Ads Top

Mengapa Melanjutkan ke Sekolah Kejuruan dan Madrasah Aliyah ?

Ketika kamu telah selesai menyelesaikan studi sekolah di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau pun Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan dinyatakan lulus, alangkah lebih baik kamu melanjutkan ke studi tingkat selanjutnya. Kamu bisa memilih sekolah yang kamu sukai baik itu Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah atau pun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak keterampilan dan keahlian khusus, maka pilihlah dan lanjutkan sekolahmu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Salah satu kelebihan yang didapat ketika bersekolah di SMK kamu bisa mengikuti program praktek kerja atau magang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Setelah mengikuti proses magang atau praktek kerja, siswa/i yang bersangkutan akan memperoleh segudang pengalaman dan bekal yang kelak bisa dikembangkan setelah mereka lulus.
Yuk, Sukseskan Gerakan Ayo Sekolah di Bojonegoro !
Mengapa kamu memilih melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Simak beberapa alasan dari sahabatku yang memilih meneruskan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berikut ini :

1. Agung Firdausi Ahsan [Blogger Plat-M alumni Jurusan TKJ SMK N Sumenep, Madura - Jawa Timur]

Dia memilih melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Kejuruan karena ingin mengasah kemampuan atau hobi di bidang teknik yang dimilikinya. Alhamdulilah, setelah lulus dari SMK dia menjadi konsultan IT sambil kuliah. Agung (pangggilan akrabnya) selain aktif ngeBlog, dia pun pernah terpilih sebagai Regional Ambassador Lead di Mozilla Indonesia. Kini pria asli Sumenep tersebut juga aktif bergabung di East Java Netizen (Netizen Jawa Timur) bersamaku dan sahabat blogger Jawa Timur lainnya.

2. Suparno akrab dipanggil Masnonok [Desainer WPAP from Bojonegoro]

Seusai lulus dari SMP, dia memilih melanjutkan ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan alasan ketika bersekolah di SMK dia tidak hanya menerima pendidikan akademik dan akhlak saja melainkan juga terlatih sebagai pelajar yang mandiri dan terampil sesuai jurusan yang dipilihnya. Alhamdulillah dengan bekal kemampuan yang dimiliki dan diperolehnya ketika mengeyam pendidikan di SMKN 2 Bojonegoro jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), kini dia mampu mengembangkan kemampuan desain grafis yang dimilikinya . Terlebih saat ini dia kebanjiran order desain WPAP baik dari lokal maupun luar negeri.

Demikian alasan mengapa kedua sahabatku tersebut memilih melanjutkan studi pendidikannya ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terkenal dengan jargonnya yaitu SMK Bisa ! Lain halnya dengan kedua sahabatku di atas yang memilih melanjutkan studinya ke SMK, berikut ini alasan sahabatku lainnya yang justru memilih melanjutkan studi pendidikannya ke Madrasah Aliyah (MA) di Bojonegoro.

1. Zakia Bidayatun Ni'mah [alumni Madrasah Aliyah Nurul Ulum Purwosari - Bojonegoro]

Menurutnya, di era globalisasi saat ini mengeyam pendidikan umum tidaklah cukup dan harus diimbangi dengan pemahaman mengenai ilmu rohani (keagamaan) yang bisa menuntun hidup kita agar lebih bermakna. Seringnya terjadi kasus - kasus pembunuhan, pemerkosaan, korupsi, kolusi, nepotisme dan sebagainya di Indonesia bukanlah karena kurangnya orang pintar di negeri ini melainkan kurangnya orang Indonesia yang berani jujur. Memang setiap orang itu mempunyai watak yang berbeda - beda, akan tetapi jika dibiasakan sejak dini mempelajari ilmu keagamaan melalui pendidikan madrasah maka niscaya akan menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Amiin

2. Utami [alumni MA Miftahul Huda Purworejo, Padangan - Bojonegoro]

Menurut paparan yang disampikan kepadaku, dia memilih melanjutkan studi pendidikan ke Madrasah Aliyah karena pelajaran atau ilmu yang diajarkan lebih lengkap baik itu ilmu duniawi maupun akhirat. Baginya, Madrasah Aliyah merupakan ladang bagi generasi muda untuk membangkitkan akhlak yang mulia agar tidak terjerumus dan terpengaruh dampak negatif di era globalisasi. Jangan menyesal menjadi bagian dari madrasah, karena di dalamnya terdapat ilmu yang menjadikan hidup kita bahagia dan sejahtera, agamis, humanis dan berkompeten.

INGAT, dimana pun kamu bersekolah baik itu di SMA, MA, SMK tetaplah menjadi pribadi yang mampu berdaya saing dan mengembangkan potensi diri agar menjadi insan yang cerdas, produktif, bermartabat dan berdikari serta bahagia. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 15 Juli 2016

14 comments:

  1. Aku dulu sekolah di Maderasah Aliyah Negeri Rejoso Peterongan Jombang di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

    Padahal ibuku ingin anakanya sekolah Di SMU Unggulan di Darul Ulum Jombang jg. Etapi masuk di MAN juga asik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, sama denganku. Aku juga alumni Madrasah Aliyah tapi luar negeri alias swasta hehehe

      Madrasah mengajarkanku banyak hal yang membuatku lebih berkarakter dan banyak cerita seru di sana :)

      Delete
  2. Luar biasa prestasi lulusan SMK ya.. Salut!

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lulusan Madrasah Aliyah mbak hehehe.... Siap berkunjung balik :)

      Delete
  3. memang sekolah ada pilihan ya, dan kita benar2 harus panadi memlihi bukan sekedar gengsi atau ngikutin teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat dengan mbak Tita Soekardi, yang utama sebelum kita bersekolah adalah niatnya dan bukan sekedar ikut-ikutan teman hehehe

      Delete
  4. memilih sekolah itu gampang-gampang susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pilihan yang kita pilih adalah terbaik ya mbak :)

      Delete
  5. Setuju banget, di mana pun sekolahnya, tetap lah menjadi pribadi yang terbaik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, terima kasih :) dari pribadi yang terbaik melahirkan peluang yang barokah :D Amiin

      Delete
  6. Sekolah di mana saja bagus, semua kembali pada anaknya
    salam sehat dan semangat Kak Didik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Agung Han atas pencerahannya, sepakat.... betul banget, semua itu kembali kepada anak yang bersangkutan.

      Salam sehat dan semangat balik ya mas Agung Han

      Delete
  7. dimanapun kita berada "tetaplah menjadi pribadi yang mampu berdaya saing dan mengembangkan potensi diri agar menjadi insan yang cerdas, produktif, bermartabat dan berdikari serta bahagia."

    Setuju banget sama kalimatnya!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.