Info Menarik
Loading...

Mulai Langkahmu bersama Ekosistem Digital blu

Kamu Pernah mendengar Kalimat “Hemat Cermat dan Bersahaja”? Kalimat yang memberikan motivasi bagi anggota Gerakan Pramuka untuk selalu menerapkan hidup hemat, cermat dan bersahaja sebagaimana tertuang dalam Dasa Darma Ke-7. Hidup hemat tersebut bisa dilakukan dengan cara suka menabung hehehehe.

Ekosistem Digital blu
Mulai Langkahmu bersama Ekosistem digital blu

Berbicara tentang keuangan, sebagai anak muda desa yang memulai mengembangkan usaha, Saya memulai mengatur keuangan sedemikian rupa sehingga usaha tersebut berjalan, meskipun naik turun, apalagi dengan adanya hantaman gelombang pandemi ini. Namun, hal tersebut tak membuatku kendor untuk menjalankan usaha yang kurintis tersebut.

Selama ini, Saya menabung di Bank BCA. Namun, saya masih jarang menggunakan fasilitas m-bankingnya. Sampai akhirnya saya diperkenalkan oleh temanku dengan sebuah aplikasi yaitu aplikasi blu by BCA Digital. Tanpa basa-basi, Saya pun segera mendownloadnya di ponselku. Oh ya, aplikasi blu ini merupakan platform perbankan next generation cocok untuk generasi milenial termasuk anggota Gerakan Pramuka yang ingin bertransaksi dan mengelola keuangan dengan praktis dan cepat.

Yuk Menabung melalui Ekosistem Digital blu !

Sebagai anak perusahaan BCA, BCA Digital telah menghadirkan sebuah aplikasi bank digital yang dirilis pada tanggal 2 Juli 2021 lalu. Aplikasi bank digital tersebut dikenal dengan nama aplikasi blu by BCA Digital. Oh ya, untuk diketahui bahwa BCA Digital merupakan anak usaha paling baru BCA dan hasil transformasi dari Bank Royal yang diakusisi pada 2019. Sesuai namanya, Ekosistem digital blu merupakan bank digital tanpa kantor cabang, tapi tetap terintegrasi dengan semua infrastruktur dari BCA.

Melalui Ekositem digital blu ini nantinya akan berintegrasi dengan berbagai partner, merchant, mesin dan people. Misalnya blu berintegrasi dengan jaringan ATM BCA dan dengan blu kita bisa melakukan pembayaran di banyak merchant dengan QRIS, sangat memudahkan.

Perbedaaan BCA Digital dengan BCA

Kemunculan bank digital, belakangan ini mulai dibicarakan di tengah masyarakat. Seperti hadirnya bank digital yang diluncurkan PT Bank Central Asia Tbk melalui entitas anak yakni PT Bank Digital BCA beberapa waktu yang lalu. 

Terkait pembukaan rekening, calon nasabah bank digital dan neo bank dapat membuka rekening secara cepat melalui aplikasi. Berbeda dengan bank konvensional yang perlu datang ke kantor cabang, kalau membuka rekening di BCA Digital ini cukup melalui  aplikasi blu by BCA Digital.

Itulah perbedaan antara BCA Digital dengan BCA ya sob, jadi kalau BCA Digital cukup membuka rekeningnya melalui aplikasi, jadi lebih efektif dan efisien.

Berbagai Fitur Inovatif di aplikasi blu by BCA Digital

Sebagai produk dari BCA Digital, Perusahaaan BCA Group selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan calon nasabahnya. Seperti halnya inovasi yang terus dilakukan oleh aplikasi blu by BCA Digital. 

Dibekali dengan sejumlah fitur inovatif, aplikasi blu memberikan layanan digital yang cepat. Pembukaan rekening untuk bluAccount sepenuhnya dilakukan secara online melalui aplikasi #blubuatbaik.

