Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu Ketahui Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Thursday, September 19, 2019

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu KetahuiKetika lulus dari SMA dan masuk ke perguruan tinggi, kamu akan berhadapan dengan lingkungan dan orang-orang baru yang mungkin saja jauh berbeda dengan apa yang kamu hadapi selama di bangku sekolah. Perguruan tinggi seakan-akan menjadi tempat dimana kamu mulai dihadapkan dengan dunia luar yang sesungguhnya. Teman-teman yang beraneka ragam, jadwal yang lebih fleksibel, dan yang lebih penting lagi, kebebasan.

Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah sambil Kerja yang Perlu Kamu Ketahui | Foto : haluanpos.com
Menjadi mahasiswa berarti kamu sudah berhak untuk memilih jalan yang ingin kamu ambil sekaligus mengumpulkan aset yang sekiranya akan berguna di dunia pekerjaan atau dunia di luar kampus setelah lulus nantinya. Maka dari itu, ada baiknya ketika masih berstatus sebagai mahasiswa, perbanyaklah pengalaman, jika tidka ingin menyesal.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperindah konten CV, mulai dari aktif di organisasi, magang di sebuah perusahaan, hingga bekerja sambil kuliah. Siapa bilang kuliah hanya menjadi tempat untuk belajar saja? Jadwal kuliah yang cenderung fleksibel membuat para mahasiswa memungkinkan untuk bisa bekerja sambil kuliah. Jika anak sekolah yang bekerja terdengar tidak baik karena masih dibawah umur, maka berbeda dengan perguruan tinggi yang sudah memungkinkanmu untuk bekerja dan menambah pengalaman.

Banyak sekali manfaat kuliah sambil bekerja yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya sekadar belajar, kamupun juga bisa menambah uang saku juga lho. Sebagai mahasiswa dengan kondisi finansial yang masih ditanggung oleh orang tua, bekerja sambil kuliah sangat memberikan manfaat. Mau tahu apa saja manfaat kuliah sambil bekerja? Yuk kita simak bersama-sama!

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja yang Perlu Diketahui

1. Pintar Mengatur Waktu

Mahasiswa yang bekerja sambil kuliah mau tidak mau harus belajar yang namanya mengatur waktu. Kamu akan tahu kapan kamu harus belajar, bekerja, hingga mengerjakan tugas. Dan dikarenakan terlalu sering mengatur waktu hampir setiap hari, kamu pun akan memiliki kemampuan manajemen waktu yang jauh lebih baik dibandingkan teman-temanmu yang tidak bekerja.

Perlu diketahui bahwa di dunia pekerjaan profesional, kemampuan manajemen waktu sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang, sehingga pengalaman kuliah sambil bekerja yang mengajarkanmu untuk mengatur waktu dengan baik akan menjadi aset berharga yang belum tentu dimiliki oleh orang kebanyakan.

2. Pengalaman Dunia Kerja

Bagi mahasiswa yang hanya belajar saja selama di bangku kuliah, maka ia belum memiliki bayangan sama sekali mengenai dunia kerja yang sebenarnya. Sedangkan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, mereka telah lebih lebih tahu mengenai dunia kerja sembari memupuk pengalaman.

Ketika lulus nanti, banyak perusahaan yang tidak hanya melihat nilai akademis saja, melainkan juga pengalaman yang kita miliki, mulai dari pengalaman organisasi, pengalaman magang hingga kerja. Maka dari itu, pengalaman kerja yang kita miliki tentunya akan menjadi nilai tambah ketika ingin mencari pekerjaan baru pada nantinya.

Selain itu, bekerja sambil kuliah juga memungkinkan kita untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut ketika lulus nanti, yang membuat kita tidak perlu takut untuk menganggur. Sulitnya mencari pekerjaan pertama bagi fresh graduate menjadi keuntungan bagi diri kita sendiri jika sudah memiliki pengalaman bekerja selama di bangku kuliah sebelumnya.

3. Mandiri dalam Finansial

Berbeda dengan teman-temanmu yang masih bergantung pada orang tua untuk membayar biaya kuliah, dengan bekerja sambil kuliah kamu bisa lebih mandiri dalam hal finansial. Bisa membantu membayar biaya kuliah dan memenuhi kebutuhan pribadimu, tidak menutup kemungkinan pula kamu juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Tentunya lebih menyenangkan bila kamu membeli barang-barang yang kamu inginkan dengan menggunakan uang pribadi dibandingkan dengan uang orang tua, bukan?

Tidak hanya belajar, dunia perkuliahan akan sangat baik bila kamu turut memanfaatkannya untuk memupuk pengalaman sebanyak-banyaknya, salah satunya seperti mencoba memasuki dunia kerja dengan kuliah sambil bekerja. Masih ragu untuk mencoba kuliah sambil bekerja? Baca lagi sederet manfaat kulaih sambil bekerja lainnya di https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-bila-kamu-kuliah-sambil-bekerja. (kakdidik13)

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done