Ads Top

Liburan ke Telaga Sarangan Magetan yang Eksotis

didikjatmiko.com - Untuk menambah kebersamaan dan keakraban anggota, PPK dan PPS Se Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur menggelar kegiatan wisata bareng ke Telaga Sarangan Magetan, Minggu (23/09/2018).

Liburan ke Telaga Sarangan Magetan yang Eksotis
Sekitar Pukul 06.30 rombongan berangkat menuju Telaga Sarangan dengan mengunakan dua armada bus yang disewa dari Khahira Tour dan Travel. Perjalan pun berhenti sejenak di SPBU Ngawi, untuk menikmati sarapan nasi krawu yang disediakan oleh panitia. Setelah istrirahat dirasa cukup, perjalanan pun dilanjutkan kembali menuju lokasi Destinasi Wisata Telaga Sarangan.

Kabupaten Magetan merupakan salah satu kabupaten kecil di Provinsi Jawa Timur yang memiliki segudang tempat wisata dengan keindahan pedesaan dan alam pegunungan, sangat cocok untuk liburan keluarga dan arena outbound. Salah satunya yaitu Telaga Sarangan yang Eksotis.

Terletak pada ketinggian sekitar 1200 DPL (Dari Permukaan Laut) dengan luas telaga 38 hektar dan kedalaman kurang lebih 28 Meter, Telaga Sarangan memiliki udara sejuk pada suhu 18-220C dan beberapa fasilitas yang sangat menarik untuk dicoba. Penasaran? Yuk, simak uraiannya berikut ini !

Fasilitas yang ditawarkan di Wisata Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Kabupaten Magetan. Jika berkunjung ke sana, Anda akan melihat telaga yang luas dan pegunungan hijau Sidoramping yang menjulang tinggi di sekitar Gunung Lawu gaes.

Harga tiket masuk itu sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra 

Untuk tiket masuk Wisata Telaga Sarangan cukup terjangkau. Saat ini tiket masuk Sarangan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) no 55 tahun 2017, dewasa sebesar Rp 20 ribu, dan anak anak Rp 15 ribu. Oh ya, itu semua sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra lho sebesar Rp 1 ribu.

Beberapa fasilitas yang layak untuk dimanfaatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke sana yaitu :

Lahan Parkir

Lahan parkir yang tersedia di Telaga Sarangan sangatlah luas, bahkan banyak sekali lokasi, ada yang di dekat telaga, ada pula yang di dekat pintu masuk. Tarif Parkir di Telaga Sarangan bervariasi kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 2 ribu, mobil Rp 5 ribu dan bus/truk Rp 10 ribu.

Speed boat

Fasilitas yang satu ini sangat populer sekali di Telaga Sarangan. Cukup dengan membayar tarif sebesar Rp 60.000 Anda sudah bisa mengelilingi telaga sarangan yang sangat indah dan memukau.

Becak air

Selain speed boat fasilitas yang nggak kalah menarik untuk dicoba yaitu becak air. Becak air di Telaga Sarangan berwujud angsa/bebek yang dijalankan dengan cara dikayuh. Seru kan?

Berkuda

Anda suka berkuda? Kalau Iya, datang aja ke Telaga Sarangan. Karena di di sana banyak sekali kuda yang disewakan oleh pemilik kuda. Kuda merupakan salah satu transportasi tradisional di Sarangan. Bagi yang ingin mengelilingi Telaga Sarangan agar tidak kecapekan, Anda bisa menyewa kuda di sana. 

Hotel dan Penginapan

Bagi Anda yang ingin bermalam di Sarangan, di sana tersedia banyak sekali penginapan dan hotel yang tarifnya cukup terjangkau, mulai 150.000 per malam.

Pasar Saragan

Bagi Anda yang suka berbelanja dan liburan, datang saja ke Telaga Sarangan Magetan. Di sana terdapat sebuah pasar yang menyediakan aneka sovenir dan kerajinan produk dari warga Magetan, sayuran segar yang baru didatangkan langsung dari sawah milik petani di sekitar telaga seperti Kubis, Sledri, Wortel, Kentang, Brokoli dan aneka jenis sayuran lainnya. Tak hanya itu, di Pasar Sarangan juga terdapat aneka jajanan atau makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Kuliner

Untuk urusan kuliner, Wisata Telaga Sarangan memiliki kuliner khas yang bisa Anda nikmati yakni Sate Kelinci. Cukul Rp 15.000,- Anda sudah mendapatkan seporsi sate kelinci + lontong, nikmat banget dech. Selain kelinci, ada pula sate ayam di sana.

Air Terjun Tirtosari 

Air terjun ini terletak di Dukuh Ngluweng, Desa Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan. Untuk menuju ke sana, Anda cukup melewati Gapura yang menjadi penanda pintu masuk ke Air Terjun Tirtosari yang letaknya masih di dalam kawasan wisata Telaga Sarangan.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa berjalan santai saja menyusuri Telaga Sarangan sampai menemukan Monumen Pesawat Tempur. Di sebelah Monumen tersebut, ada sebuah Gapura Selamat Datang yang merupakan jalan menuju ke Air Terjun Tirtosari.

Puas menikmati keindahan Telaga Sarangan, rombongan pun bergegas pulang, lalu mampir ke sentra kerajinan kulit dan menikmati kuliner Ayam Panggang khas Bu Setu di Jalan Swadaya, Desa Gandu Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Anda merasa penat, buang aja rasa penat dan lelahmu dengan berwisata ke Telaga Sarangan Magetan. [kakdidik13]

14 comments:

  1. Btw ini kapan kak didik?
    Aku pernah kesana sekotar bulan maret kalau gak salah ingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kemarin ham, Minggu 23 September 2018

      Delete
  2. Wah, saya membayangkan pasti seru sekali mengelilingi telaga sarangan dengan menggunakan Speed boat bersama suami hihi :D

    ReplyDelete
  3. Wah, cukup terjangkau ya berlibur ke telaga sarangan. Boleh di coba nih :D

    ReplyDelete
  4. Recomended banget nih untuk destinasi wisata liburan :D

    ReplyDelete
  5. Dari biaya parkir, peginapan, bahkan kulinernya sangat terjangkau sekali ya mas, cocok bnget nih dibuat liburan hehe :D

    ReplyDelete
  6. Wah, ada Pasar Saragannya juga faforit ibu-ibu nih. Abis berwisata langsug belanja hehe :D

    ReplyDelete
  7. Pasri seru banget ya berwisata ke telaga saraagan magetan, jadi langsung ingin pergi kesana nih bareng keluarga besar hehe :D

    ReplyDelete
  8. Asyik sekali perjalannnya ya mas Didik. Kok jadi pengen berkuda juga saya hahhaha seumur hidup belum pernah berkuda ini :D

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen juga ke sini. Terima kasih untuk tulisannya, jadi tahu tempat ini :)

    ReplyDelete
  10. Suatu hari saya harus nyampe ke sana. Huhuhu. Pengen

    ReplyDelete
  11. Sangat inspiratif sekali 🙂 sukses selalu Telaga Sarangan

    ReplyDelete
  12. Aku pernah kesini nih tahun 2004 an ga salah, dan dadakan nyetirin speed boat ma temen2 kul, menuju Solo, buat study tour, wkwk. Pasti udah banyak berubah ya. Foto2nya krg banyak Kak Didik, hehe

    ReplyDelete
  13. Oh...ada air terjunnya deket Telaga...? Waduh...malah baru tahu. Pernah sekali ke telaganya. Cuma naik boat+belanja sayuran...😀😀

    ReplyDelete

Powered by Blogger.