Ads Top

Nostalgia Bersama Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mengingat tentang masa lalu saya ketika duduk di bangku Sekolah dasar (SD). Kebetulan pada saat itu, usai mengenyam pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sedahkidul saya melanjutkan sekolah di SD N Sedahkidul Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Ketika SD saya termasuk siswa yang pendiam dan pemalu. Waktu pertama kali masuk kelas pun, saya dan beberapa temanku yang lainnya harus diantar oleh orang tua dan ditemani di dalam kelas. Jika tidak ditemani, kami pun menangis (maklum anak TK hehehe). Kondisi seperti itu tidak berlangsung lama, kurang lebih satu minggu kemudian saya sudah nggak perlu ditemani oleh orang tua ketika masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru kami (jadi malu ceritanya hehehe).
Nostalgia Bersama Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an
Setelah berjalan hampir lebih satu tahun, ketika pengumuman kenaikan kelas kebetulan saya dinyatakan naik ke kelas 2 bersama teman-teman yang lain oleh wali kelas kami. Namun, ketika masuk pertama kali di kelas 2 SD saya tidak bisa masuk karena terkena penyakit gejala Deman Berdarah (DB) dan saya pun harus dirujuk ke Rumah Sakit. Saat itu, orang tua pun membawa saya ke Rumah Sakit Umum Cepu, Blora - Jawa Tengah (kebetulan jaraknya dekat dengan tempat tinggal saya, walaupun berbeda Provinsi). Selama perawatan, saya pun ingin segera cepat sembuh agar bisa masuk sekolah dan bertemu dengan teman-teman sekelas serta Bapak/Ibu Guru SD N Sedahkidul.

Setelah dinyatakan membaik, saya pun diijinkan pulang oleh dokter. Sebelum pulang, saya pun meminta untuk dibelikan buku paket kepada orang tua saya. Sebelum pulang, saya diajak ke toko buku Pelajar untuk membeli buku paket yang saya inginkan. Saya pun akhirnya memilih dua buku paket yaitu buku paket Pandai Membaca dan Menulis 2b dan Matematika Mari Berhitung 2c. Saat itu, saya senangnya bukan main karena dibelikan buku paket oleh orang tuaku. Dalam hati saya berjanji, saya akan belajar dengan sungguh dan bisa membanggakan orang tua. Alhamdulillah nilai yang saya dapatkan ketika duduk di bangku SD hasilnya memuaskan dan membanggakan orang tuaku.

Kembali ke buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an, setiap murid dipinjami buku paket semua jenis mata pelajaran oleh wali kelas mulai dari kelas I s/d VI SD. Kewajiban murid setelah dipinjami buku tersebut adalah menjaga dan merawatnya agar tidak rusak dan bisa digunakan oleh adik kelas berikutnya. Namun, kenyataan berkata lain dan buku paket yang telah dipakai oleh kakak kelas banyak yang terlepas dan sebagai penerus periode berikutnya saya pun memperbaiki buku paket tersebut agar kelak bisa digunakan lagi oleh adik kelasku.

Kamu yang pernah menjadi anak SD generasi 90-an, masih ingat dengan buku paket pelajaran yang pernah kamu gunakan? Yuk, sejenak kita bernostalgia dengan Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an yang pernah kita pelajari seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

1. Buku Lancar Berbahasa Indonesia
Buku Paket Lancar Berbahasa Indonesia
2. Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Sumber Foto : di sini
3. Buku Pendidikan Kesehatan
Buku Paket Pendidikan Kesehatan Kelas 1 SD
4. Buku Matematika, Mari Berhitung
Buku Paket Matematika Mari Berhitung | Sumber Foto : di sini
5. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial
Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4
Itulah beberapa Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an yang menemani waktu belajar kita selama duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Berbeda dengan saat ini, buku - buku paket legendaris era 90-an tersebut bisa dipakai oleh adik kelas kita secara turun temurun. Tetap semangat wahai Generasi Emas Indonesia dalam menggapai mimpi dan cita-cita !! (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 31 Agustus 2016

11 comments:

  1. Buku paket Favorit saya adalah Matematika hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pasti anak IPA ini hehehe #nostalgia

      Delete
  2. Kalau saya mah lebih suka ips kang karena gambar sampulnya keren keren dan juga pelajaran dan gambar di dalamnya juga keren keren juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kang, ingat masa-masa dulu ya saat diajar oleh guru kelas hehehe. IPS emang keren hehehe :D

      Delete
  3. Replies
    1. Iya mbak, masih ingat kan? #sesuatubanget hehehehe

      Delete
  4. Wuaaa buku2nya masih ada. Suka buku paket bahasanya. Banyak cerita legenda. Dulu juga suka ngntipin buku paket kelas yg lebih atas khusus buat cari cerita2nya.. ah buku paket yang penuh kenangan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buku kenangan yang tak kan terlupakan dan menghantarkan kita seperti saat ini.

      Delete
  5. Lancar berBahasa indonesia tu keren bukunya... Banyak bacaannya sm puisi2 inget banget dulu ada bacaan judulnya hujan, isinya bener2 deket sama kehidupan sehari-hari kita waktu itu... Rindu masa kecil

    ReplyDelete
  6. Lancar berBahasa indonesia tu keren bukunya... Banyak bacaannya sm puisi2 inget banget dulu ada bacaan judulnya hujan, isinya bener2 deket sama kehidupan sehari-hari kita waktu itu... Rindu masa kecil

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Pak Didik, senang ada yang sharing tentang buku pelajaran seperti ini. Buku-buku tersebut memang legendaris dan sangat bermanfaat meskipun terbatas, hehehe...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.