Ads Top

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif

Belakangan ini, blog begitu familiar di dunia perbloggingan tanah air. Blog yang dulu dipakai sebagai wadah untuk menyampaikan uneg - uneg [alias curhat] kini telah mengalami evolusi. Banyak perusahaan atau brand - brand yang menggandeng blogger untuk membantu mendekatkan dengan konsumennya dan mempublikasikan produk yang dimilikinya. Menjadi blogger produktif merupakan harapan setiap orang yang berkecimpung di dunia perbloggingan. Apalagi blog yang dikelola sering menjuarai lomba ngeblog, rasanya gimana githu. Bagi yang sering ikut lomba tapi belum pernah menang, jangan menyerah ya. Rejeki itu sudah ada yang ngatur kok. Kalau sudah rejeki nggak bakal tertukar. 
Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif
Ingat, jika blog yang kita miliki dikelola dengan serius maka akan mendatangkan pembaca setianya. Jangan gunakan gaya bahasa yang terlalu kaku. Kemas lah se-kreatif mungkin dan dinamis agar mereka [pembaca setia blog kita] tidak merasa bosan untuk berkunjung secara rutin. Dan yang terpenting, sering - seringlah bertutur sapa dan menjalin keakraban dengan teman - teman blogger melalui aktivitas blogwalking [jalan - jalan ke blognya orang lain dan memberikan komentar yang sesuai dengan apa yang diposting]. 

Menurut fungsinya, blog atau weblog memiliki beragam manfaat. Dimulai dari untuk catatan harian [diary online], media publikasi dan promosi perusahaan, personal branding, bahkan mencari jodoh pun bisa melalui blog [buka ayonikah.com dsb]. Selain itu, jika Anda punya bisnis atau produk, gunakan-lah blog untuk mendekati pasar atau konsumen. Tapi jangan hanya sekedar iklan saja lho ya, hehehe. Pandai - pandailah mengelolanya. 

Jika kamu sudah punya blog, lantas kamu ingin agar blogmu produktif [jadi blogger produktif] dan memberi manfaat yang siginifikan untuk pembaca setia-mu dan yang pasti untuk dirimu sebagai pemilik blog, simak apa itu arti blogger produktif dan beberap tips menjadi blogger produktif menurut sahabat blogger #temankakdidik13 berikut ini.

Abdul Cholik, pemilik blog www.abdulcholik.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Abdul Cholik
Menurut pendapat saya Blogger Produktif  adalah blogger yang rajin memproduksi artikel dan menerbitkan di blognya. Tidak selalu harus One Day One Post, 5 artikel per minggu juga sudah tergolong Blogger Produktif. Tentunya dengan catatan bahwa artikel karyanya tidak asal-asalan tetapi kualitasnya terjaga dengan baik. Unsur menarik dan bermanfaat terkandung di dalamnya. 

Lebih elok lagi jika blogger mau menulis di blog atau situs lain misalnya viva, co.id, indoblognet.com, dan lain sebagainya. Dengan cara itu maka ilmu dan pengalamannya terbagikan lebih luas lagi sehingga semakin banyak memberikan manfaat kepada orang lain.

Silviana Noerita, Pemilik blog www.silviananoerita.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Silviana Noerita
Menurutku blogger produktif itu blogger yang istiqomah dalam mengisi rumah maya (blog) yang dia miliki. Buatku produktif itu bukan berarti setiap hari ngeblog atau menulis, tetapi lebih ke kontinuitasnya. Misalnya, satu minggu sekali mampu nulis 2 artikel di saat weekend, nggak masalah juga. Itu lebih baik dibandingkan dengan satu minggu full nulis di blog, lalu setahun nggak ngeblog.

Dikatakan produktif lagi, jika seorang blogger tidak hanya rajin menulis (ngeblog) tetapi rajin bersilaturrahmi dengan sesama blogger melalui aktivitas yang disebut blogwalking. Kita sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu dan butuh menjalin pertemanan dengan banyak orang. Ngeblog sudah, blogwalking sudah sesekali perlu datang dalam sebuah acara atau event supaya nggak baperan hehehe.

