Ads Top

Semarak Memecahkan Sandi Arab dan Sandi Hujan Turun

Semarak Memecahkan Sandi Arab dan Sandi Hujan Turun - Minggu, 4 Maret 2018 gemuruh antusias adik-adik Pramuka Gugus Depan SD N Ketapanrame 1 Trawas Mojokerto memenuhi ruangan kala menyanyikan lagu-lagu pramuka, aneka tepuk juga diperdengarkan, menambah semarak kegiatan pagi.

Adik-adik Gudep SDN Ketapanrame 1 Trawas Mojokerto saat latihan Pramuka - Foto : Kak Jainul Arifin
Tak lupa setelah melaksanakan upacara pembukaan latihan, kegiatan dilanjutkan dengan memecahkan sandi pramuka yang telah dibuat oleh adik-adik Pramuka kelas 6 yaitu sandi arab dan sandi hujan turun ( Apakah ada yang sudah pernah membuatnya?)

Sandi adalah kode rahasia, yang hanya orang tertentu yang tahu dan mengerti kuncinya sehingga dapat membaca dan menyelesaikannya. Demikian halnya Sandi Arab kuncinya sangat mudah yaitu kita membacanya dari kanan ke kiri, penulisannya dapat huruf besar semua atau huruf kecil, dapat pula kita acak penulisannya. Adapun untuk sandi hujan turun kuncinya juga sangat mudah yaitu cara membacanya dari atas ke bawah.

Yuk, Pecahkan Sandi Arab dan Sandi Hujan Turun di atas ! - Foto : Kak Jainul Arifin
Selain sandi, Pembina Pramuka pun memberikan materi lagu dan tepuk. Pada pertemuan kali ini materi lagunya berjudul "mie joho" dan tepuknya "tepuk bakso", yang mana keduanya dilakukan di luar ruangan (outdoor).

Materi terakhir dalam latihan kali ini diisi dengan materi P3K lanjutan pertemuan sebelumnya yaitu mengangkat korban pingsan yang diperagakan oleh model. Adik-adik pun bertepuk tangan dan merasa sangat bergembira diiringi tawa saat salah satu peserta di angkat, pokoknya seru banget dech. Latihan pun ditutup dengan permainan regu "estafet batu". [gb/ja]

Artikel ini disajikan oleh Kak Jainul Arifin  alumni Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML) Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur kerja sama dengan BP-Paudni II Surabaya Golongan : Penegak yang juga sahabat pemilik blog didikjatmiko.com

2 comments:

  1. Wah aku gak tau ada sandi turun hujan, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi tahu kan? BTW bisa nyelesaiin tantangan Dua Sandi itu nggak?

      Delete

Powered by Blogger.