Tak hanya itu, para nasabah juga dimungkinkan untuk membuat budgeting hingga 10 rekening tabungan memanfaatkan fitur bluSaving. Ada pula fitu bluGether untuk memudahkan nasabah mengumpulkan uang dari beberapa orang.

Bahkan di aplikasi ini juga terdapat fitur bluDeposit, yang mungkin satu-satunya deposito yang dapat di-topup nominalnya dalam kurun waktu enam hari setelah pembukaan rekening.

Melalui Ekosistem digital blu ini nasabah juga bisa melakukan pembayaran tagihan, topup ewallet, hingga pembelian paket data di aplikasi blu. Selain itu, nasabah dapat pula melakukan tarik atau setor tunai secara gratis di seluruh ATM BCA di Indonesia. Hal ini karena adanya integrasi dengan infrastruktur BCA. Bagi kamu yang Hobi Wisata Kuliner? Pakai Kartu Kredit ini Agar Hemat

Hadirkan blu di Platform Blibli

BCA Digital dan Blibli bekerja sama Hadirkan blu di Platform Blibli. BCA Digital berkolaborasi dengan partner non-perbankan, blibli Untuk memperluas skala ekosistem digital mumpuni dan berkelanjutan. Blibli menjadi partner eksklusif blu yang pertama dan berkomitmen untuk memberikan berbagai manfaat berbelanja online bagi pelanggan seperti yang disampaikan oleh Kusumo Martanto, CEO & Co-founder Blibli.

Ekosistem Digital blu
Partnership blu dengan Blibli

Kusumo mengatakan bahwa dalam menciptakan inovasi dan menyesuaikan strategi guna menjawab kebutuhan pasar yang terus berubah Blibli mengacu kepada Growth Mindset, yang berfokus pada kepentingan seluruh stakeholders dan terutama para pelanggan. Semangat tersebut diwujudkan blibli yang berkolaborasi bersama BCA Digital.

Blibli sebagai e-commerce pertama di Indonesia yang terintegrasi dan terkoneksi dengan layanan aplikasi platform bank digital. Kemitraan inovatif berbasis teknologi itu menegaskan dukungan Blibli terhadap percepatan transformasi digital dan inklusi finansial di Indonesia.

Menurut riset dari Google, Temasek dan Bain menunjukkan bahwa internet economy di Indonesia akan mencapai US$ 124 Miliar di tahun 2025. Pelanggan Blibli bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu by BCA Digital. 

Melalui integrasi dan kolaborasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan banyak manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital dengan mudah, melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Selain itu, pelanggan Blibli juga bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu melalui fitur QRIS atau in-app payment yang dapat digunakan di luar ekosistem Blibli. Semoga kolaborasi exclusive blu dan Blibli menjadi kontribusi berarti bagi ekosistem digital di Indonesia.

Alasan utama blu bekerja sama dengan blili yaitu memprioritaskan customer dalam memenuhi kebutuhan mereka,  Blibli dan blu memiliki segment target yang serupa, yaitu para Digital Savvy,  Blibli dan blu tidak pernah berhenti untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik

Saat ini bukan lagi zamannya kompetisi, tapi merupakan era terbaik dimana masing-masing platform digital saling bersinergi. blibli adalah exclusive partner dari blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasi digital.

Corporate Sustainability Initiative #blubuatbaik

Komitmen blu dituangkan dalam program jangka panjang yang disebut sebagai Corporate Sustainability Initiative. Di program ini, blu mengajak teman-teman semua untuk ikut turun tangan, mengajak nasabah untuk menjaga lingkungan agar aman dri ancaman sampah plastik. Sebagaimana diketahui bahwa sampah plastik ini merusak ekosistem alam di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, blu bersama Kitabisa dan Greeneration Foundantion menggagas program Eco Ranger di Kabupaten Banyuwangi. Yang mana #blubuatbaik ini merupakan komitmen blu untuk mendukung program Pemerintah Indonesia. Untuk mencapai target pengurangan sampah 30% di sumber dan penanganan sampah hingga 70% di hilir pada tahun 2025.

