Ads Top

Inspirasi dari Batik Bojonegoro Motif Parang Lembu Sekar Rinambat

Inspirasi dari Batik Bojonegoro Motif Parang Lembu Sekar Rinambat - Kamu masih malu pakai batik? Mulai sekarang, buang rasa malu tersebut dan ayo berbanggalah memakai batik ! Apalagi batik yang dipakai itu batik khas dari daerah kita, seperti Batik Bojonegoro yang saya kenakan bersama tim saat Pameran Hari Pers Nasional 2017 di Kota Ambon beberapa waktu yang lalu.

Kenakan Batik Bojonegoro Motif Parang Lembu Sekar Rinambat di Pameran Hari Pers Nasional 2017 di Kota Ambon 
Batik yang kami pakai yaitu Batik Bojonegoro motif Parang Lembu Sekar Rinambat, sapi yang ditambatkan di kandang berbentuk barisan miring dengan kombinasi warna hitam-putih dan hijau menggambarkan di masa mendatang Kabupaten Bojonegoro akan menjadi pusat pengembangan peternakan sapi. Parang Lembu (deretan sapi yang ditambatkan) membentuk barisan miring. Sekar Rambat (bunga yang selalu merambat tanpa batas).

Batik Bojonegoro Motif Parang Lembu Sekar Rinambat
Batik ini bermakna jika Kabupaten Bojonegoro dikenal harum karena peternakan sapinya sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Bojonegoro.

Muhammad Ali Ketua Kelompok Ustan Mandiri Dolokgede Bojonegoro saat berada di Australia
Tahun ini, Muhammad Ali (Ustan Mandiri) salah satu peternak sapi dari Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo - Bojonegoro terpilih sebagai salah satu peserta Australian Awards yang mengikuti short term award di Australia selama satu setengah bulan yang diberangkatkan pada tanggal 29 Maret 2017 kemarin.

Kusnan dan Sapinya - Peternak Sapi Sukses dari Sukosewu Bojonegoro | Foto : beritajatim
Selain itu, peternak sapi lainnya yang sangat terkenal di Bojonegoro yaitu Kusnan. Dua ekor sapinya yang berjenis Limosin telah dipesan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf untuk hewan qurban saat idul adha 2017. Bahkan pada tahun 2016, sapi milik Kusnan juga pernah dipesan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Itulah dua contoh peternak sapi yang menginspirasi generasi muda sebagaimana makna yang terkandung dalam Batik Bojonegoro motif Parang Lembu Sekar Rinambat. Ayo bersama lampaui batas maksimal untuk melestarikan batik dan menjaga warisan budaya bangsa ini !. #BanggaBerbatik


Artikel dan foto bangga berbatik di atas diikutkan Lomba SwaFoto Berbatik via instagram dan twitter dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2017 yang diadakan oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.