Abadikan Kegiatan Jambore dan Bakti Pemuda Lewat Kamera Ponsel Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Saturday, June 18, 2016

Abadikan Kegiatan Jambore dan Bakti Pemuda Lewat Kamera Ponsel

Berbicara tentang Aku dan Kamera Ponsel, hampir setiap kegiatan yang kulakukan tak terlepas dari kamera ponsel untuk mendokumentasikannya baik itu foto selfie ataupun difotokan oleh teman. Karena itulah satu - satunya alat yang kumiliki untuk mendokumentasikan seluruh aktivitasku. Simak salah satu ceritaku berikut ini ya !
Giveaway Aku dan Kamera Ponsel
Giveaway Aku dan Kamera Ponsel
Tahun 2014 silam, Saya Didik Jatmiko terpilih sebagai salah satu utusan atau duta dari Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti kegiatan bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yakni Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP). Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun sekali dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan pemuda agar dapat meningkatkan kreatifitas dengan harapan adanya transformasi nilai budaya, seni, teknologi, keunggulan daerah, pengembangan potensi, dan menciptakan jaringan informasi dan komunikasi antar pemuda.

Saya terpilih setelah melewati beberapa proses seleksi mulai dari seleksi di tingkat Kabupaten hingga seleksi di tingkat Provinsi. Di tingkat Kabupaten saya mengikuti proses seleksi sejak tahun 2012, tapi pada waktu itu belum beruntung. Tahun selanjutnya yakni 2013 saya mencoba mengikuti seleksi dan lagi - lagi keberuntungan belum berpihak kepadaku. Saya pun tidak menyerah, saya mencoba intropeksi diri lalu mendata apa kekuranganku dalam seleksi dan mencoba untuk memperbaikinya. Alhamdulillah, tahun 2014 saya pun dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi dalam Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) di Kabupaten Tulungagung dan selanjutnya ketika seleksi di tingkat Provinsi saya terpilih sebagai peserta cadangan untuk mengkuti kegiatan tingkat Nasional. Ternyata, dewi fortuna masih berpihak kepadaku yakni ada beberapa peserta inti yang terpilih ada yang mengundurkan diri dan saya bersama peserta cadangan lainnya pun akhirnya terpilih mewakili Provinsi Jawa Timur.

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) merupakan kegiatan kemah yang rutin diadakan setiap tahun dan diikuti oleh perwakilan pemuda dari seluruh Provinsi Indonesia dan perwakilan Negara ASEAN. Kegatan ini dilaksanakan selama delapan hari bertepatan dengan pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Kebetulan pada waktu itu, saya mengikuti Jambore Pemuda Indonesia di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 26 Oktober s/d 01 November 2014. 

Sejarah baru dalam hidup saya pun dimulai, saya benar - benar merasa sebagai Pemuda Indonesia sejati. Saya bersama dengan Pemuda dari Sabang sampai Merauke mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) dan mengikrakan Sumpah Pemuda bersama pada tanggal 28 Oktober 2014 di Halaman Candi Prambanan, Sleman - Daerah Istimewa Yogyakarta. Jujur merinding rasanya, saya teringat materi pelajaran sejarah yang disampaikan oleh guru saya ketika SMP mengenai perjuangan pemuda dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 silam.  

Banyak sekali kegiatan yang saya ikuti ketika Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Jogjakarta yang istimewa ini bersama peserta yang lain, mulai dari senam bersama dan lomba senam daerah, pelangi nusanta, wisata susur Candi Prambanan, kirab budaya pemuda nusantara di sepanajang jalan Malioboro dan finish di depan Museum Benteng Vredebreg, gala dinner di Bangsal Kepatihan Yogyakarta sekaligus pembukaan kegiatan JPI, workshop fotografi, puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP), pameran budaya, bakti sosial dalam bentuk penanaman pohon, fun game dan lava tour di lereng gunung Merapi, kunjungan budaya pendidikan ke Keraton Yogjakarta, talkshow kewirausahaan, seminar pendidikan dengan tema membangun pemuda yang prularis dan nasionalis, workshop keterampilan unggulan daerah, dan penutupan kegiatan JPI. Semua itu pun ku abadikan dengan jepretan kamera ponselku.

Usai pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI), peserta tidak langsung pulang ke daerah asal. Melainkan peserta langsung berangkat menuju lokasi penempatan kegiatan selanjutnya yakni Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP). Kebetulan Provinsi Jawa Timur berpasangan dengan Provinsi Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan. Saya pun terpilih sebagai ketua rombongan Provinsi Jawa Timur dengan penempatan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Selama berada di Provinsi Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala banyak hal yang kupelajari dan kubaktikan di sana. Saya belajar tentang budaya Kalimantan Selatan, belajar memasak Soto Banjar, belajar rmembuat Sasirangan dan sebagainya. Sebaliknya saya juga mengajarkan apa yang dimiliki Provinsi Jawa Timur kepada adik-adik di sana mulai dari lagu daerah Rek Ayo Rek, makanan khas dan sebagainya. Usai mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) peserta langsung masuk dalam wadah yang bernama Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI).

