Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana? Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Sunday, October 25, 2020

Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana?

Setelah Lulus SMP / MTs Melanjutkan Sekolah Kemana? - Apa kabar sobatku? Nah, aku mau berbagi pengalaman nih. Saat lulus SMP, dulu Saya libur setahun tidak sekolah. Sebagai anak desa, saat itu dilema banget mau ngelanjutin sekolah, apalagi kalau sekolah di situ-situ aja lokasinya hehehe.

Alhasil setahun saya cuma mengisi kegiatan dengan membantu orang tua di Sawah (maklum anak desa, jadi mainnya sering di sawah). Hingga anugerah itu datang, setelah menghadiri acara pengajian umum yang digelar oleh lembaga pendidikan di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro akhirnya pada tahun ajaran selanjutnya Saya mendaftarkan diri di lembaga luar negeri tersebut, sebut saja namanya "Madrasah Aliyah Nurul Ulum Purwosari".

Salah satu siswi SMAN Model Terpadu Bojonegoro, Egydia saat mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di rumahnya. IG : @Egydiaaa

Bagi kamu yang sebentar lagi berganti seragam dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan mau melanjutkan sekolah kemana. Saat ini, kebanyakan siswa SMP / MTs masih bingung dalam menentukan pilihan mau melanjutkan sekolah kemana. Apakah ke SMA, SMK atau MA. Belum lagi memilih melanjutkan sekolah karena  pilihan orang tua, ikut-ikutan teman, lantaran sekolahnya ngehits, dan sebagainya. Semoga sekolah pilihanmu adalah yang terbaik bagimu. Amiin

Berikut ini Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bojonegoro yang bisa kamu jadikan pilihan setelah lulus SMP / MTs :

a. MAN 1 Bojonegoro

Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro, awal kelahirannya berdasarkan SK Menteri Agama No. 17/1968, pada saat itu bernama SP IAIN (Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri) yang berstatus swasta bertempat di Masjid Agung Darussalam Bojonegoro. Lembaga tersebut didirikan bertujuan untuk menampung pemuda-pemuda dalam lembaga Islam, karena pada waktu itu dipandang perlu sekali, karena di daerah ini hanya terdapat sebuah lembaga pendidikan Islam tingkat atas yaitu PGAN.

MAN 1 Bojonegoro berada di Jl. Mongisidi no. 160 Bojonegoro - 62115 Telp : +62 353 881320 Email : man1bojonegoro@gmail.com

b. MAN 2 Bojonegoro 

MAN 2 Bojonegoro sebagai sekolah menengah umum yang bercirikan keagamaan dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat juga menawarkan pengembangan program keterampilan sejak tahun 1995. Beberapa program keterampilan yang dikembangan adalah Tata Busana, Elektro, dan Otomotif (Motor Cycle).

MAN 2 Bojonegoro berada di Jl. Mongisidi No 158, Sukorejo, Bojonegoro, Jawa Timur Telp (0353) 881511 Email : man2.bjn@gmail.com

Oh ya, ada informasi menarik nih. Seperti diketahui bersama, di tengah pandemi ini, Pemerintah menerapkan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Smartfren sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, ikut berkontribusi dalam program Kuota Belajar bagi siswa, guru dan dosen yang diselenggerakan oleh Pemerintah.

Bantuan kuota internet smartfren ini dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah.  Adapun aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar dapat dicek melalui website http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id 

Seperti yang disampaikan oleh Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren bahwa metodenya sederhana, cukup AKTIFKAN-DAFTARKAN-GUNAKAN, aktifkan nomernya, daftarkan nomernya melalui sekolah dan gunakan di jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G.

Selain mendukung PJJ Program Kemdikbud RI, smartfren juga mendukung PJJ di Wilayah Kementerian Agama dengan membagikan bantuan berupa kartu perdana gratis untuk siswa dan guru seluruh Madrasah di Surabaya dan wilayah lain di Jawa Timur. Pembagian kartu perdana tersebut diselenggarakan secara simbolis bersama 10 perwakilan Madrasah, serta perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, pada Senin (19/10/2020) pagi.

c. MAN 3 Bojonegoro

MAN 3 Bojonegoro terletak di Kecamatan Ngraho. Berdasarkan SK  Menag No. 107 Tahun 1997,  tanggal 17 Maret 1997 Madrasah  Aliyah  Raden  fatah  Ngraho berubah  status menjadi MADRASAH  ALIYAH NEGERI NGRAHO yang beralamatkan di Jl. Raya Tinggang No. 157 A Ngraho. Pada tahun 2017 Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 673 Tahun 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah  Negeri,  Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Ngraho Berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 3 Bojonegoro.

d. MAN 4 Bojonegoro

MA Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro yang berdiri tahun 2001 merupakan cikal bakal MAN Baureno. Bangunan gedung megah yang terletak di Jalan Kanor No. 626 Km 01 Baureno. Berada di tempat yang sangat strategis dan juga lokasinya berdekatan dengan MTs Swasta serta MTs Negeri, gedung MAN Baureno berdiri di atas tanah seluas 5.800 m2.

Pada tahun 2017 Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 673 Tahun 2016 Tentang Perubahan Nama Madrasah  Aliyah  Negeri,  Madrasah  Tsanawiyah  Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Baureno berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 4 Bojonegoro. MAN 4 Bojonegoro beralamat di Jalan Kanor No. 626 km. 01 Pasinan Baureno Bojonegoro 62192.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMAN Model Terpadu Bojonegoro

e. MAN 5 Bojonegoro

MAN 5 Bojonegoro beralamat di Jl. Dr. Soetomo No.50, Dusun Pengkok, Padangan, Kec. Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62162. Sebelumnya menjadi MAN 5 Bojonegoro, sekolah ini bernama MA Al Khoiriyah Padangan kemudian MAN Padangan dan   tahun 2017 Berdasarkan  Keputusan Menteri  Agama  RI  No. 673   Tahun   2016 Tentang Perubahan  Nama  Madrasah  Aliyah  Negeri,  Madrasah  Tsanawiyah  Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Timur maka MAN Padangan berubah nama menjadi Madrasah Aliyah Negri 5 Bojonegoro.

Itulah 5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Bojonegoro. Selain Madrasah Aliyah Negeri, setelah kamu lulus SMP / MTs juga bisa melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Atas Negeri Model Terpadu Bojonegoro (SMAN MT Bojonegoro) yang beralamat di Jl. Raya Sukowati No. 00 Kapas Bojonegoro 62181. (dik)

Share with your friends

1 comment

  1. Ditempat saya sekolah MAN kayaknya sudah tak ada. Kalah bersaing dengan punya pemerintah atau punya Muhammadiyah

    ReplyDelete

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done