Ads Top

Menikmati Perjalanan ke Solo dengan Kereta Argo Wilis Eksekutif



Menikmati Perjalanan ke Solo dengan Kereta Argo Wilis Eksekutif - Selama dua hari Aku berada di Kota Pahlawan Surabaya yakni tanggal 18 - 19 November 2015. Selama berada di Surabaya, Aku ditemani oleh Om Rinaldi. Dijemput, diantar dan ditemani ke beberapa tempat di Surabaya hingga akhirnya di antar ke Pesantren Mahasiswa Al-Iqbal Perum YKP MA 3 Blok A No. 2 Surabaya (maaf ya om merepotkan, terima kasih sudah diajak mengeliligi Kota Surabaya). Aku bermalam di Pesantren Mahasiswa ini bersama dua sahabatku blogger dari Plat-M yang juga akan berangkat ke Kota Solo yaitu Umar Fadil dan Vicky Faisal.

Menikmati Perjalanan ke Solo dengan Kereta Argo Wilis Eksekutif - Sumber Foto : http://pustaherykurnia.wordpress.com
Pagi itu, Jum'at 20 November 2015 sekitar pukul 03.40 WIB, Aku terbangun dan bergegas ke kamar mandi untuk mandi. Usai mandi, Aku mengambil air wudhu dan selanjutnya melaksanakan ibadah sholat subuh berjamaah bersama santri di Pesantren Mahasiswa Al-Iqbal Surabaya. Usai sholat subuh, Aku bersiap - siap. Tak lama kemudian, sekitar pukul 05.00 WIB tukang Go-Jek Surabaya sudah menjemput kami. Kami pun berpamitan dengan ustadz Novianto (yang juga pegiat blogger di Surabaya). Selanjutnya kami menuju ke stasiun Surabaya Gubeng dengan menggunakan jasa transportasi Go-Jek Surabaya (mumpung Go-Jek lagi ngehits, kapan lagi kalau tidak sekarang hehehe).

Pertama kali naik Go-Jek Surabaya turun di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU)
Tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU)

Ini adalah pertama kalinya Aku menginjakkan kaki di Stasiun Surabaya Gubeng (mau kemana?). Aku dan 8 orang netizen Surabaya mau berkunjung ke Kota Solo menghadiri kegiatan Netizen Gathering Bareng MPR-RI yang akan diselenggarakan mulai Jum'at s/d Minggu,20 - 22 November 2015 (Baca : Terpilih Sebagai Peserta Netizen Gathering Bareng MPR-RI). Kami berangkat ke Kota Solo dengan menggunakan jasa trasnportasi yang sangat nyaman dan disukai oleh banyak orang yaitu kereta api. Adapun kereta api yang mengantarkan kami hingga sampai ke Kota Solo adalah Kereta Api Argo Wilis.

Siap mensukseskan acara Netizen Gathering Bareng MPR-RI di Kota Solo | Foto by : Mbak Avy
Aku termasuk orang yang suka menggunakan jasa transportasi Kereta Api jika bepergian jauh. Selain efisien, harga tiket kereta api bisa dijangkau oleh semua kalangan sesuai tarif yang diinginkan mulai dari tarif ekonomi, bisnis dan eksekutif. Kereta Api yang pernah kunaiki adalah Kereta Api Harina, Kereta Api Gumarang & Kereta Api Kertajaya. Dari ketiga kereta api tersebut tarif yang kupakai adalah tarif ekonomi hehehe. Meskipun tarif ekonomi tapi sudah memakai AC, jadi perjalanan pun terasa nyaman.

Abadikan momen kebersamaan di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU)
Satu persatu teman - teman netizen Surabaya tiba di stasiun Surabaya Gubeng. Sambil menunggu yang belum datang, mbak Avy membagikan tiket kereta api yang telah dipesan dan sebungkus ketan buat dimakan pas di dalam kereta (mbak Avy pengertian banget dech, terima kasih mbak hehehe). Ku lihat jam tanganku, tak terasa waktu menunjukkan pukul 06.30 WIB, kami pun bergegas masuk ke dalam stasiun sambil menunjukkan tiket dan KTP untuk diperiksa oleh petugas. Usai diperiksa kami mendapat koran Kompas yang bisa dibaca saat perjalanan di dalam gerbong kereta. Setelah itu, kami duduk di ruang tunggu sambil menunggu kedatangan kereta api Argo Wilis.

Pemeriksaan Tiket Kereta Api oleh Petugas di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU)
Masuk ke Gerbong Kereta Api Argo Wilis Eksekutif

Pukul 07.00 WIB, Kereta Api Argo Wilis tiba di stasiun Surabaya Gubeng (SGU). Kami bersembilan pun berpisah karena berbeda gerbong. Aku satu gerbong dengan om Rinaldi, Vicky Faisal dan Umar Fadil di gerbong 4 kelas eksekutif. Sebelum masuk ke gerbong, sambil menunggu antrian tak lupa kami mengabadikan momen foto di dekat pintu masuk gerbong kereta api Argo Wilis Kelas Eksekutif (mulai dech keluar jurusnya, blogger githu loh).

Welfie bareng di dalam gerbong Kereta Api Argo Wilis Eksekutif
Setelah masuk ke dalam gerbong kereta Argo Wilis Eksekutif 4, Aku pun mencari tempat duduk sesuai yang tertera di tiket yaitu kursi nomor 9 B. Untuk fasilitas yang tersedia di gerbong Kereta Argo Wilis Eksekutif ini hampir sama dengan kereta kelas ekonomi dan bisnis, hanya saja yang membedakan adalah tempat duduk dan suasananya. Pokoknya nyaman banget berada di dalam gerbong kereta eksekutif dengan fasilitas yang diberikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Fasilitas yang ada di Kereta Argo Wilis Eksekutif

Berbicara tentang fasilitas yang diberikan oleh pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kepada penumpang relatif hampir sama, yang membedakan hanyalah sesuai dengan kelasnya yaitu kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Kalau di Kereta Api Argo Wilis Eksekutif yang kunaiki saat itu memberikan fasilitas berupa AC, kantong plastik (bagi yang mengalami mabuk perjalanan), televisi, stop kontak, tempat duduk yang nyaman tapi sayang nggak ada meja lipatnya, dan sebagainya. Untuk masalah makan, jika Anda lapar bisa beli makan ke petugas dari pihak PT. Kereta Api Indonesia (masalah harga jangan ditanya hehehe).

Tidur nyenyak di dalam gerbong Kereta Api Argo Wilis Eksekutif
Untuk stop kontak tidak jauh berbeda dengan kelas ekonomi dan bisnis, hampir di setiap kursi yang ada di gerbong kereta api ada fasilitas yang satu ini. Jadi, bagi Anda yang bepergian jauh tidak usah khawatir jika selama perjalanan handphone atau smartphone akan mati akibat baterai yang telah habis. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menyadari bahwa penumpang saat ini sangat akrab dengan teknologi. Kebanyakan penumpang saat ini membawa smartphone dan laptop. Mereka tidak takut akan barang yang dibawaanya hilang karena suasana kereta api saat ini sudah nyaman dan aman (tapi waspada juga perlu lho, jangan sampai barang yang Anda bawa tertinggal atau tertukar dengan penumpang lain).

Alhamdulillah rombongan Netizen Surabaya tiba di Stasiun Solo Balapan
Hanya satu fasilitas yang belum ku temukan ketika naik kereta api adalah fasilitas wifi gratis. Aku berharap, semoga PT. Kereta Api Indonesia membaca postinganku dan segera menambahkan fasilitas wifi baik itu di kereta api kelas ekonomi, bisnis ataupun eksekutif (warung kopi aja sudah ada fasilitas wifinya hehehehe). Sepanjang perjalanan di kereta api dari Surabaya hingga Solo kunikmati pemandangan yang ada sambil memainkan ponsel smartphone. Suasana yang sangat nyaman membuatku tertidur nyenyak dan terlelap di kursi. Hingga akhirnya sekitar pukul 10.30 WIB kami tiba dan turun di Stasiun Solo Balapan dan melanjutkan perjalanan ke Hotel Lorin Solo. Inilah cerita perjalananku dari Surabaya menuju Solo bersama Kereta Api Argo Wilis Eksekutif. Perjalanan dengan Kereta Api Argo Wilis kelas Eksekutif ini merupakan pengalaman pertamaku naik kereta api kelas eksekutif (kalau kelas ekonomi sering hehehehe). (@kakdidik13)

38 comments:

  1. Ada meja lipatnya Kak Didik :D Tersembunyi letaknya... Kudu buka sandaran tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kah, nggak tahu efek tidur nyenyak di dalam kereta eksekutif hehehehe #bolehboleh makasih atas tambahannya.

      Delete
  2. Salah satu perjalanan yang paling kontemplatif adalah dengan kereta. Bagi saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transportasi darat yang sangat nyaman & cocok di saat bepergian yang jauh ya kereta :D #naikKeretaApi

      Delete
  3. Aku belom pernah naik kereta eksekutif, hihi... Suka yg murah saya krn klo pergi serombongan lenong.kpn ya bs naik yg eksekutif huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru pertama kali mbak naik yang eksekutif. Biasanya yang kelas ekonomi hehehe. Ternyata kalau naik kereta api yang eksekutif itu nyaman banget #hore hehehe

      Delete
  4. Saya dan istrti kalau ke Bandung juga naik Argo Wilis Ex.
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak dhe, sama-sama. Ternyata naik kereta api kelaa ekslusif itu nyaman banget hehehe :D

      Salam hangat balik dari Bojonegoro

      Delete
  5. keretanya nyaman banget ya. saya juga termasuk pecinta kereta api, pun yg ekonomi sekarang udah nyaman apalai yg eksekutif gini.. enyak lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat nyaman bahkan nyaman banget. Iya sih yang kelas ekonomi sekarang juga nyaman dan ber-AC juga cuma tempat duduk yang membedakannya. Pokoknya naik kereta itu nyaman banget hehehehe :D

      Delete
  6. Replies
    1. Kang Didino itu kebetulan terpilih jadi peserta Netizen Gathering Bareng MPR-RI, sekalian keberangkatan & kepulangannya kutuangkan dalam bentuk cerita hehehe #naikkereta hehehehe

      Delete
  7. kereta api sekarang walau ekonomi udah nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah dengan kenyamanan yang ditawarkan tersebut menjadikan kereta api sebagai alat transportasi yang disenangi oleh penumpang hehehe

      Delete
  8. Hahahaha, aku yo gelem lek wifi gratis. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana ada wifi di situ ada aku hehehehe :D

      Delete
  9. Sangat informatif. Mungkin bila aku diganti dengan saya akan lebih enak dibacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya hehehe :D #sinaunulis semangat ngeblog !!!

      Delete
  10. selamat ya atas terpilihnya, dan selamat menikmati kota solo, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Suciana Dwi, banyak cerita dan kenangan di Kota Solo hehehe. Salam balik ya dan salam kenal hehehe

      Delete
  11. Replies
    1. Kalau yang kegiatan Netizen Gathering Bareng MPR-RI kita ke Keraton Surakarta & Kampung Batik Laweyan hehehehe

      Delete
  12. dari namanya saja kereta api Argowilis eksekutif udah kebayang nyaman dan nikmatinya menikmati perjalanan menggunakan kereta ini...sip-lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nyaman banget dan bikin ketagihan hehehehe

      Delete
  13. Serunya jalan-jalan dengan kereta, terlihat sangat nyaman sampai tidur pules ya Mas Didik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, nyaman banget..... apalagi kereta apinya yang eksekutif hehehe

      Delete
  14. waduuuhhh....yg antri tiket udah panjang tuuuuuhhhh hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar pada sabar ngantrinya mbak Avy hehehehe

      Delete
  15. Wah udah sampai ke Solo mas :D ane waktu itu pake sepeda motor malah muter muter gak karuan. wwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemarin hehehehe di LORIN Hotel Solo

      Delete
  16. Hohohoho... Saking nyamannya sampai ketiduran kaya gitu, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nyaman banget sih dan bawaannya pengen tidur hehehe

      Delete
  17. Waktu kelas 2 SD saya ingat betul pengalaman pertama kali naik kereta sama bibi saya dari Stasiun banjar ke Surabaya. sayangnya waktu itu kami gak dapat tempat duduk, baru setelah beberapa stasiun terlewat akhirnya dapet juga kursi kosong,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan membaca artikel ini memberi kesan tersendiri hehehehe

      Delete
  18. Bener juga, wifi gratis belum ada ya mas, kita masih memanfaatkan layanan paket internet dari provider untuk mengakses internet di kereta... setuju...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kalau dikasih fasilitas wifi kan penumpang jadi lebih nyaman.Warung Kopi aja sekarang free wifi hehehehe :D

      Delete
  19. Saya juga pernah naik Argo Wilis pas lagi ada tiket promo 150rb SGU-TSM.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.