Ads Top

Berbagi Semangat NgeBlog dalam Diklat Kewirausahaan dan Pengelolaan Media Sosial Pramuka

didikjatmiko.com - Minggu, 15 April 2018 pukul 06.10 WIB cuaca nampak begitu cerah, suasana pagi yang segar membuatku semakin bersemangat untuk menghadiri kegiatan Diklat Kewirausahaan dan Pengelolaan Media Sosial Pramuka yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Baureno yang diselenggarakan di aula SDN Baureno III Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.

owner blog didikjatmiko.com memaparkan bagaimana cara memanfaatkan media sosial secara bijak
Oh ya, Baureno merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah timur sekaligus merupakan pintu gerbang masuk dari wilayah timur Kabupaten Bojonegoro. Kecamatan Baureno terdiri dari 25 Desa dengan kondisi 14 Desa selalu menjadi langganan banjir setiap tahun, 5 (lima) desa dataran tinggi minus dan 6 (enam) desa dalam kondisi surplus. Mayoritas mata pencaharian penduduk yang mencapai 84.985 jiwa masih menggantungkan pada sektor pertanian, disusul pada sektor industri. [sumber : http://baureno.bojonegorokab.go.id]

Kuda besi yang sehari-hari menemani aktivitasku ku siapkan di depan rumah, lalu ku pacu kuda besi itu dengan kecepatan sesuai dengan aturan kecepatan di tengah keramaian jalan kota. 50-70 kmph, itulah kecepatan yang ditunjukkan oleh speedometer motorku dari Purwosari hingga lokasi tujuan.

Pukul 07.20 WIB saya pun tiba di halaman SDN Baureno III, lalu kuparkir dan kutemui Kak Riko yang juga seniorku di Duta Pemuda Bojonegoro, kebetulan saat itu dia ditempatkan di Provinsi Aceh. Kami pun lantas memasuki aula dengan disambut nyanyian lagu selamat datang kakak yang dinyanyikan oleh peserta diklat anggota Dewan Kerja Ranting Baureno.

Setelah dibuka dan dipersilakan oleh Kak Riko, Saya pun memulainya dengan perkenalan dan nostalgia singkat tentang perjalananku selama berkecimpung dalam wadah Gerakan Pramuka.

"Pramuka itu memiliki potensi besar untuk menjadikan internet lebih sehat dan produktif. Oleh karena itu diperlukan banyak pelatihan agar konten-konten yang diproduksi Pramuka di media sosial semakin banyak dan bernilai positif. Setiap berkegiatan, Pramuka itu selalu sukses dalam hal pengorganisasian dan jumlah peserta, namun dokumentasi dan publikasi perlu dimaksimalkan lagi, apalagi di zaman now seperti saat ini," pesanku kepada peserta diklat.

Selain pembuatan dan pengelolaan media sosial pramuka, dalam kesempatan ini saya mengajak peserta diklat agar tidak menyebarkan berita hoax atau berita bohong serta tidak melibatkan pramuka ke ranah politik, apalagi saat ini lagi musim pilkada serentak baik itu di pilkada Bojonegoro maupun pilkada Jawa Timur. Saya mengajak peserta diklat untuk memanfaatkan media sosial untuk jualan online, bisnis online dan memperkenalkan produk unggulan serta potensi yang ada di Kwartir Ranting Baureno melalui facebook, twitter, instagram dan blog/website sehingga memberikan manfaat untuk orang lain.

Acara ditutup dengan foto bersama peserta Diklat Kewirausahaan dan Pengelolaan Media Sosial Pramuka
Acara yang berlangsung sejak pukul 07.35 - 10.35 WIB ini berjalan seru, di akhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. Semangat ngeblog, ayo berkarya dan menulislah ! [@kakdidik13] 

3 comments:

  1. Setuju. Pramuka memang harus dikembangkan lewat sosmed.
    Karena kekompakan dan kebersamaan tim hanya bisa kita dapatkan pada saat pramuka.
    Saya si dulu begitu. hehe

    ReplyDelete
  2. mantap banget didik, semangat terus ya untuk selalu berbagi kepada siapapun. Semoga banyak blogger-blogger oke yang berkembang di Indonesia

    ReplyDelete

Powered by Blogger.