Ads Top

Ngobrol Strategi Pengembangan UMKM bareng Pemilik tongkatpericraft.com dan Kedai EBE

didikjatmiko.com - Seminggu yang lalu tepat hari Jum'at tanggal 03 Agustus 2018, saya dan sahabatku Edy Supra Eko dari Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Kabupaten Bojonegoro berkesempatan untuk bersilaturrahim dan mengunjungi Kedai EBE milik mbak Nofika yang berada di samping Sekolah Dasar (SD) Negeri Karang Pacar Kecamatan Bojonegoro.  Sebelum bercerita tentang Kedai EBE, bagi yang belum kenal sama mbak Nofika akan saya kenalkan sekilas tentangnya. 

Ngobrol Strategi Pengembangan UMKM bareng Pemilik tongkatpericraft.com dan Kedai EBE
Nofi Eka Suryani, demikianlah nama lengkap perempuan yang aktif sebagai salah satu penggiat Asosiasi UMKM Kabupaten Bojonegoro. Sehari-hari, perempuan berjilbab ini menekuni usaha kreatif yang digelutinya sejak tahun 2015 dan diberi label "Tongkat Peri Craft".

Tongkat Peri Craft merupakan salah satu bisnis kreatif di Kabupaten Bojonegoro yang melayani beraneka jenis jasa seperti jasa pembuatan hantaran, kreasi mahar pernikahan, souvernir, handmade, wedding organizer, dan pelatihan kerajinan. Untuk lebih detailnya silakan dibaca di blog atau websitenya www.tongkatpericraft.com

Barangkali teman-teman ada yang mencari jasa pembuatan hantaran dan souvernir pernikahan, langsung saja pesan di Tongkat Peri Craft. Dijamin hasilnya tidak mengecewakan. Terkait ongkos, bisa dibicarakan terlebih dahulu sama yang punya alias mbak Nofi Eka Suryani melalui akun whatsappnya di 082143186427. 

Saat itu, kami pun asyik ngobrol seputar bisnis dan strategi pengembangan UMKM sambil ditemani hidangan pisang krispi aneka topping, pisang madu dan kopi yang disuguhkan oleh mbak Nofika. Dalam obrolan ini yang perlu digaris bawahi yakni tentang pentingnya website atau blog bagi seorang pengusaha untuk mengembangkan usaha di era yang serba online ini.  

"Tidak dipungkiri bahwa saya sering mendapat orderan mahar, hantaran, dan aneka macam kerajinan dari luar kota dan luar pulau juga dari website www.tongkatpericraft.com ini," ucapnya penuh bersemangat.

Saya pun saat itu juga sharing tentang pentingnya sebuah blog atau website untuk promosi dan personal branding. Kita bisa menulis dan bercerita tentang produk yang dikembangkan, misalnya blog kita menceritakan tentang produk olahan pisang, ya kita ceritakan tentang olahan pisang baik itu dari segi rasa maupun kelebihan lain yang dimiliki. 

Nofi Eka Suryani Pemilik Kedai EBE dan TongkatPeriCraft.com
Sebelum berpamitan, biar rasa penasaran saya ini terobati saya pun bertanya kepadanya. "Kenapa namanya Kedai EBE, kok nggak Kedai Banana atau nama lainnya?," ucapku padanya. 

Ia pun langsung bercerita, sebenarnya nama kedai ini nggak istimewa banget. Berawal dari saat itu ia iseng membuat kreasi olahan pisang bareng tetangganya. Kemudian ada yang nyeletuk bilang "enak betul". Nah dari situlah, akhirnya ia menamakan kedainya dengan nama "Kedai EBE alias Kedai Enak Betul". 

Kedai EBE menyediakan aneka snack sehat dan jenis olahan pisang seperti pisang krispi original, pisang krispi aneka topping (Pipitop), otak-otak krispi, sempol, roti bagong, sosis, dan burger. Untuk harga bervariasi antara Rp 1.000 hingga Rp 12.000,-.

Bagi yang penasaran dengan aneka olahan pisang Kedai EBE langsung saja datang ke alamatnya di sampingnya SD N Karang Pacar Kecamatan Bojonegoro. (@kakdidik13)

No comments:

Powered by Blogger.