Ads Top

Pendampingan KIM di Desa Kandangan Kecamatan Trucuk

didikjatmiko.com - Sebagai generasi muda Bojonegoro yang aktif berkegiatan bersama Forum Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bojonegoro (FKKB), pemilik blog didikjatmiko.com dan Om Iwan Siswoyo Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Deru Maju Desa Deru Kecamatan Sumberrejo beserta Pak Bakti Arifin,SE dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro berkunjung ke salah satu desa di bantaran Sungai Bengawan Solo yaitu Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, Senin (16 April 2018).

Naik Perahu dari Tambangan Pungpungan menuju Desa Kandangan Kecamatan Trucuk - Foto : Iwan Siswoyo
Kami pun menuju Desa Kandangan dengan menggunakan jalur air dengan naik perahu tambang dari Pungpungan. Oh ya, perahu tambang merupakan transportasi warga sekitar untuk aktifitas sehari-hari. Tak kurang dari lima belas menit, perahu pun tiba di dermaga / tambangan Desa Kandangan. Kemudian kami pun bergegas menuju Balai Desa Kandangan.

Setibanya di Balai Desa Kandangan, kami disambut oleh Perangkat Desa dan Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mangun Jaya Desa Kandangan. Adapun maksud kedatangan kami di Desa Kandangan yaitu untuk melakukan pendampingan [tapi bukan pendamping desa lho] pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang akan mewakili Kabupaten Bojonegoro dalam ajang Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018.

Tak lupa berselfie ria dulu bersama Pegiat KIM Mangnn Jaya Desa Kandangan - Foto : Iwan Siswoyo
Selama hampir dua jam setengah, kami melakukan pendampingan. Pendampingan yang dilakukan ini meliputi pengecekan administrasi KIM Mangun Jaya hingga optimalisasi sosial media dan blog KIM Mangun Jaya Desa Kandangan yang bisa dikunjungi di https://kimmangunjaya.or.id

Ada banyak potensi yang dimiliki oleh Desa Kandangan diantaranya potensi pertanian dan perikanan. Tak hanya itu, di Desa Kandangan juga mempunyai camilan khas ndeso "Krupuk Bonggol Pisang" yang diprosuksi oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Maju Jaya Desa Kandangan.

Bukti Kalau Pernah Berkunjung ke Desa Kandangan, Selfie dulu guys hehehe
Setelah dirasa cukup, kami pun berpamitan. Lalu pulang melalui jalur darat lewat Desa Sumbang Timur, Desa Kanten, hingga tiba di Jembatan Malo dan beristirahat makan siang di Desa Talok Kecamatan Kalitidu. Adapun menu kuliner yang kami nikmati yaitu botok ikan patin khas Bengawan Solo dengan rasa yang menggoda selera. Usai makan kami pun berpisah dan melanjutkan perjalanan masing-masing.

Catatan Penting tentang Jalur Menuju Desa Kandangan Kecamatan Trucuk 

Untuk menuju Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro ada beberapa jalur yang bisa ditempuh. Ada jalur air dan jalur darat. 

Untuk jalur air, Anda dapat menyeberangi Bengawan Solo dengan cara naik perahu atau istilahnya "nambang". Oh ya, di Desa Kandangan memiliki 4 dermaga penyebrangan atau tambangan yaitu :

a. Tambangan RT 15 Bapak Nur Alim menghubungkan Desa Kandangan (Kecamatan Trucuk) - Desa Mojosari (Kecamatan Kalitidu)

b. Tambangan RT 15 Bapak Dasuki menghubungkan Desa Kandangan (Kecamatan Trucuk) - Pungpungan (Kecamatan Kalitidu)

c. Tambangan RT 12 Bapak Mu'in menghubungkan Desa Kandangan (Kecamatan Trucuk) - Pungpungan (Kecamatan Kalitidu)

d. Tambangan RT 09 Jayan menghubungkan Desa Kandangan Mejayan (Ngringinrejo - Kalitidu)

Warga berbondong-bondong untuk naik perahu tambang menuju Desa Kandangan - Foto : Iwan Siswoyo
Sedangkan jalur darat, Anda bisa lewat dari Kecamatan Malo melalui Jl. Sumberrejo (Kentong) - Malo / Jl. Malo - Sumberrejo (Kentong) berhenti di Tuweng , kemudian masuk ke selatan melewati desa Sumbang Timun. Jalur ini bisa ditempuh dengan kendaraan Sepeda, Motor, dan Mobil.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Desa Kandangan?

No comments:

Powered by Blogger.