Batik Jonegoroan, oleh-oleh Khas dari Kota Ledre Bojonegoro Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Monday, February 4, 2013

Batik Jonegoroan, oleh-oleh Khas dari Kota Ledre Bojonegoro

Selain Ledre, Batik Bojonegoro (Baca : Batik Jonegoroan) semakin diminati oleh masyarakat. Produk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bumi Angling Dharma. Usaha pembuatan Batik Jonegoroan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro ini mulai meningkat. Event pameran dan lomba desain Batik Jonegoroan yang diselenggarakan beberpa bulan yoleh berbagai pihak nampaknya mampu mencitrakan Batik Jonegoroan untuk masyarakat lokal atau pendatang.


Berbagai event kegiatan, Batik Jonegoroan mulai digunakan sebagai kostum atau seragam pelajar di Kota Ledre ini. Ini bukti bahwa pelajar Bojonegoro sangat cinta terhadap  Batik Jonegoroan, sehingga pada hari tertentu dalam seminggu pelajar berbatik di sekolah, bahkan di sekolah - sekolah pun diajari bagaimana proses pembuatan batik dengan menggunakan canting. Masyarakat memang harus memulainya untuk mempopulerkan Batik di lingkungan keluarga, sahabat, rekanan kerja dan organisasi. Batik bisa menjadi salah satu pilihan untuk hadiah ulang tahun atau oleh-oleh bagi keluarga, sahabat, rekan kerja. Sehingga Batik merupakan warisan seni dari nenek moyang yang telah diakui secara Resmi oleh UNESCO sebagai warisan asli budaya Bangsa Indonesia tidak hilang atau diklaim oleh negara lain.

Dipakai pada acara apapun, Batik pun sangat cocok dan sesuai, baik ke kantor, urusan resmi perusahaan, acara pernikahan atau acara non formal lainnya. Dengan memakai Batik, kita akan tampil lebih elegan dan lebih bernuansa Indonesia, dan secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya bangsa. Jika ada sahabat, keluarga, rekan kerja yang bertanya, “Enaknya saya belikan oleh-oleh apa ya dari Kota Ledre?” Jawablah !!! Batik Jonegoroan. Jika ada yang bertanya lagi, “Aku mu memberi hadiah untuk sahabatku yang datang dari Luar Bojonegoro, eh.... yang cocok hadiah apa ya, kasih ide donk.” Jawablah dengan santai, Batik Jonegoroan. “Sudah membeli Batik Jonegoroan apa belum?” Itulah kalimat tanya yang harus kita sampaikan kepada semua orang yang sedang berkunjung di Kote Ledre ini. Ajak semua temen kita untuk belanja Batik Jonegoroan di butik batik di Kota Ledre tercinta.

Batik Jonegoroan mempunyai 9 motif Batik dengan arti filosofi yang berbeda-beda pada setiap motifnya. Semilan motif dasar Batik Jonegoroan tersebut adalah : Gastro Rinonce (Motif Kilang Minyak dan Gas Bumi), Jagung Miji Emas (Motif Jagung), Mliwis Mukti (Motif Burung Legendaris Jelmaan Angling Dharma, Mliwis Putih), Parang Dahono Munggal (Motif Wisata Api Abadi, Kahyangan Api), Parang Lembu Sekar Rinambat (Motif Hewan Sapi), Pari Sumilak (Motif Padi), Rancak Thengul (Motif Wayang Thengul, khas Bojonegoro), Sata Gondo Wangi (Motif Tembakau), dan Sekar Jati (Motif Daun Jati).

Berwisata atau sekedar jalan-jalan sambil mengunjungi sahabat, keluarga di Kota Ledre yang kotanya kecil, bersih dan menyenangkan dengan suasana tenang, nyaman dan penduduknya yang sumeh (baca : suka tersenyum) jika dibandingkan dengan kota yang lain akan menjadi kesan tersendiri tentunya. Di tambah lagi dengan keindahan malam hari Alun - Alun Kota Bojonegoro yang berada di Jantung Kota Ledre tersebut. Dari ujung selatan wilayah Kabupaten Bojonegoro, kita bisa menikmati alam Pegunungan Kendeng dengan deretan pegunungan kapur selatan yang membentang ke arah barat. Gunung Pandan di Kecamatan Sekar yang tak terlalu tinggi bisa menjadi alternatif untuk latihan naik gunung/ hiking bersama keluarga. Wilayah Kecamatan Sekar tepatnya di daerah Klino, dan Kecamatan Gondang dengan hutan, batu oniknya bisa menjadi pilihan untuk menikmati suasana hutan yang khas dengan pedesaan.

Waduk Pacal di Kecamatan Temayang juga bisa menjadi wahana rekreasi yang tak kalah menariknya. Taman Tirtawana Dander sudah melekat di hati masyarakat Bojonegoro, berenang atau sekedar santai bersama keluarga menambah keakraban, cocok juga untuk bumi perkemahan. Bergerak ke arah barat, ada sumber air Grogolan di Desa Ngunut Kecamatan Dander. Kita bisa bluron (baca : mandi di sungai) sepuas-puasnya di sungai yang mata airnya bersih dan jernih dengan bebatuan serta suasana khas pedesaan.

Di tempat tersebut, kita juga bisa menikmati Goa Landak yang ada di dalam hutan. Menurut Marwi (50), salah satu warga yang tinggal di sekitar sumber air Grogolan, gua tersebut pernah ditempati oleh Prabu Jayanegara, Putra Raden Wijaya, Raja Majapahit yang melarikan diri ke wilayah Bedander (sekarang bernama : Dander) saat terjadi pemberontakan Kuti. Di wilayah itu juga, Bekel (baca : patih) Gajah Mada menyusun kekuatan dengan melatih Bala Prajurit untuk merebut kembali Kerajaan Majapahit.

Selain tempat-tempat tersebut, Di Bojonegoro juga terdapat tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Khayangan Api yang berada di Kecamatan Ngasem. Jika malam hari, api nya nampak jelas sekali, Petilasan Angling Dharma di Kecamatan Kalitidu, Pengrajin Gerabah di Malo, Pegunungan Kapur Utara dengan pengeboran minyak tradisional di Wonocolo – Kedewan, Agrowisata Belimbing di Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu, Agrowisata Salak Wedi di Kecamatan Kapas, Bendungan Gerak, Sumber Minyak di kawasan Blok Cepu daerah Gayam, Pusat oleh-oleh jajanan Leder di Kecamatan Padangan, Arena Flying Fox dan Taman Wisata Sariyo di Purworejo Kecamatan Padangan, ditambah lagi dengan wisata kuliner yang menyebar di seluruh kawasan Bojonegoro. Untuk meningkatkan kecintaan pada Bojonegoro, jangan lupa untuk membeli Batik Jonegoroan di toko batik yang tersebar di beberapa daerah di Kabupaten Bojojonegoro sebagai cendera mata dari Kota Ledre, Bojonegoro.

Berikut motifnya Batik Jonegoroan, Langsung ke TKP :
1. Gastro Rinonce (Motif Kilang Minyak dan Gas Bumi)
Motif ini banyak diminati, yang merupakan perpaduan RIG (alat pengambil menyak) dan gas bumi mencitrakan Bojonegoro sebagai daerah Blok cepu dengan cuku cadang minyak yang masih melimpah. 















2. Jagung Miji Emas (Motif Jagung)
Kedepan, jagung diharapakan bisa menjadi komuditas unggulan dengan hasil panen yang melimpah. Maka, lahirlah motif batik ini .

















3.  Mliwis Mukti (Motif Burung Legendaris Jelmaan Angling Dharma, Mliwis Putih)
Motif ini adalah motif yang digambarkan sebagai burung belibis jelmaan Prabu Angkling Darma




















4. Parang Dahono Munggal (Motif Wisata Api Abadi, Kahyangan Api)
Motif ini menggambarkan bahwa Bojonegoro memiliki obyek wisata Khayanagn Api sebauh sumber api abadi terbesar di Asia Tenggara. Sumber Api ini pernah dipakai sebagai tempat pengambilan Api PON XV tahun 2000















5.  Parang Lembu Sekar Rinambat (Motif Hewan Sapi)
Barisan sapi yang ditambatkan membentuk barisan yang indah dalam motif kain batik khas Jonegoroan.




















 6.  Pari Sumilak (Motif Padi)
Motif batik dengan bentuk tanaman padi yang siap untuk dipanen. Motif ini memiliki makna supaya Bojonegoro diharapkan menjadi lumbung padi.













7.  Rancak Thengul (Motif Wayang Thengul, khas Bojonegoro)
Ini adalah motif yang bergambar Wayang Thengul sebagai kesenian tradisional di Bojonegoro.





















8. Sata Gondo Wangi (Motif Tembakau)
Motif ini menguatkan Bojonegoro sebagai penghasil tembakau terbaik , sebab pada motif ini digambarkan daun tembakau yang tertata rapi.















9.  Sekar Jati (Motif Daun Jati)
Motif akar, pohon dan daun jati, sebuah pemaknaan bahwa Bojonegoro yang pernah jaya dan terkenal dengan kayu jati berkualtas emport sejak jaman penjajahan Belanda.















Di Bojonegoro terdapat toko batik yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Temayang, Kecamatan Dander dan Kecamatan Purwosari. Bagi yang ingin memesan Batik Jonegoroan secara online juga bisa, caranya dengan mengunjungi blog berikut (diklik tulisannya ya) : 1. Galeri Batik Bojonegoro  2. Batik Jonegoroan Latansa dsb . Lestarikan Batik sebagai warisan seni budaya bangsa Indonesia. Ngaku Gaul, Yuk berbatik..... !!!! Generasi Indonesia Pecinta Batik.


Share with your friends

3 comments

  1. bojonegoro termasuk kota sentra batik ya, bukan hanya pekalongan saja berarti ya ?

    http://amir-silangit.blogspot.com/2013/01/batik-warisan-budaya-yang-harus-di-jaga.html

    Re-comment ya ?

    ReplyDelete
  2. Daerah Bojonegoro juga mempunyai ciri khas tersendiri yah dalam berbatik, tentunya tidak kalah menarik dari Daerah lainnya, saya suka :)

    ReplyDelete
  3. @Rifaun : Amin.....
    @Amir : Bojonegoro adalah Kota Ledre yang kaya akan sumber daya alam dan batik jonegoroan adalah salah satu oleh-oleh khas dari Kota Bojonegoro.
    @Nanke : Tentu, ciri khas batik jonegoroan bisa dilihat dari motif-motifnya.
    ALL : Mari kita budayakan BATIK sebagai Seni Budaya INDONESIA Yang khas sesuai dengan daerah yang ada di Nusantara tercinta.
    Salam Berbatik !!!!

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
2456
close
Banner iklan disini