Tak hanya tokoh dalam kisah nyata, beberapa tokoh fiksi pun mampu menjadi inspirasi bagi sebagian orang. Berawal dari tokoh fiksi yang disukai membuat orang mengalami perubahan dalam dunia nyata. Perubahan untuk menjadi seperti tokoh fiksi yang difavoritkan. 

Selain tokoh fiksi dari luar negeri yang hadir di dunia perfilman tanah air, tokoh fiksi yang populer dan terkenal serta mewarnai masa kecil kita hingga dewasa yang berasal dari Indonesia pun banyak lho seperti pendekar silat yang tidak bisa melihat yaitu si buta dari gua hantu, gundala, wiro sableng, si unyil, mak lampir dan sebagainya.

Lantas, siapa sih tokoh fiksi favoritmu?

Bagiku tokoh inspirasi yang kusukai dan menginspirasiku adalah Doraemon dan Si Unyil. Dua tokoh fiksi tersebut mampu menginspiraku untuk berbuat dan bergerak menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain. Kalau tokoh fiksi favoritmu siapa?

Doraemon merupakan sebuah film anime populer yang dikarang oleh Fujiko F. Fujiho. Doraemon sendiri merupakan sebuah robot kucing dari abad ke-22 yang sering dimintai tolong oleh Nobita. Dengan menggunakan peralatan canggih yang dikeluarkan dari kantong ajaibnya seperti baling - baling bambu dan pintu kemana saja, Doraemon membantu Nobita agar terhindar dari gangguan Gian dan Suneo. 

Meskipun gagal dalam proses uji coba, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu menyelesaikan semua masalah. Ia juga pengertian dan memiliki rasa kasih sayang apalagi di saat Nobita menangis dan merengek kepadanya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya. Ia bertindak sesuai apa yang ia pelajari, ia dapat berteriak kegirangan, meloncat ketakutan, dan menangis. 

Selain itu, ia dapat bertindak sangat emosional dengan sifat tempramental yang cukup buruk ketika sedang bertengkar dengan Nobita. Ia juga memiliki "senjata rahasia" yang bisa digunakan dalam keadaan terdesak, yaitu kepalanya yang lebih keras daripada batu. Singkatnya, ia menjadi sebuah robot yang memiliki perasaan seperti manusia. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Doraemon)
Si Unyil ketika berkunjung desa Kusubibi, Pulau Bacan, Maluku Utara | Sumber Foto : Twitter @TRANS7
Tokoh fiksi selanjutnya yang kusukai dan menginspirasi yaitu Si Unyil. Si Unyil adalah tokoh fiksi Indonesia yang sangat terkenal dan memiliki popularitas yang sangat tinggi. Siapa sih yang nggak tahu Si Unyil? Hampir seluruh penduduk di negeri ini baik anak - anak hingga orang dewasa pasti mengetahui tokoh fiksi yang satu ini. Si Unyil sendiri merupakan sebuah tokoh yang diciptakan oleh Almarhum Drs. Suyadi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden untuk mengisi sebuah program anak - anak dan pertama kali disiarkan pada tahun 1981 di TVRI.

Berbeda dengan Doraemon, Si Unyil bukan lah tokoh fiksi Superhero dan tidak mempunyai kemampuan khusus. Tokoh Unyil tersebut digambarkan sebagai seorang anak desa dari kalangan biasa dengan menggunakan kopiah serta membawa sarung pada pakaian yang dikenakannya. Topik yang dibahas oleh Si Unyil berkaitan erat dengan kehidupan anak sehari - hari, sehingga Si Unyil sangat dekat di hati anak- anak dan terkenal hingga saat ini.

Itulah dua tokoh fiksi yang kusukai dan menginspirasiku. Doraemon dengan inspirasi sebagai sosok yang suka membantu dan menolong serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan apa yang dimilikinya. Si Unyil dengan gaya khasnya sebagai seorang anak desa yang menginspirasi anak - anak Indonesia dengan petualangannya bersama teman - temannya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 16 Juli 2016

Share with your friends

7 comments

  1. dulu saya juga gak pernah mau ketinggalan nonton Ungil dan Doraemon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doraemon dan Si Unyil, Film yang sayang untuk dilewatkan, wajib nonton pokoknya hehe

      Delete
  2. Si Unyil...hahaha...iya ya, Si Unyil keren banget bisa terus bertahan sampai sekarang :) Dulu sampai di film kan ya Unyil Jadi Manusia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, si Unyil emang anak desa yang keren dan nonton filmnya nggak ada habisnya, penuh inspirasi ya hehe

      Delete
  3. Wah jadi kebawa nostalgia.
    Kalo tokoh fiksi favorit saya dulu itu Son Goku kang, dari kartun Dragon Ball. Karakternya yang kuat, pantang menyerah, dan baik hati jadi panutan semua anak-anak jaman saya..

    ReplyDelete
  4. Ingat si Unyil ingat si Meni dan si Usro juga Pak Ogah dan Pak Raden. Dulu Si Unyil ini ngehits banget yak.. sampai kita nungguin tayangannya. Cepeee dulu dooong.

    ReplyDelete
  5. Keduanya tontonan yang cocok untuk anak2

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done