Info Menarik
Loading...

Cara Efektif Memilih Keyboard Gaming Terbaik & Berkualitas

Cara Efektif Memilih Keyboard Gaming Terbaik & Berkualitas - Memilih atau membeli keyboard komputer bukanlah perkara yang mudah dan tidak bisa diremehkan. Akan tetapi, kenyataannya ketika salah dalam membeli keyboard tentu kita akan merasa menyesal, karena kita jarang memperhatikan hal kecil di dalamnya yaitu mengenai peran keyboard yang cukup vital, karena keyboard sangat mempengaruhi kenyamanan dalam mengoperasikan komputer. Kualitas keyboard sendiri akan sangat terasa ketika kita sedang mengetik dokumen, dimana ketika mengetik hingga berjam-jam maka kenyamanan ketika menekan tombol-tombol sangat penting.
Cara Efektif Memilih Keyboard Gaming Terbaik & Berkualitas
Keyboard merupakan salah satu komponen atau hardware pendukung yang wajib ada pada setiap Personal Computer (PC), salah satunya PC Gaming. Perangkat ini juga membutuhkan dukungan keyboard berkualitas yang benar-benar menawarkan kenyamanan, ketika digunakan untuk bermain game oleh para gamers.

Saat ini, keyboard khusus untuk PC gaming sudah tersedia dan dapat dibeli dengan mudah secara online maupun offline. Namun memilih keyboard gaming yang benar-benar berkualitas dan bermutu baik, mungkin bukanlah pekerjaan mudah bagi beberapa para gamers, terutama para gamers pemula.

Lantas bagaimana menentukan dan memilih keyboard gaming terbaik dan berkualitas sesuai yang diharapkan? 

Melalui artikel yang saya sajikan di blog didikjatmiko.com ini, semoga sangat membantu para gamers pemula dalam memilih keyboar gaming yang dibelinya. Inilah 9 Cara Efektif Memilih Keyboard Gaming Terbaik & Berkualitas :

1. Ketahui Fitur yang Ditawarkan Keyboard

Kita harus mengetahui apa saja fitur-fitur canggih yang ditawarkan pada keyboard gaming yang akan dipilih. Apakah semua fitur yang kamu butuhkan untuk keperluan bermain game sudah tersedia pada keyboard tersebut. Keyboard gaming terbaik biasanya dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, mulai dari fitur antighosting, backlighting dan juga kemungkinan tersedianya port USB.

2. Pastikan Key pada Keyboard Dapat Disetting Sesuai dengan Kebutuhan

Menekan lebih dari satu key secara bersamaan pada keyboard sudah biasa dialami oleh para gamers ketika bermain game. Kadang hal ini cukup merepotkan para gamers. Agar tidak mengalami hal yang sama. Sebaiknya sebelum membeli keyboard, pastikan untuk memilih keyboard gaming yang akan dibeli, apakah dapat dilakukan setting key. Dengan hadirnya fitur pengaturan ini, maka keyboard tersebut nantinya akan memudahkan anda untuk melakukan pengaturan macro, yaitu pengaturan kombinasi banyak key, menjadi lebih simpel cukup dengan satu key saja.

3. Pilih yang mana ? Membran atau Mechanical Keyboard

Dua jenis keyboard ini perlu dipertimbangkan oleh para gamers. Masing-masing jenis keyboard baik membran dan mechanical memiliki perbedaan. Namun demi kenyamanan sebaiknya pertimbangkan untuk membeli keyboard gaming mechanical. Dibandingkan keyboard dengan sistem membran, keyboard mechanical gaming menawarkan banyak kelebihan. Misalnya saja hadirnya switch khusus pada masing-masing key keboard. Switch mandiri ini benar-benar membuat masing-masing tombol key menawarkan sensasi yang berbeda. Tiap key pada keyboard mechanical gaming dapat bekerja sendiri dengan respon yang sangat cepat.

