Ads Top

Tips Dasar Sebelum Pakai Batik Modern

Tips Dasar Sebelum Pakai Batik Modern - Batik modern adalah pakaian yang didesain dengan motif dan corak kekinian. Motif serta coraknya sangat bervariatif, melambangkan khazanah budaya bangsa. Proses pembuatannya dilakukan dengan memerhatikan perkembangan fashion modern. So, sudah pasti pengguna busana ini terlihat elegan, karismatik dan eye catching.

Asal-usul perbedaan batik modern dan tradisional

Kontingen Banyuwangi di Jambore Pemuda Provinsi Jawa Timur 2014 - Koleksi Foto Milik  Erlangga Carolus
Berdasarkan cara pembuatannya, batik dapat diklasifikasin menjadi dua yaitu modern dan tradisional. Simak penjelasan lengkap mengenai perbedaan batik klasik & modern:

1. Batik Tradisional. Proses pembuatan dilakukan secara tradisional atau manual menggunakan canting dan membutuhkan waktu 2-3 bulan (hanya untuk menyelesaikan satu buah baju). Selain itu, terdapat aturan-aturan khusus ketika membuat motifnya. Karena tingkat kesulitan dalam proses pengerjaan, batik jenis tergolong ekslusif. Imbasnya, harga batik tradisional sangat mahal.

2. Batik Modern. Merupakan inovasi dari proses tradisional. Desainnya mengikuti perkembangan zaman. Cara pengerjaannya tak lagi terikat oleh aturan-aturan. Namun jangan salah, unsur estetika tetap ditonjolkan dari pakaian ini.

Khusus buat wanita, ini tips memilih batik modern untuk kerja

Rharas Esthining Palupi, SH, MH., Kabag Pengawasan MPR RI
Saat ini, batik memang tengah menjadi trend fashion yang Indonesia banget. Namun jangan sampai salah mengenakan busana supaya nggak tampak jadul. Simak tips agar tetap tampil modis berikut ini:

1. Mix and match secara tepat. Model batik bergaya modern sangat banyak, mulai dari blouse, hem, bahkan blazer. Perlu kamu perhatikan ketika memilih busana kerja jangan melupakan faktor kenyamanan, kesopanan dan keselarasan dalam berpakaian. Untuk itu, Anda dapat mengombinasikannya bersama blouse agar tampil simpel dan tetap menawan.  Kalau senang memakai dress panjang, maka Anda bisa padukan bersama blazer yang memiliki panjang ¾ lengan. Alasannya, selain menjadikanmu proporsional juga membuatmu tampak lebih ramping

2. Pilih motif unik. Bagian tak kalah penting ketika menjadikannya sebagai busana kerja adalah motif. Jangan sampai memilih motif pasaran. Karena sudah pasti membuatmu awkward, gak mau kan ngerasa risih karena ada orang lain mengenakan pakaian sama? So, pilih motif unik agar kamu tampil makin pede. Untuk memilih batik bermotif modern, Anda bisa mengunjungi situs Qlapa.com. Situs ini merupakan tempat berjualannya para pengrajin. Belum lagi cara bertransaksi disini sangat mudah. Kalau kamu penasaran sebaiknya cek aja sendiri.

Supaya tetap stylish, begini cara mengombinasikan batik modern dengan jeans

Tips Dasar Sebelum Pakai Batik Modern - Koleksi Foto Milik : Dawney Simatupang
Mengenakan batik modern membuatmu bangga dan terlihat stylish. Supaya tampak lebih kasual serta kekinian, kamu dapat mengkombinasikannya dengan celana jeans kesayangan. Nggak usah khawatir terlihat norak. Caranya cukup mudah, yaitu:

1. Pilih produk berlengan pendek kemudian pakai celana jeans dengan warna senda.

2. Kalau nggak punya warna senada, pakai celana jeans berwarna netral seperti warna abu ataupun warna hitam.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan asesoris. Jangan terlalu banyak mengenakan asesoris. Alasannya, motif baju sudah sangat ramai. Kalau ditambah aksesoris membuat terlihat kontras. Untuk mempercantik penampilan serta menguatkan kesan etnik, cukup gunakan gelang-gelang kayu yang memiliki ukiran sederhana. Oh iya… jika warna kulitmu sedikit gelap, hindari produk dengan corak berwarna gelap, pilih produk bercorak warna-warna terang supaya penampilanmu terlihat fresh.

Toko online yang menyediakan batik modern branded

Foto di Area Islamic Center Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara - Koleksi Foto Milik Ratri Mia Fitriani
Tampil unik serta modern merupakan harapan semua orang. Agar penampilanmu sesuai dengan ekspektasi. Maka ketika membeli produk,  pastikan produkmu masuk pada kategori  limited edition. Lho emangnya bisa? Tentu saja bisa, bahkan caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Qlapa.com. Alasannya?

1. Marketplace ini merupakan satu-satunya marketplace di Indonesia yang menjual barang-barang berkualitas dari para pengrajin handmade. Bahkan Anda bisa membuat batik custom.

2. Soal kredibilitas, nggak usah diragukan lagi. Situs ini didirikan oleh Benny Fajarai selaku CEO dan Fransiskus Xaverius selaku CTO. Track record keduanya sungguh luar biasa. Benny Fajarai adalah salah satu dari 30 under 30 Asia yang dilansir majalah FORBES. Beliau dicatutkan sebagai wirausahawan, inovator dan pemimpin muda di wilayah Asia. Sedangkan Fransiskus Xaverius pernah bekerja di perusahaan raksasa, seperti Google, Blackberrry, Zynga dan Homejoy.

3. Soal kemudahan dalam bertransaksi, marketplace ini juga menggunakan sistem rekening bersama. So, nggak akan ada yang namanya tipu-menipu. Selain itu, telah disediakan juga perhitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan, artinya kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.

Sebelum belanja batik modern, ada baiknya baca ini terlebih dahulu!

Tips Dasar Sebelum Pakai Batik Modern - Koleksi Foto Milik Siti Kholifah
Zaman dulu, batik tidak senge-trend sekarang. Pada saat ini, batik telah bertransformasi menjadi busana yang mengikuti perkembangan zaman. Penggunaannya pun tidak hanya saat acara formal, tetapi ada model casual yang bisa digunakan sehari-hari. Aneka bentuk dan motifnya membuat kamu tampil modern, fashionable dan eye-catching.

Penggunaan batik modern jelas membuatmu semakin bangga karena diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Kemudahan dalam mengombinasikan dengan busana lain membuatnya semakin digandrungi. Untuk tampil unik, Anda nggak cukup memakai produk dengan motif yang dibuat masal. Sesekali kamu perlu produk yang didesain secara custom oleh para pengrajin handmade supaya tampil lebih unik. [gb]

2 comments:

  1. Batik pun sekarang sudah terlihat kece ya, kalau dulu pasti cuma dipakai pas kondangan :D

    ReplyDelete
  2. Batik budaya dunia, bangga dong. Saya juga suka pakai batik yang modern :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.