Info Menarik
Loading...
Showing posts with label Pendidikan. Show all posts
Showing posts with label Pendidikan. Show all posts

Meningkatkan Kemampuan Otak dengan ZenCore

Selama pandemi mewabah di bumi tercinta Indonesia, aktivitas pembelajaran di sekolah berubah drastis, dari yang semula offline berubah menjadi online atau daring. Namun hal tersebut tentunya tak menjadi penghalang bagi pendidik untuk mencerdaskan generasi emas bangsa ini, meskipun itu dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Fitur ZenCore di Zenius mampu meningkatkan kemampuan otak

Selama PPJ tersebut peran orangtua sangat penting dan berpengaruh karena keberadaannya sebagai partner guru untuk mengawasi anak belajar dari rumah. Tentunya hal tersebut tidak mudah, karena kesibukan yang dimiliki oleh orang tua murid pun bermacam-macam, ya nggak?

Nah, kali ini blog didikjatmiko.com menghadirkan sebuah solusi ampuh yang bisa dilakukan oleh orang tua siswa Se-Indonesia selama menemani belajar anaknya di rumah. Penasaran ?????

Belajar Menyenangkan bersama Zenius

Untuk menunjang prestasi anak di sekolah, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memfasilitasi anak untuk mengikuti bimbingan belajar. Saat ini bimbingan belajar yang strategis dan cocok yaitu bimbingan online yang metode penyampaian materi lebih menarik dan mudah dimengerti anak zaman sekarang. Bagi yang bingung setelah lulus sekolah mau melanjutkan kemana bisa mampir ke Ayo Sekolah !

Referensi bimbingan belajar online yang tepat, lengkap, berkualitas, terpercaya dan irit di kantong serta bikin cerdas beneran pilih aja Zenius. Beberapa fitur yang ditawarkan di Zenius dinilai mampu membuat belajar siswa di rumah lebih menyenangkan. Bapak/Ibu orangtua atau wali murid bisa melakukan Download aplikasi Zenius ini melalui ponsel yang dimiliki, baik itu di iOS atau Android.

Adapun keunggulan yang dimiliki Zenius yaitu lengkap, praktis dan terjangkau. Materi pembelajaran yang lengkap tersedia di Zenius, baik itu dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD) hingga 12 Sekolah Menengah Atas (SMA). Kurikulum yang tersedia juga beragam mulai dari KTSP, Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 Revisi. Dengan Zenius, siswa akan semakin bahagia dan nyaman belajar #mulaidarimanaaja

Aplikasi Zenius ini didirikan pada tahun 2004 oleh PT Zona Edukasi Nusantara. Saat ini aplikasi Zenius telah dimanfaatkan oleh ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai perusahaan ternama dan perguruan tinggi terfavorit di Indonesia, mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Mengawali bulan Juli 2021, Zenius berinovasi dengan mengeluarkan fitur baru di aplikasi Zenius. Fitur tersebut diberi nama ZenCore. Melalui fitur tersebut, selain membantu anak belajar, juga meningkatkan kemampuan otak anak.

Fitur ZenCore itu Apa Ya ?

ZenCore merupakan fitur baru di aplikasi Zenius yang memiliki Artificial Intelligence (AI) atau kecerdaan buatan sehingga memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dasarnya melalui ilmu matematika, bahasa inggris, verbal dan logika.

Bagi masyarakat Indonesia, masih banyak yang belum memperhatikan materi dasar tersebut secara serius dan benar. Padahal, jika ketiga materi dasar tersebut diasah dengan baik, maka kemampuan otak anak akan semakin meningkat. Di fitur ZenCore itu sendiri ada tingkatan lanjutan yakni pada CoreInsight. Wah semakin menarik untuk dikupas secara tuntas ya? Baiklah kalau begitu mari kita lanjut.

Tingkatan di Fitur ZenCore dari Zenius

Menurut Zenius, terlepas dari jenjang pendidikan, jurusan dan bidang kerja yang dimiliki oleh individu, skill dan knowledge mesti dikuasai. Di fitur ZenCore ini ada dua tingkatan dasar untuk menguasai skill dan knowledge, yakni :

1. Fundamental Skill

Agar anak berpikir cerdas, maka perlu dilatih cara berpikir otaknya. Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengakses fitur ZenCore pada bagian CorePratice. Melalui CorePratice ini anak akan berlatih meningkatkan kemampuan fundamental skillnya melalui 3 materi pelajaran yakni : Matematika, Bahasa Inggris, Verbal dan Logika.

2. Insightful Knowledge

Agar anak memiliki pandangan yang luas dan persepktif, maka harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas seperti ilmu sejarah, sains dan sebagaianya. Nah, pengguna Zenius dapat mengakses fitur ZenCore di bagian CoreInsight. Melalui fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna untuk melihat dunia dari beberapa sudut pandang atau perspektif.

Alasan Mengapa Memilih Zenius

Setiap anak memiliki kemampuan dasar yang berbeda, begitu pula orangtuanya. Sehingga keputusan orang tua untuk memilih menggunakan aplikasi Zenius ini dirasa sudah tepat dan cermat. Kamu bisa #mulaidarimanaaja untuk melatih kemampuan fundamental mereka. Nah, bagi Kamu yang belum Download aplikasi Zenius yuk segera diunduh dan diinstall di ponselmu agar kemampuan otak anak semakin terasah.

Download aplikasi Zenius

Di aplikasi Zenius ini, tidak hanya soal yang bisa Kamu kerjakan, tetapi juga dilengkapi dengan pembahasan yang lengkap sehingga memudahkan siapa saja untuk belajar. Zenius juga menyediakan fitur Live Class yang bisa diikuti siapa saja, kepoin aja!

Pengembangan diri melalui platform ZenCore, Bisakah?

Pengembangan diri merupakan proses untuk membentuk bakat, potensi, perilaku, dan juga kepribadian seseorang dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri. Sementara menurut Wikipedia, pengembangan pribadi meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita.

Sebelum pandemi terjadi, pengembangan diri di sekolah dapat dilatih dengan mengikuti ekstrakurikuler yang tersedia, misalnya : Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), dan sebagainya. Nah untuk saat ini, cara yang tepat agar pengembangan diri terwujud ya bisa kamu wujudkan melalui platform ZenCore dari Zenius yang sudah tidak diragukan lagi hasil dan keungggulannya. Jadi, kebutuhan akan platform ZenCore bagi pengembangan diri itu sangat diperlukan.

Hal yang bisa dikembangkan bersama ZenCore

Ada banyak hal yang bisa dikembangkan bersama ZenCore. Oleh karena itu mari Kita manfaatkan aplikasi Zenius dengan sebaik mungkin karena selain menyediakan cara pembelajaran yang mudah dimengerti, aplikasi Zenius juga menyediakan sebuah fitur yang dapat melatih kemampuan, pengetahuan dan cara berpikir penggunanya.

Cara Menggunakan Fitur ZenCore di aplikasi Zenius

Untuk mengakses berbagai fitur di aplikasi Zenius seperti ZenCore, dan fitur lainnya silakan lakukan beberapa hal penting di bawah ini :

a. Pastikan Kamu telah berhasil melakukan Download aplikasi Zenius di ponselmu, baik melalui PlayStore atau App Store.

b. Silakan lakukan registrasi terlebih dahulu, agar lebih mudah silakan gunakan akun Google agar cepat terintegrasi.

c. Pertama kali login, kamu akan ditanya jenjang pendidikan atau Gap Year. Fitur ZenCore berada dalam satu kesatuan pada aplikasi Zenius, jadi tinggal dicari menu atau fiturnya aja lalu jalankan.

d. Selanjutnya pilihlah CorePractice, kemudian pilihlah mana yang kamu sukai : Matematika, Verbal Logic, atau Bahasa Inggris.

e. Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan di sana. Jika level sudah terselesaikan Kamu dapat berhenti kapan saja dan mau melanjutkan kapan saja juga bisa.

f. Nilai atau score tertera pada laman utama ZenCore, kemudian untuk pembahasan setelah kita menjawab juga diinformasikan di sana. Pembahasan akan muncul ketika jawaban kita ada yang salah.

ZenCore

Oh ya, materi pelajaran yang tersedia di Zenius ini berbentuk video yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja #mulaidarimanaaja. Selain materi pelajaran sekolah, di Zenius ini tersedia pula contoh - contoh soal ujian mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tes untuk masuk SNMPTN sehingga bisa berkuliah di Universitas idaman.

Zenius juga menyediakan fitur Live Class yang bisa diikuti pengguna.

Kesimpulan

Berbagai kemudahan dan keunggulan yang tersedia di aplikasi Zenius, sehingga menjadikan aplikasi bimbel online ini diminati oleh pelajar, mahasiswa, dan stakeholder lainnya. Nah, buat pembaca setia blogku yang belum mendownload aplikasi Zenius, segera Download aplikasi Zenius di PlayStore & App Store ! Selamat mencoba fitur ZenCore dari Zenius.


Membudayakan Minat Baca dan Literasi di Indonesia bersama GPMB

Realisasi Komitmen 20 Tahun GPMB dalam Membudayakan Minat Baca dan Literasi di Indonesia - Gerakan membaca, masih pentingkah di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelumnya perlu diketahui bahwa Bulan Mei 2021 merupakan momentum penting bagi kebangkitan gerakan minat baca dan literasi Indonesia. Pasalnya, di bulan ini, berturut-turut diselenggarakan berbagai agenda nasional penting oleh lembaga-lembaga yang bergerak dalam minat baca dan literasi. 

Membudayakan Minat Baca dan Literasi di Indonesia
Realisasi Komitmen 20 Tahun GPMB dalam Membudayakan Minat Baca dan Literasi di Indonesia

Salah satu lembaga yang paling konsisten dalam upaya tersebut adalah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB). Apa itu GPMB? Sejak didirikan pada tanggal 25 Oktober 2001 di Istana Bogor, selama 20 tahun GPMB terus konsisten mewarnai dan memfasilitasi gerakan pembudayaan minat baca masyarakat.

Konsistensi GPMB sebagai mitra strategis dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, tentu tidak dapat dipisahkan dari keberadaan dan kiprah perpustakaan dan pegiat literasi baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota hingga kecamatan, kelurahan dan desa. 

Bertepatan dengan  Hari Buku Nasional tanggal 17 Mei 2021, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah menorehkan banyak karya dan kontribusi selama 41 tahun melayani dan mengabdi dengan upaya penyediaan buku dan pelayanan kepustakaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tahun 2021 Perpusnas mengusung tema “Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.  

Informasi yang admin blog didikjatmiko.com terima dari Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya penguatan budaya baca dan literasi untuk membangun komunitas masyarakat yang berbudaya baca dan tinggi tingkat literasinya.

Selain itu, di Hari Buku Nasional 17 Mei 2021 ini juga telah dilaksanakan pencanangan kembali Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku Untuk Anak (Gernas Baku), yang juga didukung oleh GPMB. 

Meskipun kegiatan diselenggarakan berbeda tempat dengan parayaan Hari Buku Nasional dan HUT Perpusnas RI, namun ada sesuatu yang sangat menarik, bahwa aktivitas, aktor pelaksana, dan gagasan yang diusung saling berkaitan dan menguatkan. 

Gernas Baku semula adalah program dan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Ditbindikkel) di bawah Direktorat Jenderal PAUD Dikmas.

Dalam peluncuran Gernas Baku 2021, Ketua Umum PP Himpaudi, Netti Herawati, mengemukakan bahwa program ini pada awalnya dimotori pemerintah menjadi gerakan bersama yaitu gerakan masyarakat. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Tjahjo Suprajogo, dalam sambutan dan paparannya di acara tersebut menyambut baik inisiatif kerjasama dari PP HIMPAUDI, karena seirama dengan gerakan GPMB. 

“Sesuai amanah Musyawarah Nasional (MUNAS) GPMB Ke VI tahun 2019 lalu, maka gerakan menumbuhkan minat, kegemaran, budaya baca dan literasi masyarakat adalah dimulai dari keluarga dan sejak usia dini, berlanjut pendidikan dasar dan menengah hingga perguruan tinggi dengan pelibatan satuan pendidikan, komunitas dan masyarakat” kata Tjahjo menambahkan.

Realisasi dari program tersebut telah nyata dijalankan dan dirasakan. Program yang sudah secara konsisten berjalan yaitu diskusi Seri Minat Baca dan Lemon (Literasi Mode On) Sore. Dua program ini masing-masing telah berjalan 16 kali sejak diluncurkan awal 2020. Perbedaan dua program itu, menurut Sekjen PP GPMB Robinson Rusdi, terletak pada segmen pesertanya. 

“Sasaran program Lemon Sore khusus untuk kalangan milenial dan genZ, sekaligus menjadi upaya regenerasi pegiat minat baca dan literasi. Sementara Seri Minat Baca ditujukan untuk masyarakat umum”, ujar Robinson

Di bulan Mei, Lemon Sore diadakan pada tanggal 21 Mei 2021 dengan tema “Milenial Berani Nulis Buku” dengan mengundang 2 narasumber penulis muda yaitu Yuni Lasari dan Rara Zarary. Sedangkan Seri Minat Baca diselenggarakan pada tanggal 23 Mei 2021 dengan tema “Mendongeng untuk Meningkatkan Minat dan Kegemaran Membaca” dengan pemateri Kak Awam Prakoso, pendongeng nasional. 

Di bulan ini pula, anggota Dewan Pembina GPMB, yaitu Gol A Gong, telah dikukuhkan oleh Perpusnas RI sebagai Duta Baca Indonesia menggantikan Najwa Shihab yang habis masa baktinya. Dalam sambutannya setelah dilantik, Gol A Gong mengajak seluruh masyarakat untuk bangkit dan gemar tidak hanya membaca tapi juga menulis. 

“Mari kita makin Berdaya dengan Buku,” kata Gol A Gong.

Dua puluh tahun kiprah GPMB ini tentunya tidak lepas dari kerjasama dan kolaborasi dengan banyak pihak. Menurut Kepala Biro Humas dan Kerjasama PP GPMB Dani Akhyar, selain dengan Perpusnas RI dan Himpaudi, PP GPMB menjalin kerjasama dengan dinas-dinas perpustakaan propinsi dan kabupaten/kota, Kemendikbud, Reading Bug, Komunitas Bengkel Kreasi, Kampung Dongeng Indonesia, lalu di sektor swasta ada Bimba AIUEO dan PT Smartfren Telecom Tbk, dan berbagai perguruan tinggi antara lain Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Multimedia Nusantara, dan Pascasarjana INAIS Bogor.

Kesimpulannya, membaca itu penting dilakukan sejak dini. Dengan membaca kita akan mendapatkan banyak informasi baru. Kita juga dapat mengekspos berbagai hal baru dalam diri kita sendiri. Bisa jadi hal ini belum kita sadari sebelumnya. (dik)

Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana?

Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana? - Apa kabar sobatku? Nah, aku mau berbagi pengalaman nih. Saat lulus SMP, dulu Saya libur setahun tidak sekolah. Sebagai anak desa, saat itu dilema banget mau ngelanjutin sekolah, apalagi kalau sekolah di situ-situ aja lokasinya hehehe.

Alhasil setahun saya cuma mengisi kegiatan dengan membantu orang tua di Sawah (maklum anak desa, jadi mainnya sering di sawah). Hingga anugerah itu datang, setelah menghadiri acara pengajian umum yang digelar oleh lembaga pendidikan di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro akhirnya pada tahun ajaran selanjutnya Saya mendaftarkan diri di lembaga luar negeri tersebut, sebut saja namanya "Madrasah Aliyah Nurul Ulum Purwosari".

Salah satu siswi SMAN Model Terpadu Bojonegoro, Egydia saat mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di rumahnya. IG : @Egydiaaa

Bagi kamu yang sebentar lagi berganti seragam dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan mau melanjutkan sekolah kemana. Saat ini, kebanyakan siswa SMP / MTs masih bingung dalam menentukan pilihan mau melanjutkan sekolah kemana. Apakah ke SMA, SMK atau MA. Belum lagi memilih melanjutkan sekolah karena  pilihan orang tua, ikut-ikutan teman, lantaran sekolahnya ngehits, dan sebagainya. Semoga sekolah pilihanmu adalah yang terbaik bagimu. Amiin

Berikut ini Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bojonegoro yang bisa kamu jadikan pilihan setelah lulus SMP / MTs :

a. MAN 1 Bojonegoro

Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro, awal kelahirannya berdasarkan SK Menteri Agama No. 17/1968, pada saat itu bernama SP IAIN (Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri) yang berstatus swasta bertempat di Masjid Agung Darussalam Bojonegoro. Lembaga tersebut didirikan bertujuan untuk menampung pemuda-pemuda dalam lembaga Islam, karena pada waktu itu dipandang perlu sekali, karena di daerah ini hanya terdapat sebuah lembaga pendidikan Islam tingkat atas yaitu PGAN.