Nchie Hanie, Pemilik blog www.nchiehanie.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Nchie Hanie
Berada diantara dua dunia antara Blogger dan Internet Marketer itu aku. Tetep ngakunya, Sumpah Aku Blogger ! Sempat hiatus setahun  gara-gara kerjaan offline yang menyita waktu. Tapi karena memang Ngeblog adalah me time buatku dijalanankan ya dengan have fun dan asik namun tetap menghasilkan. Dan kini Blogging menjadi salah satu passive income yang menjanjikan. Karena mengaku sebagai seorang Blogger ya wajib menulis. Maka dari itu produktivitas blogging diukur dari jumlah dan kualitas tulisannya. 

Menjadi Blogger Produktif tidaklah gampang, banyak kendala yang dihadapi terutama untuk memulai menulis sering bingung karena ide yang terlalu banyak ataupun tak ada ide sama sekali. Yang ada hanya melongo menatap layar monitor dan blank. Apalagi jam waktu menulis  on nya malam hari, seringnya perang batin antara ngeblog dan menjemput impian di pulau kapuk.

Untukku menjadi Blogger yang Produktif  teteplah  harus menghasikan sesuatu dari blognya. Jadi, menjaga  tetep produktif adalah suatu keharusan bagiku, karena seorang Blogger tadi kan wajib blognya  ter-update secara konsisten. Meski jujur ngap-ngapan, dari mulai menemukan ide, menulis, mengedit dan mempublish. Dengan 4 hal tersebut baru bisa menjadi blogger produktif. Tentu saja sangat dibutuhkan komitmen yang berasal dari diri sendiri untuk melaksanakannya agar konsisten. 

Selain itu, tak hanya menulis saja namun berusaha silaturahmi alias blogwalking sekedar say hello. Yang terpenting untuk menjadi blogger produktif sepanjang masa, jadilah blogger yang flexible, sosiable, supelable dan gaulable dengan dunia perbloggingan. Ahh semoga aku menjadi blogger produktif sepanjang masa eeaa.

Atanasia Rian, Pemilik blog www.kulinerwisata.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Atanasia Rian
Blogger Produktif itu blogger yang masih tetap berusaha menulis meski keadaan yang sibuk atau dengan alasan apapun. Produktif secara spesifik itu lebih ke konsisten menulis meski setiap minggu atau dalam waktu pendek. Ada beberapa blogger yang memang produktif menuliskan segala hal yang berhubungan dengan dirinya maupun blognya. Bahkan hampir setiap hari dia menulis untuk update blognya. Kita tidak bisa menghakimi beberapa blogger yang tidak terlalu aktif karena kesibukan. Mencoba konsisten untuk tetap berusaha menulis di sela kesibukan itu sudah istimewa bagi saya.

Saat ini, di beberapa Kota besar banyak bermunculan agenda atau event untuk blogger maupun netizen dan aku pun beberapa hampir setiap event ikut. Mengikuti event ada yang untuk kopdar, ada pula yang untuk bahan postingan. Jangan berburuk sangka dengan dengan berpikir blogger godiebag, karena bagi beberapa blogger godiebag hanya sebagai bonus. Kalau saya pribadi mendaftar atau mengikuti sebuah event sebagai ajang kopdar bersama teman-teman.  Tidak hanya itu, hasil atau materi yang saya ikuti bisa menambah postingan di blog yang kukelola. Terkadang ada pula blogger yang tidak mengikuti event untuk sekedar hore - hore saja, dia lebih memilih berada di ruma atau kost untuk mengurus blognya agar lebih baik. Terakhir, jika kamu ingin menjadi Blogger Produktif ya kamu harus menulis dan melakukan sesuatu untuk blogmu.

Evrina Budiastuti, pemilik blog www.evrinasp.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Evrina Budiastuti
Menurut saya blogger produktif itu adalah blogger yang sering menghasilkan tulisan baik di blog pribadinya maupun di media lain seperti di media cetak atau sebagai guest post di orang lain. Produktifnya yang bagaimana dulu? Bukan berarti harus setiap hari menghasilkan tulisan, tetapi lebih kepada konsistensinya untuk mengupdate tulisan. Jadi walaupun seminggu dua kali atau tiga kali sudah posting, menurut saya itu sudah bisa dibilang produktif. 

Nah saya takjub sama teman - teman blogger yang sudah konsiten membuat jadwal per hari untuk membuat tulisan, saya kenal mbak putri KPM. Dia sudah menjadwalkan tema yang dibahas perhari di blognya. Selain itu, juga ada Dani Rachmat yang sudah membuat schedule berdasarkan kalender. Itu produktif menurut saya. Produktif itu tidak harus berdasarkan materi lho ya. Materi mengikuti setelah konsisten ngeblog.

Saya sendiri sedang berusaha untuk produktif meski sekarang sedang terbawa arus kontes blog hehe. Nanti diusahakan untuk lebih produktif lagi disesuaikan dengan tema blog yang saya angkat. Oh iya temen - temen yang punya banyak blog menurut ku itu juga produktif, mereka sering lho mengupdate di banyak blognya. Itu yag sedang saya lakukan sekarang, mengaktifkan tiga blog yang saya miliki walaupun kebanyakan untuk lomba hehe.

Rika Verry Kurniawan, Pemilik blog www.rikaverrykurniawan.com

Kiat Sukses Menjadi Blogger Produktif menurut Rika Verry Kurniawan
Blogger Produktif itu … Blogger, sapaan untuk siapa saja yang menuliskan, mengabadikan, mengunggah sesuatu lewat media blog. Istilah ini akrab di telinga saya, sejak saya mengenal blog di tahun 2011 dengan mulai membuat blog berdomain TLD. Pada tanggal 28 Oktober 2011, tepat dengan event Blogger Nusantara 2011, domain www.rikaverrykurniawan.com pun saya pilih untuk menuliskan aktivitas saya di dunia maya.

Sejak itu kegiatan posting artikel mulai di post, dan hari ke hari banyak menuliskan catatan di sekitar, mulai dari perjalanan, news, issue, sampai dengan review. Sehari paling nggak 2 sampai 3 artikel rutin saya post kalau pas lagi luang. Dan total jika dijumlah sampai dengan saat ini hampir menyentuh angka 900 post/artikel yang terpublish di www.rikaverrykurniawan.com. Sejak mengenal blog, dan bergabung dengan komunitas, ikut kopdar, hingga banyak tawaran review menghampiri, aktivitas ngeblog tetap jalan. Bertemu di dunia maya, hingga dunia nyata membuahkan banyak pengalaman yang seru.

Terus terang saya banyak menikmati aktivitas ngeblog hingga saat ini. Tak pandang ada job review menghampiri, ngeblog tetap sehari posting dua kali. Apapun yang kita lihat, dengar, dan temui, bisa jadi ide untuk ngepost sebuah postingan blog. Are you ready for blogging?

Dikutip dari buku Blogging : Have Fun and Get The Money karya mbak Carolina Ratri bahwa blogging itu tak hanya berhenti pada membuat blog, edit template dan desain blog, tulis apa yang ada dipikiran, selesai. Akan tetapi  ada banyak hal yang harus kita lakukan jika blog kita ingin melejit di antara sekian juta blog lainnya. Jika tujuan awal kita ngeblog untuk have fun, memuaskan hobi menulis, suka berbagi dengan pembaca, maka suatu saat blog kita pun bisa mendatangkan uang, tentu saja ini bonus yang tidak boleh kita tolak, ya kan? Yang penting bukan melulu uang yang dicari, akan tetapi lebih kepada berkah ngeblog itu yang utama. Berkah ngeblog yang memberi manfaat untuk pembaca setia blog kita dan berkah ngeblog untuk diri sendiri dan keluarga serta orang - orang dekat di sekitar kita. Amiin.  

Terakhir, menurut Bunda Indah Julianti Sibarani dalam buku Blogging : Have Fun aand Get The Money [halaman 183] bahwa blog itu baginya ibarat keranjang atau jamban yang bisa kita masukkan apa saja di dalamnya. Di blog kita bisa nulis apa saja, yang kita alami,  kita rasakan, atau kalau punya sedikit pengetahuan bisa kita sharing ke pembaca. Sensasi ngeblog itu adalah komentar - komentar dari pengunjung blog kita. Dari komentar itu kita bisa tahu, mana yang asal baca, asal mampir sekedar basa-basi, berkunjung balik karena kita kunjungi, atau yang serius membaca dan tulisan tersebut mengena untuknya. 

Demikianlah pendapat dari beberapa sahabat blogger #temankakdidik13 mengenai arti blogger produktif dan buku tentang blog di atas. Sudah siapkah Anda untuk menjadi blogger produktif ? Ayo bersama - sama kita bangun blog kita agar menjadi blog yang produktif dan memberi banyak manfaat terhadap pembaca setia blog kita !. (@kakdidik13)

63 comments:

  1. aheyy makasih kak didik, kiat temen-temen yang sukses di dunia blogging bikin aku makin termotivasiuntuk selalu nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Rian, saya juga mau ucapin terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk memberikan pendapat terhadap pertanyaan yang ku-ajukan hehehe :)

      Delete
    2. Aku baru tau mbak anatasia salah satu blogger produktif versi mas didik jatmiko.

      Padahal saya kira biasa aja loh hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Super mantap, semoga bermanfaat dan berkah. Amiin

      Delete
  3. whuuaa...
    ada akuh disandingkan dengan blogger produktif lainnya.
    Semoga bisa belajar terus utk jadi blogger produktif yaa.
    Makasih ya Kadidik.
    Makin semangat ngeblog aahh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama teh, terima kasih balik ya teh karena udah nyempatin waktu untuk menjawab pertanyaanku hehehe. Siap untuk terus belajar menjadi blogger produktif dan bermanfaat. Amiin

      Delete
    2. Slah satu orang di dewa seo ternyata masuk list blogger produktif.

      Salut bamget deh dengan beliau aku ini

      Delete
  4. Terims kasih Mas Didik.
    Mari kita terus ngeblog yang menarik dan bermanfaat agar bernlai ibadah.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Pak Dhe, siap ngeblog yang menarik dan bermanfaat :) Ngeblog itu bernilai ibadah, sepakat. Salam hangat balik dari Bojonegoro.

      Delete
  5. Kalo aku sih pengin banget bisa jadi blogger produktif. Tapi kadang blognya suka gak keurus karna kesibukan dan kadang sok sibuk sih. Hehe. Yuk jadi blogger produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi yang terpenting blognya di-update hehehe, semangat-semangat [Siap menjadi Blogger Produktif]

      Delete
  6. KIat-kiatnya keren habis! Semuanya blogger panutan saya, terutama Pakde Cholik yang sudah saya kenal sejak tahun 2010 di awal-awal beliau ngeblog. Super sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, kiat-kiatnya. Salam semangat dari Bojonegoro :)

      Delete
  7. Hmmm memang kiat sukses untuk menjadi blogger produktif pasti nggak jauh2 dari kata menulis. Tapi bisa juga sih, dengan menghasilkan karya lain selain tulisan. Misal seperti dengan membuka jasa desain blog atau semacamnya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Jefry Dewangga, ya kan blog itu ibarat sebuah Taman Bunga jika ingin terlihat menawan kan harus ditanami bunga dan dirawat sama seperti blog biar semakin menarik harus diupdate dengan artikel atau postingan hehehe. Salam dari Bojonegoro.

      Delete
  8. saya fokus ke kalimat ini, "Tapi jangan hanya sekedar iklan saja lho ya, hehehe. Pandai - pandailah mengelolanya. "

    gitu, kak dik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Dito, semangat ngeblog dan berbagi hehehe :)

      Delete
  9. Terimakasih ya mas didik sudah mau memasukkan saya ke tulisannya, ini membuat saya untuk produktif lagi, rencana mau ternak blog biar makin rajin nulisnya hehe. Btw, kreatif nih ada kepikiran nulis dengan mengundang teman-teman blogger, boleh dicontek ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Evrina, boleh-boleh hehehe. SIP Produktif menghasilkan artikel yang bermanfaat untuk semua orang. Blogger itu Duta segalanya hehehe :)

      Delete
  10. Menurut saya Blogger yang produktif adalah ... blogger yang mempunyai konsistensi menulis secara berkala yang disiplin.
    Tidak perlu setiap hari ... namun rutin ...

    Plus ...
    Yang bersangkutan juga rutin blog walking mengunjungi blog rekan-rekannya

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, terima kasih om udah ditambahi lagi, mantap nih :) Semoga kita bisa melakukannya ya om. Semangat NgeBlog, NgeBlog Semangat hehehe

      Delete
  11. Wah sudah ada hastag TemanKakDidik13 aja nih. Keren, kak.
    Masalah blogger produktif, pendapat saya gak jauh berbeda deh sama pendapat-pendapat diatas, hanya yang ada kata passive income tuh kayaknya menarik, hehehe..

