Ads Top

Naik Kereta Api dari Cepu Menuju Jember, Bisa Nggak?

didikjatmiko.com - Jember merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Probolinggo, di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi, di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Lumajang.

Antri untuk memesan tiket Kereta Api di Stasiun Cepu, Blora - Jawa Tengah
Siapa di sini yang belum pernah menginjakkan kaki di Jember? Kalau saya sudah dua kali menginjakkan kaki di Jember. Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi sedikit tips perjalanan dari Bojonegoro menuju Jember dan Cepu menuju Jember dengan menggunakan akomodasi yang sangat favorit yakni Kereta Api.

Cara Pertama : Berangkat dari Bojonegoro siang hari dan tiba di Jember pagi hari

Perjalanan dimulai dari Stasiun Bojonegoro dengan menggunakan kereta api ekonomi lokal yakni Kereta Api KRD Bojonegoro yang berangkat dari Bojonegoro sekitar pukul 13:50 WIB dan turun di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) sekitar pukul 16:34 WIB. Untuk harga tiketnya pun sangat terjangkau yakni Rp 6.000 per orang.

Tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU), Saya beristirahat sejenak kurang lebih hampir 5 jam, kok lama banget sih? Nah, biar nggak bosan, kamu bisa menunggu sambil baca buku atau mendengarkan musik di hape mu hehehe.

Bagiku ini memang lama banget tapi saya masih kuat menunggu kok, demi kamu hehehe. Saya pun menghabiskan waktu dengan duduk santai di kursi tunggu yang tersedia sambil menghubungi temanku yang kebetulan tinggal di Surabaya untuk kuajak kopdar dadakan hehehe. 

Agar tetap fit, Saya memutuskan untuk meneruskan perjalanan ke Jember dengan menggunakan Kereta Api Mutiara Timur Malam 89 Kelas Bisnis pukul 22:00 WIB dan tiba di stasiun Jember (JR) pukul 01:42 WIB dengan harga tiket sekitar Rp 95.000,-.

Jadi, total biaya tiket yang dikeluarkan sebesar Rp. 101.000,-. Cara ini sudah saya lakukan saat kunjungan saya ke Jember tanggal 16 Desember 2017 silam. Saat itu diminta untuk menjadi narasumber dalam kegiatan kegiatan Jambore Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Regional II Provinsi Jawa Timur di Asrama Sekolah Calon Bintara (SECABA) Jember Jl. Tidar, Karangrejo, Sumbersari Kabupaten Jember. Ah, jadi ingat sama sahabatku Ulil Albab Relawan TIK Jember dkk yang udah saya repotin. Terima kasih udah diijinkan dan difasilitasi penginapannya hehehe.



Cara Kedua : Berangkat dari Cepu malam hari dan tiba di Jember pagi hari

Setelah dipastikan lolos untuk mengikuti kegiatan Sueger Camp 2018 tanggal 31 Agustus - 02 September 2018 yang diselenggarakan oleh Blogger Jember Sueger, saya pun bergegas mencari tiket keberangkatan dengan memperhatikan jadwal kegiatan yang telah dibagikan oleh panitia. 

Untuk menghemat waktu, tenaga dan mencoba suasana baru, akhirnya saya memutuskan keberangkatan dimulai dari Stasiun Cepu, Blora - Jawa Tengah. Kebetulan kalau dari rumahku di Bojonegoro menuju ke stasiun Cepu cukup 15 menitan.

Perjalananku menuju ke Jember dari Stasiun Cepu (CU) akan saya lakukan pada hari Kamis (30/08/2018) pada pukul 21:56 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) sekitar pukul 00:35 WIB dengan menggunakan Kereta Api Jayabaya 144 kelas ekonomi. Untuk tiketnya lumayan, yakni sebesar Rp. 160.000,-. 

Selanjutnya untuk menuju ke Jember, perjalanan diteruskan dengan menggunakan Kereta Api Probowangi 213 kelas ekonomi dari Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) hingga Stasiun Jember (JR) dengan harga tiket sebesar Rp. 29.000,-

Jadi, total biaya tiket yang dikeluarkan sebesar Rp. 189.000,-

CATATAN : Jika jadwal keberangkatan ke Jember dari Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) terlalu pagi, perjalanan bisa juga menggunakan kereta api ekonomi lainnya, yakni : 

a. Kereta Api Sri Tanjung 194

Kereta Api Sri Tanjung 194 ini berangkat pada pukul 14:00 WIB dan tiba di Stasiun Jember (JR) pada pukul 18:02 WIB dengan harga tiket sebesar Rp 70.000,-

b. Kereta Api Logawa 188

Kereta Api Logawa 188 ini berangkat pada pukul 15:30 WIB dan tiba di Stasiun Jember (JR) pada pukul 19:35 WIB dengan harga tiket sebesar Rp 88.000,-

Demikian rekomendasi perjalanan menuju Jember dengan menggunakan Kereta Api dari Cepu dan Bojonegoro. Intinya kalau mau ke Jember dengan menggunakan Kereta Api dari Bojonegoro atau Cepu itu transit dulu di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) terlebih dahulu. Harga tiket dan jadwal kereta api bisa berubah, silakan cek jadwalnya langsung di stasiun terdekat atau website PT.KAI. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan bersama PT KAI. [kakdidik13]

6 comments:

  1. dua minggu yang lalu aku ke bojonegoro ke rumah sepupuku tp gak kemana2, pulang2 bawa ledre

    ReplyDelete
  2. wahhh, Jember itu indah banget mas, dan unik sih menurutku. semoga betah dan selalu rindu Jember ya mas.... #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  3. Pernah ke Jember ... eh tapi cuma lewat doank dari Banyuwangi - Surabaya (PP) hahaha. Serius, jadi kangen sama momen di dalam kereta api hiks ...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.