Ads Top

Dukungan Astra dalam Mengembangkan Industri Kreatif di Surabaya

Dukungan Astra dalam Mengembangkan Industri Kreatif di Surabaya - Industri kreatif telah menjadi perhatian utama dan sangat potensial dikembangkan di Surabaya mengingat Kota Pahlawan memiliki sumber daya yang tidak terbatas. Terlebih pada intelektualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliknya. Mengingat Surabaya merupakan salah satu Kota terbesar di Indonesia Timur yang memiliki sekolah dan perguruan tinggi. Sekolah dan perguruaan tinggi di Surabaya telah berhasil mencetak generasi pelaku industri kreatif di berbagai bidang seperti kerajinan, desain, fotografi, fashion, video, film, periklanan dan advertising, arsitektur, pasar barang seni, seni pertunjukkan, percetakan dan penerbitan, layanan komputer dan piranti lunak, radio dan televisi, riset, game, musik dan sebagainya.

Memasuki Gerbang Kampung Berseri Astra di Surabaya | Sumber Foto : surya/wahjoe harjanto
Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 3.282.156 jiwa dan luas wilayah 326,37 km2 menjadikan kota ini sebagai pusat pendidikan dan perekonomian di Indonesia Timur. Surabaya juga dikenal sebagai kota jasa dan perdagangan. Aktivitas perdagangan di Kota Surabaya tidak hanya melayani kebutuhan lokal dan nasional melainkan sudah memasuki taraf perdagangan internasional. Sektor perdagangan memberikan kontribusi positif bagi kota Pahlawan. Apalagi ditambah dengan keberadaan jembatan Suramadu, sebagai jembatan terpanjang pertama di Indonesia yang telah diresmikan pada tahun 2009 yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Madura. Keberadaannya mempermudah hubungan perekonomian masyarakat Surabaya dan Madura untuk melakukan aktivitas pedagangan.

Perkembangan Surabaya kian pesat dan daya beli masyarakat Surabaya yang meningkat setiap tahun membuat investor berdatangan dan tergiur untuk membangun pusat perbelanjaan modern. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Kota Surabaya. Bagaimana tidak, pemerintah diharapkan mampu mendorong pengusaha - pengusaha lokal untuk dapat bersaing dengan merk Internasional yang mulai bermunculan di Surabaya. Sehingga masyarakat Surabaya tidak hanya menjadi penonton saja melainkan juga menjadi pelaku utama.

Dengan adanya dukungan pemerintah terhadap pelaku kreatif maka akan memberi kesempatan pelaku industri kreatif untuk belajar dan membangun usaha yang dikembangkannya. Dalam hal ini, tentu pemerintah tidak berjalan sendiri, dukungan dari pihak ketiga atau swasta justru lebih memperkuat pembangunan industri kreatif, salah satu nya dukungan dari Astra melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dimulai sejak tahun 2014 silam tentu memberikan efek besar bagi masyarakat Surabaya. Adapun empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra, meliputi bidang pendidikan, lingkungan, UKM, dan kesehatan.

Salah satu kontribusi Astra yang nyata dilaksanakan di Surabaya dan menjadi Inspirasi 60 Tahun Astra yaitu dengan dibangunnya kampung Keputih Tegal Timur. Sebuah kampung di Surabaya yang berada di belakang eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih ini dulu terkenal sebagai kampung kumuh. Namun setelah dilaksanakannya program Kampung Berseri Astra bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, warga di sekitar mulai bangkit dan mulai bersemangat untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, cerdas dan produktif.

Sekarang kampung Keputih Tegal Timur menjadi berseri, asri dan hijau, meskipun kampung yang kini terdiri dari lima RT itu, berada hanya 7 Km dari Laut Jawa dan bersebelahan dengan bakas TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Keputih. Warga Keputih Tegal Timur pun memiliki segudang aktivitas positif dengan mengembangkan industri kreatif yang layak ditiru kampung lain, seperti rumah kompos, bank sampah, dan pengolahan limbah air. Semua itu tak lepas dari dukungan dan kontribusi dari Astra dan Pemerintah Kota Surabaya tentunya.


Semoga menjadi inspirasi bagi kampung - kampung lain di penjuru Nusantara. Sukses #Astra60Surabaya #Astra60 #SATUindonesia ! (@kakdidik13)

1 comment:

  1. Astra emang luar biasa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.