Ads Top

Mengelola Laporan Keuangan Perbulan bagi Blogpreneur, Pentingkah?

Pernah mendengar istilah blogpreneur? Blogpreneur merupakan istilah dan sebutan untuk orang-orang yang memanfaatkan blog pribadinya untuk usaha dan memasarkan produk usaha yang dimilikinya. Untuk menjadi seorang blogpreneur, syarat mutlak yang harus dipenuhi yaitu harus memiliki produk usaha dan blog. Jika kamu memiliki kedua hal tersebut, maka kamu sudah bisa disebut sebagai blogpreneur.

Mengelola Laporan Keuangan Perbulan bagi Blogpreneur, Pentingkah ?
Untuk menjadi blogpreneur yang sukses, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu memantapkan diri dan niat sungguh-sungguh menjadi blogpreneur, rajin mengupdate blog dan selalu mencari informasi terkini mengenai bisnis online, menjalin komunikasi dengan sesama blogger melalui blogwalking, dan bergabung dengan berbagai komunitas blogger serta grup facebook penjualan produk seperti etalase online, lapak online dan sebagainya.

Hingga hari ini saya belum sepenuhnya menekuni menjadi blogpreneur. Akan tetapi, alhamdulillah blog yang saya kelola saat ini, sedikit banyak telah menghasilkan rupiah dan lumayan buat ngopi bareng teman-teman. Do'a-kan semoga saya bisa menjadi blogpreneur yang sukses ya kawan !. Amiin...

Lantas bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog? 

Untuk mendapatkan penghasilan yang kita idam-idam kan dari blog yang kita kelola, ada beberapa cara jitu yang menguntungkan dan bisa dilakukan yaitu memasang iklan adsense di blog, ikut program affiliasi, menerima dan menuliskan artikel review mengenai prosuk - produk tertentu, berjualan melalui toko online, membuka jasa di blog seperti menulis artikel, jasa desain WPAP dan sebagainya. Jika semua itu sudah dilakukan, maka blog kamu akan menjadi ladang emas dan migas yang begitu menggiurkan.

Laporan keuangan blog perbulan, penting kah?

Setelah penghasilan tetap didapat dari blog yang kita kelola, maka perlu adanya laporan keuangan perbulan yang jelas agar pendapatan dan pengeluaran yang telah kita lakukan tercatat secara rapi. Hal tersebut menurutku wajib dan mutlak dilakukan oleh blogpreneur. Selanjutnya terkait dengan rekening bank yang dimiliki oleh blogpreneur pun harus dibedakan. Akan lebih baik jika dibuatkan rekening bank sendiri agar pendapatan dan pengeluaran tidak bercampur dengan uang tabungan yang kita miliki. 

Jadi, mengelola laporan keuangan perbulan bagi blogpreneur itu penting dilakukan kawan agar target perbulan bisa ditetapkan dan memotivasi diri untuk menjadi lebih baikdalam ngeblog. Tetap semangat ngeblog dan berbagi ya kawan !. Keep spirit to posting and blogging !. Semoga bermanfaat ya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 10 September 2016

6 comments:

  1. Semoga kita konsisten ya, namanya usaha pasti ada pasang surutnya. Cemuguuudh hehehehehe :)

    ReplyDelete
  2. berhubung pemasukan belom wah jadi saya belom buat pengaturan dan perhitungan pemasukan blog hehehe paling nyari uang buat bayar tahunan aja hehehe

    ReplyDelete
  3. Sama, kak Didik, saya juga pengin jadi blogpreneur. Tetapi saya sadar, masih jauh perjalanan saya untuk mencapai itu. Makasih, kak sharingnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.