Ads Top

Menikmati Keindahan Objek Wisata Waduk Pacal Bojonegoro

didikjatmiko.com - Kenyang menikmati cita rasa ikan gloso warung semok mbak Sum Bojonegoro, kami pun melanjutkan perjalanan ke waduk pacal. Waduk Pacal merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro yang dibangun pada tahun 1924 dan diresmikan pada tahun 1933, terletak 35 km ke arah selatan dari pusat kota Bojonegoro.

Menikmati Keindahan Objek Wisata Waduk Pacal Bojonegoro
Sepanjang perjalanan menuju Waduk Pacal Bojonegoro, kami disuguhi pemandangan hutan jati, jalan berliku, tebing dan jurang. Keberadaan waduk pacal ini sangat bermanfaat untuk warga sekitar. Selain dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian juga sebagai salah satu destinasi wisata alam di Bojonegoro. Daya tarik utama waduk ini berupa bangunan yang kukuh dengan arsitektur khas zaman kolonial Belanda dan hamparan air yang melimpah serta panorama alam hutan jati yang mempesona.

JANGAN TERLEWATKAN :

Setibanya di lokasi, mobil diparkir kemudian kami berjalan kaki mendekat ke waduk yang menyuguhkan keindahan alam dengan pepohonan rindang sehingga terasa nyaman. Kami berkunjung ke waduk pacal pada hari Senin, 13 Maret 2017 pukul 12.30 WIB, jadi bisa dibayangkan begitu panasnya terik matahari namun hal tersebut tak menyurutkan tekad kami untuk menikmati keindahan waduk pacal. Kami pun asyik mengabadikannya melalui kamera handphone masing-masing.

Selfie di Waduk Pacal Bojonegoro
Saya pun bercerita kepada Teh Ani yang kebetulan berasal dari Kota Sukabumi dan lagi main ke Bojonegoro bahwa Waduk Pacal ini juga pernah dibuat lagu oleh Kang Yoto. Adapun lirik lagunya sebagai berikut :

Waduk Pacal

Di antara dua gunung engkau terbentang
Nuansa pucuk-pucuk ilalang, bergoyang-goyang
Di antara pohon jati angin sepoi-sepoi
Waduk Pacal harapan hidup,para petani

Di sini di Waduk Pacal
Kita berjanji setia, sehidup semati
Di sini, di Waduk Pacal
Kita kan datang lagi
Dengan anak dan cinta sehati

Asyik selfie di Waduk Pacal Bojonegoro
Puas berkeliling di waduk pacal (meskipun nggak sempat menyewa perahu), kami bergegas menuju warung yang terletak di dekat parkir mobil. Sambil beristirahat, kami memesan minum dan ngobrol santai sejenak lalu bersiap pulang ke kota Bojonegoro.

Kesimpulannya, ketika berada di waduk pacal Anda bisa menikmati berkeliling waduk dengan menyewa perahu yang disewakan di lokasi dan melihat aktifitas pemancing yang sedang asyik memancing ikan. Waduk Pacal bisa dijadikan sebagai pilihan untuk piknik bersama sahabat dan keluarga. Selain itu, waduk pacal juga sering digunakan untuk tempat pengambilan gambar atau video prewedding dan fotografi.

Hotel dan penginapan di sekitar Waduk Pacal Bojonegoro

Untuk penginapan, saat ini belum tersedia penginapan dan hotel di wilayah Kecamatan Temayang. Saya sarankan agar para traveller menginap di penginapan atau hotel di wilayah kota Bojonegoro karena lokasi Waduk Pacal hanya satu jam dari Kota Bojonegoro.

Tips dan saran ketika akan berkunjung ke Waduk Pacal Bojonegoro

Bagi para traveller atau pengunjung bisa mengunjungi Waduk Pacal saat musim kemarau belum pada puncaknya, karena saat puncak musim kemarau, kondisi air di waduk pacal sudah habis. Sebaiknya menggunakan topi atau payung saat mencoba menikmati bangunan waduk pacal yang menjadi ikon dari lokasi wisata ini. Saya sarankan pula untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah secukupnya, karena di waduk pacal hanya ada beberapa warung kecil.

Selamat berlibur dan menikmati keindahan objek wisata waduk pacal Bojonegoro. [kakdidik13]

14 comments:

  1. Bisa buat mancing ga mas disitu ..

    Kaya waduk pada umumnya

    ReplyDelete
  2. wah waduk memang bisa dijadikan objek wisata ya

    ReplyDelete
  3. Pas musim hujan kesana gimana? bagus apa ndak viewnya?

    ReplyDelete
  4. Wah jadi pingin ke sini. Lumayan dekat lho sama saya :D

    ReplyDelete
  5. Sekarang banyak waduk yang jadi destinasi wisata.

    ReplyDelete
  6. Jadi pingin berkunjung ke sini :D

    ReplyDelete
  7. Kalau dari kota Bojonegoro, ada angkutan umum menuju ke sana kah?

    ReplyDelete
  8. wah, makin ke sini makin banyak waduk yang dijadiin objek wisata ya.
    gak cuma di Bogor atau Jakarta aja, di Bojonegoro juga ada Waduk Pacal.
    makasih buat informasinya ya mas :)

    ReplyDelete
  9. Kemana mana klo sama temen memang mengasyikan. Btw ada wisata perahu danaunya nggak disitu?

    ReplyDelete
  10. Waduk Pacal kalau kering kayak lapangan rumput ya. Bisa dipake nyemplung gak? :D

    ReplyDelete
  11. masih peninggalan Belanda ya mas? keren juga ya, masih ada sampai sekarang. Waduknya lumayan jauh juga dari Kota Bojonegoro

    ReplyDelete
  12. Saya pernah sekali ke Bojonegoro, masih SMA dulu, lupa pulak nama daerahnya apa. Tapi yang jelas pos ini bikin ngiler pengen ke sana juga.

    ReplyDelete
  13. warna waduknya jadi mirip waduk di sudirman jkt :)

    ReplyDelete
  14. Wah ini setahun yg lalu berati ya. Sama dong kayak aku, pikniknya kapan nulisnya kapan haha.

    Btw di Madiun perbatasan Nganjuk juga ada waduk kali bening. Di situ juga ada naik perahunya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.