Berpetualang ke Sulawesi Utara dalam Jelajah Gizi 2016 bersama Sarihusada Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Tuesday, December 6, 2016

Berpetualang ke Sulawesi Utara dalam Jelajah Gizi 2016 bersama Sarihusada

Beruntung dan bersyukur, itulah yang Saya rasakan ketika mengetahui bahwa diriku termasuk sebagai salah satu pemenang Lomba #JelajahGizi2016 bersama 9 blogger lainnya. Sebagai hadiahnya, selain mendapatkan hadiah berupa uang kami diajak terbang GRATIS ke Minahasa, Sulawesi Utara bersama Sarihusada dan detikcom.

Siap Menjelajah Minahasa bersama Sarihusada | Sumber Foto : Fanpage Nutrisi untuk Bangsa
Melalui program tahunan Jelajah Gizi Sarihusada ini, Saya bisa mengeksplorasi nilai gizi dibalik kekayaan pangan khas Indonesia khususnya di Minahasa, Sulawesi Utara selama tiga hari dua malam yang dimulai pada tanggal 18 - 20 November 2016.

Berangkat dari Bojonegoro menuju Jakarta

Berangkat dari Bojonegoro menuju Jakarta dengan Kereta Api Kertajaya
Di antara 10 peserta Jelajah Gizi 2016, Saya adalah peserta yang terjauh dan tercepat berangkatnya. Kok bisa? Tanggal 16 November 2016 pukul 23.00 WIB, Saya sudah berangkat dari Stasiun Cepu - Blora (dekat dari rumahku di Bojonegoro) dengan menggunakan jasa trasnsportasi Kereta Api Kertajaya Ekonomi dan tiba di Stasiun Pasar Senen keesokan harinya pada pukul 08.30 WIB. 

Sebelum meneruskan perjalanan, Saya memutuskan mencari makan soto ayam yang berada di dekat pintu masuk Stasiun Pasar Senen. Usai makan, Saya pun melanjutkan perjalanan ke Gambir dengan menggunakan Go-Jek. Dari Gambir, Saya menuju halte bus Damri untuk membeli tiket menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan turun di Terminal 3 Ultimate karena titik kumpul keberangkatan di sana. 

Naik Go-Jek menuju Gambir lalu membeli tiket bus Damri menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta
Tak lama kemudian, bus Damri nyampek di Terminal 3 Ultimate. Saya pun langsung turun dan duduk di kursi sambil menunggu kedatangan Mas Unggul Sagena dari Bogor. Sekitar pukul 23.00 WIB, Mas Unggul pun nyampek dan kami pun masuk ke Terimanl 3 Ultimate dan beristirahat di ruang tunggu. Ini merupakan pengalaman pertamaku bermalam di Terimanl 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

Terbang dari Jakarta menuju Manado

Terbang dari Jakarta menuju Manado dengan Pesawat Terbang Garuda Indonesia
Jum'at, 18 November 2016 rombongan Jelajah Gizi yang terdiri dari jurnalis media nasional dan lokal juga blogger berangkat ke Manado. Keberangkatan dimulai pukul 05.30 WIB dari Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta dengan Pesawat Garuda Indonesia GA0602 menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado | Sumber Foto : Fanpage Nutrisi untuk Bangsa
Tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, kami disambut dengan pemberian kalung bunga. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bus. Ada dua bus yang disediakan khusus bagi peserta Jelajah Gizi 2016 untuk  menikmati setiap sudut keindahan dan pesona Sulawesi Utara. Beberapa tempat yang kita dikunjungi pada hari pertama untuk dieksplorasi kearifan lokalnya, mulai dari alam, makanan dan budayanya yaitu sebagai berikut.

1. Danau Tondano

Pemandangan Danau Tondano | Foto by : Ani Berta
Salah satu tempat yang menjadi sasaran Jelajah Gizi 2016 yaitu Danau Tondano di Kota Tondano. Sebuah danau yang mempunyai sumber daya penting bagi masyarakat Sulawesi Utara, khususnya yang bermukim di Minahasa dan Kota Manado. Air Danau Tonado dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berbagai kebutuhan seperti air minum, irigasi, pembangkit listrik dan sebagainya.

Di Danau Tondano ini hidup berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan sepat, ikan mujair, udang kecil, gurame dan ikan nike. Ikan nike merupakan salah satu kekayaan bahan pangan Danau Tondano. Yang mana, ikan nike ini hanya hidup di danau tersebut dan mengandung zat gizi dan asam amino esensial yang baik bagi tubuh manusia.

Di sekitar danau ini berdiri banyak banget restoran dan rumah makan, salah satu yang kita kunjungi yaitu Restoran Timou Tou. Di tempat ini, kami diajak untuk menikmati makanan yang tentunya sangat lezat dan bergizi seperti ikan mujair, perkedel ikan nike dan sate kolombi dari Danau Tondano. Apalagi ditambah dengan dabu-dabu, wuih sedap banget. Gurih, lezat dan nikmat dech rasanya.

Usai makan, kita mengikuti opening ceremony yang dibuka langsung oleh pak Arif Mujahidin selaku Communication Danone Indonesia dan sharing bersama Prof. Ahmad Sulaeman,Ms,PhD serta pembagian kelompok. Kemudian diteruskan dengan materi tentang fotografi dari mbak Marrysa Tunjung Sari dan videografi dari mas Sutiknyo yang akrab disapa Mas Bolang. Mereka berdua adalah trip ambasador Sarihusada. Aktivitas di Danau Tondano ditutup dengan keramba tour bersama nelayan setempat.

Keramba Tour di Danau Tondano dan Aneka Makanan Khas Minahasa
Beranjak dari Danau Tondano, kita bergeser ke sebuah tempat untuk melihat langsung pembuatan makanan khas Minahasa yang dijamin rasanya enak banget seperti nasi jaha, kue bagea, klapperttaart, lemet bulu dan sebagainya. Puas dan kenyang menikmati makanan khas Minahasa tersebut, rombongan bergeser menuju Tomohon. 

2. Wisata Puncak dan Bukit Temboan Rurukan di Tomohon

Tak terasa, rombongan telah tiba di Temboan Rurukan yang terletak di Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Temboan Rurukan adalah sebuah puncak dan bukit yang sangat terkenal di Tomohon. Di tempat ini, kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah, asri, sejuk dan menawan. Tak hanya itu, di tempat ini kita pun bisa melihat keindahan Danau Tondano dari ketinggian. Berhubung kita tiba di tempat ini terlalu sore maka kita cukup menikmati suasana yang sejuk, udara dingin, sambil ngopi dan menikmati hidangan pisang goroho yang dimakan dengan sambal. Tak ketinggalan pula, bagi yang hobi selfie tempat ini sangat cocok dan asyik untuk berselfie.

Senja di Bukit Temboan Rurukan Tomohon
Puas berada di wahana wisata puncak dan bukit Temboan Rurukan, rombongan pun meneruskan perjalanan ke lokasi berikutnya yaitu Hotel Jhoanie. Namun, sebelum ke hotel kita diajak ke Resto Green Garden untuk makan malam atau istilah gaulnya dinner dan sharing bersama mengenai kegiatan yang telah dilakukan di hari pertama Jelajah Gizi Minahasa 2016. (@kakdidik13)

bersambung

Share with your friends

41 comments

  1. Keren yah bisa ke Sulawesi. Daerah nya orang Bugis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... 2B pokokman "Beruntung & Bersyukur" bisa mengenal lebih dekat Sulawesi Utara :) semoga dapat berkunjung ke sana lagi. Amiin

      Delete
  2. wah asyiknya mas didik, pastinya senang dan nambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget mbak, bersenang-senang (liburan) sambil berpetualang, dapat ilmu baru, saudara baru dan yang pasti bisa menapakkan kaki di Sulawesi Utara :)

      Delete
  3. Asyiknya. Pengen melancong ke sulawesi juga

    ReplyDelete
  4. Yang paling tidak bisa dilupakan adalah kulinernya

    ReplyDelete
  5. Kelihatannya enak. Bikin laper. Eh, bikin pengen ke sulawesi juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, ayo - ayo melancong ke Sulawesi Utara

      Delete
  6. Asyik, ya? bisa berwisata sambil belajar. Aku juga mauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berwisata sambil belajar bareng Sarihusada :D

      Delete
  7. Main ke pasar ekstrim Tomohon ga pak? Sekiranya bisa dijadikan bahan jelajah gizi mungkin? Hehehe. Wah asyiknya menang kompetisi blog >.< saya juga mau kapan-kapan. Apa kabar pantai-pantai di sana pak?

    Wah, biin iri banget bisa berbagi ilmu dengan mas Sutiknyo. Keren deh!

    ReplyDelete
  8. Wihhhh keren yang jalan2. Makanan sana emang enak2

    ReplyDelete
  9. wah asyik banget ini, jalan-jalan ke Sulawesi. Kulinernya mantap bingit

    ReplyDelete
  10. waaah.. enak banget mas bisa janjalan sekaligus dapat ilmu tentang kuliner Minahasa.
    Penasaran sama pisang gorohonya :D

    ReplyDelete
  11. wah enaknya dapat jalan-jalan gratis, sama temen-temen satu kesukaan pula, bagi-bagi tipsnya mas.

    ReplyDelete
  12. Wahhhhhg selamat ya Mas Didik!! Asik banget jalan-jalan ke Sulawesi Utara. Makan makanan apa aja di sana? Jajan di pasar ekstrim Tomohon juga ga Mas?

    ReplyDelete
  13. Beh. Canggihnya ai Garuda. Di belakang kursi penumpangnya ada ngasih tau letak pesawat

    ReplyDelete
  14. Pemandangan di Danau Tondano baguus sekali. Seru ya...bisa jalan-jalan gratis ke tempat yang terkenal dengan keindahannya.

    ReplyDelete
  15. Seneeng baca kisah jalan-jalannya, mas..

    Semoga ketularan.
    Bisa jalan-jalan gratiiss...yeey..!

    ReplyDelete
  16. 10 yg terpilih tp yg ngiringin byk juga yaaa. Asyiknya wisata kuliner, gratis pula

    ReplyDelete
  17. asik banget bisa travelling ke Sulawesi Utara Gratis sekaligus kuliner makanan khasnya.. oia sempet jalan-jalan ke pasar Tomohon yang terkenal jual yang ekstrim-ekstrim itu gak mas? hehe

    ReplyDelete
  18. Asyik banget mas bisa menginjakkan kaki di sulawesi. Pasti bakalan jadi moment yang tak terlupakan ya mas :)

    ReplyDelete
  19. Turut bangga Mas didik bisa terpilih sebagai pemenang.

    Siap membaca cerita lengkap Yang pastinya seru dan jadi pengalaman berharga ya Mas. :)

    ReplyDelete
  20. Keren, Mas Didik bisa jalan2 gratis sekalian jelajah gizi di Sulut. Ditunggu kelanjutan ceritanya, Mas.

    ReplyDelete
  21. Wah Mas Didik ikutan jalan2 yg sama Sarihusada itu? keren
    pastinya pengalaman berharga sambil mengkampanyekan kekayaan laut ya mas TFS :D

    ReplyDelete
  22. asik banget itu gan jalan jalan ke sulawesi utara bareng bareng lagi pasti banyak pengalaman yang tak terduga tuh disana

    ReplyDelete
  23. jadi mainnya sampai ke danau tondano juga ya mas. Aihh pasti seru banget jelajah Sulut ya. Makanannya di sana memang terkenal dengan aneka olahan ikan. Hmmm sruppp.. Alamnya dan gadisnya juga. eh...

    ReplyDelete
  24. Pengeeeen.. sekali-kali berkunjung ke luar Jawa kaya kamu Dik.. sayang aku ga kepilih di jelajah gizi.. hiks.. tahun depan kalo ada lagi kali ya..

    ReplyDelete
  25. Selamat ya, sebelumnya mas didik. Saya jg ikutan lombanya kemarin. Tp belum beruntung. Xixixxi rupanya tulisan mas didik emang kece. . wajar kalau menang. Aiiih jadi mupeng baca pengalamannya. . baper jg jadinya krn blm terpilih. .. Huwaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  26. Ah, lagi2 tempat yang saya mau kunjungi wkwkwkwk... Beklah menabunglah dr sekarang

    ReplyDelete
  27. seru bangettt ya, lemet bulu bentuknya gmn ya hihi penasaran.

    jelajah ke minahasa ternyata keren2 tempat wisatanya.

    ReplyDelete
  28. oia, mas didik menang yaaa.
    hahhhaa. aku iri. semoga jelajah gizi berikutnya ku bisa ikutan menulis dan menang juga lalu jalan2 jelajah gizi bareng yang lainnya. aamiin :))

    ReplyDelete
  29. Wiiii seru yaaa.. Kemaren mau ikut, tapi buntet ide. Hahaha...
    Ditunggu lanjutannya Mas..

    ReplyDelete
  30. Ingin ke manado lagi, tapi jangan lama2 lidahku gk cocok disana.. Hhee
    Danau Tondano aku suka, meskipun pas kesana tenagh hati bolong panas banget, tp untungny ada angin sepoysepoy yang menghalau gerah.
    Keren mas bisa jlan2 dr ngblog.. Mauuu

    ReplyDelete
  31. Seru bannget mas didik. Mupeng deh tapi apa daya kerjaan menumpuk

    ReplyDelete
  32. Wah. mantap Kak didik. aku jadi pengen ke Tomohon

    ReplyDelete
  33. Ternyata mas salah satu pemenang dari jelajah gizi, selamat ya! Seru banget ya kegiatannya, bikin iri deh! Lomba jelajah gizi berikutnya aku pengen ikutlah!

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini