Ads Top

Inilah Kelebihan Membuka Suatu Bisnis Usaha Sendiri

Inilah Kelebihan Membuka Suatu Bisnis Usaha Sendiri - Kesuksesan yang diraih menjadi pembisnis tentu sangat berbeda sekali dengan seorang yang bekerja di suatu perusahaan. Menjadi pengusaha sukses memang merupakan impian dari setiap orang.apalagi jika usaha yang Anda dirikan tersebut adalah hasil dari jerih payah Anda sendiri, sudah pasti ada rasa bangga yang Anda rasakan. Awal membuka usaha, pasti terjadi keragu-raguan yang membuat Anda menunda niat tersebut. Untuk itu, Anda haruslah meyakinkan diri Anda sendiri dan mengatur diri sendiri. Janganlah terlalu gegabah dalam memikirkan dan melangkah dalam bisnis Anda. Segalanya harus terencana secara rinci dan sistematis agar Anda bisa memiliki patokan dalam berbisnis.Karena itu, jika Anda berniat untuk membuka suatu bisnis, janganlah ada niatan setengah-setengah. Karena sebenarnya membuka suatu bisnis sendiri itu mempunyai banyak kelebihan yang dapat kita rasakan sendiri nantinya.

Bersama Kontingen Bojonegoro di Stand Pameran saat Kegiatan Jambore Pemuda Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2017
Jika kita bekerja di sebuah perusahaan, sudah pasti ada banyak tekanan yang terjadi. Dari mulai tekanan kerjaan sampai boss kita yang sering marah-marah ketika kita melakukan kesalahan meski hanya sedikit. Bahkan kadang bos bisa marah tanpa alasan yang jelas. Hal itu terkadang membuat kita tidak betah sendiri dalam bekerja dan ingin keluar saja. Juga kita mendapat tekanan waktu atau deadline yang sempit, dan kerjaan kita harus selesai sebelum deadline. Berbeda dengan membuka bisnis sendiri. Jika membuka bisnis sendiri kita bisa sedikit bernapas lega karena waktu yang kita punya sangatlah fleksibel dan tidak ada tekanan dari atasan karena atasannya adalah diri sendiri. Tidak membuat kita stress karena tidak ada yang memarahi kita jika melakukan kesalahan. Malah justru diri kita sendiri yang marah pada diri sendiri ketika melakukan kesalahan.

Meski berbisnis kadang lebih santai dari kerja kantoran, akan tetapi kita harus benar-benar mengerjakan bisnis tersebut agar bisa berjalan dengan apa yang diharapkan. Meski mungkin gaji awal dalam membuka usaha tiap bulannya tidak sebesar gaji di kantor, akan tetapi jika bisnis yang dirintis bisa sukses, gaji yang kita miliki bahkan akan lebih besar. Seperti yang kita ketahui, membuka bisnis sendiri tidak segalanya serba instan dan langsung sukses. Pebisnis yang sekarang sukses saja dulunya memulai dari nol dan mengalami jatuh bangun bagaimana mendirikan sebuah bisnis agar bisa sukses dan awet dalam berpuluh-puluh tahun ke depannya.

Inilah Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri

Banyak sekali pembisnis yang sekarang sukses adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan besar ataupun perusahaan kecil.Mereka berani untuk membuka usaha sendiri karena memang ada beberapa hal yang menyenangkan jika membuka bisnis sendiri, dan manfaatnya pun sudah mereka rasakan sekarang. 

Jika Anda belum tahu, berikut beberapa keuntungan bila Anda berani membuka sebuah usaha bisnis sendiri :

Bosnya adalah Kita Sendiri

Jika kita membuka sebuah usaha dengan tangan kita sendiri dari nol, tentu saja yang menjadi bos adalah diri kita sendiri. Tidak ada yang mampu menyuruh kita dalam mengatur usaha kita. Karena semua kendali utama ada pada diri Anda sendiri. Jadi Anda bebas untuk mengatur langkah-langkah apa saja dulu yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Akan tetapi, meski Anda adalah bosnya, janganlah seenaknya saja dalam melakukan berbagai hal. Justru Anda harus melatih diri Anda lebih disiplin dari sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk bisa mensukseskan bisnis usaha yang sedang Anda jalani tersebut.