MAN 1 Bojonegoro berada di Jl. Mongisidi no. 160 Bojonegoro - 62115 Telp : +62 353 881320 Email : man1bojonegoro@gmail.com

b. MAN 2 Bojonegoro 

MAN 2 Bojonegoro sebagai sekolah menengah umum yang bercirikan keagamaan dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat juga menawarkan pengembangan program keterampilan sejak tahun 1995. Beberapa program keterampilan yang dikembangan adalah Tata Busana, Elektro, dan Otomotif (Motor Cycle).

MAN 2 Bojonegoro berada di Jl. Mongisidi No 158, Sukorejo, Bojonegoro, Jawa Timur Telp (0353) 881511 Email : man2.bjn@gmail.com

Oh ya, ada informasi menarik nih. Seperti diketahui bersama, di tengah pandemi ini, Pemerintah menerapkan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Smartfren sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, ikut berkontribusi dalam program Kuota Belajar bagi siswa, guru dan dosen yang diselenggerakan oleh Pemerintah.

Bantuan kuota internet smartfren ini dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah.  Adapun aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar dapat dicek melalui website http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id 

Seperti yang disampaikan oleh Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren bahwa metodenya sederhana, cukup AKTIFKAN-DAFTARKAN-GUNAKAN, aktifkan nomernya, daftarkan nomernya melalui sekolah dan gunakan di jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G.

Selain mendukung PJJ Program Kemdikbud RI, smartfren juga mendukung PJJ di Wilayah Kementerian Agama dengan membagikan bantuan berupa kartu perdana gratis untuk siswa dan guru seluruh Madrasah di Surabaya dan wilayah lain di Jawa Timur. Pembagian kartu perdana tersebut diselenggarakan secara simbolis bersama 10 perwakilan Madrasah, serta perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, pada Senin (19/10/2020) pagi.

c. MAN 3 Bojonegoro

MAN 3 Bojonegoro terletak di Kecamatan Ngraho. Berdasarkan SK  Menag No. 107 Tahun 1997,  tanggal 17 Maret 1997 Madrasah  Aliyah  Raden  fatah  Ngraho berubah  status menjadi MADRASAH  ALIYAH NEGERI NGRAHO yang beralamatkan di Jl. Raya Tinggang No. 157 A Ngraho. Pada tahun 2017 Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 673 Tahun 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah  Negeri,  Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Ngraho Berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 3 Bojonegoro.

d. MAN 4 Bojonegoro

MA Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro yang berdiri tahun 2001 merupakan cikal bakal MAN Baureno. Bangunan gedung megah yang terletak di Jalan Kanor No. 626 Km 01 Baureno. Berada di tempat yang sangat strategis dan juga lokasinya berdekatan dengan MTs Swasta serta MTs Negeri, gedung MAN Baureno berdiri di atas tanah seluas 5.800 m2.

Pada tahun 2017 Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 673 Tahun 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah  Aliyah  Negeri,  Madrasah  Tsanawiyah  Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Baureno berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 4 Bojonegoro. MAN 4 Bojonegoro beralamat di Jalan Kanor No. 626 km. 01 Pasinan Baureno Bojonegoro 62192.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMAN Model Terpadu Bojonegoro

e. MAN 5 Bojonegoro

MAN 5 Bojonegoro beralamat di Jl. Dr. Soetomo No.50, Dusun Pengkok, Padangan, Kec. Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62162. Sebelumnya menjadi MAN 5 Bojonegoro, sekolah ini bernama MA Al Khoiriyah Padangan kemudian MAN Padangan dan   tahun 2017 Berdasarkan  Keputusan Menteri  Agama  RI  No. 673   Tahun   2016 Tentang Perubahan  Nama  Madrasah  Aliyah  Negeri,  Madrasah  Tsanawiyah  Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Padangan berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 5 Bojonegoro.

Itulah 5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Bojonegoro. Selain Madrasah Aliyah Negeri, setelah kamu lulus SMP / MTs juga bisa melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Atas Negeri Model Terpadu Bojonegoro (SMAN MT Bojonegoro) yang beralamat di Jl. Raya Sukowati No. 00 Kapas Bojonegoro 62181. (dik)

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu KetahuiKetika lulus dari SMA dan masuk ke perguruan tinggi, kamu akan berhadapan dengan lingkungan dan orang-orang baru yang mungkin saja jauh berbeda dengan apa yang kamu hadapi selama di bangku sekolah. Perguruan tinggi seakan-akan menjadi tempat dimana kamu mulai dihadapkan dengan dunia luar yang sesungguhnya. Teman-teman yang beraneka ragam, jadwal yang lebih fleksibel, dan yang lebih penting lagi, kebebasan.

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu Ketahui | Foto : haluanpos.com
Menjadi mahasiswa berarti kamu sudah berhak untuk memilih jalan yang ingin kamu ambil sekaligus mengumpulkan aset yang sekiranya akan berguna di dunia pekerjaan atau dunia di luar kampus setelah lulus nantinya. Maka dari itu, ada baiknya ketika masih berstatus sebagai mahasiswa, perbanyaklah pengalaman, jika tidka ingin menyesal.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperindah konten CV, mulai dari aktif di organisasi, magang di sebuah perusahaan, hingga bekerja sambil kuliah. Siapa bilang kuliah hanya menjadi tempat untuk belajar saja? Jadwal kuliah yang cenderung fleksibel membuat para mahasiswa memungkinkan untuk bisa bekerja sambil kuliah. Jika anak sekolah yang bekerja terdengar tidak baik karena masih dibawah umur, maka berbeda dengan perguruan tinggi yang sudah memungkinkanmu untuk bekerja dan menambah pengalaman.

Banyak sekali manfaat kuliah sambil bekerja yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya sekadar belajar, kamupun juga bisa menambah uang saku juga lho. Sebagai mahasiswa dengan kondisi finansial yang masih ditanggung oleh orang tua, bekerja sambil kuliah sangat memberikan manfaat. Mau tahu apa saja manfaat kuliah sambil bekerja? Yuk kita simak bersama-sama!

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja yang Perlu Diketahui

1. Pintar Mengatur Waktu

Mahasiswa yang bekerja sambil kuliah mau tidak mau harus belajar yang namanya mengatur waktu. Kamu akan tahu kapan kamu harus belajar, bekerja, hingga mengerjakan tugas. Dan dikarenakan terlalu sering mengatur waktu hampir setiap hari, kamu pun akan memiliki kemampuan manajemen waktu yang jauh lebih baik dibandingkan teman-temanmu yang tidak bekerja.

Perlu diketahui bahwa di dunia pekerjaan profesional, kemampuan manajemen waktu sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang, sehingga pengalaman kuliah sambil bekerja yang mengajarkanmu untuk mengatur waktu dengan baik akan menjadi aset berharga yang belum tentu dimiliki oleh orang kebanyakan.

2. Pengalaman Dunia Kerja

Bagi mahasiswa yang hanya belajar saja selama di bangku kuliah, maka ia belum memiliki bayangan sama sekali mengenai dunia kerja yang sebenarnya. Sedangkan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, mereka telah lebih lebih tahu mengenai dunia kerja sembari memupuk pengalaman.

Ketika lulus nanti, banyak perusahaan yang tidak hanya melihat nilai akademis saja, melainkan juga pengalaman yang kita miliki, mulai dari pengalaman organisasi, pengalaman magang hingga kerja. Maka dari itu, pengalaman kerja yang kita miliki tentunya akan menjadi nilai tambah ketika ingin mencari pekerjaan baru pada nantinya.

Selain itu, bekerja sambil kuliah juga memungkinkan kita untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut ketika lulus nanti, yang membuat kita tidak perlu takut untuk menganggur. Sulitnya mencari pekerjaan pertama bagi fresh graduate menjadi keuntungan bagi diri kita sendiri jika sudah memiliki pengalaman bekerja selama di bangku kuliah sebelumnya.

