Info Menarik

Lebaran H+3 : Menikmati Wisata Susur Bengawan Solo di Bojonegoro

Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagiaan luar biasa bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan menahan haus dan lapar serta bertempur melawan hawa nafsu untuk tidak melakukan hal – hal yang bisa membatalkan ibadah puasa di bulan ramadhan. Ketika hari kemanangan idul fitri itu tiba, tentu setiap muslim mempunyai cerita dan kesan dalam merayakan idul fitri bersama keluarga, orang terdekat dan juga sahabatnya.

Ini di Bengawan Solo yang Berada di Desa Ngraho Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro
Selain merayakan hari idul fitri bersama keluarga, kerabat dan tetangga, di Hari Raya Idul Fitri 1437 H ini tepatnya hari ketiga (H+3) saya mempunyai sedikit cerita bersama teman - teman Forum Karang Taruna Kecamatan Gayam (FKKG) Kabupaten Bojonegoro. Kebetulan hari lebaran ketiga kami berkumpul di rumah Ketua Forum Karang Taruna Kecamatan Gayam (FKKG) Muh. Kundhori yang berada di Desa Ngraho RT.10 / RW.02 Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.

Saya berkunjung ke rumah Mas Dhori sejak pukul 09.00 WIB bersama sahabatku Edy Supra Eko dan ditemani oleh Mas Abidin, Jaswadi, Cak Moon dan Fatoni dari Karang Taruna Pemuda Sakti Desa Ngraho. Kami pun asyik ngobrol dan berdiskusi hingga akhirnya adzan sholat Jum'at pun berkumandang. Kami pun bersiap-siap menuju Masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Jum'at.

Seusai sholat Jum'at, teman - teman anggota Forum Karang Taruna Kecamatan Gayam pun berdatangan dimulai Desa Gayam, Begadon, Ringintunggal, Katur, Ngraho, Beged, Bonorejo dan Mojodelik. Setelah saling bersalaman sambil mengucapkan minal aidzin, kami pun bercerita dan menikmati jajan lebaran sambil menunggu teman yang sedang keluar beli bakso. Sekitar setengah jam kami menunggu, teman yang keluar beli bakso pun tiba dan kami pun menikmati bakso tersebut bersama-sama.

Sebelum berangkat ke lokasi susur Bengawan Solo di Desa Ngraho Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, kami pun sholat ashar terlebih dahulu agar ketika berada di lokasi kita merasa nyaman karena telah menjalan kewajiban ibadah kepada Allah SWT. Selanjutnya, kami berjalan kaki menuju ke lokasi dan keseruan pun kami mulai. Kegiatan susur Bengawan Solo di Bojonegoro ketika lebaran ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya kegiatan serupa kami lakukan  pada lebaran 1436 H (lihat videonya di bawah ini).
Mau tahu keseruan kami selama menyusuri Bengawan Solo di Desa Ngraho Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro pada hari ketiga Idul Fitri 1437 H, lihat fotonya di bawah ini :

Menikmati Wisata Susur Bengawan Solo di Bojonegoro
Lokasi Bengawan Solo di Desa Ngraho Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro
Pemuda Blok Cepu di Kecamatan Gayam - Bojonegoro
Perahu berhenti sejenak di River Water Intake (RWI) yang berada di Desa Sudu Kecamatan Gayam
Welfie bareng Pemuda Blok Cepu di River Water Intake (RWI)
Pemandangan Bengawan Solo di Bojonegoro
Pesona Bengawan Solo di Bojonegoro
Perahu dan Senja Bengawan Solo di Bojonegoro
Foto di River Water Intake (RWI) di Bengawan Solo Bojonegoro
Welfie di atas Perahu saat Wisata Susur Bengawan Solo di Ngraho, Gayam - Bojonegoro
Saat ini, Wisata Susur Bengawan Solo belum menjadi destinasi wisata yang dikembangkan secara serius di Bojonegoro oleh dinas terkait. Akan tetapi, dinas terkait di Bojonegoro telah melaksanakan kegiatan Festival Bengawan Solo di Bojonegoro yang masuk dalam rangkaian Hari Jadi Bojonegoro selama dua tahun terkahir. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 13 Juli 2016

Share with your friends

21 comments

1. Asiknyaaaaa.... jalan-jalan. Selamat hari raya ya.

Replies
    1. Sama-sama, met hari raya Idul Fitri juga ya.... Minal Aidin Walfaidzin :D

Delete
  2. Wihh seru liburan lebaran bersama keluarga.

