Pasar Klewer, Wisata Belanja di Kota Solo Blogger Indonesia - www.didikjatmiko.comDidik Jatmiko
Info Menarik
Loading...

Wednesday, November 27, 2013

Pasar Klewer, Wisata Belanja di Kota Solo

Wisata Belanja : Pasar Klewer Surakarta
Banyak tempat belanja yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kota Solo. Salah satu tempat favorit yang kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah Pasar Klewer. Setelah berkeliling Kota Solo di malam hari dengan Bus Tingkat Werkudara bersama peserta ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013, tak lupa aku dan teman – temanku dari Komunitas Blogger Bojonegoro mencari makan di salah satu angkringan yang terdapat di pinggir jalan di Kota Solo. Selesai makan, kami pun bergegas kembali ke kamar hotel untuk beristirahat karena besok pagi kami harus sudah bangun. Kami pun berpisah karena kami berada di kamar hotel yang berbeda. Aku dan dua temanku berada di Hotel Kusuma Sahid Prince sedangkan tiga temanku berada di Hotel Sahid Jaya. 
Naik Sepur Kluthuk Jaladara Sensasi Tempo Doeloe
Pagi datang begitu cepat, tak terasa menunjukkan pukul 05.00 WIB. Aku bergegas untuk ambil wudhu untuk melakukan ibadah sholat subuh. Selesai sholat subuh, Aku segera mandi dan bersiap – siap untuk sarapan bersama peserta ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013. Pagi ini, kami akan diajak oleh panitia kegiatan untuk mencoba perjalanan dengan sepur kuno, sebut saja Sepur Kluthuk Jaladara. Sepur ini menggunakan tenaga uap dengan bahan baku utama kayu baker sebagai penggeraknya. Sepur Kluthuk Jaladara memiliki dua gerbong dengan interior klasik berbahan kayu dan mampu menampung masing – masing 40 penumpang. Perjalanan dengan Jaladara merupakan perjalanan sensasi tempo doeloe. Kereta uap ini berjalan di atas rel dalam kota dan satu – satunya yang masih ada di Indonesia.
Puas dengan perjalanan pagi ini, kami diajak oleh panitia kegiatan untuk menuju ke sebuah tempat belanja yang terkenal di Kota Solo. Sudah tahu kan? Seperti yang ku sebutkan diatas bahwa orang sering menyebutnya Pasar Klewer. Mengapa disebut Pasar Klewer? Ada yang tahu? Konon menurut cerita pedagang di pasar itu menjajakan kain atau pakaian dengan menyampirkan di pundak – pundak sehingga kleweran. Oleh sebab itu, pasar ini dinamakan Pasar Klewer. Pasar Klewer merupakan salah satu pasar tradisional yang berada di Kota Solo. Keberadaan Pasar Klewer sangat strategis, karena letaknya persis di sebelah Barat Keraton Kasunanan Surakarta Hadingingrat .
Es Kreatif di Kota Solo
Di Pasar Klewer, Anda bisa membeli oleh – oleh khas Kota Solo, Batik dan sebagianya. Ada hal unik dari minuman yang dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan depan Pasar Klewer, yaitu nama-nama es nya unik sekali. Ada Es Ganja, Es Estasi, Es Susana, Es STNK, Es BPKB, Es SIM-C, dan yang paling murah Es Toyota. Dari nama-namanya unik banget. Akhirnya kami pun pesan Es Teller dengan harga Rp.5.000,- per porsi. Aku pun bertanya kepada penjualnya. “Bapak, nama-nama es nya unik banget. Kalau boleh tahu artinya apa?”. Penjual menjawab “Kalau Es Ganja itu maksudnya Es Degan Saja, Es Toyota maksudnya Es Toyo Tawar, dan sebagainya”.Selain Pasar Klewer, di Kota Solo masih banyak pasar tradisional yang sudah direvitalisasi sehingga memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli seperti Pasar Gede Harjonagoro, Pasar Legi Surakarta, Pasar Klithikan Notohardjo dan lain sebagainya. Namun, dalam kesempatan event ASEAN Blogger Festival 2013 ini kami hanya bisa mengunjungi Pasar Klewer. Semoga kelak nantinya aku bisa datang kembali ke Kota Kenangan yang meninggalkan sejuta kenangan tak terlupakan bersamamu ASEAN Blogger Community.  Lelah menyusuri sudut Pasar Klewer, Aku dan teman – teman bergegas menuju ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadingingrat untuk mengikuti penutupan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013.

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done