Info Menarik
Loading...

Pemilik Blog didikjatmiko.com Hadir di Temu KIM Tingkat Nasional 2017

Pemilik Blog didikjatmiko.com Hadir di Temu KIM Tingkat Nasional 2017 - Kegiatan utama yang penting diikuti dalam Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 ini bagi pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yaitu Temu KIM Tingkat Nasional. Melalui kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan penguatan agar KIM melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi umum dan fungsi sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini atau istilah kerennya 'masyarakat jaman now'.

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di era reformasi dan globalisasi saat ini masih diperlukan di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi, baik karena faktor ekonomi, sosial dan budaya. KIM merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang pengelolaan informasi dan komunikasi yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk kepentingan masyarakat.
Pemilik Blog didikjatmiko.com Hadir di Temu KIM Tingkat Nasional 2017
Sebagai bagian dari KIM, pemilik blog didikjatmiko.com aktif di Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro Bojonegoro. Banyak kejuaraan yang diperoleh KIM Sendang Potro Bojonegoro mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga meraih Juara I Lomba Blog KIM Berbasis IT Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Saya beruntung bisa berangkat ke Palembang untuk mengikuti kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 dan bertemu dengan Pegiat KIM dari Sabang sampai Merauke serta menjadi peserta dalam Temu KIM Tingkat Nasional 2017.

Kegiatan Temu KIM Tingkat Nasional 2017 ini dibuka oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Ibu Dra. Rosarita Niken Widyastuti, M.Si. dan pemaparan tentang betapa pentingnya KIM di era keterbukaan informasi oleh Direktur Kemitraan Komunikasi Drs. Dedet Surya Nandika serta pemaparan tentang Kampung Media yang digagas di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Banyak hal menarik yang didapat dalam kegiatan ini diantaranya belum terbentuknya Kepengurusan Forum KIM Tingkat Nasional. Dari tahun ke tahun, pembentukan Forum KIM Tingkat Nasional masih menjadi wacana hingga akhirnya pada Temu KIM Tingkat Nasional 2017 di Palembang baru menghasilkan Tim Formatur Pembentukan KIM Tingkat Nasional yang diketuai oleh Prof. H. Isnawijayani (Sumatera Selatan). Untuk anggota diambil sesuai wilayah, untuk wilayah Indonesia bagian timur diwakili oleh Provinsi Papua, wilayah Indonesia bagian tengah diwakili oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat dan wilayah Indonesia bagian barat diwakili oleh Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Semoga menghasilkan kepengurusan Forum KIM Tingkat Nasional yang diharapkan mempermudah koordinasi dengan dirjen, sehingga KIM akan terintegrasi dengan dirjen melalui website https://jpp.go.id/ dan http://www.infopublik.id/

Selain itu dilaksanakan pula live video chat dengan KIM yang ditunjuk. Satu persatu agenda telah dilaksanakan, selanjutnya acara ditutup dengan sesi foto bersama Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Indonesia yang hadir. (@kakdidik13)

bersambung

Share with your friends

3 comments

  1. Masyarakat Jaman Now!! ahahahahhaha...btw di Lampung ada gak event ini...hehehe..kali aja aku bisa ikutan.... dan aku senang banged kalo acaranya nambah nambah wawasan informatif begini

    ReplyDelete
  2. KIM ya, program2nya apa aja nih Kak Didik dr temu tk nasional ini? btw, penting bgt emang di tengah arus informasi yg kenceng begini. Sukses ya

    ReplyDelete
  3. Mantap kak didik. Semoga sukses selalu dan saya bisa mengikuti jejak jenengan.

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done