Jiwa Wirausaha Kita Menjadi Terlatih

Mungkin dulu Anda bukanlah mahasiswa yang belajar mengenai marketing dan sejenisnya. Atau bahkan Anda tidak mengenyam pendidikan yang tinggi dan langsung bekerja sebagai seorang karyawan setelah lulus sekolah menengah atas. Tapi ketika Anda mulai membuka bisnis sendiri, dengan sendirinya jiwa kewirausahan Anda menjadi keasah dan terlatih karena kebiasaan. Anda yang semula tidak peka terhadap tingkat konsumen masyarakat, menjadi sangat tertarik dan selalu mencari-cari sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Bahkan karena Anda terjun langsung sebagai pelaku bisnis, meski tidak berpendidikan tinggi, Anda bisa lebih pintar dari mahasiswa yang belajar mengenai ekonomi marketing dan sejenisnya.

Menjadikan Diri Mandiri

Seiring berjalannya waktu, ketika kita menjalankan bisnis, kita tak terasa akan membangun sebuah rasa kemandirian pada diri kita. Karena dengan membuka bisnis kita sendiri, semua beban dan tanggung jawab pastinya dipikul oleh kita. Mungkin dengan membuka usaha sendiri sangat menyenangkan karena kita yang mengatur segalanya, akan tetapi, di balik semuanya itu, kita perlu untuk tetap menampung tanggung jawab yang begitu besar. Jadi untuk menjadi seorang pembisnis, kita harus mandiri dan kuat mental dalam menghadapi pasang surut bisnis yang kadang tidak menentu.

Semua Keuntungan yang Didapat Menjadi Milik Sendiri

Tentu saja semua keuntungan yang kita miliki dalam mengolah bisnis akan masuk ke kantong kita sendiri. Dan setelah itu kita sendiri yang akan mengatur keuangan tersebut. Jika memiliki beberapa orang karyawan, pasti akan dibagi secara adil gajinya. Dan juga untuk berbagai bahan yang digunakan untuk memutar usaha keesokan harinya. Baru nanti sisanya masuk ke kantong kita. Meski semuanya menjadi milik kita, kita perlu belajar mengolah keungan agar bisa berjalan lancar dan tersusun.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Di Indonesia, sekarang banyak sekali orang yang menganggur, terutama di daerah ibu kota. Mereka yang menganggur hanya kurang wadah untuk bisa menampung keahliannya. Dan ketika ada satu orang saja yang membuka usaha, beratus-ratus orang akan senang karena mereka merasa mempunyai kesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Dengan membuka usaha sendiri, tentu kita juga membantu membuka lapangan pekerjaan yang sekarang semakin minim saja.

Memiliki Waktu yang Fleksibel

Dulu saat menjadi karyawan, mungkin sering lembur dan dikejar waktu target sehingga tidak ada waktu untuk bisa bergabung bersama dengan keluarga. Akibatnya, waktu kebersamaan dengan keluarga akan menipis. Jika membuka usaha sendiri, kita memiliki banyak waktu.Karena waktu yang dimiliki fleksibel dan kita yang mengatur waktu sendiri. Anda bisa meluangkan banyak waktu dengan keluarga jika membuka usaha sendiri.Tapi meski begitu, Anda jangan terlalu memanfaatkan waktu yang fleksibel tersebut dengan seenaknya.Karena waktu adalah uang.

Dari keenam keuntungan yang bisa didapat jika membuka bisnis, tentu akan menarik perhatian Anda dan berminat juga untuk membuka usaha. Tapi kebanyakan orang, membuka usaha pasti kendalanya adalah modal utama untuk bisa membuka usaha tersebut. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah sekarang melalui pinjaman tanpa kartu kredit dan Tien24 meski tanpa kartu kredit, Anda bisa meminjam dengan mudah di bank dengan menyetor cicilannya melalui teller. Syaratnya pun tidak sulit seperti dahulu karena sekarang peminjaman uang sudah dipermudah untuk alasan usaha rakyat agar bisa mandiri. Jadi, yuk mulailah untuk membuka bisnis Anda !.[kakdidik13]

No comments:

Powered by Blogger.