Adapun hasil foto kamera ponselku dan kamera digital milik temanku (sebagai pembanding) yang kuabadikan mulai dari proses seleksi hingga pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP), sebagai berikut :
Seleksi JPI tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2013
Seleksi JPI tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2013 (kebetulan saya belum lolos) - Kamera Ponsel
Seleksi JPI tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2014
Seleksi JPI - BPAP tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 (alhamdulillah saya lolos) - Kamera Ponsel
Peserta lolos seleksi JPI tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2014
Bersama Peserta yang lolos seleksi JPI-BPAP tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 - Kamera Ponsel
Kebersamaan Peserta seleksi JPI tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2014
Kebersamaan yang takkan terlupakan saat JPID di Kabupaten Tulungagung 2014 - Kamera Digital
Usai tampil menari di JPID 2014 Tulungagung
Usai nari di atas panggung [bagiku ini perdana, ini pertama kali saya menari] - Kamera Digital
Talkshow Kewirausahaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Yogyakarta 2014
Talkshow Kewirausahaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Yogyakarta 2014 - Kamera Ponsel
Kirab Budaya Pemuda Nusantara JPI 2014
Welfie bareng di dalam bus menuju lokasi Kirab Budaya Pemuda Nusantara JPI 2014 - Kamera Ponsel
Dermaga Sungai Barito di Kelurahan Lepasan, Batola - Kalimantan Selatan
Dermaga Sungai Barito di Kelurahan Lepasan, Batola - Kalimantan Selatan - Kamera Ponsel
Belajar membuat kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan
Belajar membuat kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan - Kamera Ponsel
Hasil membuat kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan
Hasil kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan yang kubuat - Kamera Ponsel
Bersama Ibu Angkatku di Kalimantan Selatan dan Pendamping BPAP
Bersama Ibu Angkatku di Kalimantan Selatan dan Pendamping BPAP - Kamera Ponsel
Meskipun pada waktu itu, saya belum mempunyai kamera yang sebagus ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL yang memiliki main camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik [info detailnya baca postinganku ini : Smartphone Berkamera Hebat] cocok untuk berselfie dan welfie ria, semua kegiatan yang saya tempuh sekali seumur hidupku tersebut terabadikan melalui kamera ponsel yang sederhana. Ya, kamera ponsel seadanya yang mendokumentasikan seluruh aktivitasku selama kegiatan Jambore dan Bakti Pemuda serta aktivitasku yang lainnya. Sepulang dari kegiatan tersebut usai kegiatan Musda, saya dipercaya masuk dalam kepengurus Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) Provinsi Jawa Timur khususnya di bidang kehumasan yang mana setiap ada kegiatan pasti membutuhkan kamera untuk mengabadikan kegiatan. (@kakdidik13)

'Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'


Share with your friends

42 comments

  1. sukses ya mas didik, aamiin, btw itu hasil buatan kainnya rapih, saya belum tentu bisa membuats eperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, terima kasih mbak Evrina. Alhamdulillah kain Sasirangan yang kubuat dengan penuh perjuangan membuahkan hasil yang maksimal [pertama kali buat hehehe] :)

      Delete
  2. Aku juga pake hape kalo buat motret-motret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Anisa, sip sip #kameraponsel lebih canggih sekarang :)

      Delete
  3. Wah seru sekali kegiatan jamborenya ya... saya blm pernah mengikuti kegiatan2 semacam itu😑 btw semoga menang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dan tak terlupakan, apalagi ketika Bakti Pemuda di Kalimantan Selatan. Ini saya mulai menabung agar bisa datang kembali ke Lepasan.

      Terima kasih do'anya mbak :)

      Delete
  4. Kayaknya seru banget acaranya y kang :) saya jadi mengenang jaman SD-SMA yang rutin ikut kemah pramuka hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seru banget, berdinamika bersama Pemuda dari Sabang sampai Merauke dalam ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI)

      Perkemahannya beda dengan Pramuka hehehe :)

      Delete
  5. kamera ponsel memang lebih praktis, tapi hasilnya masih tetap bagusan DSLR mbak, marem banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis dan hasilnya pun nggak kalah sama kamera DSLR, apalagi kalau kamera ponsel-nya ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL :)

      Delete
  6. Ikut bangga dengan pemuda aktif positif sepertimu, nak.
    Terus berkarya untuk negeri ini ya...salam pramuka..eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ibu, siap berkarya untuk Indonesia.

