Info Menarik
Loading...

Asmaul Husna dan Artinya

Secara harfiah, Asmaul Husna adalah nama-nama, sebutan, gelar Allah yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan kehebatan milik Allah Subhana wa Ta’ala. 

Asmaul Husna dan Artinya
Asmaul Husna dan Artinya - Foto : cakbagus.net

Sebagai seorang muslim, ada sedikitnya 99 Asmaul Husna yang harus kita ketahui. Hal ini terdapat dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam sebagai berikut :

“Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia akan masuk surga,” (HR. Bukhari dan Ahmad). 

BACA JUGA :

Mengapa Melanjutkan ke Sekolah Kejuruan dan Madrasah Aliyah ?

Pelatihan Nge-Blog bersama OSIS dan Pramuka MAN Ngraho Bojonegoro

Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana?

Perlu diketahui bahwa memahami nama-nama Allah yang maha indah serta sifat-sifat Nya yang maha sempurna adalah pembahasan yang sangat penting dalam agama Islam. Bahkan, termasuk bagian penting dan utama dalam mewujudkan keimanan yang sempurna kepada Allah Subhana wa Ta’ala. 

Asmaul Husna atau nama-nama baik Allah yang paling mulia terdapat pada dua ayat sebagai berikut :

Al Quran Surat Al Baqarah ayat 255 :

Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya.”

Selain itu, terdapat pula pada Al Quran Surat Ali Imran ayat 1-2

Artinya : “Alif Laam Miim. Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.”

Contoh Asmaul Husna 

Berikut contoh beberapa asmaul husna dan artinya :

1. Al Malik (Maha Merajai)

Al Malik artinya Allah Subhana wa Ta’ala berkuasa atas segala sesuatu baik dalam hal memerintah maupun melarang. Selain itu, Al Mailk juga bisa diartikan sebagai memiliki sesuatu. Semua makhluk-Nya membutuhkan sesuatu kepada Allah sedangkan Allah tidak membutuhkan segala sesuatu pun. 

2. Al Quddus (Maha Suci)

Al Quddus artinya Allah Maha Suci dari segala sesuatu yang bersifat kurang dan cacat (tidak sempurna). Jadi, Al Quddus memiliki arti kesempurnaa, terpuji dengan segala kebaikan dan keutamaan. 

Al Quddus sendiri berasal dari kata Al Qudsu yang artinya kesucian. Masjid Al Aqsha di Palestina juga disebut dengan baitul maqdis (Al Quds) yang artinya masjid yang disucikan dari segala dosa. Selain itu, Malaikat Jibril pun disebut sebagai ruhul qudus (makhluk yang disucikan) dari kesalahan terutama saat menyampaikan wahyu. 

3. As Salam (Maha Pemberi Kesejahteraan)

As Salam artinya Allah terbebas dari kekurangan, cacat dan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keagungan dan kesempurnaan-Nya. Orang yang berdzikir kepada Allah menggunakan nama ini akan merasakan ketenangan dan rasa aman di dalam dirinya. 

Asmaul husna yang satu ini disebutkan dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 23. Selain itu, terdapat pula pada sebuah hadits Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam yang berunyi :

Artinya : “Ya Allah, Engkau Dzat yang memberi kesejahteraan. Kesejahteraan berasal dari-Mu. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, Engkaulah yang memberi keberkahan.” (HR. Muslim). 

4. Al Mukmin (Maha Pemberi Keamanan)

Al Mukmin artinya Allah Subhana wa Ta’ala merupakan Dzat yang menjadi tempat meminta perlindungan bagi orang yang merasa ketakutan sehingga mendapatkan keamanan. Nam ini disebutkan di dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 23. 

Asmaul husna yang satu ini sangat baik untuk dijadikan bacan dzikir bagi anda yang sedang merasa ketakutan, karena dengan menyebut-Nya sepenih hati, maka Allah Subhana wa Ta’ala akan memberikan rasa aman dari segala marabahaya.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done