Selain itu, blu juga melakukan edukasi tentang waste management beserta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari dan hopefully, kita bisa meningkatkan persentase dari daur ulang sampah organik, dan sampah anorganik. Ini penting, dalam konteks perubahan iklim pengurangan residu yang nantinya ditransfer ke TPA. Hal ini juga akan mengurangi pemanasan global yang disebabkan oleh emisi karbondioksida ke atmosfer. Setidaknya blu ingin mengurangi emisi karbon hingga 303.000 metric kg CO2. Gampangnya, ini tuh ekuivalen dengan pengurangan emisi dari pembakaran sebanyak 30.000 galon bahan bakar kendaraan bermotor.

Nah, kabar baiknya buat kamu yang memnuka rekening blu di tahun ini, artinya otomatis kamu sudah ikutan join berpartisipasi dalam inisiatif #blubuatbaik ini. Karena di setiap rekening yang dibuka di tahun ini, blu menyumbang Rp 1.000,- untuk mensupport inisiatif ini. 

Penanganan Sampah 30% di SUmber (Hulu) dan Penangan 70% Sampah di Tempat Pengolahan Akhir (Hilir) sebagaimana amanat Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017.

Pembukaan Rekening dan Cara Download Aplikasi blu

Melihat fitur inovatif yang terdapat di aplikasi blu itu, Saya pun memutuskan membuka rekening dan mendownload aplikasi tersebut di ponsel androidku. Simak Review Aplikasi blu di blogku ini ya. Nah, buat teman-teman yang tertarik, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mengundunya dan melakukan pembukaan rekening di aplikasi blu. Apa saja? Sebelum kamu Download aplikasi blu simak uraian di bawah ini :

  • Yang pasti kamu harus WNI dan berusia minimal 17 tahun, serta memiliki E-KTP, dan tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain.
  • Siapkan e-KTP mu, NPWP (Opsional) dan pastikan kamu berada di ruangan yang cukup terang saat melakukan verifikasi data lewat video call bersama haloblu.
  • Ponselmu harus memiliki spesifikasi minimal android 5.0 ke atas, atau iOS 12.4 ke atas. Jika tidak, ya segera ganti ponsel baru ya hehehehe.
  • Bagi nasabah BCA, saat pendaftaran bisa memilih opsi "Saya Nasabah BCA" saat melakukan pembukaan rekening blu untuk kemudahan penarikan data pekerjaan dan alamat domisili. Siapkan nomor ATM BCA dan nomor HP yang didaftarkan untuk e-banking.
  • Bagi kamu yang non nasabah BCA, tetap masih bisa mendownload dan membuka bluAccount.
  • Oh ya, bagi kamu yang tinggal di luar negeri dan hendak membuka bluAccount, masih bisa, selama kamu memiliki e-KTP, dan memiliki nomor handphone Indonesia (untuk mengaktifkan roaming untuk SMS OTP).

Jika semua itu telah siap, selanjutnya silakan download aplikasi blu di ponselmu. Apabila mengalami kendala selama proses download, Kamu juga bisa mendownloadnya melalui :  Aplikasi blu di PlayStore atau Aplikasi blu di App Store

Setelah membaca Review Aplikasi blu dan berhasil menginstall, langsung saja daftar dan verifikasi datamu ya!  

Mulai Langkahmu bersama Aplikasi blu

Setelah berhasil menginstall aplikasi blu by BCA Digital, langkah selanjutnya diawali dengan klik “Yuk Mulai!” Kemudian ikuti langkah selanjutnya :

>> Masukkan no handphone, email, dan kode referral kalau ada. Kamu bisa memakai kode referrel DIDIKW2NN - ayo pakai blu dan dapatkan reward spesial khusus untuk kamu !!

