Didik Jatmiko: Kuliner
Info Menarik
Loading...
Showing posts with label Kuliner. Show all posts
Showing posts with label Kuliner. Show all posts

Friday, November 22, 2019

Olahan Pisang dan Coklat yang Enak, Nagih untuk Keluarga

Olahan Pisang dan Coklat yang Enak, Nagih untuk Keluarga - Anda suka buah pisang? Juga suka coklat? Pastinya akan lebih asyik jika keduanya dijadikan satu makanan yang lebih enak. Pisang dan cokelat yang dikombinasikan akan menjadi kuliner yang unik sekaligus enak. Bahkan menu cemilan ini sudah dijual secara komersil dengan brand yang mulai populer.
Olahan Pisang dan Coklat yang Enak dan Nagih untuk Keluarga | Foto : resep-masak.net
Anda juga bisa mendapatinya di cafe sebagai teman nongkrong dan minum kopi. Tapi jika ingin membuatnya sendiri, berikut ini ada banyak contoh cemilan dari pisang dan coklat yang bisa menjadi referensi berikut ini.

Dadar gulung

Merupakan makanan tradisional yang hingga sekarang sangat disukai. Beri perasa cokelat untuk kulitnya lalu hidangkan dengan saus cokelat.

Es pisang

Merupakan cemilan yang enak dan menyehatkan bagi anak-anak. Anda bisa membuatnya dari pisang yang ditusuk menggunakan stik lalu mencelupkannya pada cokelat leleh. Biarkan cokelat membeku di lemari es sebelum menghidangkannya.

Lunpia pisang

Membuatnya lebih mudah dari membuat lunpia biasa. Kulit lunpia diisi dengan pisang yang telah dipotong serong. Kemudian digoreng hingga matang. Sajikan dengan saus cokelat yang diteteskan di atasnya.

Pisang goreng

Suka pisang goreng? Kini ada cara yang lebih asyik untuk menikmatinya yaitu dengan menggoreng pisang dan mengolesinya dengan cokelat pasta atau cokelat cair.

Pisang bakar

Menu ini biasa disajikan di cafe dengan cara membakar pisang terlebih dahulu kemudian memberikan saus atau pasta di atasnya.

Karamel.

Pisang karamel pasti enak untuk cemilan di siang hari. Apalagi dipadukan dengan pasta cokelat yang manis dan gurih.

Pisang nugget.

Pisang dipotong-potong kemudian di celupkan di tepung panir, lalu digoreng. Olesi dengan pasta cokelat sebelum disajikan.

Dengan berbagai pilihan menu di atas, Anda akan semakin suka makan menu tersebut di rumah. Untuk mendapatkan bahan dan harga coklat yang dibutuhkan, Anda bisa memesannya secara online di TokoWahab yang menyediakan berbagai jenis dan merk cokelat terbaik. Selain cokelat, ada juga bahan pembuat kue lainnya dengan harga terjangkau. (gb)

Tuesday, August 6, 2019

Unboxing Kue Gandjel Rel yang Legendaris dari Semarang

Unboxing Kue Gandjel Rel yang Legendaris dari Semarang - Berkunjung ke salah satu daerah, kurang lengkap jika tak menikmati kuliner khasnya. Iya nggak? Tanggal 30-31 Juli 2019, saya beruntung bisa menghadiri event bergengsi yang digelar oleh @infokompolhukam dan @bplus_com di Gumaya Tower Hotel Semarang. 

Unboxing Kue Gandjel Rel yang Legendaris dari Semarang
Event tersebut diikuti oleh vlogger hitsnya Semarangan dan beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah seperti Pemalang, Kendal, Jepara dsb.

BACA JUGA : Egg Roll Waluh Khas Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah

Selain loenpia, ternyata Semarang memiliki kue legendaris lho yaitu Roti Gandjel Rel. Ciri khas dari roti ini yaitu ada taburan wijen di bagian atasnya. Dilihat dari namanya, Gandjel (bahasa jawa) memiliki arti sebagai pengganjal. So, buat kamu yang lagi lapar cocok banget untuk menikmati kue yang memiliki rasa khas karena menggunakan bahan rempah cukup kuat.

Oh ya kue ini biasanya ada jelang bulan ramadhan tiba yakni saat peringatan tradisi Dugderan di Semarang. Seiring berjalannya waktu, inovasi terus dilakukan untuk menarik minat anak muda agar mencintai kue legendaris ini yaitu semula teksturnya keras, kini dibuat agak lebih lembut.

Kini, Ganjel Rel memiliki cita rasa yang gurih dan empuk dengan aroma rempah dari kayu manis. Itulah ciri khas Ganjel Rel terbaru hehehehe.

Oke langsung saja, kita unboxing Roti Gandjel Rel ya. Saya mendapatkan kue ini dari teman blogger Semarang, sebut saja namanya Uniek Kaswarganti. Saksikan videonya di bawah ini!


Demikian informasi mengenai Roti Gandjel Rel khas Semarang. Semoga bermanfaat

Saturday, May 4, 2019

The Pits Kitchen Bojonegoro Bikin Nongkrong Makin Seru, Instagramable Banget!

The Pits Kitchen Bojonegoro Bikin Nongkrong Makin Seru, Instagramable Banget! - Halo Pembaca setia blog didikjatmiko.com? Apa kabar nih, semoga baik dan bahagia selalu. Amiin. Dalam kesempatan ini, Saya mau berbagi informasi menarik mengenai tempat nongkrong asyik dan modern di Bojonegoro. Berbicara tentang nongkrong, paling asyik tuh nongkrongnya di cafe. 
Peresmian The Pits Kitchen Bojonegoro
Di Bojonegorop sendiri sudah banyak bertebaran cafe baik itu yang berada di seputaran kota dan di seluruh penjuru wilayah Kota Ledre. Bagi kamu yang kebetulan sedang berlibur atau berkegiatan di Kabupaten Bojonegoro, jangan lupa mampir dan nongkrong di The Pits Kitchen Bojonegoro.

The Pits Kitchen Bojonegoro baru saja diresmikan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 lalu. Kebetulan saat itu, Saya diajak untuk menghadiri launchingnya oleh sahabatku Penyiar Radio Bass FM sebut saja namanya Dhika. Penasaran kan? Oh ya buat yang penasaran simak penjelasan dari Ibu Leni berikut ini. 

PITS memiliki sebuah makna lubang tempat berkumpul sehingga kita berharap PITS Kitchen akan menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bojonegoro dan menjadi tempat untuk berkumpul nongkrong bersosialisasi.

Kitchen sendiri memiliki makna dapur sehingga kami ingin menyampaikan bahwa PITS Kitchen merupakan tempat makan dengan cita rasa dapur atau cita rasa local. Dapur merupakan tempat dimana masakan dibuat dengan hati sehingga PITS Kitchen memiliki arti tempat berkumpul dengan makanan enak yang dibuat dari hati.

Ide awalnya adalah karena melihat sebuah kesempatan dimana di Kota Bojonegoro belum ada Cafe anak muda untuk nongkrong instagramable yang menggunakan AC dan juga melihat keinginan anak muda-mudi di Bojonegoro yang menginginkan tempat makan Steak yang berkelas tetapi memiliki harga yang terjangkau sehingga lahirlah PITS Kitchen. 

PITS Kitchen sendiri menggabungkan hidangan Steak ala ke barat-baratan dengan taste atau cita rasa Indonesia sehingga dapat diterima oleh konsumen di Bojonegoro. Melihat juga perkembangan ekonomi di Bojonegoro yang semakin meningkat membuat ide dari Pits Kitchen menjadi terealisasi sehingga berdirilah PITS Kitchen Bojonegoro.
Selamat dan Sukses Atas Diresmikannya The Pits Kitchen Bojonegoro
Usai mendengarkan paparan mengenai The Pits Kitchen Bojonegoro. Kami pun dipersilakan untuk menikmati hidangan steak yang telah disiapkan. Rasanya benar-benar nikmat dan cocok buat lidah lokal Indonesia. The Pits Chiken buka mulai pukul 11.00 sampai 22.30 WIB dan berlokasi di Jalan Basuki Rahmad 42A Kota Bojonegoro. Sajian menu yang disajikan pun bervariasi dan layak untuk dicoba.

Salam bahagia dari Bojonegoro
@kakdidik13

Thursday, November 29, 2018

5 Kuliner Kota Cepu yang Agak Ekstrim, Berani Coba

didikjatmiko.com - Cepu, sebuah kecamataan di kabupaten Blora, menyimpan ragam kuliner yang enak dan unik. Yang paling terkenal memang nasi pecelnya yang pedas. Namun selain itu ada setidaknya 5 kuliner yang masuk kategori makanan agak ekstrim.

5 Kuliner Kota Cepu yang Agak Ekstrim, Berani Coba
Sebenarnya kelima makanan ini juga ditemui di daerah lain di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Karena sudah begitu melekat dengan kehidupan sehari-hari orang Cepu, maka lambat laun menjadi bagian dari identitas kuliner Cepu.

Emput

Tahun 90an emput sering dijual di sekolah-sekolah dasar dan termasuk salah satu jajanan yang disukai. Makanan ini terbuat dari jagung sangrai yang ditumbuk halus dan dicampur dengan gula halus. Cara makannya dikulum dan dikunyah, baru ditelan.

Lalu bagaimana makanan yang sederhana ini bisa menjadi agak ekstrim?

Saat jam istirahat siswa SD kerap membeli emput untuk digunakan sebagai perang-perangan. Mereka memasukkan emput ke mulut lalu menyemburkannya ke teman mereka. Semburan itu bisa mengenai wajah, baju, atau kepala dan adakalanya bercampur ludah.

Emput ini selain menjadi jajanan anak-anak juga sebagai cemilan orang tua yang sudah tidak kuat mengunyah atau tidak punya gigi.

Mindhik

Mindhik adalah biji dari buah pohon trembesi. Buah trembesi yang berjatuhan dipungut lalu dipukul-pukul dan dikeluarkan bijinya. Setelah itu bijinya disangrai sampai matang dan bisa dimakan.

Cemilan ini rasanya gurih meski tidak dikasih garam, dulu sering dimakan sambil nonton wayang atau ketoprak. Cara memakannya seperti makan kwaci, dikupas dulu kulitnya baru bijinya dimakan. Tapi ada juga yang suka makan sekaligus dengan kulit bijinya.



Mindhik ini menjadi agak ekstrim karena efek setelah memakannya. Kamu akan sering buang angin berbau busuk yang bisa mengganggu orang lain.

Di Cepu pohon trembesi disebut pohon meh, bunganya yang indah disebut maling. Dari situ muncullah kalimat “mindhik-mindhik meh maling” yang artinya mengendap-endap hendak mencuri.

Jembrot

Jembrot adalah botok/pepes yang dibuat dari daun sembukan. Dicampur kelapa dan bumbu-bumbu lalu dikukus, ada juga yang suka memanggangnya di atas arang setelah dikukus. Rasanya enak, gurih, cocok buat lauk nasi biasa atau nasi jagung.

Daun sembukan dikenal mempunyai bau tak sedap seperti bau kentut. Setelah dimakan pun efeknya seperti makan mindhik, kamu akan buang-buang angin. Namun dibalik kejorokannya itu, daun sembukan juga mempunyai manfaat obat.

Enthung

Enthung adalah sebutan masyarakat Cepu untuk kepompong ulat pohon jati. Di musim kemarau ulat-ulat memakan daun jati, lalu di awal musim hujan mereka menjadi kempompong dan berjatuhan ke tanah.

Saat itulah orang-orang mulai berburu enthung di hutan jati. Enthung yang didapat biasanya dimasak tumis dan dijadikan lauk. Tapi ada juga yang memasaknya sebagai sayur lain bahkan dibuat rempeyek.

Bagi yang tidak biasa, makan enthung akan menimbulkan rasa geli bahkan jijik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa terserang gatal-gatal di sekujur tubuh karena alergi terhadap enthung. Gatalnya awalnya berupa bintul-bintul di badan lalu semakin membesar menutupi tubuh sehingga tubuhmu terasa bengkak.

Laron

Laron adalah rayap yang bersayap dan muncul di awal musim penghujan. Mereka berbondong-bondong beterbangan mendekati sumber cahaya.

Saat musim laron, dulu biasanya orang menyiapkan baskom besar berisi air. Di tengahnya diberi semacam tatakan untuk lampu teplok (lampu minyak tanah). Saat malam tiba, lampu-lampu di rumah dimatikan sehingga laron mendekati lampu teplok dan terjebak ke dalam air.

Laron yang terkumpul cukup banyak lalu diolah menjadi bermacam makanan seperti rempeyek, tumis, dan botok. Rasanya enak gurih dan kaya protein.

Seperti juga enthung, ada orang yang jijik makan laron, dan laron juga bisa menyebabkan gatal-gatal karena alergi.

Setelah baca tulisan di atas, kamu jadi kepingin coba atau malah jijik? Kalau tertarik, datanglah ke Cepu, di sana banyak penginapan yang bagus dan makanan enak lainnya seperti Egg Roll Waluh Khas Cepu Kabupaten Blora Jangan lupa mampir ke rumahku di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, dekat hanya lima belas hingga dua puluh menit dari Cepu. [gb/pur]

Sunday, November 25, 2018

Suka Ngopi Setiap Hari? Ini Dia Manfaat yang Akan Anda Rasakan

didikjatmiko.com - Ngopi adalah salah satu lifestyle pria masa kini yang banyak digandrungi. Baik itu bapak-bapak, sampai muda-mudi. Sejauh ini, pemuda yang keseringan minum kopi. Kebiasaan ini sebenarnya baik untuk tubuh. Dengan catatan, Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika berlebihan, sudah pasti masalah kesehatan akan terjadi.

Ada Solusi di Warung Kopi - BicaraKopi
Supaya tidak terjadi masalah kesehatan, biasakan minum kopi sewajarnya saja. Bagi yang terbiasa minum kopi secara cukup, Anda akan mendapatkan manfaat berikut ini!

Gula Darah Stabil untuk Orang Tertentu

Bagi orang-orang yang memiliki gula darah rendah, kopi di pagi hari nampaknya cukup bagus. Senyawa di dalam kopi akan merangsang gula dalam darah kembali normal.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena kopi juga bisa meningkatkan kolesterol. Peningkatan kolesterol inilah yang membuat seseorang jatuh sakit.

Fokus Lebih Terjaga

Tidak dipungkiri bahwa kopi juga berguna untuk membuat otak lebih terjaga konsentrasinya. Secangkir kopi di pagi hari sudah cukup untuk menyiagakan otak.

Orang yang terbiasa ngopi punya kemampuan berkonsentrasi lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh stimulus kopi itu sendiri.

Bilamana orang menghentikan kebiasaan ini, biasanya fokusnya akan menurun. Otak belum bisa bekerja normal seperti biasanya. Normalnya, otak akan bekerja maksimal setelah mampu menghentikannya selama beberapa hari.

Selain fokusnya terjaga, penikmat kopi juga lebih mudah mengingat sesuatu. Daya ingatnya lebih tajam. Meskipun sudah memasuki usia senja, penikmat kopi masih memiliki ingatan yang kuat. 

Emosinya Stabil

Perlu dipahami bahwa kopi tidak selamanya buruk untuk kesehatan. Kebiasaan ini bisa diteruskan bilamana tubuh tidak mengalami masalah kesehatan. Bila mengalami masalah kesehatan yang menuntut penghentian ngopi, baiknya dihentikan.

Tapi jauh sebelum ada masalah kesehatan, kebiasaan ngopi ini bagus untuk meningkatkan mood seseorang. Emosinya lebih stabil ketimbang orang yang tidak pernah ngopi.

Alasan utamanya adalah bertambahnya hormon adrenalin dalam darah. Secara tidak langsung, kondisi ini meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Ketika seseorang meningkat kewaspadaannya, seseorang akan mampu berfikir lebih logis. Emosinya tidak meluap-luap. Penikmatnya bisa mengendalikan emosinya dan tidak mudah marah.

Tidak hanya itu saja, kopi juga membuat penikmatnya lebih produktif di dunia kerja. Setidaknya, penikmatnya akan terhindar dari rasa kantuk. Hilangnya rasa kantuk inilah yang akan membuat penikmatnya mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Itulah kelebihan dari kebiasaan minum kopi. Selagi tubuh Anda tidak bermasalah dengan penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk minum kopi. Karena ngopi adalah Lifestyle Pria sejati. [gb/kopi]

Saturday, November 17, 2018

Kuliner Bojonegoro : Mie Ayam Pelangi Hadir di Kaitidu

Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi ciptaan Tuhan

Itulah lirik lagu anak-anak yang diajarkan guruku ketika aku masih Sekolah Dasar (SD). Lagu tersebut tentunya sangat disenangi oleh anak-anak. Kebanyakan orang mengira bahwa pelangi itu hanya ada di langit. Tapi tidak untuk yang satu ini. Sekarang kita bisa menemukan pelangi dimana saja, mulai dari pakaian, buku dan makanan ada. Di era modern ini semua orang suka yang berwarna-warni. Sudah nggak jaman satu warna. Semua serba pelangi. So, jadikan hidup ini lebih berwarna.

Kuliner Bojonegoro - Mie Ayam Pelangi Hadir di Kaitidu.jpg
Aku dan kawanku @edysupraeko mampir di salah satu warung kuliner di Kalitidu. Sebut saja namanya "Mie Pelangi". Pelopor mie warna alami di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Kuliner yang dikenal dengan branding Mie Pelangi ini hadir di Jalan Raya Bojonegoro - Cepu, tepatnya di sebelah barat jembatan Kalitidu. Usaha kuliner yang ditekuni oleh Mas Zainal (Mas Zen) ini baru berdiri kurang lebih 5 bulan di Kalitidu. Sebelumnya Mas Zainal menekuni usahanya tersebut di Malang, Jawa Timur.

JANGAN LUPA MENCOBA : Egg Roll Waluh Khas Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengh

Mie Pelangi merupakan mie yang terbilang unik. Mengapa? Selain terbilang unik karena warna-warni, kebanyakan orang sering menjumpai mie hanya satu warna, kuning. Mie Pelangi menyajikan sajian kuliner berwarna-warni. Jangan takut dan khawatir, warna Mie Pelangi bukan berasal dari bahan pewarna tekstil. Warna Mie Pelangi terbuat dari sayuran seperti Bayam, Ketela Ungu, Waluh dan sebagainya. Resep Mie Ayam (baca di : https://selerasa.com/aneka-bumbu-dan-cara-membuat-mie-ayam-kampung-spesial) Pelangi juga bebas dari bahan pengawet makanan. Jadi aman dan sehat untuk dikonsumsi. Masalah rasa dan porsi sepertinya hampir sama dengan kebanyakan mie ayam, yang membuat unik ialah warna mienya.

Usaha kuliner Mie Pelangi Mas Zainal menyediakan berbagai menu mie seperti Mie Ayam Hijau Bayam, Mie Ayam Telo Ungu, Mie Ayam Kuning Waluh, Mia Ayam Spesial Pentol & Somay, dan Nasi Goreng. Sedangkan minumannya ada dua jenis : minuman dingin dan hangat. Minuman dingin meliputi : es teh manis, es jeruk, es Joshua, es mega mendung, es sogem (soda gembira), dan sebagainya. Sedangkan minuman hangat terdiri dari teh hangat, jeruk hangat, kopi, kopi susu, dan sebagainya. Untuk harga bervariasi kisaran Rp. 6.000,- s/d Rp. 8.000,- (makanan) dan Rp. 2.000,- s/d Rp. 6.000,- (minuman). 

Seperti apa rasanya Mie Pelangi? Penasaran, langsung saja ajak keluarga, sahabat dan pacar Anda untuk menikmati menu kuliner unik ini. Informasi Pemesanan hubungi : Mas Zainal/Zen 085730884724 #panganlokal . [@kakdidik13]

Tuesday, November 6, 2018

Kriuknya Makaroni Brayy Bikin Jatuh Cinta

Kriuknya Makaroni Brayy Bikin Jatuh Cinta - Apa kabar nih pembaca setia blog kakdidik? Baik kan, semoga baik-baik saja ya. Oh ya, apakah kamu gemar ngemil di malam hari? 

Penyebab kegemukan selalu identik dengan yang namanya makan cemilan, apalagi menyantapnya saat menjelang waktu tidur malam. Eits, Kamu nggak perlu khawatir karena ternyata ada juga cemilan yang nggak bakal membuat berat badanmu bertambah dan tubuh menjadi gendut lho. Apa itu, penasaran?
Kriuknya Makaroni Brayy Bikin Jatuh Cinta
Beberapa hari yang lalu, Saya menerima paketan dari teman blogger yang tinggal di Bandung. Kebetulan paketan itu diantar langsung oleh petugas JNE ke rumahku. Setelah kubuka, ternyata isinya adalah Cemilan Khas Bandung yang bernama Makaroni Brayy. Terima kasih ya udah dibelikan Makaroni Brayy.

Oh ya, Makaroni Brayy ini berasal dari Cinunuk, dibuat pertama kali oleh Asep Sudarman pada tahun 2016. Selain sebagai sebuah usaha mencari penghidupan, pembuatan makaroni brayy ini dimaksudkan oleh pemiliknya untuk membiayai orang tua, dirinya dan juga istrinya berangkat ke tanah suci. Semoga niat yang tulus ini dikabulkan oleh Allah SWT. Amiin. 

Ada 3 varian rasa yang dikirim yakni Makaroni Brayy rasa Keju, Makaroni Brayy rasa Pedas Bawang Jeruk dan Makaroni Brayy rasa Pedas Seblak.

Saya pun jatuh cinta sama kriuknya dan tertarik untuk mencoba yang rasa Pedas Bawang Jeruk. Setelah kubuka bungkus Makaroni Brayy rasa Pedas Bawang Jeruk ternyata isinya sangat menggoda lidah gaes, rasa bawangnya ditambah irisan daun jeruk kerasa banget dan kriuk-kriuknya itu lho bikin gregetan hehehe. 



Makaroni Brayy ini diolah secara higienis dengan menggunkan bumbu rmpah-rempah pilihan yang alami sehingga kriuknya terasa gurih pedas dan bikin baper. Untuk rasa pedasnya nggak pedas banget, pas sekali dan nggak bikin leher menjadi panas. Urang Bandung mah benar-benar kreatif dan jago menciptakan aneka cemilan yang cetar membahana.

Satu bungkus Makaroni Brayy ini dijual dengan harga Rp. 15.000 / pack dengan isi 110 gram. Kemasannya sangat elegan, kreatif, inovatif, kekinian, tidak asal-asalan dan sangat informatif. Dalam kemasannya sudah tertera sertifikat halal MUI (LP POM MUI No. 01101193060717) dan nomor Dinkes P-IRT No. 2063204012484-21 lho. Jadi, pemilik Makaroni Brayy ini benar-benar serius dalam mengembangkan usahanya.

Kalau mau beli dimana kak Didik?

Buat pembaca setia blog didikjatmiko.com yang penasaran ingin mencicipi Makanroni Brayy ini bisa memesannya di sini : Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung yang Bikin Jatuh Cinta.

Nah, kalau kamu jatuh cinta sama orang Bandung. Jangan lupa, kalau ke Bandung beli oleh-oleh Makaroni Brayy ya gaes. Selamat mencoba dan menikmati Makaroni Brayy gaes. [kakdidik13]

Tuesday, October 23, 2018

Bersantai di Rumah? Delivery Order Burger King Aja!

didikjatmiko.com - Bagi sebagian orang, menghabiskan akhir pekan dengan bersantai di rumah adalah sebuah ‘prestasi’. Saya salah satunya. Setelah kesibukan padat lima hari ke belakang, terkadang hal yang ingin dilakukan hanyalah rebahan di sofa sambil menonton serial TV favorit. Sebab jangankan beraktivitas, untuk sekadar keluar kamar kosan pun rasanya sudah enggan.
Delivery Order Burger King Aja!
Maka beruntungnya saya hidup di tahun 2018, karena mau pesan makanan apa saja sudah gampang. Cukup Delivery Order, langsung diantar tanpa perlu susah-susah bepergian, cari-cari teman, antre, bayar parkir, atau menerjang kemacetan. Nah, salah satu ‘teman’ makan favorit saya adalah Burger King. Alasannya simpel kok: lokasinya strategis, rasanya super lezat, porsinya memuaskan, dan banyak promo!

Dari sekian banyak varian menu Burger King, yang paling sering saya pesan adalah Double BBQ Beef Rasher. Kombinasi daging panggang, lelehan keju Amerika, dan saus BBQ sukses bikin ketagihan! Di setiap gigitan, terasa sekali rasa gurih, renyah, dan juicy yang khas, cocok jadi teman nonton film action atau malah komedi (lho?). Tentu tidak lupa saya memesan french fries atau chicken nugget sebagai camilan. 

Menu Burger King kedua kesukaan saya adalah Whopper® Sandwich, si signature andalan yang serba ‘pas’--dagingnya pas, sayurnya pas, sausnya pas, serba pas deh nikmatnya! Saya biasanya pilih Whopper® kalau sedang ingin sedikit ‘bertualang’, karena menu Burger King ini terdiri dari isian yang cukup lengkap, mulai dari daging, tomat, selada, hingga potongan bawang. Bikin rasanya jadi kaya!



Tunggu! Terus gimana kalau lagi kere? Sendirian, tidak punya uang, dan kelaparan di kosan. Kondisi macam apa itu? Eits, jangan gundah jangan risau, buka aja website Delivery Order-nya Burger King dan coba tengok bagian Promo Hari Ini. Niscaya kamu akan yakin bahwa keajaiban itu beneran nyata!

Promo pertama, ada sederet kupon bulanan yang salah satunya, bikin harga paket berisikan 1 Whopper Jr.®, 1 Cheeseburger, 1 kentang goreng, dan 1 Coca-Cola jadi… 40 ribu rupiah saja saudara-saudara! Sungguh Promo Hari Ini yang luar biasa! Jadi buat kamu yang lagi mager ke mana-mana, tinggal ajak teman buat patungan Delivery Order paket ini. Murah dan kenyang!

Ada juga, nih, paket berisi 2 burger yang bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp60.000. Pilihannya macam-macam, lho. Ada 2 Whopper®, 2 Cheeseburger, 2 Quattro Tendercrisp™, 1 Whopper® dan 1 Cheeseburger XL, 1 Whopper® dan 1 Quattro Tendercrisp™, hingga 1 Cheeseburger XL dan 1 Quattro Tendercrisp™. Masih terlalu mahal? Oh, tenang. Ada juga yang harganya Rp30.000 dengan pilihan 2 Whopper Jr.®, 2 Cheeseburger, atau 1 Whopper Jr.® dan 1 Cheeseburger. *Slurp!*

Promo Hari Ini : elivery Order Burger King Aja!
Jangan lupa! Selain burger, Promo Hari Ini Burger King juga menyediakan paket nasi dan ayam goreng crispy yang rasanya gak kalah jagoan! Ada Paket Berdua, di mana kamu bisa dapat 4 ayam, 2 nasi, dan 2 minum cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp60.000,- saja. Hmm, yakin nih ga mau ajak gebetan? Hehehe...

Gimana? Udah tau mau milih menu Burger King apa kalau lagi bersantai di akhir pekan? Kala udah, langsung delivery order Burger King aja! Oh iya, kalau mau tau lebih lengkap tentang Promo Hari Ini, bisa langsung kunjungi situs Burger King langsung, yaa.

Selamat berakhir pekan dengan ceria! Jangan lupa, sebentar lagi Senin...

Friday, August 10, 2018

Ngobrol Strategi Pengembangan UMKM bareng Pemilik tongkatpericraft.com dan Kedai EBE

didikjatmiko.com - Seminggu yang lalu tepat hari Jum'at tanggal 03 Agustus 2018, saya dan sahabatku Edy Supra Eko dari Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Kabupaten Bojonegoro berkesempatan untuk bersilaturrahim dan mengunjungi Kedai EBE milik mbak Nofika yang berada di samping Sekolah Dasar (SD) Negeri Karang Pacar Kecamatan Bojonegoro.  Sebelum bercerita tentang Kedai EBE, bagi yang belum kenal sama mbak Nofika akan saya kenalkan sekilas tentangnya. 

Ngobrol Strategi Pengembangan UMKM bareng Pemilik tongkatpericraft.com dan Kedai EBE
Nofi Eka Suryani, demikianlah nama lengkap perempuan yang aktif sebagai salah satu penggiat Asosiasi UMKM Kabupaten Bojonegoro. Sehari-hari, perempuan berjilbab ini menekuni usaha kreatif yang digelutinya sejak tahun 2015 dan diberi label "Tongkat Peri Craft".

Tongkat Peri Craft merupakan salah satu bisnis kreatif di Kabupaten Bojonegoro yang melayani beraneka jenis jasa seperti jasa pembuatan hantaran, kreasi mahar pernikahan, souvernir, handmade, wedding organizer, dan pelatihan kerajinan. Untuk lebih detailnya silakan dibaca di blog atau websitenya www.tongkatpericraft.com

Barangkali teman-teman ada yang mencari jasa pembuatan hantaran dan souvernir pernikahan, langsung saja pesan di Tongkat Peri Craft. Dijamin hasilnya tidak mengecewakan. Terkait ongkos, bisa dibicarakan terlebih dahulu sama yang punya alias mbak Nofi Eka Suryani melalui akun whatsappnya di 082143186427. 

Saat itu, kami pun asyik ngobrol seputar bisnis dan strategi pengembangan UMKM sambil ditemani hidangan pisang krispi aneka topping, pisang madu dan kopi yang disuguhkan oleh mbak Nofika. Dalam obrolan ini yang perlu digaris bawahi yakni tentang pentingnya website atau blog bagi seorang pengusaha untuk mengembangkan usaha di era yang serba online ini.  

"Tidak dipungkiri bahwa saya sering mendapat orderan mahar, hantaran, dan aneka macam kerajinan dari luar kota dan luar pulau juga dari website www.tongkatpericraft.com ini," ucapnya penuh bersemangat.

Saya pun saat itu juga sharing tentang pentingnya sebuah blog atau website untuk promosi dan personal branding. Kita bisa menulis dan bercerita tentang produk yang dikembangkan, misalnya blog kita menceritakan tentang produk olahan pisang, ya kita ceritakan tentang olahan pisang baik itu dari segi rasa maupun kelebihan lain yang dimiliki. 

Nofi Eka Suryani Pemilik Kedai EBE dan TongkatPeriCraft.com
Sebelum berpamitan, biar rasa penasaran saya ini terobati saya pun bertanya kepadanya. "Kenapa namanya Kedai EBE, kok nggak Kedai Banana atau nama lainnya?," ucapku padanya. 

Ia pun langsung bercerita, sebenarnya nama kedai ini nggak istimewa banget. Berawal dari saat itu ia iseng membuat kreasi olahan pisang bareng tetangganya. Kemudian ada yang nyeletuk bilang "enak betul". Nah dari situlah, akhirnya ia menamakan kedainya dengan nama "Kedai EBE alias Kedai Enak Betul". 

Kedai EBE menyediakan aneka snack sehat dan jenis olahan pisang seperti pisang krispi original, pisang krispi aneka topping (Pipitop), otak-otak krispi, sempol, roti bagong, sosis, dan burger. Untuk harga bervariasi antara Rp 1.000 hingga Rp 12.000,-.

Bagi yang penasaran dengan aneka olahan pisang Kedai EBE langsung saja datang ke alamatnya di sampingnya SD N Karang Pacar Kecamatan Bojonegoro. (@kakdidik13)

Monday, July 23, 2018

Donat Gandum Lumer di Kota Cimahi

didikjatmiko.com - Kalian bosen sama donat yang gitu-gitu aja? Pengen nyobain donat yang luar biasa? Ya, Donat Lumer Cimahi solusinya. Donat Lumer Cimahi ini dibuat dari bahan gandum yang dibakar yang membuat tekstur donatnya itu lembut tidak kering seperti donat lainnya yang digoreng yang menyebabkan teksturnya menjadi agak keras dan warna pun agak kehitaman.

Donat Gandum Lumer di Kota Cimahi
Donat lumer Cimahi ini tidak kalah enak dan populernya dari donat lain yang sudah memiliki brand. Malahan donat ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu rasa dan toping yang lumer menjadikan donat ini digemari oleh banyak orang.

Donat Lumer ini memiliki varian rasa diantaranya donat gandum chocoalmond, donat gandum greentea, donat gandum strawberry, donat gandum manggo, dan donat gandum tiramisu.

Cara Mendapatkan Donat Gandum Lumer Cimahi



Kalian bisa menemukan donat gandum lumer cimahi ini di cafe Coffee n’Friends yang beralamat di jalan Encep Kartawira no. 165. Karena disini bisa delivery order wilayah Cimahi kalian bisa menghubungi ke no telepon (022) 662928 bahkan kalian bisa kepoin IG : Coffeenfriends1. Cafe ini buka dari jam 09.00 – 22.00 WIB. Dan untuk pemesanan yang diluar Cimahi belum terdaftar, jadi kalian dianjurkan untuk datang dan merasakan sensasi makan donat lumer di tempat.

Sebenarnya donat gandum lumer cimahi ini bukan menu utama di Coffee n’Friends, namun berkat masyarakat kota Cimahi yang menggemari donat ini menjadikan donat pun menu favorit. Nah untuk menu favorit yang ada di Coffee n’Friends sendiri yaitu ada Coffee dan Pizza tungku.

Bukan hanya menu – menu nya saja yang menjadi favorit disini, bahkan tempatnya pun menjadi pilihan untuk dijadikan perkumpulan teman-teman, gengs, keluarga, komunitas dan masih banyak lagi. Kenapa demikian? Tentu saja karena suasana cafe yang sejuk, bersih, fasilitas yang diberikan cukup kumplit seperti terdapat mushola, tempat parkir, toilet bahkan WiFipun disediakan. Tak terlupakan juga majalah dan game teman saat meminum coffee. Karena tempatnya yang instagramable cafe ini dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan prawedding, foto produk, bahkan sampai acara ulang tahun.

Inilah Donat Gandum Lumer di Kota Cimahi
Berapa harganya kak? Nah, untuk donat gandum lumer cimahi ini mulai dari Rp.5000,- loh. Murah banget kan sejajar dengan donat yang udah terkenal lainnya. Yakin gak penasaran sama donat yang lumer dan teksturnya lembut kaya gitu? 

Mending coba dan rasain dulu deh! Kalian bisa dateng langsung ke Coffee n’Friends dijamin nggak akan terlupakan si lumernya greentea dan pasti deh lagi dan lagi.

Nggak usah khawatir akan si manisnya tiramisu, kalian bisa memesan pizza sebagai pemecah rasa dan tentunya membutuhkan minum kan? Kalian bisa langsung pesan berbagai macam minuman mulai dari yang cita rasa kopi yang khas, manis, dan asem. Lengkap sudah makan di Coffee n’ Friends. [gb/fit]

Wednesday, March 21, 2018

Ketagihan Menikmati Kuliner Ikan Gloso Warung Semok Mbak Sum Bojonegoro

Ketagihan Menikmati Kuliner Ikan Gloso Warung Semok Mbak Sum Bojonegoro - Untuk menghilangkan rasa jenuh, kami berlima (Athok, Edy Supra Eko, Sindhu Yulita, Teh Ani dan saya sendiri) menghabiskan waktu mengunjungi salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Bojonegoro yaitu Waduk Pacal. Sebelum menuju waduk pacal, kami terlebih dahulu mampir sejenak di warung makan fenomenal sebut saja namanya Warung Semok Mbak Sum.

Berwelfie ria dulu, sebelum menikmati hidangan ikan gloso
Warung yang terletak di akses menuju Nganjuk ini menyajikan hidangan ikan gloso dan ikan segar lain khas dari perairan waduk pacal.  Penasaran dengan rasa olahan ikan gloso yang terkenal gurih dan lezat ini? Jika berkunjung ke Bojonegoro, jangan terlewatkan untuk mampir ke Warung Semok Mbak Sum yang berada di ujung Selatan Kabupatan Bojonegoro. Lokasinya berada di tengah-tengah hutan berdekatan dengan Jembatan Kedungjati Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang.

BACA JUGA : Egg Roll Waluh Khas Cepu Kabupaten Blora

Setibanya di lokasi, mobil pun diparkir dan kami bergegas menuju warung sederhana berdinding anyaman bambu yang membuat pengunjung merasa ketagihan akan cita rasa ikan gloso, nasi jagung dan sambal kemanginya. Selain ketagihan rasanya, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan rerimbunan pohon jati nan hijau.

Campur jadi satu, ada ikan wader, ikan gloso dan udang
Pilihan menu yang disajikan di warung ini pun bervariasi, dihidangkan dengan konsep prasmanan. Lima porsi ikan gloso pun kami pesan. Sambil menunggu ikan glosonya datang, kami mengambil nasi sendiri sesuai selera, ada nasi jagung, nasi putih dan nasi tiwul lalu menunggunya di bawah pohon asem yang sejuk karena semilir angin sepoi-sepoi.

Jika baru pertama kali datang ke warung ini, dijamin pasti Anda ketagihan akan masakan khas yang bercita rasa menggoyang lidah. Setiap hari, warung semok mbak Sum ini dipadati oleh pengunjung yang datang dari berbagai penjuru. Ada pula yang cuma sekadar mampir makan, ada juga yang memang penasaran ingin mencicipi makan di tempat terbuka. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 15 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu porsi makanan yang disajikan di Warung Semok Mbak Sum.

Yuk berwisata ke Bojonegoro dan nikmati wisata kulinernya !
Ikan gloso yang kami pesan pun datang, tanpa menunggu lama usai mengabadikannya melalui kamera handphone, kami pun bergegas menikmati ikan gloso yang disajikan dengan sambal kemangi nan lezat ini. Puas menikmati hidangan ikan gloso, kami pun bergegas menuju ke waduk pacal. [kakdidik13]

Wednesday, December 6, 2017

Menikmati Pempek Nony 168 Depan Hotel Novotel Palembang

Menikmati Pempek Nony 168 Depan Hotel Novotel Palembang - Setelah googling dan mencari tahu beberapa tempat yang menarik di Palembang. Kemudian bertanya pada driver grab yang kami tumpangi itu bilang di Palembang tidak ada tempat wisata selain Jembatan Ampera yang memang menjadi ikon Kota Palembang. Ya sudahlah, lagian perjalanan kali ini bukan untuk jalan-jalan atau liburan yah hehehe.

Menikmati Pempek Nony 168 Depan Hotel Novotel Palembang, Kamis (23 November 2017)
Puas menikmati pesona Jembatan Ampera di malam hari, pagi itu sekitar pukul 08.00 WIB kami bersiap menuju ke Hotel Novotel lagi untuk mengikuti kegiatan Sinergi Aksi Informasi Komunikasi Publik (SAIK) 2017 dengan agenda Temu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat Nasional dan Pembentukan Formatur Forum KIM Nasional.

Setibanya di hotel Novotel, kami tidak langsung masuk. Kami turun di depan gerbang hotel lalu menyebrang ke seberang jalan menuju sebuah tempat yang menjajakan makanan khas Palembang, sebut saja namanya Pempek Nony 168. Pak Heru pun langsung memesan dua porsi pempek untuk dinikmati bersama. Terus daftar harga Pempek Nony 168 berapa? Ini dia daftar harganya.

Daftar Harga Pempek Nony 168 Depan Hotel Novotel Palembang
"Belum ke Palembang kalau belum makan pempek dan berfoto di Jembatan Ampera"Ungkapan itu menggambarkan sedemikian eratnya hubungan antara kota Palembang dengan pempek. Pempek adalah makanan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung sagu. Pempek selalu dimakan dengan cuko; saus kental yang berwarna cokelat kemerahan yang terbuat dari gula merah, cabe rawit, bawang, asam dan garam. Rasanya pun bervariasi antara pedas, manis dan asam.

Lantas bagaimana sejarah Pempek di Palembang? 

Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina sedangkan "koh", yaitu sebutan untuk lelaki muda keturunan Cina.

Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek. [Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pempek]

Perlu diketahui bahwa Pempek yang baik bukanlah pempek yang terbuat dari ikan yang baunya menyengat. Jika ikan terlalu menyengat baunya berarti bahan baku ikan yang digunakan untuk membuat pempek itu kurang bagus. Pempek bisa tahan lama jika ditaruh di freezer lemari es yakni bisa bertahan selama beberapa bulan, asalkan tidak keluar masuk kulkas. Sebelum disimpan di lemari es, sebaiknya pempek dikemas untuk sekali makan sehingga tidak terlalu sering dikeluarkan dari kulkas, dengan begitu pempek akan lebih tahan lama. Siapa yang tahan mendiamkan pempek lama-lama di dalam lemari es, kalau dimakan saja rasanya begitu menggoda selera.

Temu KIM Nasional dalam SAIK 2017 di Hotel Novotel Palembang, Kamis (23 November 2017) 
Kenyang menikmati Pempek Nony 168, kami pun merapat ke Hotel Novotel untuk mengikuti kegiatan bersama peserta dari pegiat KIM Se-Indonesia yang hadir. Selain Pempek Nony 168, banyak lho jenis Pempek Palembang yang enak rasanya yaitu Pempek Candy, Pempek Beringin, Pempek Lince, dan sebagainya. (@kakdidik13)

bersambung

Friday, December 16, 2016

Ichi-I Magic Processor Solusi Menghasilkan Masakan yang Lezat untuk Keluarga

Ichi-I Magic Processor Solusi Menghasilkan Masakan yang Lezat untuk Keluarga - Sejak dahulu kala memasak sudah menjadi aktivitas yang dilakukan oleh perempuan. Meskipun, saat ini tidak sedikit laki-laki yang handal dan piawai dalam memasak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dalam kehidupan rumah-tangga, memasak tetap harus diperankan oleh seorang perempuan atau istri.

Kepala Desa & Sekretaris Desa Sedahkidul saat mengikuti Lomba Memasak di Kecamatan Purwosari - Bojonegoro
Memasak bagi para istri adalah suatu kewajiban untuk menyenangkan suami dan anak-anak. Sebagai seorang istri, hendaknya selalu berusaha memasak menu masakan yang disukai oleh suami dan keluarganya. Emang sih, terkadang sering kita jumpai seorang suami yang lebih pintar memasak dari pada istrinya. Tapi nggak masalah, justru hal tersebut bisa diambil hikmahnya. Anda bisa bercengkrama dan bermesraan dengan memasak bersama sambil mengisi waktu luang hehehe.

Memasak bagi seorang istri memang menjadi pekerjaan yang sedikit merepotkan. Bayangkan saja ! Sebelum memulai memasak, terlebih dahulu harus mempersiapkan perapian, peralatan dan bahan baku. Tak hanya itu, usai memasak harus membersihkan dan membereskan semua peralatan. Akan tetapi, apabila semua itu dilakukan dengan ikhlas, maka akan berbuah kebahagiaan.

Dalam sebuah survei mengungkapkan, gaya hidup masyarakat urban terutama di negara Asia banyak mengalami perubahan. Salah satunya terlihat dari perubahan pola masak. Banyak keluarga dengan penghasilan ganda (suami istri bekerja), waktu senggang sempit, serta sulit mencari asisten rumah tangga memilih untuk membeli makanan di luar dibanding memasak sendiri. Ditambah bisnis kuliner yang semakin menjamur membuat mereka semakin mudah mencari makanan siap santap.

Ichi-I Magic Processor, Solusi Menghasilkan Masakan yang Lezat untuk Keluarga
Ribet dan merasa tidak mampu menghasilkan masakan lezat untuk keluarga karena tidak tahu bumbu dan cara memprosesnya, juga menjadi alasan orang enggan untuk memasak.  Namun demikian, menurut survei tersebut, lebih dari 50% wanita tetap memasak untuk keluarganya, setidaknya 2-4 kali dalam seminggu. Ini didasari pemikiran bahwa ada makanan kesukaan/khas keluarga yang tidak bisa didapat di luar. Selain itu, mereka juga khawatir akan kebersihan makanan yang di luar serta tentu saja faktor penghematan keuangan keluarga. 

Untuk menunjang kegiatan memasak masyarakat urban yang hidup di zaman serba cepat ini, tentu saja dibutuhkan peralatan masak yang praktis, mudah, hemat waktu, dan hemat energi. Salah satu solusi yang bisa diandalkan untuk menghasilkan masakan yang cepat dan tanpa ribet adalah Ichi-I Magic Processor. 

Ichi-I Magic Processor dapat membuat siapa pun bisa memasak dengan praktis dan dalam waktu singkat. Bahkan bagi mereka yang tetap ingin menggunakan aneka bumbu dapur dibanding bumbu instan. Mengapa demikian? Karena  Ichi-I Magic Processor memiliki banyak keunggulan, apa saja?

7 Keunggulan yang dimiliki oleh Ichi-I Magic Processor 
  1. Dapat menghaluskan bumbu, menggiling daging, menghancurkan es batu, mengadon, dan mencincang dengan cepat, hanya dengan satu alat. 
  2. Mengurangi waktu memasak karena kecepatan putaran pisau hingga 22.000 rpm/menit. 
  3. Hemat listrik, pemakaian hanya 170 watt.
  4. Praktis, dapat dipakai di wadah apa saja secara langsung seperti pada cangkir, botol, jar, bahkan pada panci mendidih. 
  5. Matapisau dirancang secara presisi dan dilapisi titanium sehingga sangat andal menghancurkan bahan makanan yang keras. 
  6. Sistem keamanan ganda, motor dilengkapi pelindung karet tahan air dan kunci pengaman sehingga mencegah getaran berlebihan. 
  7. Kualitas bahan premium dan food grade, artinya aman apabila bercampur dengan bahan makanan yang sedang diolah. 

i Believe i CNI

Spesifikasi Ichi-I Magic Processor
Demikian informasi tentang Ichi-I Magic Processor Solusi Menghasilkan Masakan yang Lezat untuk Keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat memasak untuk keluarga Anda. (@kakdidik13)

Wednesday, November 2, 2016

Sarapan di Warung Nasi Mbak Ti "Sumur Dono" Gang Kuncoro 1 Karang Pacar - Bojonegoro

Pagi itu, tepatnya hari Kamis tanggal 20 Oktober 2016 usai mengantar Kepala Desa Sedahkidul dan Sekretaris Kecamatan Purwosari selaku Plt Kepala Desa Pelem Kecamatan Purwosari ke Alun-alun Bojonegoro untuk mengikuti Upacara Hari Jadi Bojonegoro Ke-339, saya dan team bergegas mencari tempat sarapan.

Sarapan di Warung Nasi Mbak Ti "Sumur Dono" Gang Kuncoro 1 Karang Pacar - Bojonegoro
Oni pun mengajak kami ke sebuah warung makan yang terletak di Gang Kuncoro 1 Kelurahan Karang Pacar Kabupaten Bojonegoro. Setibanya di lokasi, berhubung lokasinya warungnya masuk gang kecil, mobil akhirnya diparkir di tempat yang nggak jauh dari lokasi. Kami berempat pun langsung turun dan berjalan kaki menuju lokasi. Nampak di dalam warung, terlihat tiga perempuan sedang sarapan di sana. Setiba di lokasi, kami pun memesan menu sarapan sesuai dengan selera masing-masing . 

Apa saja menu yang disediakan di Warung Nasi Mbak Ti?

Nasi Asem - Asem Mbak Ti Sumur Dono Gang Kuncoro 1 Karang Pacar Bojonegoro
Di Warung Nasi Mbak Ti "Sumur Dono" gang Kuncoro 1 Kelurahan Karang Pacar - Bojonegoro, menyediakan beberapa menu seperti nasi asem-asem, nasi pecel, nasi / lontong tahu, nasi rawon, nasi campur, nasi urap, nasi tahu, nasi tahu telur, ayam kare, ayam bumbu rujak dan es teh. Anda bisa memesan sesuai dengan selera.

Untuk harga menu di Warung Nasi Mbak Ti, bagaimana?

Terkait harga, menurutku standar dan nggak mahal amat. Sebanding lah dengan rasanya. Misalnya, seporsi nasi asem-asem + es teh dihargai Rp. 16.000,- (enam belas ribu rupiah), seporsi nasi / lontong tahu Rp. 7.000,- (tujuh ribu rupiah), seporsi nasi rawon Rp. 13.000,- (tiga belas ribu rupiah) dan sebagainya, murah kan? Pokoknya dijamin habis makan di sini puas dech.

Informasi lainnya

Warung Makan Mbak Ti "Sumur Dono" Gang Kuncoro 1 Kelurahan Karang Pacar - Bojonegoro berdiri sejak tahun 1991 dan buka setiap hari Senin s/d Sabtu mulai pukul 07.00 - 15.00 WIB, Minggu tutup. Pelanggan yang sering makan terdiri atas masyarakat umum, pelajar dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bojonegoro. 

Jelajah Kuliner di Warung Nasi Mbak Ti Sumur Dono Gang Kuncoro 1 Karang Pacar Bojonegoro
Demikian sedikit informasi mengenai  Warung Nasi Mbak Ti "Sumur Dono" Gang Kuncoro 1 Kelurahan Karang Pacar - Bojonegoro yang habis saya kunjungi bersama team, selamat makan & salam blogger kuliner. (@kakdidik13)

Monday, October 24, 2016

Trenggalek itu Identik dengan Singkong

Trenggalek merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang akhir-akhir ini baru saja Saya kunjungi. Kebetulan, pada saat itu Saya diminta untuk menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kabupaten Trenggalek yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) Purna Prakarya Muda Indonesia Kabupaten Trenggalek di Hotel Prigi, Watulimo (29 September s/d 01 Oktober 2016).
Cimplung, salah satu kuliner dari Kabupaten Trenggalek yang dibuat dari bahan dasar singkong
Berbicara Trenggalek, tentu tak terlepas dari Singkong. Mengapa? Pasalnya, hampir bisa dipastikan semua petani menanam singkong meskipun hanya sekedar tanaman sela. Selain itu, sudah dipastikan pula bahwa singkong sudah menjadi tanaman budaya di Kabupaten Trenggalek. Dengan potensi yang sangat luar biasa berupa komoditas singkong semoga bisa digarap secara kreatif oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek, misalnya diadakan Festival Olahan Singkong atau apalah namanya terserah yang penting pas dan sesuai di hati warga Trenggalek. Sehingga kelak, Trenggalek akan menjadi lokasi jujukan penelitian dan pengembangan singkong atau kalau boleh bermimpi menjadi kawasan pemasok singkong terbesar di Indonesia. 

Secara Nasional, brand Trenggalek sebagai Kabupaten penghasil singkong sudah cukup dikenal di kalangan pebisnis singkong, baik itu berupa produk singkong mentah, gaplek, tepung mokaf, dan tepung tapioka. Peluang untuk menjadikan Trenggalek sebagai pusatnya singkong pun sepertinya mungkin untuk diwujudkan. Tak mudah memang, dibutuhkan kerja keras, sinergitas dan menyamakan visi misi dari berbagai pihak dan penentu kebijakan.

Sebagai warga Bojonegoro yang sedang berkegiatan dan mulai mengakrabi Trenggalek. Saya mulai menggali informasi mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Trenggalek. Selain potensi durian, singkongnya trenggalek pun cukup terkenal. Tak hanya itu, potensi destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Trenggalek pun bervariasi dan layak untuk dikunjungi.

Seusai pemaparan materi tentang kewirausahaan yang disampaikan oleh Akhsin AL Fata Ketua DPD PPMI Provinsi Jawa Timur kepada peserta. Sambil menunggu hujan reda, Kami asyik ngobrol di salah satu sudut hotel Prigi bersama Pak Umar dari perwakilan Disporbudpar Kabupaten Trenggalek. Ketika asyik berbicara dan ngobrol seputar kepemudaan, tiba-tiba kami disuguhi kuliner yang terbuat dari bahan dasar singkong. 

"Silakan dinikmati, hidangan ala kadarnya... Cimplung", ucap Pak Umar sambil mempersilakan kami untuk menikmatinya. Sekilas, kalau di tempatku (Bojonegoro) kuliner ini namanya menyok rebus yang dikasih gulo abang (gula merah). Nggak ada nama yang spesifik atau khas. Akan tetapi, di Trenggalek orang-orang menyebut kuliner tersebut dengan nama "Cimplung". Cimplung atau kadang disebut Glondhong Juruh adalah kuliner yang terbuat dari singkong rebus disiram dengan juruh kental dari bahan gula merah. Disebut Cimplung mungkin karena cara membuatnya dengan nyemplung atau memasukan singkong ke wadah pengolahan gula.

Selain Cimplung, olahan yang dihasilkan dari bahan dasar singkong pun banyak seperti gatot, tiwul, donat singkong, tape, cenil, keripik singkong dan lain sebagainya. Bahkan di Gunung Kidul, Yogyakarta olahan singkong tersebut sudah naik kasta dan menjadi buruan wisatawan usai berwisata di sana. Bagaimana dengan singkong Trenggalek? Jika digarap dengan kreatif dan dipadukan dengan seni dan wisata, singkong Trenggalek pun bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat dan pemburu kuliner tradisional yang sedang berwisata di Bumi Menak Sopal. (@kakdidik13)

Sunday, September 4, 2016

Aneka Makanan Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Makanan masa kecil apa saja yang pernah kamu makan? Masih ingat kah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikelku berikut ini. Saya sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community. Meskipun pada tantangan sebelumnya, yakni pada tanggal 03 September 2016, saya absen. Jujur saya belum ngeh banget nulis tentang cerpen. Terpaksa, absen sehari hehehe. Tapi suatu saat saya akan mencoba untuk memposting cerpen di blogku ini (do'akan ya).
Aneka Makanan Masa Kecil yang Tak Terlupakan
Nah, pada kesempatan kali ini, tema yang dibahas adalah mengenai makanan yang mengingatkan masa kecil dulu. Masa kecil merupakan sebuah perjalanan yang pernah dilewati oleh manusia di dunia ini. Masa-masa yang seumur hidup sekali tersebut sangatlah menyenangkan dibandingkan dengan masa dewasa saat ini. Masa yang tak pernah mengenal istilah baper, kelesss, ataupun galau. Masa yang diselimuti dengan indahnya permainan tradisional seperti gobak sodor, nekeran, obak klungsu hingga lompat tali dan peristiwa lainnya yang mungkin saat ini jarang dijumpai bahkan dipraktekkan oleh anak-anak SD. Berbagai rekaman pengalaman berarti pun telah kita lewati di masa tersebut. Menunggu datangnya bulan purnama untuk bermain petak umpet di malam hari adalah penantian terbaik yang pernah kita lakukan.

Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba memunculkan beberapa bagian dari masa kecil saya yang tak menutup kemungkinan juga merupakan bagian dari masa kecil teman-teman sekalian. Yuk, sejenak kita refresh otak kita untuk mengingat indahnya kembali masa kecil kita yang penuh kenangan !. Masa kecil yang belum mengenal Facebook, Instagram atau BBM yang kini begitu dibanggakan.

Makanan pertama yang saya ingat dan kurindukan adalah Coklat Choyo Choyo. Kamu ingat kan? Makanan yang satu ini berbentuk cup kecil dan ketika menikmatinya kita menggunakan sendok plastik kecil. Jenisnya pun bervariasi mulai dari yang berisi cokelat semua, cokelat dicampur dengan warna putih, pink dan hijau. Makanan kedua yang sangat kusukai saat itu yaitu Kue Potong Pia Putra Bali. Bungkusnya yang warna-warni ada merah, kuning, hijau, cokelat dan biru ini harganya saat kecilku dulu hanya seratus rupiah saja. Rasanya yang gurih, manis dan empuk dengan isi coklat dan kacang panggang, sangat menggoda selera... nyam... nyam. 

Itulah dua makanan masa kecil yang tak terlupakan dan tentunya masih banyak yang pernah kita nikmati seperti mie lidi, permen karet Yosan, permen davos, permen hexos, permen rokok, permen siul, permen sugus, permen pindy mint, es lilin kacang ijo, kenji, taro, gulali kacang, jagoan neon, kerupuk tersanjung, jipang, brondong, dan sebagainya. Sementara itu dulu ya, jika kamu kangen sama makanan-makanan di atas, cari aja ke toko dekat rumah, pasar tradisional atau penjual online. Barangkali ada yang masih jual dan jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya. (@kakdidik13)

Challenge One Day One Post yang digelar oleh Fun Blogging Community 04 September 2016

Travelling

[Travelling][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done