Ads Top

Menilik Prinsip dari Belanja Online yang Aman, Murah dan Terpercaya

Menilik Prinsip dari Belanja Online yang Aman, Murah dan Terpercaya - Kemajuan teknologi sekarang ini ternyata mampu merubah kebiasaan masyarakat dalam keseharian salah satunya mengenai belanja. Dahulu tidak ada yang mengenal apa itu belanja online tetapi sekarang ini aktifitas itu merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan apalagi untuk para wanita. Bahkan hampir semua kebutuhan masyarakat disediakan dengan baik dalam sebuah situs jual beli online. Makanya tidak heran jika hal tersebut merubah mindset orang mengenai belanja. Sekarang belanja bisa kapan saja dan dimana saja tanpa harus memerlukan banyak waktu ataupun tenaga.
Menilik Prinsip dari Belanja Online yang Aman, Murah dan Terpercaya
Semakin kesini semakin banyak situs online yang bermunculan, hal itu diimbangi dengan teknologi yang terus berkembang pesat. Sayangnya hal tersebut juga diimbangi dengan maraknya modus-modus kejahatan melalui media sosial atau internet. Apalagi akhir-akhir ini banyak keluhan konsumen yang merasa tertipu karena belanja melalui online. Makanya untuk menghindari hal-hal tersebut berikut ini ada tips berbelanja melalui online dengan aman buat pembaca setia blog didikjatmiko.com, antara lain:

a. Website terpercaya.

Sebelum Anda melakukan pembelian barang-barang melalui online lebih baik cari tahu terlebih dahulu website-website yang memang terpercaya. Banyak sekali info dari internet yang dapat Anda dapatkan, bahkan tidak jarang info tersebut juga memberikan toko online yang direkomendasikan karena kualitas pelayanan dan juga keamanan yang baik.

b. Curigai harga murah.

Kalau orang jaman dahulu pasti mencari harga produk paling murah tetapi mempunyai kualitas bagus. Untuk jaman serba canggih seperti sekarang ini prinsip belanja seperti itu akan susah dipraktekkan, apalagi pedagang sekarang ini banyak berlaku curang. Makanya jika ada iming-iming harga murah melalui situs jual beli online lebih baik pastikan terlebih dahulu. Umumnya harga yang ditawarkan kurang lebih sesuai dengan kualitas, jika ada yang menawarkan harga murah kualitas bagus patut dicurigai.

c. Pahami produk.

Dalam perkataan pahami ini mempunyai artian yang cukup luas, jadi sebelumnya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi apa saja dari produk yang akan Anda beli melalui belanja online dengan melakukan perbandingan. Hal ini meminimalisir Anda terkena tipu oleh harga produk yang mahal tetapi mempunyai kualitas rendah.

d. Cara pembayaran.

Setiap toko online pasti akan menawarkan berbagai cara pembayaran yang dapat dilakukan, entah melalui kartu kredit, bank transfer, COD ataupun jenis lainnya. Tapi untuk lebih amannya Anda bisa memilih jenis pembayaran secara langsung atau cash on delivery.

e. Kenali penjual.

Ini bukan berarti Anda harus meminta nomor pribadi, alamat rumah atau lainnya. Kenali penjual disini dimaksudkan untuk Anda memahami betul cara kerja toko online tersebut entah dari testimoni, website, majalah ataupun sumber informasi lainnya.

f. Simpan bukti pembayaran.

Kemudian yang paling penting sebelum Anda menyelesaikan semua transaksi dan menerima barangnya dengan baik jangan pernah untuk membuang bukti apapun baik itu percakapan ataupun bukti transfer. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan Anda akan lebih kesusahan dalam penanganan.

Dari beberapa tips diatas dapat dikatakan bahwa belanja melalui situs jual beli online itu mempunyai kelebihan ataupun kekurangan yang sama dengan belanja konvensional. Tetapi apapun itu cara berbelanja Anda tetap perhatikan keamanan dan juga kenyamanan. Sebenarnya jika ditelisik lagi kasus penipuan bukan hanya merugikan pihak pembeli, tetapi juga pelaku bisnis lainnya. Sebab jika masalah seperti itu muncul ke publik pasti akan banyak masyarakat berfikir dua kali untuk belanja online pada sebuah situs. Karena hal tersebut dapat membuat tingkat kepercayaan masyarakat menurun dan hal itu merupakan kesalahan fatal. [gb]

2 comments:

  1. Betul harus curiga kalau harga murah, yang paling ditakutkan juga produk tersebut KW alias palsu

    ReplyDelete
  2. Melihat review customer di lapak penjual itu sangat penting

    ReplyDelete

Powered by Blogger.