Ads Top

Tips Liburan Asyik dengan Budget Tipis

Tips Liburan Asyik dengan Budget Tipis - Ingin liburan tetapi budget tipis? Jangan jadikan hal tersebut sebagai kendala untuk Anda pergi melakukan liburan. Liburan merupakan salah satu hal yang sangat mengasyikan dan dapat menghilangkan penat serta kejenuhan yang ada di kehidupan sehari hari. Namun, sayangnya untuk melakukan liburan tidaklah semudah yang dibayangkan, karena akan memerlukan banyak biaya, seperti transportasi, konsumsi atau makan, tempat tinggal, dan lain-lain. Jika Anda hobi melakukan travelling atau liburan, tetapi terbatas dengan biaya saja, sebenarnya untuk liburan tidaklah memerlukan biaya yang banyak dan mahal. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menikmati, untu menambah pengetahuan yang belum pernah didapat, berkumpul dan bersenang-senang dengan keluarga atau teman atau sodara atau sahabat untuk menghilangkan rasa stress di pikiran Anda.
Tips Liburan Asyik dengan Budget Tipis
Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membuat Anda tetap dapat liburan atau traveling walaupun menggunakan budget yang tipis atau secukupnya. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Sebaiknya Lakukan Survey Terlebih Dahulu

Sudah banyak orang-orang yang akan melakukan traveling namun masih banyak yang bingung untuk tujuan wisatanya, naik transportasi apa, dan akan menginap dimana nantinya. Jika anda ingin melakukan liburan wisata yang murah dan menyenangkan, sebisa mungkin harus lakukan survey terlebih dahulu agar tujuan liburan Anda jelas. Jangan sampai Anda sudah berangkat ke lokasi tetapi bingung akan kemana dengan menggunaan kendaraan apa dan menginap dimana. Hal ini tidak boleh terjadi.

Pertama-tama, rencanakan liburan wisata dengan survey tempat wisata yang ingin Anda kunjungi melalui jejaring internet untuk mengetahui beberapa informasi tentang harga tiket kereta atau pesawat. Apakah sedang ada potongan harga atau tidak serta informasi untuk tempat penginapan dengan harga yang murah dan nyaman. Selain itu, carilah informasi lainnya seperti tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi atau jika perlu yang anti mainstream. Serta tempat pusat perbelanjaan barang-barang atau makanan tradisional yang enak dan murah.

2. Memiliki Modal Uang Secukupnya

Sebelum merencanakan liburan, baik itu liburan dengan biaya yang sedikit atau tidak, Anda harus memiliki modal uang secukupnya untuk berangkat liburan. Jika Anda sudah berniat untuk melakukan perjalanan wisata dengan biaya sedikitpun, Anda harus menabung terlebih dahulu untuk dapat mengumpulkan uang yang cukup. Menabung kurang lebih sebulan atau lebih, jika sudah menabung dan kiranya uang yang Anda tabung masih sangat kurang, Anda bisa melakukan pinjaman kepada ke suatu lembaga keuangan seperti ke monily id pinjaman uang atau ke pinjaman24.id yang menawarkan pinjaman tanpa batas. Untuk melakukan pinjaman, pinjam jumlah uang yang secukupnya saja jangan terlalu banyak meminjam uang karena Anda akan repot untuk mengembalikan uang tersebut nantinya.

3. Bawalah Uang Cash Secukupnya

Ketika sedang melakukan perjalanan wisata, usahakan untuk membawa uang cash secukupnya untuk berjaga-jaga jika kekurangan biaya. Karena ketika sedang melakukan perjalanan wisata, akan cukup sulit untuk menemukan ATM di suatu tempat karena bukan merupakan wilayah yang kita kenali. Uang cash tersebut tentunya bukan untuk beberlanja sebanyak yang Anda mau, tetapi hanya untuk berjaga-jaga saja. Tetaplah memperhatikan pengeluaran yang Anda lakukan ketika sedang melakukan liburan wisata. Selain itu, kalian harus bisa menahan diri untuk tidka membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan. Hitunglah pengeluaran dengan pas agar Anda bisa dengan mudah tidak tergiur dengan barang-barang yang cukup mahal dan tidak terlalu penting.

4. Membeli Tiket untuk Transportasi

Untuk transportasi yang akan digunakan untuk berangkat liburan sebaiknya juga dipertimbangkan dengan baik. Jika tujuan wisata Anda tidak terlalu jauh pakai saja kendaraan pribadi. Namun jika tujuan wisata jauh, Anda bisa memesan tiket kerta atau pesawat. Carilah informasi tentang tiket-tiket tersebut di internet untuk mengetahui apakah ada promo atau potongan harga atau tidak. Pilih transportasi yang cocok untuk perjalanan liburan wisata Anda, tidak tidak terlalu jauh, pilih saja kereta sebagai transportasi yang lebih murah dibandingkan pesawat.

5. Pilih yang Lebih Nyaman dan Efektif

Untuk melakukan perjalanan liburan, pilihlah cara-cara yang membuat Anda nyaman dan lebih efektif. Jika perjalanan wisata Anda menggunakan pesawat sebagai alat transportasi yang nyaman, tetapi pasti akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil. Dengan menggunakan mobil, maka perjalanan akan terasa lebih menyenangkan dan lebih berkesan. Karena kita dapat memiliki pengetahuan lebih tentang tempat-tempat yang akan dilewati sambil bersenda gurau bersama teman perjalanan seperti saudara atau keluarga atau teman lainnya. Namun, jika melakukan perjalanan dengan mobil memang harus memliki waktu liburan yang cukup panjang agar bisa bersantai. Tetapi jika menggunakan mobil tidak membuat perjalanan liburan menjadi efektif, maka Anda bisa menggunakan transportasi pesawat atau kereta sebagai transportasi yang lebih cepat daripada mobil yang bisa terkena macet. Nah, Anda hanya perlu mencari promo-promo tiket atau mencari tiket yang promo untuk dipesan. Karena jika menggunakan kereta atau pesawat akan lebih efektif dalam menghemat waktu dan juga dalam menghemat biaya untuk wisata Anda.

6. Pilih Waktu Liburan yang di Hari Biasa

Untuk lebih menghemat biaya liburan wisata Anda, untuk melakukan perjalanan liburan pergilah ketika bukan di musim hari libur seperti perayaan besar natal, tahun baru, hari raya idul fitri, dan hari libur lainnya. Bepergian ketika hari libur besar akan memakan biaya yang lebih banyak, karena pasti banyak tempat wisata yang menaikan harga loket masuk dan biaya transportasi akan naik dengan drastis. Nah, untuk menghindari adanya hal seperti itu pergilah liburan di hari-hari biasa untuk menghindari terlalu ramainya lokawisata serta mahalnya loket dan lainnya. Sedikit tips lagu untuk Anda, pilihlah tempat wisata yang tidak terlalu mainstream, bagus, dan unik agar perjalanan wisata Anda semakin menyenangkan.

7. Gunakan Layanan Gratis yang Ada

Untuk lebih menghemat perjalanan wisata Anda, sebisa mungkin gunakan layanan gratis yang tersedia .Seperti mencari hotel atau tempat penginapan lainnya yang menawarkan harga murah dan mendapatkan gratis makan satu kali. Atau jika bisa menginaplah di kos atau rumah teman atau saudara yang berada di daerah tersebut, tentu tidak akan mengeluarkan biaya inap.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melakukan liburan dengan budget yang tipis atau secukupnya. Janganlah memilih wisata tujuan terlalu jauh jika Anda hanya memiliki budget yang sedikit.Lakukan tips di atas sebagai cara untuk merealisasikan perjalanan wisata murah Anda. Pilihlah tempat wisata untuk berlibur yang tidak terlalu mainstream agar liburan Anda semakin memuaskan. Jangan melakukan perjalanan wisata seorang diri, karena itu tidak akan mengasyikan. Cobalah untuk melakukan perjalanan dengan orang-orang yang Anda sayangi seperti keluarga, saudara, teman, sahabat, ataupun pacar agar liburan semakin mengasyikan lagi. [gb]

1 comment:

  1. Saya juga sering menerapkan cara yang ini "pergi dihari biasa" maklum kan freelance gk ada batasan waktu untuk pergi kemana aj

    ReplyDelete

Powered by Blogger.