Keyboard mechanical gaming juga menawarkan sound out pengetikan yang lebih menarik. Dibandingkan keyboard membran, keyboard mechanical mampu menghasilkan sound feedback yang benar-benar nyaman untuk didengar oleh telinga penggunanya. Keyboard gaming ini juga lebih tahan lama dibandingkan dengan keyboard membran. Karena, keycaps pada mechanical keyboard dapat dibongkar pasang dengan mudah. Sehingga pengguna dapat melakukan perawatan berkala dengan mudah dan cepat. Menariknya ada beberapa keyboard gaming yang memakai switch mekanik yang mampu bertahan hingga lebih dari 40 juta pencetan, berbanding dengan 1-5 juta pencetan pada keyboard membran biasa.

4. Pilih Keyboard Support Multi OS

Meski dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaik, keyboard gaming yang akan kamu pilih dapat terpental dalam kategori berkualitas jika tidak support dengan banyak OS. Keyboard gaming berkualitas sebaiknya dapat digunakan ke lebih dari satu perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Hal ini tentu tidak hanya memudahkan kamu menghubungkan ke lebih dari satu perangkat. Keybord support multi OS juga akan menghemat biaya yang harus kamu keluarkan nantinya.

5. Pilih yang Menawarkan Software Kaya Fitur

Hampir semua keyboard gaming didukung dengan software. Meski demikian tidak semua software pendukung pada keyboard game adalah yang terbaik. Sebaiknya memilih keyboard gaming dengan software yang mudah untuk dilakukan instalasi. Dan, pertimbangkan juga fitur-fitur intuitif apa saja yang dibundle dalam software keyboard yang akan dipilih. Sebaiknya pilih keyboard dari brand-brand besar populer. Karena biasanya brand populer tersebut melengkapi keyboard gaming mereka dengan software yang memiliki banyak fitur canggih, yang benar-benar mudah digunakan atau diinstal ke perangkat.

7. Desain Keyboard 

Meski hal ini bukanlah perkara teknis, namun seperti apa bentuk desain keyboard juga tetap perlu dijadikan pertimbangan. Desain keyboard gaming terbaik cukup beragam bentuknya dan hampir semua benar-benar menarik untuk digunakan oleh para gamers. Meski demikian pertimbangkan juga memilih keyboard gaming sesuai ukuran dan kemungkinan penggunaan keboard dengan sistem wireless. Selain lebih praktis dan rapi karena dukungan wireles, keyboard dengan desain terbaik juga umumnya lebih ringan dan pastinya tidak membutuhkan banyak ruang sebagai tempat meletakan.

8. Lakukan Perbandingan Harga

Langkah terakhir yang wajib dilakukan sebelum memilih keyboard gaming. Setelah kamu menemukan lebih dari dua pilihan keyboard gaming kaya fitur dan tahan lama yang akan dipilih. Maka selanjutnya lakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar kamu dapat dengan mudah menentukan keyboard game mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Usahakan membeli dan memilih keyboard gaming dengan harga yang paling sesuai dengan kantong namun memiliki fitur lengkap yang kamu butuhkan untuk bermain game.

9. Garansi

Setelah kamu menerapkan semua cara di atas dan sudah menemukan keyboard gaming terbaik pilihan. Maka jangan lupa terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi kembali mengenai permasalahan garansi. Sebaiknya pilih produsen keyboard yang berani menawarkan proteksi garansi yang lebih lama. Jangan lupa juga pahami jenis garansi yang ditawarkan apakah garansi produk atau garansi servis. Pahami juga mekanisme klaim garansi keyboard gaming yang akan kamu beli.

Masih ragu dalam memilih keyboard gaming yang cocok dengan keinginanmu? (@kakdidik13)

Share with your friends

3 comments

  1. Kalau untuk game, memang baiknya pakai keyboard khusus ya?

    ReplyDelete
  2. Yang penting, keyboardnya yang gak mudah "pretel". :D

    ReplyDelete
  3. Mantap lah 👍, tapi kayaknya keyboard gaming mahal ya 😕?

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done