Ads Top

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka - Hembusan angin semilir menerpa daun-daun hingga bergoyang sahdu di ranting. Sinar mentari cerah menembus di antara celah-celah dedaunan di halaman SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Ada sekelompok peserta didik Pramuka sedang bermain dengan riangnya. 

Berbicara tentang Pramuka, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengikuti permainan ketika latihan. Apakah Anda masih ingatkah dengan permainannya?. Permainan dalam pramuka dapat menjadikan pikiran rileks, selain itu permainan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan antara sesama anggota Pramuka.

Yuk, intip adik-adik Pramuka Gudep SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto saat bermain "Permainan Memindahkan Bom" ! Jangan kepo ya?

Asyiknya Bermain Memindahkan Bom Ala Pramuka di Gudep SDN Ketapanrame 1
Permainan memindahkan bom termasuk dalam kategori low game. Peralatan yang dibutuhkan untuk memainkan permainan ini adalah "tali" sebagai alat pemindah. Sedangkan bola sebagi bom-nya. Perintahnya sangat sederhana, satu regu sekitar delapan sampai sepuluh orang dapat berkhayal menjadi petugas penjinak bom yang ditugaskan untuk mengamankan suatu daerah dari ancaman bom. Bom harus dipindahkan ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan alat penjinak bom, mulai bom ada di tempatnya sampai dipindahkan, jika kena tangan bom meledak, jika terjatuh bom juga akan meledak. Cara atau tekhnik tergantung petugas penjinak.

Dengan berbagai teknik dan cara adik-adik berusaha melakukan tugas dan tanggung jawabnya, saat peluit dibunyikan, ketegangan dan keseruan permainan ini mulai terlihat, ada yang berteriak kala bola menggeliat akan menjatuhkan dirinya. Beberapa seolah mandor bangunan, ada pula yang takut-takut seru, khawatir bom akan meledak, walhasil semua bersorak-sorai manakala bom berhasil dipindahkan dengan baik. Ada senyum puas tersungging dari bibir kecil mereka.

Teaching point : Kerjasama kelompok/team, melatih konsenterasi, mengatur ritme kerja, dan mengetahui kekurangan dan kelebihan teman.

Tantangan : Agar lebih menantang sediakan tempat bom untuk meletakkan bom tersebut di garis akhir, saya memakai karton bekas tempat kok bulu tangkis, atau tempat yang lain

Demikian sedikit cerita tentang asyiknya Permainan Memindahkan Bom Ala Pramuka yang diberikan oleh Kak Jainul Arifin selaku Pembina Pramuka SDN Ketapanrame 1 Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Tetap semangat dan salam pramuka ! (@kakdidik13)

No comments:

Powered by Blogger.