3. Mandiri dalam Finansial

Berbeda dengan teman-temanmu yang masih bergantung pada orang tua untuk membayar biaya kuliah, dengan bekerja sambil kuliah kamu bisa lebih mandiri dalam hal finansial. Bisa membantu membayar biaya kuliah dan memenuhi kebutuhan pribadimu, tidak menutup kemungkinan pula kamu juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Tentunya lebih menyenangkan bila kamu membeli barang-barang yang kamu inginkan dengan menggunakan uang pribadi dibandingkan dengan uang orang tua, bukan?

Tidak hanya belajar, dunia perkuliahan akan sangat baik bila kamu turut memanfaatkannya untuk memupuk pengalaman sebanyak-banyaknya, salah satunya seperti mencoba memasuki dunia kerja dengan kuliah sambil bekerja. Masih ragu untuk mencoba kuliah sambil bekerja? Baca lagi sederet manfaat kulaih sambil bekerja lainnya di https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-bila-kamu-kuliah-sambil-bekerja. (kakdidik13)

Menebar Benih "Yuk Ngeblog dan Menduniakan Kabupaten Blora"

didikjatmiko.com - Ngeblog merupakan sebuah aktivitas yang mulai menarik perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pemuda desa, kader organisasi, emak-emak dan sebagainya. 

Tahu nggak? Apabila kita menekuni aktivitas yang satu ini maka kebahagiaan akan datang menghampiri. Tak hanya itu, tidak sedikit para blogger yang berhasil mendapatkan kesuksesan dari aktivitas ngeblog yang ditekuninya. Percaya? 

Menebar Benih "Yuk Ngeblog dan Menduniakan Kabupaten Blora"
Percaya atau tidak, faktanya toh sudah banyak sekali blogger tanah air yang sukses mengelola blog hingga menghasilkan. Tentu semua itu tak mudah seperti membalikkan telapak tangan, butuh keberanian dan konsisten.

Cepu, 12 Januari 2019

Sebenarnya sudah lama sekali Saya diminta untuk berbagi semangat ngeblog kepada peserta Program Pendidikan Pelatihan Kerja di LKP Indobank Cepu Blora Jawa Tengah. 

Banyaknya aktivitas yang kujalani (macak sok sibuk) membuat diri ini belum bisa memberikan kepastian untuk menjawab keinginan Bapak Istiadi yang ingin menghadirkanku di LKP Indobank Cepu. 

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Saya bisa menyempatkan diri berbagi semangat ngeblog dan hadir di Kampus yang beralamat di Jalan Ronggolawe No. 115 Telp./Fax. 0296 424294 Cepu – Blora – Jawa Tengah ditemani sahabatku Mohammad Efendik, Sabtu (12/01/2019).

Satu persatu peserta mulai berdatangan dan kelas pun dimulai. Setelah diperkenalkan oleh Bapak Istiadi, Saya mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan diri secara singkat kepada peserta dan dilanjut perkenalan dari peserta yang hadir.

Seharusnya ada sekitar 40 peserta yang terdaftar, namun yang hadir pada saat itu sekitar 12 orang, lumayanlah. Saya pun memberikan semangat kepada peserta agar bersemangat ngeblog dan menduniakan Kabupaten Blora di dunia maya melalui karya positif yang dikemas dalam aktivitas blogging.


Tak terasa hampir dua jam Saya memperkenalkan dunia blog dan pengelolaan media sosial seperti facebook, instagram dan twitter. Saya juga mewanti-wanti agar jangan sampai menebarkan hoax, apalagi di tahun politik seperti saat ini. "Yuk, kita sukseskan Pemilu 2019 dan Jangan Menyebarkan Berita Hoax !," ucapku kepada peserta.


Nampaknya peserta sangat antusias, terbukti banyak sekali peserta yang bertanya dan tertarik ingin mendalami dunia blog lebih serius. Serius mau ngeblog? Mulailah dengan gemar membaca dan menulis detik ini juga.

Demikianlah sedikit cerita yang dapat kusampaikan. Sampai berjumpa di kelas berikutnya, Praktik NgeBlog.[kakdidik13]

Refleksi Ujian Kenaikan Kelas Siswa Sekolah Dasar

Refleksi Ujian Kenaikan Kelas Siswa Sekolah Dasar - Membaca tulisan salah satu orang tua murid dan fasilitator SMA Sanggar Anak Alam (SALAM) rasanya seperti ditampar. Sampai-sampai pipi ini memerah dan kedua mata ini berkaca-kaca. Tulisan yang berjudul "Mengayun Langkah, Membangun Laku" itu sukses membuat saya meraba diri. Pasalnya, selama dua bulan ini saya menjadi pengajar sekolah dasar di sebuah desa yang dekat dengan tempatku bekerja. 

Kegiatan Pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro - Foto :  www.nurulhidayah.net
Tulisan reflektif yang dituliskan dengan mengutip pemikiran seorang pelopor pendidikan "Romo Mangun" tentang keprihatinan dan kritik-kritik beliau dalam bidang pendidikan. Bahwa pendidikan dasar sejatinya adalah tentang bagaimana menumbuhkan jiwa pencari (eksplorator) dan pencipta (kreator) yang integral (utuh) dalam watak dan karakter. 

Romo Mangun juga menekankan bahwa mendidik adalah bukan tentang membuat siswa menjawab 1000 pertanyaan yang sudah diketahui jawabannya, namun membuat siswa bertanya 1 pertanyaan yang membawanya menemukan 1000 pengetahuan. 

Sekilas membaca tulisan mbak Genarta Titi paragraf kedua ini mengingatkan laku saya seminggu yang lalu. Sebagai teman belajar siswa Sekolah Dasar yang secara administratif harus memenuhi tugas akhir memberikan ujian tertulis bagi siswa agar nilainya bisa dituliskan dalam buku raport siswa. 

Sebagai pengajar yang lebih banyak mengajak siswa mempraktekkan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari saya sempat kesulitan menyusun naskah ujian tertulis. Alhasil saya pun mendownload beberapa soal dari internet dan kusesuaikan dengan kemampuan siswa berdasarkan kelasnya. 

Saya jarang sekali atau bahkan tidak pernah memberikan latihan-latihan soal tertulis kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Dan benar, hasil ujian dari mayoritas memang kurang bagus. Saya memaklumi jika hasil ujian tulis memang kurang bagus karena mereka memang mereka tidak saya latih untuk mengerjakan soal. 

Namun di sisi lain, seperti yang wali kelas harapkan bahwa nilai Bahasa Inggris mereka bisa meningkat. Saya sempat mengkhawatiran hal yang bagi Romo Mangun dan Gernata Titi sangat tidak perlu dikhawatirkan. Kalau Gernata Titi mengeluhkan tentang orang-orang yang lebih banyak memberikan kritik dari pada merealisasikan suatu ide solutif. 

Bentuk refleksi yang saya tuliskan ini juga hanya berada pada tataran kritik dan tutur saja. Karena itulah setiap paragraf yang mbak Gernata Titi tuliskan adalah tamparan bagi saya yang baru bisa mengkritik tanpa bisa mengejawantahkan apa yang saya kritik. Terima kasih telah menginspirasiku. [gb]

Artikel guestblog ini ditulis oleh Ananing Nur Wahyuli, aktivis perempuan di Ademos Indonesia yang mulai menyukai dunia blogging. Silakan intip blognya di http://ananingwahyuli.blogspot.com

Bingung Mengikuti Ujian PPG 2018, Pelajari Contoh Soal PreTest PPG 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

didikjatmiko.com - Halo Bapak/Ibu Guru sekalian, dalam kesempatan ini blog didikjatmiko.com akan berbagi Soal PPG 2018 yang bisa Bapak/Ibu pelajari sebelum memulai Test Ujian Online PPG 2018. 

Apa itu PPG? PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. Artinya jika Ibu/Bapak sudah mendaftar sebagai Calon PPG 2018 Bapak/Ibu sekalian nantinya akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru yang diadakan oleh Dinas Pendidikan setempat.

Contoh Soal PreTest PPG 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban - Foto : Pelita Guru
Untuk pendataan PPG 2018, harus melalui SIMPKB. Jika Bapak/Ibu sekalian telah memenuhi syarat untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru bisa mendaftar dengan syarat minimal Ijazah harus S1.

Soal Pretest PPG untuk Paud, SD, SMP dan SMA tahun 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Soal yang kami bagikan di blog ini tentu sangat berguna untuk Bapak/ Ibu dan bisa dipelajari sebelum mengikuti Ujian PPG 2018 nantinya. 

Soal yang kami bagikan di blog ini lengkap dalam Paket Soal PPG, jadi bisa Bapak/Ibu Download secara Gratis. Nah untuk mendownloadnya, silakan klik link di bawah ini ya:


Semoga Soal PreTest PPG 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan Soalnya ini bermanfaat. Silakan Anda Share/Bagikan artikel ini kepada yang lainnya, terima kasih.



Bagi yang telah mengunjungi blog ini, admin do'akan semoga lulus mengikuti Ujian PPG Tahun 2018. Amiin [kakdidik13]

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu - Sehabis mengikuti kegiatan Try Out 1 Kecamatan, Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Trawas Kabupaten Mojokerto mengikuti kegiatan berpetualang dalam giat susur sungai level 1 yang diadakan oleh sekolah setempat. Kegiatan susur sungai ini dilaksanakan di Dusun Sendang Desa Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Berpetualang itu Menyenangkan, Apalagi Sama Kamu
Giat Susur Sungai Level 1 dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB - 10.00 WIB. Adapun tujuan dan manfaat diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kekompakkan, rasa peduli terhadap teman, pengeluaran sifat asli manusia, bersenang-senang atau refreshing, olah tangan/kaki/badan/fikiran dan hati. 

Istirahat sejenak dan foto bareng dulu kakak
Dalam kegiatan ini siswa/i diajarkan bagaimana cara membangun sinergi antar sesama, saling peduli, ujian itu ibarat dari dasar landai yang rata kemudian naik ke atas mulai batu, kerikil, air deras. Peserta ada yang ramai, ada pula yang minta tolong. Seru banget pokokman hehehe. Semoga ilmu dan manfaat dalam kegiatan ini dapat diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. [kakdidik13]

Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris Piala Rektor Unugiri Bojonegoro

Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris Piala Rektor Unugiri Bojonegoro - Bagi sebagian orang yang kurang suka dengan matematika, mata pelajaran ini dianggap momok, mimpi buruk, bahkan bikin orang menjadi frustrasi. Matematika adalah salah satu pelajaran yang paling susah dan membosankan bagi sebagian orang. Anggapan tersebut tidak lah benar sepenuhnya, bagi sebagian orang yang cinta mati dengan pelajaran ini. Pasalnya, berkat matematika, kita bisa menghitung uang, memperkirakan potongan harga diskon dan sebagainya, iya kan hehehe?

Oh ya, buat pembaca setia blog didikjatmiko.com jangan sampai terlewatkan nih untuk mengikuti Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris Piala Rektor Unugiri Bojonegoro tahun 2018. Informasi selengkapnya bisa dilihat dii bawah ini :

Piala Rektor UNUGIRI Bojonegoro (Dr. HM. Ridlwan Hambali, Lc., MA.)

Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris Piala Rektor Unugiri Bojonegoro
Kategori :
1. SD/ MI Kelas 1-3
2. SD/ MI Kelas 4-6
3. SMP/ MTs Kelas 7-9
4. SMA/SMK/MA Kelas 10-12

Babak Penyisian :

Minggu, 25 Februari 2018 pukul 07.30 WIB di semua Kantor ILHAMI Bojonegoro

Babak Semifinal & Final :

Minggu, 4 Maret 2018 pukul 07.30 WIB di UNUGIRI Jl. Ahmad Yani No.10 Bojonegoro

Cara Pendaftaran :
- Daftar Maksimal 22 Februari 2018.
- kontribusi hanya: Rp. 25.000,-
- Link daftar: https://goo.gl/355Se6
- HP/ WA: 081 554 680 999

TOTAL HADIAH JUTAAN RUPIAH

Hadiah Perkategori :

Juara 1, 2, & 3 mendapatkan piala rektor UNUGIRI Bojonegoro, Sertifikat Juara, & Beasiswa Pendidikan.

Kantor ILHAMI Bojonegoro :
1. Jl. Dr. Cipto No. 14 Bojonegoro
2. Jl. Gajah Mada No. 210 Bojonegoro
3. Jl. Hasanudin No. 23 Bojonegoro
4. Jl. Ade Irma Suryani No. 42 D Bojonegoro

Jangan pernah lelah untuk berprestasi. Asah terus kapasitas mental, intelektual, & spiritualmu bersama ILHAMI Bojonegoro [kakdidik13]

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka - Hembusan angin semilir menerpa daun-daun hingga bergoyang sahdu di ranting. Sinar mentari cerah menembus di antara celah-celah dedaunan di halaman SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Ada sekelompok peserta didik Pramuka sedang bermain dengan riangnya. 

Berbicara tentang Pramuka, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengikuti permainan ketika latihan. Apakah Anda masih ingatkah dengan permainannya?. Permainan dalam pramuka dapat menjadikan pikiran rileks, selain itu permainan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan antara sesama anggota Pramuka.

Yuk, intip adik-adik Pramuka Gudep SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto saat bermain "Permainan Memindahkan Bom" ! Jangan kepo ya?

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka di Gudep SDN Ketapanrame 1
Permainan memindahkan bom termasuk dalam kategori low game. Peralatan yang dibutuhkan untuk memainkan permainan ini adalah "tali" sebagai alat pemindah. Sedangkan bola sebagi bom-nya. Perintahnya sangat sederhana, satu regu sekitar delapan sampai sepuluh orang dapat berkhayal menjadi petugas penjinak bom yang ditugaskan untuk mengamankan suatu daerah dari ancaman bom. Bom harus dipindahkan ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan alat penjinak bom, mulai bom ada di tempatnya sampai dipindahkan, jika kena tangan bom meledak, jika terjatuh bom juga akan meledak. Cara atau tekhnik tergantung petugas penjinak.

Dengan berbagai teknik dan cara adik-adik berusaha melakukan tugas dan tanggung jawabnya, saat peluit dibunyikan, ketegangan dan keseruan permainan ini mulai terlihat, ada yang berteriak kala bola menggeliat akan menjatuhkan dirinya. Beberapa seolah mandor bangunan, ada pula yang takut-takut seru, khawatir bom akan meledak, walhasil semua bersorak-sorai manakala bom berhasil dipindahkan dengan baik. Ada senyum puas tersungging dari bibir kecil mereka.

Teaching point : Kerjasama kelompok/team, melatih konsenterasi, mengatur ritme kerja, dan mengetahui kekurangan dan kelebihan teman.

Tantangan : Agar lebih menantang sediakan tempat bom untuk meletakkan bom tersebut di garis akhir, saya memakai karton bekas tempat kok bulu tangkis, atau tempat yang lain

Demikian sedikit cerita tentang asyiknya Permainan Memindahkan Bom Ala Pramuka yang diberikan oleh Kak Jainul Arifin selaku Pembina Pramuka SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Tetap semangat dan salam pramuka ! (@kakdidik13)

Empat Universitas Katolik Terbaik di Indonesia

Empat Universitas Katolik Terbaik di Indonesia - Beruntunglah bagi para lulusan SMA atau SMK yang sudah masuk ke dalam bangku perkuliahan, karena dengan studi lanjutan tersebut maka akan semakin mudah mereka bersaing dalam dunia kerja nanti.

Bagi beberapa pemeluk katolik dan juga kristen, mendapatkan pendidikan berkualitas di perguruan tinggi yang juga sarat dengan nuansa agamis merupakan kenyamanan tersendiri, kendatipun demikian universitas berikut tentunya tidak khusus untuk pemeluk agama katolik saja, siapaun bisa mendaftar.  

Empat Universitas Katolik Terbaik di Indonesia
Berikut empat universitas kristen dan Katolik terbaik di Indonesia :

1. Universitas Atmajaya 

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya merupakan salah satu universitas katolik terbaik di negeri ini. Universitas ini berdiri pada 1 juni 1960. Saat ini universitas Atmajaya telah berdiri di Jakarta (UNIKA), Yogyakarta (UAJY), serta Makassar ( UAJM) , sehingga tentunya mempermudah bila anda ingin mengakses pendidikan berkualitas di universitas ini. Setiap Universitas Atma Jaya di berbagai daerah memiliki program studi yang berbeda-beda misalnya UAJY yang memiliki progrm studi Sarjana, Pasca Sarjana, dan Sarjana Kelas Internasional sedangkan UNIKA memiliki Program studi Sarjana, Pasca Sarjana, Program Khusus dan Internasional Program. 

2. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Universitas ini juga tentunya tidak asing lagi, Universitas Tarumanegara telah berdiri sejak 1 oktober 1959 dan berlokasi di jakarta . UNTAR saat ini telah memiliki 4 program studi. Yakni, S1, S2, S3, pendidikan Profesional dan Pasca Sarjana. UNTAR juga merupakan destinasi yang tepat untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Program-program yang ada di UNTAR tentunya telah berjalan dengan baik. 




3. Universitas Parahyangan  (UNPAR)

Universitas Parahyangan berlokasi di Bandung. UNPAR memiliki Program D III (manajemen perusahaan), Sarjana dan Pascasarjana. UNTAR memiliki banyak Fasilitas akademik misalnya Perpustakaan, pusat pengembangan karir, Pusat Inovasi pembelajran, Kantor Internasional dan kerjasama. Fasilitas penunjang yang mumpuni mulai dari gedung perkuliahan, UNPAR Press, Balai pengobatan, Tenkologi dan Fasilitas lainnya yang tentunya dapat menghadirkan pendidikan yang berkualitas. 

4. Universitas Maranatha 

Universitas yang ada di bandung ini juga merupakan salah satu universitas katolik terbaik yang ada di indonesia. Saat ini program studi yang tersedia merupakan program S1 dan S2, di sini juga terdapat banyak UKM yang seru lho sebagai penunjang pendidikan berkualitas. [gb/mau]

Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro

Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro - SMKN Ngraho merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. SMKN Ngraho berdiri sejak tahun 2004 dengan visi "Menjadikan SMK yang unggul dalam prestasi, menghasilkan tamatan yang kreatif, mandiri, dan berwawasan lingkungan". Untuk menyukseskan visi tersebut, SMKN Ngraho mempunyai misi, yaitu meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi, meningkatkan proses pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan, meningkatkan kompetisi pendidik dan tenaga kependidikan, mengembangkan kultur sekolah untuk memperdayakan warga sekolah berakhlak mulia, kreatif, disiplin, kepekaan sosial, semangat nasionalisme dan patriotisme, membentuk pribadi peserta didik yang terampil berbudi luhur, berjiwa wirausaha dan mampu bersaing di era global, serta menciptakan lingkungan belajar/sekolah yang aman, sehat, rapi dan bersih. (Selengkapnya baca di : http://smknngraho-bjn.sch.id)
Berbagi Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro
Senin, 20 Maret 2017 saat itu Saya sedang ngopi bersama sahabatku Edy Supra Eko di warung kopi dekat balai Desa Gayam. Selain kami berdua, ada ketua Ademos Indonesia (M. Kundori), Arsyad dan Aris dari Karang Taruna Kecamatan Gayam. Sambil menikmati kopi yang telah kami pesan dan menikmati angin sepoi-sepoi yang menyapa kami, tiba-tiba Mas Dhori menawariku untuk menjadi narasumber di salah satu lembaga sekolah. Sebenarnya yang diminta adalah dia, berhubung di hari yang sama dia ada kegiatan, maka dilimpahkan ke diriku. Saya pun mengiyakan dan nomor whatsappku langsung diberikan kepada temannya.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, Kamis (23/03/2017) Saya bersiap-siap untuk berangkat menuju ke SMKN Ngraho bersama sahabatku Arjun Sineva. Sekitar pukul 07.00 WIB, Arjun Sineva sudah datang ke rumahku. Selanjutnya kami berdua berangkat menuju ke lokasi dengan ditemani oleh si Blue Reva. Kami pun mampir sarapan di warung nasi pecel yang terletak di dekat BRI Purwosari (lihat cuplikan video nasi pecelnya di sini). Usai sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju arah Ngawi. Perjalanan kami tempuh selama 30 menit (itu pun laju sepeda motornya pelan, nggak ngebut hehehe).

Tiba di SMKN Ngraho Bojonegoro

SMKN Ngraho bagiku tidaklah begitu asing. Ya, meskipun saya bukan alumni di sekolah ini, namun bisa dikatakan hampir sering Saya datang ke sekolah ini untuk menghadiri kegiatan Pramuka yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Ngraho dan kegiatan lainnya.

Setibanya di lokasi, Saya dipersilakan masuk dan duduk di ruang tamu oleh salah satu Guru SMKN Ngraho. Selang beberapa menit kemudian, Saya diantar menuju ke laboraturium Komputer menemui sahabat lamaku, sebut saja namanya Kak Subeki. Pria yang berbadan gemuk ini (sama sepertiku hehehehe) bekerja di SMKN Ngraho sebagai Maintenance Repair Comp & Network Enginering.  Sambil menunggu peserta yang masih istighosah dan do'a bersama, Saya pun asyik ngobrol dengan sahabatku di ruang kerjanya. Ya, mulai obrolan tentang Pramuka, dunia burung (lovebird dan burung kicau lainnya) dan obrolan lainnya.

Memotivasi 243 Siswa SMKN Ngraho Kelas XII

Saya bukanlah seorang motivator handal dan terkenal di Indonesia seperti Mario Teguh. Namun, saya hanyalah seorang pemuda yang pernah terpilih untuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam ajang Jambore Pemuda Indonesia & ASEAN serta Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) bersama dengan empat belas pemuda Jawa Timur lainnya. Dalam kesempatan ini, Saya memberi motivasi Kelas XII SMKN Ngraho untuk mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun 2017 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3-6 April 2017 mendatang. 

Meminjam kalimat motivasi motivatorpendidikan.com Bapak Namin AB Ibnu Solihin,  ada 9 tips sukses dalam menghadapi Ujian Nasional yaitu :

1. Batasi main gadget
2. Stop media sosial
3. Batasi main game
4. Stop nonton TV
5. Latihan soal dengan santai
6. Dekatkan diri dengan Tuhan
7. Jaga kesehatan badan
8. Minta maaf sama orang tua dan
9. Berdoa dengan khusyu'

Selamat mencoba dan sukses untuk Ujian Nasional 2017. Bravo Pendidikan !

Yuk intip, dokumentasi kegiatan SMKN Ngraho bersama @kakdidik13 di bawah ini !

FOKUS memotivasi Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Suasana kegiatan Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro
Bersama Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Masih bersama Siswa Kelas XII SMKN Ngraho Bojonegoro
Testimoni salah satu peserta Motivasi Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN Ngraho Bojonegoro

Tahapan - Tahapan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

Dalam penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa akan melewati beberapa tahapan pendaftaran hingga pengumuman hasil penyaringan. Sebelum melewati tahapan tersebut, calon mahasiswa harus mengetahui persyaratan awal yang ditentukan oleh perguruan tinggi yang dituju. Tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru adalah : 
Tahapan - Tahapan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Persyaratan awal 

Persyaratan yang harus diketahui misalnya persyaratan tidak buta warna pada jurusan teknik yang biasanya dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan tidak buta warna, atau persyaratan penjurusan, jurusan mana saja yang dapat di tempuh oleh siswa dari jurusan IPA, IPS, Bahasa atau semuanya bisa mengikuti. 

2. Pendaftaran

Proses pendaftaran terbagi menjadi 3 yaitu:


a. Untuk SNMPTN atau PMDK bagi swasta pendaftaran dilakukan melalui undangan ke SMA/SMK/MA yang telah berpartner dengan perguruan tinggi tersebut, sistem ini juga berlaku untuk siswa bidik misi, secara online dapat diakses di http://snmptn.ac.id.

b. Untuk peserta SBMPTN biasanya dilakukan secara online baik bagi PTN maupun PTS, bidikmisi SBMPTN juga dapat diakses secara online. Alamat SBMPTN yaitu di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id sedangkan bidikmisi pada http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. 

Setelah membuka website tersebut masukkan nama dan tanggal lahir, kemudian tanda bukti pendaftaran awal dicetak dan dibawa ke bank  yang ditunjuk dengan membawa uang yang dipersyaratkan. Setelah proses selesai, maka calon mahasiswa mendapatkan KAP dan PIN untuk pendaftaran online.  KAP dan PIN tersebut digunakan untuk login kembali pada alamat pendaftaran, kemudian mengisi data secara lengkap dan benar serta memilih PTN yang dituju. Terakhir, bukti pendaftaran dapat dicetak (berupa tanda peserta SBMPTN) dan dibawa ketika ujian berlangsung.

c. Untuk peserta jalur mandiri pendaftaran juga dilakukan secara online melalui website masing-masing perguruan tinggi yang dituju. Hal yang perlu dicermati adalah jadwal seleksi, biaya dan cara pembayarannya serta hasil seleksi.


