Ads Top

Kegiatan Positif di Hari Minggu yang Tak Terlupa

Foto bareng Peserta Pelatihan Ngeblog di Desa Klampok
Pagi terlihat cerah di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Pada saat itu berkumpul sekelompok anak muda yang mengatasnamakan sebagai karang taruna, Minggu (14/06/2015). Mereka adalah Nurrohim, Samsul Hadi, Aziz, Diantoro, Ahmad serta diriku. Aku mendapat amanah meneruskan kepemimpinan ketua karang taruna Sedahkidul sebelumnya setahun yang lalu. Sesuai dengan petunjuk dari Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda, Aku mengajak pemuda desa melakukan kegiatan kerja bakti dan membersihkan ranting dan mengecat pohon yang berada di pinggir jalan raya agar terlihat lebih rapi dan indah. Kegiatan ini kami lakukan mulai pukul 06.00 - 09.30 WIB.

Usai berkegiatan bersama karang taruna Sedahkidul, Aku bergegas pulang dan mandi. Pasalnya udah ditunggu oleh sahabatku dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Depok Desa Klampok Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro untuk berbagi tentang ngeblog kepada peserta pelatihan pembuatan blog. Dengan mengenakan seragam kebanggan Blogger Bojonegoro, sekitar pukul 10.15 WIB Aku berangkat menuju Desa Klampok yang berada di timur Kabupaten Bojonegoro. Perjalanan menuju lokasi kutempuh selama kurang lebih satu jam setengah. Berhubung Aku belum mengetahui lokasinya, akhirnya ku sms sahabatku Mohammad Tohir untuk menjemputku di pertigaan Desa Mojodeso Kecamatan Kapas.

Materi dari General Manager blokBojonegoro Media, Muhammad A. Qohhar
Setibanya di lokasi, Aku menuju salah satu ruangan dekat Balai Pertemuan Desa Klampok Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro dan disambut oleh sahabatku Djagad Alie yang datang lebih awal. Pada saat itu peserta sedang mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber pertama dari General Manager blokBojonegoro Media, Muhammad A. Qohhar tentang penulisan berita. Untuk diketahui, peserta pelatihan ini adalah perwakilan desa - desa yang ada di Kecamatan Kapas mulai dari karang taruna, pengelola KIM, bahkan Kepala Desa. Usai materi dari narasumber pertama, acara dilanjutkan oleh sahabatku Djagad Alie yang akan memberikan materi tentang desain header, animasi dan banner di blog. Djagad Alie merupakan salah satu pemuda Bojonegoro yang tergabung di Blogger Bojonegoro. Selain itu dia aktif Relawan TIK Indonesia & Kelas Inspirasi di Kabupaten Bojonegoro. Dia juga mempunyai lembaga kursus dengan nama Inspiras Kursus Komputer di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro.

Mas Djagad Alie berbagi materi desain header, animasi dan banner blog
Hampir dua jam narasumber kedua menyampaikan materinya. Tibalah waktunya bagiku untuk berbicara dan berbagi di depan peserta pelatihan. Seperti biasanya ku awali dengan perkenalan terlebih dahulu. Kemudian peserta ku ajak menonton video singkat tentang sebuah Desa yang telah memanfaatkan TIK yaitu Desa Melung. Sebuah desa yang berada di lereng Gunung Slamet di tepi hutan yang jauh dari pekotaan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah (lihat di sini). Tak hanya itu, peserta juga ku ajak melihat trailer Asadessa (lihat di sini). Asadessa merupakan film dokumenter tentang inisiatif warga membangun diri dan desanya melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Di sisi lain, sejumlah desa hingga kini masih terisolir dari akses telekomunikasi, khususnya yang terletak di lokasi terpencil seperti perbatasan dan/atau pedalaman. "Untuk film lengkapnya masih nunggu kiriman DVD nya dari ICT Watch, Relawan TIK indonesia & WatchdoC. Jika sudah dapat filmnya nanti akan diadakan nonton bareng (nobar)", ucapku.

Ngajak Perwakilan Desa se-Kecamatan Kapas untuk Semangat Ngeblog
Setelah membakar semangat peserta dengan video desa yang menginspirasi, saatnya peserta ku ajak melihat materi slide yang kusiapkan dan praktek membuat blog secara bergantian dengan memanfaatkan fasilitas wifi yang dimiliki oleh Desa Klampok. Ku perkenalkan juga KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul yang telah sukses menjuarai LCCK KIM Berbasis IT Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 dan Pekan KIM Jawa Timur 2014 di Kabupaten Nganjuk. Di akhir acara, peserta juga ku ajak gabung ke ruang diskusi khusus di grup facebook dengan nama Pelatihan Pembuatan Blog di Desa Klampok Kecamatan Kapas. Semoga apa yang ku sampaikan bermanfaat, kalau ada pertanyaan bisa ditanyakan di grup facebook. Sebelum pulang peserta ku ajak foto bersama dan ada oleh- oleh sertifikat dari panitia pelaksana KIM Depok Desa Klampok. Itulah beberapa kegiatan positif yang kulakukan di hari minggu. (@kakdidik13)

4 comments:

  1. Selalu berkegiatan ya, Mas. Itu yang penting. Dan lebih keren lagi: berkegiatan yang positif hehehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bang Aswi, berkegiatan yang bermanfaat & positif. Terima kasih dah mampir bang. Ayo Semangat Ngeblog ! hehehe

      Delete
  2. Sepertinya blogger senior nich pa didik ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kok yang penting Semangat Ngeblog !!!! Oke

      Delete

Powered by Blogger.