3. wiih...mas Didik,
    ibu saya asli wong Bojonegoro. Rumah kami di Ledok Wetan.

Selama ini ingin ke Bengawan Solo.
    Tapi Ibu selalu bilang berbahaya, katanya ada buaya.
    Benarkah, mas?

Kalau boleh,
    pas nanti saya main ke Bojonegoro ajakin main ke Bengawan yaa, mas...
    Saya ingin mengenalkan wisata sungai juga sama anak-anak.

Senang sekali ketemu saudara.

*maaf mas, sok kenal.
    Salam kenal dari saya...blogger Bandung.

ReplyDelete
  4. ah enak banget lebaran jalan-jalan, daku lebaran kemarin habis sungkem ke rumah uwak malah badan ngedrop sampe beberapa hari. gitu badan kembali fit eh udah waktunya balik ke Medan.
    view mataharinya ajiiiib...

5. Asik banget, kak naik perahu menyuauri sungai Bengawan Solo. Apalagi rame rame kayak gitu. Kalau besok aku main ke Bojobegoro ajakin ke sana ya, kak. Pemandangan sore hari juga cakep.

ReplyDelete
  6. Aku menyusurinya Bengawan Solo yg deket Taman Jurug, sebelah UNS.
    Udah lama banget sih, terakhir waktu SMP. Tapi cuma jalan2 sama duduk2 doang sambil menunggu pesan singkat dr seseorang. Jaman itu ga ada perahu. Ga tau kalo sekarang. Hehe

Tapi ga segede yg Bojonegoro sih, Mas.

7. Wiiih keren pemandangannya, kalau sore suasanannya lebih romantis ya Mas

Disini bengawan madiun kok kelihatan serem :)

8. Keindahan sunset di Solo memang sayang jika dilewatkan tanpa ber-selfie ria

ReplyDelete
  9. Seru banget acaranya. Mudah2n kedepan pemerintah mulai memikirkan kebersihan sungai supaya tetap terjaga seiring dengan tumbuhnya pariwisata ya.

10. Sungai Bengawan Solo ini terbentang luas dari JawA Tengah dan Jawa Timur ya mas. MasyaAllah itu cakep banget pemandangannya, liburan yang seru ya mas :)

11. Aduh asik banget itu nyusurin sungai. Yang namanya sinar matahari sore jatuh kena air itu selalu bikin betah dinikmati.

12. seru banget jalan-jalannya, foto-fotonya juga bagus

13. Wah seru ya. Bengawan Solo sungai yang legendaris :D

14. Aku kira bengawan solo di solo kak :D
    Bojonegoro ini, daerah sekitar dieng yah kak? Pengen kesana
    Btw ini kayaknya pertama kali berkunjung. Salam kenal.
    Sangat menarik ketika para pemuda giat dalam aktivitas di daerahnya dan memajukan desa sendiri

ReplyDelete
  15. Wah keren ini :-D Semoga jadi wisata alternatif di kawasan Bengawan Solo.

16. Wow
    Asyik kayaknya sunset di atas sungai bengawan solo

17. kok bagus sih...

foto sunsetnya pake henfon atau kamera? resolusinya berapa?

18. yg bikin menarik panorama sunsetnya keren bangett!
    *pertanyaan sama ama bena, itu pake kamera hp or kamera apa? (2)

ReplyDelete
  19. Seruuuu! Ternyata sungai Bengawan Solo bisa disusuri naik kapal gitu ya. Aku baru tau.... :)

20. Seru banget liburan sama kerabat ramai-ramai kayak gitu. Senjanya bagus banget ya ampun mupeng jadi mau ke sana. *,*

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.