3. Proses Seleksi

Penyeleksian penerimaan mahasiswa baru memiliki karakteristik sendiri sesuai dengan perguruan tinggi yang dituju. Untuk penyeleksian PMDK atau SNMPTN tidak dilakukan ujian tertulis tetapi berdasarkan seleksi administrasi kelengkapan berkas dan prasyarat yang kemudian diseleksi oleh fakultas masing-masing dan ditetapkan dalam forum rapat pimpinan peserta yang lulus SNMPTN atau PMDK.

Peserta SBMPTN dan Jalur mandiri harus melalui tahap ujian tertulis, dalam tahapan ini peserta harus memilih sesuai jurusan IPA, IPS atau IPC pada tahap pendaftaran dan mengetahui jadwal dan ruang penyeleksian. Penetapan lolos tidak nya peserta penyeleksian ini didasarkan dari nilai yang diperoleh oleh peserta, apakah telah memenuhi rate sesuai dengan kuota yang disediakan tiap jurusan. Pada penentuan jurusan ada dua pilihan jurusan dan universitas sehingga ketika peserta tidak lolos pada grade pilihan pertama maka peserta akan secara otomatis di seleksi pada pilihan kedua.

4. Pengumuman

Pengumuman hasil seleksi dapat dibuka pada web http://pengumuman.snmptn.ac.id atau http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau pada website universitas masing-masing (untuk jalur mandiri). Yang perlu diperhatikan adalah tanggal pengumuman seleksi serta KAP dan PIN. KAP dan PIN tersebut digunakan untuk dapat mengakses pengumuman.

5. Pendaftaran Ulang

Setelah calon mahasiswa dinyatakan lolos mereka harus segera melakukan validasi dengan melakukan registrasi awal dan akhir pada website atau perguruan tinggi yang dituju sebagai tanda bahwa calon mahasiswa masuk pada jurusan yang dipilih sesuai seleksi. Biasanya tahap seleksi ini harus sesuai jadwal tidak boleh terlambat, karena keterlambatan dianggap tidak mengambil hasil seleksi. 

Tahapan-tahapan diatas akan dilewati oleh calon mahasiswa sebagai prosedur penerimaan mahasiswa baru. Tahapan tersebut sebagai validasi calon mahasiswa untuk mendapatkan bangku kuliah pada jurusan dan perguruan tinggi yang dituju karena tingginya animo masyarakat untuk kuliah pada perguruan tinggi tertentu, sehingga proses ini dilakukan sebagai proses seleksi dan penyaringan serta pemenuhan kuota pada perguruan tinggi favorit.

Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengarkan istilah budi pekerti. Apa itu budi pekerti ? Langsung saja kawan, dipostingan sebelumnya, saya telah membahas mengenai dampak positif lagu anak-anak dan mencoba merefesh mengenai majalah genderang dan bernostalgia dengan buku paket legendaris era 90-an, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan betapa pentingnya pendidikan budi pekerti diajarkan di sekolah.
Salah satu adegan Film Laskar Pelangi 
Menurut kamus Bahasa Indonesia budi pekerti merupakan kata majemuk dari kata budi dan pekerti. Budi berarti sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. Pekerti berarti kelakuan. Secara terminologi, kata budi ialah yang ada pada manusia yang berhubungan dengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran, rasio yang disebut dengan nama karakter. Sedangkan pekerti ialah apa yang terlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati, yang disebut behavior. Jadi dari kedua kata tersebut budipekerti dapat diartikan sebagai perpaduan dari hasil rasio dan rasa yang bermanifestasi pada karsa dan tingkah laku manusia. (sumber : wikipedia)

Budi Pekerti merupakan induk dari segala etika, tata krama, tata susila, perilaku baik dalam kehidupan, pergaulan, dan pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, penanaman budi pekerti harus ditanamakan sejak awal dalam lingkungan keluarga oleh orang tua kepada anaknya, dilanjutkan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Masih ingat kasus Sambudi, seorang guru yang dipenjarakan gara-gara cubit muridnya di Sidoarjo? Kasus tersebut mencuat setelah orang tua siswa yang berprofesi sebagai anggota TNI AD melaporkan Sambudi dengan tuduhan penganiayaan ke Polsek setempat. Padahal, masalahnya sepele yaitu sang guru (Sambudi) mencubit muridnya karena asyik nongkrong di tepi sungai saat ada kegiatan sholat berjamaah di mushola sekolah. Tidak hanya itu, kasus yang sama sebelumnya juga menimpa Nurmayanti, guru Biologi di SMP Negeri 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan yang dipenjarakan gara-gara mencubit anak Polisi.

Saya pun mencoba mengingat masa-masa merah hati (kan masih SD, jadi belum putih abu-abu). Waktu itu, di kelas 5 SD Negeri Sedahkidul teman-teman pada bermain dan ramai sendiri hingga akhirnya salah satu guru sekaligus wali kelas masuk ke kelas sambil membawa alat pemukul dari bambu yang sudah dibilah tipis dan hampir semua anak laki-laki di kelas kami terkena pukul (termasuk saya, padahal saya saat itu tidak ramai dan asyik membaca buku). Sedangkan, murid perempuan tidak satu pun yang terkena pukul ditambah satu teman laki-laki saya yang bernama Laras Suko yang kebetulan pada saat itu dia asyik tiduran jadi tidak terkena pukul. Apa boleh buat, semua sudah terjadi dan akibat terkena pukul tersebut punggung saya pun tergores serta lukanya pun membekas. Sesampainya di rumah, saya pun tidak bercerita  kepada orang tua saya tentang kejadian yang saya alami di sekolah. Meskipun terkena pukul, tidak ada satu pun murid yang melaporkan kasus pemukulan tersebut karena toh awalnya yang salah adalah kami yang ramai di kelas. Meskipun yang ramai beberapa orang, imbasnya semua anak laki-laki terkena pukul kecuali satu temanku. Itulah kisah yang saya alami ketika masa-masa merah hati yang terkena pukul dari guru kelas ketika duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar.

Kembali kepada topik pembahasan awal yaitu budi pekerti. Penanaman budi pekerti harus mengarah kepada pembentukan budi pekerti luhur anak, remaja dan orang tua sehingga budi pekerti menjadi bagian dari budaya hidup yang dilakukan manusia untuk mencapai kebahagiaan. Selaras dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional telah merumuskan 18 nilai karakter bangsa yang harus ditanamkan dalam diri peserta didik sebagai upaya membangun karakter bangsa melalui pendidikan di sekolah atau madrasah. 
Artis Film Lima Elang - Yuk, bergabung di Gerakan Pramuka !
Adapun ke-18 Nilai Karakter Bangsa tersebut meliputi : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,  semangat kebangsaan atau Nasionalisme, Cinta Tanah Air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Untuk mewujudkan karakter budi pekerti yang sesuai dengan nilai karakter bangsa tersebut saya sarankan kepada peserta didik untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah. Mengapa? Karena dengan mengikuti kegiatan kepramukaan kamu akan menemukan jati dirimu yang sesungguhnya. Bravo Pramuka Indonesia ! (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 01 September 2016

Nostalgia Bersama Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mengingat tentang masa lalu saya ketika duduk di bangku Sekolah dasar (SD). Kebetulan pada saat itu, usai mengenyam pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sedahkidul saya melanjutkan sekolah di SD N Sedahkidul Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Ketika SD saya termasuk siswa yang pendiam dan pemalu. Waktu pertama kali masuk kelas pun, saya dan beberapa temanku yang lainnya harus diantar oleh orang tua dan ditemani di dalam kelas. Jika tidak ditemani, kami pun menangis (maklum anak TK hehehe). Kondisi seperti itu tidak berlangsung lama, kurang lebih satu minggu kemudian saya sudah nggak perlu ditemani oleh orang tua ketika masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru kami (jadi malu ceritanya hehehe).
Nostalgia Bersama Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an
Setelah berjalan hampir lebih satu tahun, ketika pengumuman kenaikan kelas kebetulan saya dinyatakan naik ke kelas 2 bersama teman-teman yang lain oleh wali kelas kami. Namun, ketika masuk pertama kali di kelas 2 SD saya tidak bisa masuk karena terkena penyakit gejala Deman Berdarah (DB) dan saya pun harus dirujuk ke Rumah Sakit. Saat itu, orang tua pun membawa saya ke Rumah Sakit Umum Cepu, Blora - Jawa Tengah (kebetulan jaraknya dekat dengan tempat tinggal saya, walaupun berbeda Provinsi). Selama perawatan, saya pun ingin segera cepat sembuh agar bisa masuk sekolah dan bertemu dengan teman-teman sekelas serta Bapak/Ibu Guru SD N Sedahkidul.

Setelah dinyatakan membaik, saya pun diijinkan pulang oleh dokter. Sebelum pulang, saya pun meminta untuk dibelikan buku paket kepada orang tua saya. Sebelum pulang, saya diajak ke toko buku Pelajar untuk membeli buku paket yang saya inginkan. Saya pun akhirnya memilih dua buku paket yaitu buku paket Pandai Membaca dan Menulis 2b dan Matematika Mari Berhitung 2c. Saat itu, saya senangnya bukan main karena dibelikan buku paket oleh orang tuaku. Dalam hati saya berjanji, saya akan belajar dengan sungguh dan bisa membanggakan orang tua. Alhamdulillah nilai yang saya dapatkan ketika duduk di bangku SD hasilnya memuaskan dan membanggakan orang tuaku.

Kembali ke buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an, setiap murid dipinjami buku paket semua jenis mata pelajaran oleh wali kelas mulai dari kelas I s/d VI SD. Kewajiban murid setelah dipinjami buku tersebut adalah menjaga dan merawatnya agar tidak rusak dan bisa digunakan oleh adik kelas berikutnya. Namun, kenyataan berkata lain dan buku paket yang telah dipakai oleh kakak kelas banyak yang terlepas dan sebagai penerus periode berikutnya saya pun memperbaiki buku paket tersebut agar kelak bisa digunakan lagi oleh adik kelasku.

Kamu yang pernah menjadi anak SD generasi 90-an, masih ingat dengan buku paket pelajaran yang pernah kamu gunakan? Yuk, sejenak kita bernostalgia dengan Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an yang pernah kita pelajari seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

1. Buku Lancar Berbahasa Indonesia
Buku Paket Lancar Berbahasa Indonesia
2. Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Buku Paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Sumber Foto : di sini
3. Buku Pendidikan Kesehatan
Buku Paket Pendidikan Kesehatan Kelas 1 SD
4. Buku Matematika, Mari Berhitung
Buku Paket Matematika Mari Berhitung | Sumber Foto : di sini
5. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial
Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4
Itulah beberapa Buku Paket Pelajaran Legendaris Era 90-an yang menemani waktu belajar kita selama duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Berbeda dengan saat ini, buku - buku paket legendaris era 90-an tersebut bisa dipakai oleh adik kelas kita secara turun temurun. Tetap semangat wahai Generasi Emas Indonesia dalam menggapai mimpi dan cita-cita !! (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 31 Agustus 2016

Pentingnya Gerakan Mengantar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah

Hari pertama masuk sekolah merupakan momentum yang sangat ditunggu oleh orang tua dan anak untuk menjalani masa awal mereka dalam menempuh pendidikan formal. Segala keperluan pun harus dipersiapkan baik itu mental maupun kebutuhan anak lainnya agar mereka nyaman ketika berada di lingkungan sekolah yang baru dalam kehidupan mereka.
Kepala Desa Sedahkidul menjadi Pembina Upacara Hari Pertama Masuk Sekolah 2015
Seiring berjalannya jarum jam, tak terasa waktu liburan akhir tahun pelajaran 2015/2016 sudah berakhir. Mulai besok, tepatnya hari senin tanggal 18 Juli 2016, tahun pelajaran 2016/2017 pun dimulai. Terobosan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2015 pun akan diberlakukan lagi pada tahun 2016 yakni Gerakan Mengantar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah.

Bagi orang tua, mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama masuk sekolah merupakan langkah postif yang harus dilakukan agar keterlibatan orang tua tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi anaknya dan membangun karakter anak yang positif. Sesibuk apapun, jangan sampai terlewatkan untuk mengantarkan anak Anda ke sekolah di hari pertama masuk ke sekolahnya. 

Apa yang dapat dilakukan oleh orang tua di Hari Pertama Masuk Sekolah anaknya?

Seperti yang dikampanyekan oleh Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ada 8 hal yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendukung Gerakan Mengantar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah yaitu : 1. Mengantar anak ke sekolah. 2. Berkenalan dengan wali kelas, guru serta kepala sekolah. 3. Bertukar nomor telepon dengan wali kelas, guru dan kepala sekolah. 4. Mengapresiasi guru yang mendidik anak kita. 5. Menceritakan kondisi dan karakter anak saat di rumah. 6. Bertanya dan memberi masukkan mengenai pembelajaran satu tahun ke depan. 7. Menawarkan bantuan untuk terlibat dalam kegiatan - kegiatan penunjang pembelajaran. 8. Berkenalan dengan orang tua lainnya dan sling bertukar nomor telepon.

Selain hal tersebut di atas, berikut ini ada 9 hal penting yang harus diketahui oleh orang tua terkait #HariPertamaSekolah

1. Kemkominfo dan ID COP adalah Forum Perlindungan Anak Online yang terdiri dari KPAI, ECPAT, ICT Watch, Relawan TIK, Nawala, Sejiwa dan Fatayat NU, yakni lembaga dan organisasi yang peduli dalam menjaga keamanan anak di dunia online.

2. Kemkominfo dan ID COP mengapresiasi himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang tertuang dalam Surat Edaran No. 4 Tahun 2016 tentang #HariPertamaSekolah, yang bertujuan mendorong bertumbuhnya iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan bagi anak-anak yang akan bersekolah pertama kali, atau akan bersekolah kembali setelah berlibur panjang.

3. #HariPertamaSekolah diantar oleh orang tua selain akan menyenangkan bagi anak juga dapat menjadi pengalaman yang berkesan positif karena tentunya orang tua menjamin keamanan anak sejak berangkat dari rumah hingga tiba di sekolah.

4. #HariPertamaSekolah direspon oleh masyarakat dengan meriah, termasuk oleh berbagai elemen yang membuat perlombaan untuk mencari momen terbaik orang tua mengantar anak ke sekolah yang di upload di berbagai media sosial, baik berupa tulisan maupun foto.

5. Kemkominfo dan ID COP menghimbau para penyelenggara lomba #HariPertamaSekolah agar mempertimbangkan aspek keamanan anak dalam menentukan kriteria lomba secara online. Foto anak yang diunggah di internet baik melalui media sosial atau laman lain dapat memancing para predator anak untuk melakukan kegiatan profiling anak melalui data-data anak yang diumumkan secara online.

6. Kenangan tentang #HariPertamaSekolah memang layak diabadikan, namun memposting secara gamblang memasang profil anak (foto, alamat rumah/sekolah, nama anak, nama orang tua, nomor telepon) anak di media sosial akan membawa dampak negatif untuk keamanan anak kita sendiri.

7. Korban pedofilia sudah banyak. Kita tidak perlu tambahan korban lagi karena adanya kampanye yang melibatkan anak secara serampangan dgn mengubar data pribadi anak dan foto anak di mensos akan membuat predator anak mendapatkan kemudahan.

8. Jangan karena ingin eksis dan populer serta potensi keuntungan ekonomi, orang tua ikut kampanye #HariPertamaSekolah & justru mengorbankan keselamatan anak.

9. Hormati hak anak dengan menjaga privasi dan keamanan mereka diatas segalanya. Prioritaskan keselamatan dan keamanan anak di #HariPertamaSekolah.

Mengantar anak ke sekolah di Hari Pertama Masuk Sekolah sangat penting dilakukan. Mengapa? Pertama, mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Kedua, Mengantar bukan hanya sekedar sampai gerbang sekolah lantas pergi, mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orang tua murid lainnya. Ketiga, Hari Pertama Sekolah merupakan awal perjalanan panjang anak - anak kita di rumah keduanya.

Demikian informasi penting terkait Gerakan Mengantar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah yang harus diketahui dan dilakukan agar anak Anda terhindar dari ancaman dan bahaya di dunia maya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 17 Juli 2016


Sumber Informasi :
2. ICT Watch & Relawan TIK Indonesia

Aplikasi

[Teknologi][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done