      Salam (prok... 3x prok... 3x prok... 7x)

      Pemuda juga punya salam bu, begini : Salam Pemuda (dijawab Maju)

      Delete
  7. Emang udah paling praktis ya Kak Didik klo njepret pake kamera ponsel :)

    Thanks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel
    Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Uniek hehehe, kamera ponsel kan teman setia-nya blogger hehehe

      Sama-sama mbak :)

      Delete
  8. Membaca ini sambil berpikir alangkah beruntungnya Mas Didik....
    Tapi aku ikut senang. Sukses selalu Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bu Susi atas do'anya, keberuntungan harus diperjuangkan untuk menggapainya hehehe :) sukses kembali untuk bu Susi dan keluarga. Amiin :) salam hangat dari Bojonegoro

      Delete
  9. Batik Sasaringan? Aku suka batik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya batik Sasirangan khas Kalimantan Selatan :) selama BPAP diajari cara pembuatannya dan foto di atas itu hasil buatanku sendiri [pertama kali buat hehehe]

      Delete
  10. Aku juga suka banget foto-foto pake kamera ponsel, hanya saja kualitasnya masih kurang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik menggunakan kamera ponsel perlu dipelajari agar menghasilkan foto yang berkualitas hehehe, apalagi kamera ASUS Zenfone 2 Laser ZE550KL yang memiliki main camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik pasti hasilnya bagus banget hehehe :)

      Delete
  11. pasti seru banget ya acara kemahnya Kak? sampe dibela-belain daftar beberapa kali, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, seru dan istimewa karena bukan sekedar kemah biasa, dan ini kemah Pemuda yang diikuti oleh Duta Pemuda dari Sabang sampai Merauke serta pelaksanaannya bersamaan dengan momentum yang bersejarah yakni Hari Sumpah Pemuda (HSP) :)

      Delete
  12. mantap mas didik.
    keren banget mas dirimu :o

    ReplyDelete
  13. Wihh ngeri euy pengalamannya Kak Didik ini... Salam Pramuka! Salam jepret :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yang tak kan terlupakan bang :) ma kasih hehehe :) Salam (prok 3x prok 3x prok 7x) Salam jepret balik :D

      Delete
  14. asyiknya bisa ikut belajar buat kain sasirangan.., udah pernah diposting belum? pengen tau mas didik
    good luck buat GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dan sebuah kebanggan tersendiri, untuk postingan lengkapnya belum :0 ditunggu ya :D terima kasih

      Delete
  15. Salam Kenal Kak Didik :D Apa cuma saya yang perhatikan yah, senyum dong kak kalu lagi foto :D hehe, apa emang gitu senyumnya, sukses buat lombanya! ceritanya bagus, salam blogger! salam pramuka! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik ya :) terima kasih atas perhatiannya dan sukses balik ya. Salam ! :D

      Delete
    2. Amiin, terima kasih do'anya. Sukses balik ya kawan :D

      Delete
  16. Sejak kamera DSLR mas Raden hilang, cuma kamera handphone lah yang bisa mengerti kebutuhanku. :D Btw, acaranya Jamborenya seru banget, Kak. Aku suka deh lihat banyaknya aktivitas yang diikutin Kak Didik. Sukses terus ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang, kamera ponsel canggih banget ya Riska.

      Seru dan sejarah yang tak terlupakan, apalagi kegiatan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) nya hehehe.

      Terima kasih ya Riska atas do'anya

      Delete
  17. Mengabadikan momen2 terindah dengan kamera ponsel pun mbisa mengingat masa2 sulit dan masa2 indah saat ikut Jambore ya kak...

    Keren banget loh, mengikuti Jambore dan mewakili Prov. Jatim. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kamera ponsel mengabadikan setiap aktivitas yang kulakukan hehehe

      Terpilih sebagai Duta Pemuda dalam Jambore Pemuda Indonesia dan Bakti Pemuda Antar Provinsi mewakili Provinsi Jawa Timur adalah sebuah kebanggaan dalam hidupku dan tak akan pernah terlupa :)

      Delete
  18. Koyone ra asing dengan baju kaos guritanya, wkwkwkkww... Semoga menang Bro, salam dari Pontianak Kota Bersinar ya... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas atas do'anya, salam balik dari Ulun hehe... Kapan nih diajak ke Pontianak, kalau ke Banjarmasin Aku udah pernah :)

      Delete
  19. Ah, baca posting ini aku jadi kangen sama Pramuka. Dulu pangkatku mentok sampai di Bantara, pengen banget naik pangkat jadi Laksana tapi sampai lulus SMA nggak kesampaian. Kira-kira kalau saya aktif lagi bisa langsung jadi Pembina gak ya? Loncat gitu pangkatnya, hehehehe...

    Lho, kok malah ngomongin Pramuka. Komentar ora nyambung iki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Eko, kalau mau jadi Pembina Pramuka harus ikut dua kursus yaitu KMD & KML biar menjadi pembina Pramuka yang asyik dan keren hehehe

      Untuk kegiatan JPI itu bukan hanya Pramuka tetapi lebih dari itu yakni semua unsur Kepemudaan terlibat dalam kegiatan tersebut :)

      Salam hangat dari Bojonegoro

      Delete
  20. Kain Sasirangan buatan Kak Didik bagus euy. Keren nih Kak Didik ikut kegiatan macem2 ya, mantep.

    Thks ya sudah ikutan GA #KameraPonsel, good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Unieks, alhamdulillah jika buatan kain Sasirangan ku dinilai bagus. Itu pertama kali aku membuatnya mbak, menurut teman-teman ku di Kalimantan Selatan untuk membuat kain Sasirangan kita nggak boleh galau, karena hasilnya akan berimbas pada kain yang kita buat hehehe

      Sukses selalu mbak Unieks, amiin #KameraPonsel :D

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini