Ketika Blogger Bicara Tentang Kuliner Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, January 8, 2015

Ketika Blogger Bicara Tentang Kuliner

Negara Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam, seni, budaya dan warisan kuliner nusantara yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan asing. Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali jenis kuliner yang ditawarkan dan menggoyang lidah para penikmatnya. Selain itu, keberanekaragaman kuliner Nusantara juga sudah diakui oleh dunia. Hampir di setiap daerah di Bumi Nusantara Indonesia mempunyai dan menyimpan beraneka ragam kuliner yang khas dan mempunyai daya tarik tersendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, kuliner di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan.

Berbicara mengenai kuliner tentu tak ada habisnya. Misalnya di kota kelahiranku Bojonegoro terdapat salah satu kuliner yang khas dan hanya ada di Bojonegoro yaitu "Soto Santan Bu Mar Rajawali". Memang, hampir semua daerah di Indonesia memiliki hidangan soto. Namun, yang membedakan soto santan ini dengan soto yang lainnya adalah soto santan rajawali baunya harum, lezat dan menggugah selera makan. Warna kuah yang putih pekat ditambah irisan daging ayam dan irisan telur rebus serta toge / kecambah. Agar lebih terasa nikmat, sebelum makan soto santan berdo'a terlebih dahulu lalu tambahlah dengan perasan jeruk nipis, sambal dan kerupuk. Penyajian soto santan rajawali ini yakni nasi atau lontong dicampur langsung dengan kuahnya.

Kamis 08 Januari 2015, Aku mencoba menghubungi teman - temanku blogger lewat facebook untuk menanyakan tentang kuliner yang mereka sukai dan alasannya mengapa mereka suka dengan kuliner itu. Nah, seperti apa hasilnya? Berikut ini ulasan yang ku rangkum dalam "Ketika Blogger Bicara Tentang Kuliner".

Ketika Blogger Bicara Kuliner

1. Silviana Noerita itulah nama lengkap blogger yang miliki akun facebook Silviana Apple. Dia adalah seorang blogger dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Gadis kelahiran Kediri 21 tahun yang lalu ini saat ku hubungi lewat akun facebooknya mengatakan sangat menyukai kuliner. Kuliner yang paling dia sukai adalah Pecel. Dimana  - mana dia selalu rindu dengan pecel,  ungkap gadis yang sedang kuliah di Universitas Negeri Malang Jurusan Ekonomi Pembangunan. Menurut gadis yang suka fotography ini Pecel yang lebih enak adalah Pecel Tumpang Kediri. Alasannya karena pecel Kediri berbeda sama pecel - pecel yang lain, mulai dari bumbu, sayur dan rempeyeknya.

2. Blogger yang satu ini merupakan blogger yang aktif di BLOGdetik, dia adalah Melly Feyadin. Perempuan kelahiran Lampung ini bergabung di Komunitas Blogger Bogor. Berbicara tentang kuliner, dia suka sama kuliner soto. Dia menyukai soto karena rasanya seger, banyak varian dari setiap daerah dan ia berharap bisa menikmati soto dari berbagai daerah di Indonesia, ungkap perempuan yang sehari- hari bekerja sebagai karyawan support teknis penjualan software komputer.

3. Selanjutnya adalah Wahyu E Saputra, dia adalah blogger dari Lamongan, Jawa Timur. Pria yang juga aktif di Pramuka ini juga menyukai kuliner lho. Kuliner yang paling disukai pria kelahiran Lamongan, 24 Maret 1993 adalah bakso. Bakso kotak Lamongan merupakan bakso yang paling disukainya, selain rasanya yang enak baksonya juga berkualitas serta penuh inovasi, biasanya bulat tapi ini baksonya bentuknya kotak ungkap Mahasiswa Untag Surabaya semester akhir jurusan Teknik Informatika.

4. Bertolak dari Lamongan, Jawa Timur sekarang kita beralih menuju Indramayu, Jawa Barat. Di sini ada sahabatku blogger yang aktif nulis di blognya didno76.com dan taktiktek.blogdetik.com. Dia adalah Didno, di dunia maya dia sering disapa Kang Didno. Aktifitas sehari - harinya mengajar di SMPN 1 Gabuswetan, Indramayu. Selain ngajar, dia juga sama sepertiku yang menyukai kegiatan Pramuka. Dia juga merupakan ketua sekaligus pendiri Komunitas Blogger Indramayu (Blogger Mangga). Berbicara tentang kuliner, blogger yang menjuarai Liga Blogger Indonesia musim 2014 ini mengaku suka dengan aneka kuliner baik kuliner tradisional maupun modern. Selain urusan perut, juga memperkaya pengetahuan tentang makanan yang selanjutnya akan diposting di blognya. Makanan yang berkuaah seperti sop dan soto sangat disukainya. Tidak hanya itu, kue tradisional pun dia juga suka. Untuk kuliner Indramayu, dia mengatakan sangat suka dengan rumbah darinih dan ikan etong bakar. Apa itu rumbah darinih? bisa dibaca di sini.

Itulah beberapa blogger yang telah berbicara tentang kuliner yang paling disukainya. Semoga keberadaan blogger yang tersebar dari Sabang sampai Merauke bisa semakin mempopulerkan makanan khas masing - masing daerahnya. Ketika Blogger Bicara Tentang Kuliner, maka semua akan penasaran dengan kuliner yang dibicarakannya. (@kakdidik13)

Share with your friends

18 comments

  1. Replies
    1. Mantap, soto yang pernah ku makan baru soto santan Bojonegoro, soto Lamongan sama yang terakhir kemarin soto Banjar khas Kalimantan Selatan....

      Delete
    2. bicara soto aja ada banyak soto ya. udah pernah nyoba soto padang? coto makassar? soto betawi/soto tangkar?

      Delete
    3. Ya, soto Indonesia bermacam - macam.... Pokoknya Indonesia itu surganya kuliner.... top markotop. Soto padang, makassar, betawi/tangkar belum pernah..... gimana rasanya?

      Delete
  2. bahkan sambah rumbah darinih sering diminta saudara saya yang tinggal di Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, rasanya seperti apa ya? bikin ngiler hehehe.....

      Delete
  3. aku suka rawon & kupang lontong kalau di jawa timur :), nyari di jabodetabek susaaaahhhh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rawon.....memang top markotop rasanya..... Ayo ke Jawa Timur ! Kalau di Jakarta ada kerak telur ya?

      Delete
  4. Replies
    1. Kenapa suka mie ayam, aku juga paling suka apalagi yang ada ceker ayamnya.... nyam nyam....

      Delete
  5. Saya juga aseli lamongan lhoh? Dan suka soto lamongan

    ReplyDelete
  6. Duh, itu soto santannya bikin pngn yaa :\ *ngecess

    Mereka blogger kuliner, ada juga bloger treveller. Aku mah blogger rumahan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak Nurliana Syaf... tetap semangat ngeblog dong pastinya ?

      Delete
  7. Wah aku belum ada di blog kak didik belum nge-hits ya hahah

    ReplyDelete
  8. Kami suka wisata kuliner dan menuliskan pengalaman kami di blog. Blogger yang menulis kuliner secra tidak langsung ikut mengenalkan potensi kuliner Indonesia ke luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, luar biasa.... tetap semangat berbagi mas. Betul banget, yuk kita kenalkan kuliner Indonesia pada dunia !

      Delete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done