Ads Top

Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020

Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari, tetapi cenderung sekedar seremonial tanpa dimaknai lebih dalam. Pengelolaan sampah kita saat ini nyatanya tidak mengalami perubahan signifikan padahal tinggal 3 tahun lagi menuju target yang dibuat oleh pemerintah agar Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Media dan Komunitas Ikut Mendukung Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020
Kegelisahan inilah yang menggerakkan para relawan untuk menginisiasi gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 sejak tahun 2015 sebagai wadah bagi penggiat persampahan di Indonesia. Inisiatif Indonesia Bebas Sampah 2020 terbentuk dari semangat kerelawanan dan kolaborasi dari berbagai masyarakat yang peduli untuk mewujudkan cita-cita Indonesia #BebasSampah2020 tanpa adanya kepentingan Suku, Agama, Ras, Golongan dan Politik (SARAP) apapun.

Tahun 2016, Indonesia Bebas Sampah 2020 terdata 1024 komunitas di 155 Kota/Kabupaten yang tersebar di beberapa titik kerja bakti seperti di pantai, sungai, laut, gunung, kawasan wisata dan daerah perkotaan. Momentum ini menghasilkan Deklarasi Bebas Sampah untuk seluruh Indonesia. Kolaborasi masal yang menakjubkan tersebut dilanjutkan dengan diselenggarakannya Jambore #BebasSampah2020 pada 2-4 September 2016 lalu di Solo di mana 218 delegasi penggerak dan penggiat persampahan dari 22 Provinsi di Indonesia mengidentifikasi bahwa ada 13 (tiga belas) isu utama persampahan di Indonesia. [1]

Kini tinggal menunggu hitungan jam menuju Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2017, bersama seluruh entitas yang memiliki kegelisahan dan kepedulian yang sama akan masalah persampahan, akan kembali bergerak dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang bertajuk PEduli SAmpah Nasional (#PESAN2017), dengan pendataan selama tanggal 18-26 Februari 2017.

Sebagai bagian dari persiapan #PESAN2017, tanggal 6 Februari diadakan kumpul media dan komunitas yang bertempat di Nutrifood Inspiring Centre. Acara ini dihadiri oleh 50 tamu undangan yang mewakili 24 komunitas dan 8 media.  Dalam acara ini disampaikan bahwa semua pihak dapat berpartisipasi dalam peringatan PESAN 2017 sebagai kolaborator dan terlebih dahulu mendaftar  pada situs http://bergerak.bebassampah.id. Dapat pula dengan membuka tautan http://bit.ly/DokumenPESAN2017MasyarakatSipil untuk memperoleh  panduan lengkap dan Surat Dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK).

Kolaborator terbagi menjadi dua (dua) jenis yaitu Kolaborator Gerak dan Aksi. Kolaborator Gerak adalah penyelenggara acara yang berfungsi sebagai penggerak/tuan rumah di wilayahnya sedangkan Kolaborator Aksi adalah individu ataupun komunitas yang berpartisipasi aktif membantu bergabung pelaksanaan gerakan aksi HPSN 21 Februari 2017. Para pihak yang mempunyai ketertarikan dan semangat untuk ambil bagian dalam gerakan ini dapat menghubungi dan berkomunikasi langsung dengan penanggungjawab wilayah dari Relawan Nasional Divisi Masyarakat Sipil yang tertera pada website  http://bergerak.bebassampah.id/#siapakami.

Pendaftaran ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana perhatian masyarakat Indonesia terhadap isu persampahan yang akan didokumentasikan dalam Green Pages Aktor dan Aksi Persampahan di Indoesia tahun 2017. Mari kita lakukan aksi nyata bersama bergerak, dari  tingkat RT/RW, masyarakat sipil, komunitas, media, perusahaan swasta, pemerintah daerah di 516 Kota/Kabupaten dan pusat di negeri ini ikut ambil bagian dalam aksi nyata kepedulian terhadap isu persampahan. Mari maknai HPSN lebih dalam dengan melanjutkan Deklarasi Indonesia Bebas Sampah dan menemukan solusi bersama terkait 13 isu persampahan di Indonesia.
---
“Menurut saya, gerakan ini keren banget karena sebagai anak muda harus peduli dengan lingkungan sekitar. Aku berharap anak muda, komunitas dan semua kalangan dapat ikut gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 ini. Jangan pernah lelah untuk terus menggerakkan orang-orang untuk lebih peduli pada lingkungannya sendiri”
Imas - Kumparan

“Indonesia bebas sampah 2020 ini sangat bagus untuk menyadarkan masyarakat soal pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat”.
Rizky – Media Indonesia

“Saya bekerja di media yang berhubungan langsung dengan ibu rumah tangga atau pemilik rumah, pemetaan yang dibuat oleh Indonesia Bebas Sampah 2020 sangat memudahkan para Ibu rumah tangga atau pemilik rumah untuk menemukan bank sampah,  menyalurkan sampah anorganik, atau mengelola sampah dengan cara yang lebih baik”
Selvi – Tabloid Rumah
---
Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Ahmad Juliardi, 0811-914-449 | juliardi.ahmad@gmail.com
Febri Raharningrum, 0812-8032-5709 | febri.raharningrum@gmail.com
Situs Keterlibatan Aktor dan Aksi Persampahan di Indonesia pada Hari Peduli Sampah Nasional:
http://bergerak.BebasSampah.id
Situs Perubahan dan Aset Persampahan Nasional: http://BebasSampah.ID
Tagar bersama untuk media sosial: #BebasSampah2020, #PESAN2017



DEKLARASI 
INDONESIA BEBAS SAMPAH 2020

Sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, kami masyarakat Indonesia bertekad mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020. Kami siap untuk bersama-sama:
  1. Mengurangi, memilah, dan meletakkan sampah pada tempatnya.
  2. Mengelola sampah secara bertanggung jawab
  3. Aktif berperan serta dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarkan oleh Pemerintah


Rakyat Indonesia, 21 Februari 2016

No comments:

Powered by Blogger.