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak Guru atas tambahannya, ya suatu saat mau ya kalau kumintai pendapat hehehe :) menarik dan tetep semangat ngeblog yach hehehe

      Salama hangat balik dari Bojonegoro

      Delete
  12. Blogger yang disebutkan emang keren2 semua kakk. Termasuk yang nulis.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mereka emang top hehehe :) Terima kasih ya, semangat selalu untuk ngeblog dan berbagi

      Delete
  13. Widih! para master semua nih hihihi
    mantap kak Didik, berhasil menghimpun para master di satu postingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, temen-temen di atas berkenan saya kasih pertanyaan dan dijawab seperti yang saya posting Daeng.

      Lain waktu, Daeng Ipul siap ya menerima pertanyaan dariku hehehe :)

      Delete
    2. Oke Daeng, terima kasih ya :)

      Delete
  14. Wah kiat-kiat dari para blogger kece neh, catet ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya mbak, semangat-semangat :)

      Delete
  15. Terimakasih Kang tulisannya ini inspiratif buat saya pribadi, semoga saya konsisten dalam menulis pengen banget seperti mereka hehehe apalagi ada passive income yang menjanjikan jd langsung terpacu hehehe...
    salam kenal kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya mbak dan memacu kita untuk lebih konsisten untuk merawat blog kita. Salam kenal balik ya :) semangat NgeBlog:)

      Delete
  16. Wah blogger-blogger top semua yang dimintai pendapat. Keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, tetap semangat ngeblog dan berbagi :)

      Delete
  17. patut diikuti nih, secara yg ngasih tips blogger2 kece, makasih sharenya ya bang didik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama-sama. Semoga bermanfaat ya mbak :)

      Delete
  18. terimkasih sudah berbagi tulisan menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, moga berkenan untuk membacanya ya. Semoga bermanfaat, amiin :)

      Delete
  19. Semua informasi yang di sajikan sangat menarik, bisa menambah wawasan, dan sangat berguna buat kami, saran dari kami postingannya lebih diperbanyak lagi, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas saran yang diberikan :) semangat selalu

      Delete
  20. Postingannya dahsyat :D
    Semoga bisa menginspirasi semuanya untuk lebih rajin ngeblog.
    Terima kasih sudah ikut nge-round up tulisan saya di buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, terima kasih juga udah dikasih ijin sama mbak Carolina Ratri :) bukunya bagus banget mbak isi nya, suka bacanya & banyak ilmu yang kupetik hehehe :)

      Delete
  21. Wiiih semua pada dicomot. Bloggernya familiar semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicomot bagaimana mbak? Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  22. wah saya tmsk blogger produktif ga yah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti produktif hehehe :) semangat NgeBlog mbak & semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  23. Mantab mas, saya masih perlu banyak belajar buat latuhan nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, dan jangan menyerah ! Tetap semangat berbagi dan berkarya lewat kata :)

      Delete
  24. sangat inspiratif kak .... dan bermanfaat dan lagi sangat membantu bagi saya bloger pemula ... jangan lupa kak silaturrahmi ke rumah saya di Gusbolang.blogspot.com

    kakak bisa menemukan referensi keindhan kota tape Bondowoso
    salam kenal kak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya dan menginspirasi kita semua, siap :)

      Bicara Bondowoso, saya sekali ke sana saat kegiatan kunjungan kerja bareng Kapolda Jawa Timur bersama Netizen Jawa Timur hehehe

      Salam kenal balik ya :)

      Delete
  25. postingan yang bermutu kak dik. Kak didik emang matoh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya :) selamat membaca

      Delete
  26. Artikel yg berbobot banget..

    Ini menjadi solusi untuk mencerahkan dunia menuju estafet kebaikan melalui menulis.

    Allah bersumpah demi pena. Pasti dibalik pena ada sesuatu yang bersifat sangat universal.

    #blogwalkingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita ya :)

      Delete
  27. salut buat rekan-rekan blogger semuanya yang selalu semangat...
    salam jabat erat dari kami di Kota Malang..
    salam sukses.. happy blogging...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.