Ads Top

Visit Wonderful Indonesia Mangrove Park di Pantai Bahowo Tongkaina Manado

didikjatmiko.com - Perkembangan Pariwisata di Kota Manado, Sulawesi Utara sangat siginifikan dalam mendorong perekonomian warga setempat. Salah satu objek wisata yang menjadi primadona Kota Manado adalah Taman Nasional Bunaken. 

Visit Wonderful Indonesia Mangrove Park di Pantai Bahowo Tongkaina Manado
Taman Nasinal Bunaken merupakan salah satu tanam nasional berbasis kawasan konservasi di Indonesia. Karena keindahan bawah laut Bunaken dengan formasi terumbu karang yang indah nan luas ini, seringkali wisatawan asing alias turis melakukan penyelaman untuk melihat surga dunia yang menakjubkan tersebut.

Tak hanya Bunaken, keindahan Manado bisa kamu jumpai pula di Pantai Bahowo Tongkaina Manado. Wilayah yang terletak di utara Pulau Sulawesi ini justru memiliki sejuta potensi alam yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata favorit di Indonesia. Manado nggak kalah ngehits lho gaes sama Yogyakarta, Lombok dan Bali. Sejuta pesona dan panaroma alam menakjubkan dapat kamu nikmati di sana.

Pesona Pantai Bahowo Tongkaina Manado

Saya menginjakkan kaki pertama kali di Manado pada tahun 2016 bersama peserta Jelajah Gizi Manado. Tujuan yang kami datangi saat itu mulai dari menikmati kuliner khas Danau Tondano, Wisata Puncak dan Bukit Temboan Rurukan di Tomohon, Outbond di Pasar Beriman Tomohon, hingga bakti lingkungan di Pantai Bahowo Tongkaina Manado.

Oh ya gaes, di Manado juga ada hutan mangrove lho yang terletak di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Tak hanya berwisata, pengunjung dapat melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman mangrove di sana. Tentunya dengan arahan dari pengelola Pusat Rehabilitasi dan Pembibitan Mangrove Bahowo.

Sebagian besar warga Bahowo menggantungkan hidup mereka dari laut, karena memang kondisi geografis kampung ini yang berada di pinggiran pantai. Dengan luas hutan Mangrove yang dimilikinya, wajarlah jika tempat ini dijadikan sebagai Taman Mangrove.

Visit Wonderful Indonesia Mangrove Park di Pantai Bahowo Tongkaina Manado
Mangrove menjadi salah satu bagian penting bagi kehidupan. Adapun beberapa fungsi utamanya yaitu sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi, intrusi air laut, melindungi pemukiman dari terpaan badai dan gelombang. Tak hanya itu, Mangrove juga tempat berkembang biak berbagai satwa seperti kepiting, udang, burung serta menjadi bagian edukasi wisata, bahkan yang terpenting adalah zat hijau daun tanaman mangrove sebagai penyerap karbon CO2 sehingga memitigasi perubahan iklim.

Senyum Ceria Adik-adik Sekolah Sei Pante Bahowo usai Menanm Mangrove - Foto : Koleksi Manengkel Solidaritas
Tanpa Mangrove, banyak bencana dan kerugian yang terjadi, seperti abrasi pantai, banjir, hancurnya pemukiman penduduk diterpa badai laut, intrusi air laut, maupun hilangnya sumber perikanan alami. Itulah sedikit gambaran pentingnya mangrove ditanam di Pantai Bahowo Tongkaina Manado.

Untuk menuju lokasi penanaman mangrove, kami harus rela berjalan melewati setapak jalan yang lumayan jauh. Namun hal tersebut tak menyurutkan tekad kami untuk ikut serta mengabdikan diri untuk Bahowo tercinta. Setelah mangrove tertanam dan dirasa cukup, kami pun kembali ke lokasi untuk mengikuti agenda selanjutnya yakni snorkling di Bahowo. Tak mau ketinggalan, Saya memberanikan diri untuk snorkeling gaes. 

Berkesempatan untuk Snorkeling di Pantai Bahowo Tongkaina Manado
Setelah mendapatkan perlengkapan snorkeling yang pas dan nyaman, selanjutnya kami diberi penjelasan dan arahan oleh tim pemandu. Wah, ternyata keindahan laut di Bahowo Wonderful Indonesia banget gaes. Saya terpesona dengan keindahan ikan yang hidup di sana. Ada yang berwarna biru dan menyala seperti neon. Bintang laut pun masih banyak di sana. 

Oh ya, Bahowo ini adalah penyangga dari Bunaken, belum banyak orang tahu dan masih terlihat sepi sehingga banyak orang yang snorkeling di sana. Belum puas rasanya, saya ingin berlama-lama snorkeling di sana hehehe. Berhubung waktu semakin sore maka kegiatan snorkeling di akhiri.

Pelopor Wisata Mangrove di Bahowo

Wonderful Indonesia
Pengembangan wisata sekaligus pelestarian lingkungan di Bahowo ini diprakarsai oleh sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat, LSM Manengkel Solidaritas yang bekerjasama dengan PT Tirta Investama Aqua Airmadidi dan kelompok masyarakat Tunas Baru Bahowo bersama warga sekitar serta didukung Pemerintah Daerah melakukan pembibitan mangrove.

Sahabat Wonderful Indonesia, jika berkunjung ke Pantai Bahowo Tongkaina Kota Manado, Anda bisa datang ke Mangrove Park Bahowo, sebuah tempat wisata baru di Kota Manado, Sulawesi Utara. Salam Indonesia Lestari dari Bahowo. Selamat menikmati wisata alam berbasis konservasi dan edukasi di Bahowo.

Lomba Blog Competitions Wonderfull Indonesia 2018
Teman-teman pembaca setia blog didikjatmiko.com yang budiman, Kamu punya cerita seputar potensi dan keindahan wisata Indonesia? Yuk ceritakan potensi wisata di blogmu!. Agar apa yang kamu informasikan tersebut menjadi referensi bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang akan berkunjung ke daerahmu. Jangan terlewatkan pula untuk menyemarakkan lomba blognya ya !. [kakdidik13]

1 comment:

  1. Ini keren, pengembangan wisata sekaligus pelestarian lingkungan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.