>> Lalu, siapkanlah e-KTP mu dan foto sesuai bidang yang tertera di aplikasi blu. Pastikan e-KTP mu bisa difoto dengan jelas ya. 

>> Selanjutnya silakan selfie dengan memegang e-KTP mu ya (pastikan kamu tidak memakai kacamata atau topi ya)

>> Jika memiliki NPWP, bisa difoto juga NPWPnya. Kalau nggak memiliki NPWP (tenang masih bisa), klik lanjut aja. Baca Juga : Belum Memiliki NPWP? Buat Saja dengan Dua Cara Mudah Ini!

>> Selanjutnya silakan pilih opsi yang paling cocok denganmu : Saya Nasabah BCA atau Saya Bukan Nasabah BCA.

>> Jika kamu memilih “Saya Nasabah BCA”, maka kamu akan diminta verifikasi. Jika setuju, maka diminta untuk memasukkan nomor ATM BCA dan nomor ponsel yang teregistrasi m-banking. Selanjutnya kode OTP akan dikirim ke ponselmu (pastikan nomor ponselmu aktif ya).

>> Kemudian silakan isi alamat domisili, jika sama dengan alamat KTP tinggal dicentang saja. Selanjutnya isi data lainnya yang diperlukan. Jika semua data sudah terisi, konfirmasi dengan cara klik “Data Saya Sudah Benar”.

>> Langkah selanjutnya diminta untuk melakukan verifikasi data dengan cara menghubungi haloblu. Pastikan koneksi internetmu lancar dan siapkan e-KTP mu ya. Proses verifikasi data ini bisa dilakukan setiap hari dari jam 06.00 - 22.00 WIB. Mudah banget dan nggak ada setengah jam selesai hehehe

Nah, jika semua langkah di atas telah kamu ikuti dengan benar, bluAccount milik teman-teman sudah siap digunakan dan selamat menjelajah fitur-fitur inovatif di aplikasi blu ya!

Review Jujur Aplikasi blu

Secara jujur dari hati lubuk terdalam, Review Jujur Aplikasi blu menurutku meskipun aplikasi baru, Ekosistem digital blu ini keren dan dijalankan dengan baik dan professional #blubuatbaik. Terlebih aplikasi blu juga user friendly dan aplikasi blu bisa dibuka dengan menggunakan fingerprint. Sehingga lebih aman digunakan oleh nasabah.

Download Aplikasi blu
Alhamdulillah sudah memiliki bluAccount di BCA Digital

Hadirnya aplikasi blu ini layaknya seperti aplikasi sejenis yang memudahkan diakses melalui genggaman tangan kita sehingga di tengah pandemi ini, aplikasi blu menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan keuanganmu.

Sebagai nasabah tentunya ketika mengalami kendala bisa memanfaatkan fitur Layanan haloblu yang setiap saat setia memeberikan pelayanan yang terbaik. Untuk menggunakan layanan haloblu ini bisa melalui telepon ke 1500668, atau melalui akun twitter @haloblu dan email haloblu ke haloblu@bcadigital.co.id.

Bagi pembaca blogku yang penasaran dengan aplikasi blu ini, silakan baca artikel menarik di website official aplikasi blu melalui https://blubybcadigital.id dan ikuti semua media sosialnya baik itu di Instagram : @blubybcadigital | Facebook : blu by BCA Digital | Tiktok: @blubybcadigital | YouTube: blu by BCA Digital | Twitter: @blubybcadigital 

Demikianlah Review Jujur Aplikasi blu, semoga bermanfaat dan menambah wawasan  tentang Ekosistem digital blu yang wajib kamu miliki di ponselmu. Saya mengajak anggota Gerakan Pramuka untuk mengamalkan Dasa Darma Ketujuh Hemat Cermat dan Bersahaja dengan cara gemar menabung, salah satunya menabung di aplikasi blu. Yuk, segera download aplikasi blu dan nikmati layanan digital terbaik dari aplikasi blu ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done