Ads Top

Cara Tepat Perawatan AC Rumah Agar Tetap Dingin dan Awet

Cara Tepat Perawatan AC Rumah Agar Tetap Dingin dan Awet - Agar udara dalam rumah terasa dingin, salah satu solusi yang digunakan adalah dengan memasang AC. Namun dengan memasang AC saja tidak cukup untuk menjaga agar ruangan tetap dingin dari waktu ke waktu, diperlukan perawatan AC rumah yang tepat agar benda elektronik yang satu ini tetap berfungsi dengan baik dan dapat mengalirkan udara dingin sepanjang waktu. 
Cara Tepat Perawatan AC Rumah Agar Tetap Dingin dan Awet
Berikut ada beberapa cara tepat untuk merawat AC rumah Anda :

1. Lakukan kegiatan pembersihan pada saringan udara sesering mungkin 

Udara yang melalui saringan dapat berkurang jika debu pada saringan tidak dibersihkan, hal ini dapat mengakibatkan AC menjadi tidak dingin. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan AC pada rumah dengan cara membersihkan saringan udara sesering mungkin, bersihkan setidaknya 2 minggu sekali minimalnya. Namun akan lebih baik lagi jika Anda dapat membersihkannya lebih sering lagi. 

2. Bersihkan juga area Evaporator

Cara membersihkan bagian AC yang satu ini dapt menggunakan penyedot debu portable, usahakan jangan menekan sirip evaporator saat membersihkannya. Anda cukup mengarahkan vacuum cleaner ke bagian evaporator secara bolak balik, hal ini akan membuat debu yang sempat masuk ke celah evaporator tersedot.

3. Bersihkan bagian kipas AC

Perawatan AC rumah berikutnya yakni dengan memberishkan debu yang menempel pada bagian kipas, fungsinya agar sirkulasi udara yang terjadi akan membaik dan membuat kinerja AC manjeadi lebih ringan da lebih cepat ketika mendinginkan suhu ruangan.

4. Jangan mengatur suhu thermostat terlalu rendah

Thermostat merupakan salah satu bagian AC yang berfungsi secara otomatis untuk melindungi dan mencegah suhu ruangan tidak terlalu dingin, selain itu thermostat juga berfungsi untuk melindungi AC agar tidak bekerja secara berlebihan utamanya pad bagian compressor.

Saat Anda melakukan pengaturan suhu di angka 16° misalnya, sebenarnya angka ini menunjukan target suhu ruangan yang ingin dicapai bukan malah mepercepat pendinginan suhu ruangan. Alhasil, AC akan bekerja tanpa henti sampai suhu ruangan mencapai angka 16° dan hal ini membuat AC bekerja belebihan dalam jangka waktu yang lama. Pengaturan semacam ini tidak akan mebuat suhu ruangan menjadi cepat dingin, malah dapat membuat AC rumah Anda cepat rusak dan tidak awet.

Itulah 4 cara tepat perawatan AC rumah agar tetap dingin dan awet, lakukan kegiatan perawatan di atas dengan rutin dan teliti agar hasilnya benar-benar terlihat.

No comments:

Powered by Blogger.