Desa Berdaya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Saturday, October 8, 2016

Desa Berdaya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Desa Berdaya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia, saat ini mengalami perkembangan yang begitu siginifikan. Hal tersebut bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, yang mana semula TIK hanya dikenal di kalangan pelajar melalui mata pelajaran yang diajarkan, sekarang TIK mulai menyebar ke segala aspek bahkan Ibu rumah tangga pun mulai bersinggungan dengan TIK. Hampir setiap hari aktivitas warga Indonesia tak terlepas dari yang namanya teknologi, salah satu teknologi yang dimiliki dan digunakan warga yaitu smartphone. 
Desa Berdaya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dengan menggunakan smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet, warga dengan leluasa mengupdate informasi yang terjadi di daerahnya bahkan di daerah lain dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, warga pun memanfaatkan smartphonenya sebagai ladang untuk mengais rejeki dengan cara berjualan online melalui akun sosial media yang dimiliki dan familiar saat ini seperti facebook, twitter, instagram dan whatsapp serta akun sosial media yang lainnya.

Lantas, siapakah yang berperan penting dalam memajukan TIK di Indonesia? Berbicara tentang TIK, secara kedinasan tentu tak terlepas dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Namun, dalam praktek-nya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia tak terlepas dari dukungan berbagai stakeholder dan masyarakat yang menjadi mitra atau tangan panjang Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam mensukseskan program-programnya, salah satunya pembangunan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).




Salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang masih berjalan dan perlu mendapat perhatian khusus yaitu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berada di Desa/Kelurahan. Keberadaan KIM di Desa/Kelurahan adalah sebagai penerus informasi dari Pemerintah kepada masyarakat. Begitu pula sebaliknya, KIM juga menyerap aspirasi masyarakat yang diteruskan kepada Pemerintah. Peran KIM di masyarakat pun memiliki peran strategis dalam menyebarkan informasi yang positif salah satunya informasi mengenai potensi – potensi yang dimiliki oleh Desa/Kelurahan.

Sebagai contoh, di desaku telah terbentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasis IT yang diberi nama KIM Sendang Potro. Terbentuknya KIM Sendang Potro ini diprakarsai oleh pemuda desa setempat yang diusulkan kepada Kepala Desa. Adapun tujuan dibentuknya KIM Sendang Potro di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai media informasi potensi desa kaya inspirasi yang mencerahkan dan memberdayakan masyarakat desa melalui sarana dan media komunikasi yang ada seperti blog, twitter, instagram serta radio komunitas. Untuk blognya bisa diakses di http://kimsendangpotro.blogspot.com 

Aktivitas KIM Sendang Potro dan Pemerintah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari - Bojonegoro
Seiring berjalannya waktu, KIM Sendang Potro mendapat kepercayaan dari Kepala Desa Sedahkidul untuk mengelola website desa yang bisa diakses di www.sedahkidul.desa.id yang mana website desa tersebut ikut serta mendukung keterbukaan informasi publik sebagaimana tertuang dalam Undang – Undang Nomor 14 tahun 2008. Alhamdulillah pada tahun 2015, website desa Sedahkidul tersebut masuk nominasi dan mendapatkan penghargaan “desTIKa des.id Awards”. 

DesTIKa desa.id Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada desa dan daerah yang mendukung desa dalam pemberdayaan TIK Pedesaan serta penggunaan domain desa.id untuk website desa. Penilaian ini dilakukan oleh Perwakilan Kominfo, Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dan Gerakan Desa Membangun (GDM) dan di tahun 2015 diberikan kepada 6 Desa dan 2 Daerah yang terpilih.

Selain itu, KIM Sendang Potro juga mendapat tugas dari Kepala Desa untuk mengelola aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang menghasilkan data informasi desa dan peta desa tiga dimensi yang dikerjakan dengan Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna desa setempat. Banyak prestasi yang diperoleh oleh KIM Sendang Potro, diantaranya KIM Sendang Potro terpilih sebagai Juara Pertama Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Berbasis IT Tingkat Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2014 dan Juara Pertama Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Berbasis IT Tingkat Bakorwil Bojonegoro yang diadakan di Bakorwil Madiun pada tanggal 27 Juli 2016. Selanjutnya, KIM Sendang Potro akan bertanding dalam Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Berbasis IT Tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2017 mendatang. Videonya bisa ditonton di bawah ini.


Kesimpulannya, jika setiap desa/kelurahan di Indonesia memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasis IT yang mengelola informasi melalui blog dan website desa, tentu desa tersebut akan semakin maju dan informasi pun tersampaikan dengan cepat. Desa/kelurahan berdaya dengan TIK, Indonesia Jaya! #kitaIndonesia (@kakdidik13)

Share with your friends

8 comments

  1. Keren, mas. Website desanya bisa mendapat penghargaan. Semoga kedepan tambah baik lagi, tentu dari semua aspek. Tidak hanya aspek teknologi saja. Amin..

    Semoga sukses lombanya, dan salam hangat dari Bondowoso. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... terima kasih Bang Rosyid. Semoga desa kami bisa lebih baik lagi. Salam sukses dan hangat balik dari Bojonegoro :D

      Delete
  2. Hebat ya desanya. Sepertinya desaku ga ada woro2 bikin web seperti ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, untuk mewujudkannya memang harus ada pengorbanan dulu dan mendapat dukungan dari Pemerintah Desa selaku pemangku kebijakan.

      Delete
  3. Semakin 'melek'teknologi..
    Saya pun pernah mampir ke salah satu tempat di yogya yg ternyata itu dijadiin 'kampung internet'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya belum pernah ke sana mbak. Semoga saya juga bisa berkunjung ke sana. Amiin

      Delete
  4. Kern banget, kak Didik. Kapan ya di desaku ada KIM. Kalau saja ada beberapa orang yang punya satu misi pasti semua bisa terlaksana. Tetapi nyatanya susah menyatukan puluhan kepala. Izin share ya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibentuk KIM di desamu, saya siap berbagi kalau mau mengundangku hehehe

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini