Setelah Ganti Hardisk dan RAM DDR3 Laptop Lenovo G40 Pulih dari Opname Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Sunday, February 3, 2019

Setelah Ganti Hardisk dan RAM DDR3 Laptop Lenovo G40 Pulih dari Opname

didikjatmiko.com - Tak terasa selama 4 tahun 4 bulan Laptop Lenovo G40 yang kubeli di Kota Gadis 10 September 2014 silam telah menemani aktivitasku, baik itu aktivitas online maupun aktivitas lainnya. Hingga akhirnya terjadi sebuah insiden laptopku error dan nggak bisa digunakan. Ngambeknya Laptop Lenovo G40 berujung pada opname, karena ada beberapa hardware yang harus segera diobati.
Kondisi Laptop Lenovo G40 ku yang Opname
Emang sih, saat error itu data yang terdapat di hardisk laptopku hampir full semua. Baik itu yang di Data C, Data D dan Data E. Tak hanya itu, keyboardnya pun untuk tombol angka yang bisa digunakan hanya tombol angka 5 dan 6. Sehingga ketika mengetik angka, saya menggunakan software keyboard bawaan laptop. Ribet banget dech, tapi mau gimana lagi hehehehe.

Alur Terjadinya Laptop Lenovo G40 Error

a. Tanggal 29 Januari 2019 laptop kunyalakan dan lemot banget. Rencana saat itu mau buat undangan kegiatan, berhubung lemot banget nggak jadi dan laptop kumatikan.

b. Tanggal 30 Januari 2019 di tempat kerjaku, kucoba nyalakan lagi laptopnya dan yang terjadi laptopnya nggak bisa digunakan. Yang muncul hanya tulisan repairing your PC dan diagnosis your PC.

c. Tanggal 31 Januari 2019 kuputuskan untuk membawa laptopku ke sahabatku yang bernama Ahmad Subqie. Dia sehari-hari bekerja sebagai toolman di Laboratorium Komputer SMKN Ngraho - Bojonegoro. Saya bergegas menuju ke SMKN Ngraho untuk menemuinya.  Dengan bersemangat dia mencoba memindahkan data C di hardiskku ke hardisknya. 

"Ternyata tak semudah itu ferguso", ucapnya. Biasanya dia memindahkan data membutuhkan waktu yang nggak terlalu lama. Namun saat memindahkan data di hardiskkuu ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Setelah data berhasil dipindahkan, Kak Beki pun berusaha menginstall ulang laptopku. Apa yang terjadi? Saat diinstall programnya nggak mau jalan. Solusi terakhir adalah mengganti hardisk dan RAM DDR3 nya.

d. Tanggal 02 Februari 2019, Saya ditemani Edy Supra Eko berangkat ke Kota Bojonegoro untuk membeli hardisk yang dimaksud oleh sahabatku yakni hardisk 2.5 merk SEAGATE BARRACUDA INTERNAL HDD 1TB dan RAM DDR3 4GB. 

Toko pertama yang saya datangi yaitu Jeva Computer. Ternyata di sana yang ada hardisk merk HGST. Saya pun nggak jadi beli. Selanjutnya saya mendatangi AJIB Computer. Alhamdulillah saya bertemu langsung dengan pemiliknya sebut saja namanya Lutfi. Dengan cekatan ia melayaniku. 
Beli Kebutuhan Hardware Laptop Lenovo G40 di AJIB Computer Bojonegoro
Selfie bareng Om Lutfi Pemilik AJIB Computer Bojonegoro
Setelah semua barang yang saya maksud dicarikan dan diprintkan nota pembeliannya, langsung kubayar. Om Lutfi pun berkata sekilas nggak asing terhadap diriku, menurutnya wajahku sering nongol di facebook dan blog. Sebelum pulang, saya mengajak selfie pemilik AJIB Computer.

Adapun barang yang kubeli di Ajib Computer Bojonegoro meliputi :

1. Hardisk 2.5 merk Seagate Barracuda Internal HDD 1TB seharga Rp. 800.000,- (Garansi 6 bulan)
2. Keyboard Laptop Lenovo G40 seharga Rp 150.000,- (Garansi seminggu)
3. RAM DDR3 4GB seharga Rp. 450.000,- merk V Gen (Garansi seumur hidup atau istilah kerennya lifetime guarantee) berhubung barang yang kubeli lumayan harganya dikasih diskon sehingga RAM nya dikasih harga Rp 400.000,-  Jadi total barang yang kubeli sebesar Rp 1.350.000,- 

Anda membutuhkan aksesoris komputer, laptop, printer dan komputer? Datang aja ke AJIB Computer di Jalan MH. Thamrin No. 301/90 Kode Pos 62113 (Selatan SMPN 1 Bojonegoro).

Sebelum dikerjakan, Selfie dulu bareng Kak Achmad Subqie dan Kak Edy Supra Eko
Setelah Ganti Hardisk dan RAM DDR3 Laptop Lenovo G40 Pulih dari Opname
Setelah mendapatkan hardisk, RAM DDR3 dan keyboad, sorenya langsung kuantar ke sahabatku di Laboratorium Komputer SMKN Ngraho. Alhamdulillah setelah dipasang dan diinstall ulang, akhirnya Laptop Lenovo G40 ku sembuh dari opname. Terima kasih ya kak Beki telah membantu menyembuhkan laptopku seperti sedia kala meskipun datanya masih tersimpan di hardisk lama. Siap berselancar, mengarungi dunia blogging dan menuangkan isi hati dalam bentuk tulisan serta berinovasi untuk mencari inspirasi agar artikel yang kusajikan di blog semakin berkembang bersama Lenovo G40. Jangan ngambek dan sakit lagi ya, tanpamu rasanya hampa. (kakdidik13)

Share with your friends

17 comments

  1. Selamat Kak Didik, peralatan tempurnya kembali normal.
    Semangat blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas whizisme, apa kabar nih? Alhamdulillah ngambeknya udah teratasi hehehe

      Delete
  2. Keren tuh dapat diskon. Hehe
    Selamat bertarung dengan tulisan kerenmu, Kak Didik.

    Salam bahagia dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dikasih diskon 50ribu kemarin hehehe. Siap kang, salam bahagia balik dari Bojonegoro

      Delete
  3. akhirnya laptopnya sudah pulih kembali, semangat nulis lagi kak didik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Alhamdulillah udah pulih dari Opname. Tetap semangat menulis dan ngeblog juga ya mas

      Delete
  4. Alhmdulillah kak.. udah bisa buat kerja lagi ya... hehe. Laptopku dari tahun 2010 baru aku ganti juga.. gak pake servis2 an hahaha.. maklum belum ada jasa servis yang aku percaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, Laptop ku Lenovo G40 ini termasuk kuat hehehe. Lumayanlah 4 tahun 4 bulan baru ganti hehehe. Sebenarnya yang ganti hardisk sama keyboardnya aja. Berhubung aku ganti hardisknya 1TB maka DDR3 nya sekalain kuganti yang semula 2GB jadi 4GB hehe

      Delete
  5. Pemakaiannya lama juga ya mas dari tahun 2014. Wajar kalau laptop Lenovo ya "sakit". Syukurlah sekarang sudah "sembuh" dari opname.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, lumayan jadi saksi perjalanan dalam berkarya dan bekerja nih mbak si Lenovo G40 ini. Alhamdulillah sudah sembuh dan siap untuk berkarya lagi.

      Delete
  6. Mas dik, iku mas Lutfi nggak minta tanda tabganmu mas hahaha.

    ReplyDelete
  7. Lenovo ini memang awet ya kak... tapi pas sakit bikin bokek juga hihihi

    ReplyDelete
  8. hehehee....ini latop dah mirip manusia jadinya ya :D
    pake opname segala heheee...
    Tapi iya lho, kalau si laptop sakit kitanya bisa puyeng

    ReplyDelete
  9. Syukur kalo udah balik lagi yaa..
    Saya juga mati kutu banget kalo laptop rusak ga nisa ngapa-ngapain

    ReplyDelete
  10. Mas Didik dulu anak MP gak sih, kalau gk salah? Kok akunnya tu gk asing.
    Wah keren yang mbenerin sampai bisa sembuh lagi ya laptopnya :D

    ReplyDelete
  11. Bener tuh kalo gak ada alat perang bisa mati kutu ya, laptop memang jadi partner in crime ya

    ReplyDelete
  12. ikut senang laptop kak Didik udah pulih dan bisa dipakai ngeblog dan berkreasi lagi.. semoga terus produktif dan berkah ya kak.. Aamiin

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini