Ads Top

Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro

Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro - SMKN Ngraho merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. SMKN Ngraho berdiri sejak tahun 2004 dengan visi "Menjadikan SMK yang unggul dalam prestasi, menghasilkan tamatan yang kreatif, mandiri, dan berwawasan lingkungan". Untuk menyukseskan visi tersebut, SMKN Ngraho mempunyai misi, yaitu meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi, meningkatkan proses pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan, meningkatkan kompetisi pendidik dan tenaga kependidikan, mengembangkan kultur sekolah untuk memperdayakan warga sekolah berakhlak mulia, kreatif, disiplin, kepekaan sosial, semangat nasionalisme dan patriotisme, membentuk pribadi peserta didik yang terampil berbudi luhur, berjiwa wirausaha dan mampu bersaing di era global, serta menciptakan lingkungan belajar/sekolah yang aman, sehat, rapi dan bersih. (Selengkapnya baca di : http://smknngraho-bjn.sch.id)

Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro
Senin, 20 Maret 2017 saat itu Saya sedang ngopi bersama sahabatku Edy Supra Eko di warung kopi dekat balai Desa Gayam. Selain kami berdua, ada ketua Ademos Indonesia (M. Kundori), Arsyad dan Aris dari Karang Taruna Kecamatan Gayam. Sambil menikmati kopi yang telah kami pesan dan menikmati angin sepoi-sepoi yang menyapa kami, tiba-tiba Mas Dhori menawariku untuk menjadi narasumber di salah satu lembaga sekolah. Sebenarnya yang diminta adalah dia, berhubung di hari yang sama dia ada kegiatan, maka dilimpahkan ke diriku. Saya pun mengiyakan dan nomor whatsappku langsung diberikan kepada temannya.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, Kamis (23/03/2017) Saya bersiap-siap untuk berangkat menuju ke SMKN Ngraho bersama sahabatku Arjun Sineva. Sekitar pukul 07.00 WIB, Arjun Sineva sudah datang ke rumahku. Selanjutnya kami berdua berangkat menuju ke lokasi dengan ditemani oleh si Blue Reva. Kami pun mampir sarapan di warung nasi pecel yang terletak di dekat BRI Purwosari (lihat cuplikan video nasi pecelnya di sini). Usai sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju arah Ngawi. Perjalanan kami tempuh selama 30 menit (itu pun laju sepeda motornya pelan, nggak ngebut hehehe).

Tiba di SMKN Ngraho Bojonegoro

SMKN Ngraho bagiku tidaklah begitu asing. Ya, meskipun saya bukan alumni di sekolah ini, namun bisa dikatakan hampir sering Saya datang ke sekolah ini untuk menghadiri kegiatan Pramuka yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Ngraho dan kegiatan lainnya.

Setibanya di lokasi, Saya dipersilakan masuk dan duduk di ruang tamu oleh salah satu Guru SMKN Ngraho. Selang beberapa menit kemudian, Saya diantar menuju ke laboraturium Komputer menemui sahabat lamaku, sebut saja namanya Kak Subeki. Pria yang berbadan gemuk ini (sama sepertiku hehehehe) bekerja di SMKN Ngraho sebagai Maintenance Repair Comp & Network Enginering.  Sambil menunggu peserta yang masih istighosah dan do'a bersama, Saya pun asyik ngobrol dengan sahabatku di ruang kerjanya. Ya, mulai obrolan tentang Pramuka, dunia burung (lovebird dan burung kicau lainnya) dan obrolan lainnya.

Memotivasi 243 Siswa SMKN Ngraho Kelas XII

Saya bukanlah seorang motivator handal dan terkenal di Indonesia seperti Mario Teguh. Namun, saya hanyalah seorang pemuda yang pernah terpilih untuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam ajang Jambore Pemuda Indonesia & ASEAN serta Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) bersama dengan empat belas pemuda Jawa Timur lainnya. Dalam kesempatan ini, Saya memberi motivasi Kelas XII SMKN Ngraho untuk mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun 2017 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3-6 April 2017 mendatang. 

Meminjam kalimat motivasi motivatorpendidikan.com Bapak Namin AB Ibnu Solihin,  ada 9 tips sukses dalam menghadapi Ujian Nasional yaitu :

1. Batasi main gadget
2. Stop media sosial
3. Batasi main game
4. Stop nonton TV
5. Latihan soal dengan santai
6. Dekatkan diri dengan Tuhan
7. Jaga kesehatan badan
8. Minta maaf sama orang tua dan
9. Berdoa dengan khusyu'

Selamat mencoba dan sukses untuk Ujian Nasional 2017. Bravo Pendidikan !

Yuk intip, dokumentasi kegiatan SMKN Ngraho bersama @kakdidik13 di bawah ini !

FOKUS memotivasi Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Suasana kegiatan Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro
Bersama Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Masih bersama Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Testimoni salah satu peserta Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro

No comments:

Powered by Blogger.